Posted in EuroTrip, My Interest, One Week Trip, Travelling, Vacation

#1096 – 2012 Norway Trip (Part II)

ENGLISH

Previously on 2012 Norway Trip: Zilko went to Bergen, Norway for an international workshop he participated in. The workshop ended on Wednesday and he decided to extend his stay in Norway for three extra nights to go around.

Warning: there will be tons of pictures in this single post🙂

***

Day 4 (Thursday, 21 June 2012)

Honestly, I couldn’t sleep well that night. It might be because I just went way way down from a spa resort hotel to a hostel with room shared with 40 people or it may be because of something else. But I suspected it was a combination of that and also the fact that my bed was located quite close to the shared bathrooms and toilets. That night, there were a lot of people passing by to use the bathrooms or toilets; some even used the freaking hair-dryer and its noise was so annoying! hahaha😀 Anyway, that is in the past now, so let’s move on…

Actually, my original plan for the day was to go around the city and then I would take a one day tour to the amazing fjord (I found the info online before going on the trip) the day after (Friday). However, the day before, during our trip back from the hotel in Osøyro to Bergen, my colleague, who knew about my plan because I told him about that during one of the dinners, strongly suggested that I swapped my plan as the weather forecast for Thursday was really good and for Friday it wasn’t that good; and that it would be pointless to go to the fjord in a not so nice weather. With this piece of information, I decided to follow his suggestion.🙂

So, the first thing I did was to go to the train station to buy the tour ticket. The ticket booth opened at 6.45 AM and I bought the 1,045 NOK (it was € 140.29, I just checked my bank account to see how much I got charged in euro, huahaha😆 ) ticket. Sure, it was quite a lot; but it was Norway anyway where everything was relatively more expensive, hahaha😆 .

The tour would start at 8.40 AM where I would have to take a local train to Myrdal. So, I decided to kill time by buying breakfast and a coffee and walked around a little bit. At 8.10 AM, I was back at the station and boarded the train. Lucky I was there quite early so I could basically pick any seat I wanted, hahaha. At 8.40 AM, the train left Bergen Railway Station and the tour started. There were four legs during the tour, and I would specify each of them. But before I start the story, here is the route map of the tour that day (each color represents one leg of the trip):

The route of my tour that day. Each color represents each leg of the tour…

Bergen to Myrdal local train ride

The train I took was really wide that it accommodated 5 people in one row, hahaha. Anyway, the scenery from both sides of the windows (left and right) during the trip were sooo amazing. In my view, the train ride from Bergen to Myrdal went through four “phases”. It went pretty much like this:

Phase 1: Fjord

For the first 30-ish minutes of the train ride, we were passing a beautiful and big fjord to our left. The railway was located on one of the mountain by the fjord and it just ran alongside the fjord!😯 The view was amazing! Here are a couple of snapshots:

This was the view of the first 30 minutes of the train ride…
Another view of the fjord with a small island

After awhile, we might be a little ‘bored’ with the fjord (because we had already had it all the time for the past 30 minutes or so, huahaha😆 ); but the Norwegian nature had another idea. Just when we got to the point where we might be quite ‘bored’ with it, we entered the second phase:

Phase 2: Blue rivers and green mountain

We left the fjord and we arrived at an area with a super blue and clean rivers (with stream) and all were surrounded by super green forest on the mountain! It was really nice!! The rivers were soo blue and clean that they made me feel like I wanted to just take a plunge and swim there! Here are a couple more snapshots:

A very blue and clean river with super green forest!!
A very blue and clean river with nice stream!!

Again, we might feel ‘bored’ with it after some time (20 minutes); and again, the Norwegian nature had another idea.

Phase 3: Green mountain with glacier on top

After the blue rivers and green mountain, we arrived in an area where there was (still) green forests blanketing the mountain, but the mountain were really tall that they had freaking glacier on top of them. It was such a spectacular view! Even, at one point, we were passing a lake and the lake was super clean that its surface produced perfect reflection of what were “above” it. So, so, so, amazing! And yes, it was in June, in the middle of summer!! It looked like this btw:

The lake was so clean that it produced perfect reflection of what were above it…
Another view from the spectacular train ride: mountain with glacier: in the SUMMER!!

If it was possible to get “bored” with this kind of scenery, the nature still had another idea.

Phase 4: Glacier area

Somehow, we arrived at a place which was literally surrounded by the glacier. It was really fantastic! Probably, the view I was looking at at this moment was one of the most surreal thing I had ever seen in my life. The place was not fully blanketed with glacier, no, but there were blocks of glacier here and there which, in my opinion, made it look even more amazing. It looked like this:

I was so ‘wowed’
A glacier! In the summer!

After awhile, we finally arrived at Myrdal Station where this leg of the tour ended. I got off the train to get to the second leg. By the way, this leg of the tour was held in a normal national railway network of the country. So, even if you are just travelling (with train) normally from Oslo to Bergen (or the other way around), not in a vacation or tour trip, you will still get this kind of scenery!!😯 Amazing, isn’t it??

The Flåm Railway

The second leg of the tour would be to travel from Myrdal, at around 860 meter above sea level, to the village of Flåm ,which was at the sea level because it was located just by the fjord. Btw, in case you do not know, the body of water you see in a fjord is actually sea. This is why Flåm is located at sea level even though it was around 135 kilometer “inland” from the open sea. And this was what made it amazing. To get to Flåm, we would take the Flåm railway, an almost tourist-exclusive service with classic and touristy carriages.

Inside one of the carriage of the Flåm Railway, so classic!!

Again, the scenery during the 20.2 km ride was really amazing! As we were climbing down the mountain, we passed a lot of valleys, tunnels, rivers, mountains, waterfalls, etc. We stopped for about 5 minutes at a big waterfall just by the train line to get all tourists a chance to take pictures of the waterfall. At some point, I heard a folk  music btw, which was really weird. I mean, imagine you get to a waterfall and suddenly you hear folk music being played out of nowhere; that would be weird, no?😆 And then, from the ruin just next to the waterfall, a girl appeared and she started to dance along with the folk music, hahaha😆.

The Flåm Train stopped for about 5 minutes at this spot
The girl who was dancing to the folk music, in front of a ruin next to a waterfall!
Another view from the Flåm Railway…
The Flåm Railway criss-crossed the valley as it went down to the fjord…
This was one of the Flåm trains that served the 20.2 km route…
Passing a small village down the valley…

After about an hour, we arrived at Flåm Railway Station. It was around noon by this time and my next leg of the trip would be a ferry ride in the fjord at 3.10 PM. So I had pretty much three hours in Flåm. The scenery, again, was very beautiful. I got to see tall mountain at one side while at the other side I saw the fjord, which was basically the sea. Flåm itself was a serene and touristy little village. There was a freaking huge cruiser docked at its pier at that time btw; what a very contrast scenery! After awhile, I was quite hungry and so I decided to have lunch at one of the cafes. I ordered salmon for lunch (of course :D).

Flåm Railway Station
A cruiser was docked in Flåm.
My lunch in Flåm: salmon with chips…
Flåm Railway Station as seen from the ferry boat…

After lunch, I walked around and I thought I had seen enough of Flåm; but it was still 1.10 PM or so! I checked my tour’s timetable and I found out that there was an earlier ferry, exactly going to the same destination as my designated ferry, that would leave Flåm at 1.20 PM. I went to the pier and asked the officers if I could get it. They let me in. So, the third leg of my tour started about two hour earlier than scheduled, hahaha…

Ferry ride in Aurlandsfjorden / Nærøyfjorden

The third leg of the tour would be a two hour ferry ride along the Aurlandsfjorden and Nærøyfjorden, two of the many fjords in Norway, to get to a village called Gudvangen. Just again, it was an amazing and spectacular ferry ride! Sure, it got quite windy at times but it wasn’t a problem (hey, I live in the Netherlands now so some strong wind, of course, doesn’t really bother me, hahaha😆 ). Also, along the way, some seagulls flew by the ferry (because some people fed them by throwing pieces of bread).

I just have no idea how to describe it. It was really amazing and beautiful. All the fjords, mountain, waterfalls, and all the views. It was just really breathtaking! Really, it was the best ferry-ride I had ever had in my life. Pictures, I think, should tell the story much much better:

A view of the Aurlandsfjord…
One of many seagulls that flew aside our ferry
Passing another ferry boat in the fjord
One view during the cruise at the Aurlandsfjord
I think this picture truly illustrates how huge the fjord is, and thus, how amazing it is….
Another view of the Aurlandsfjord
At least ten waterfalls are spotted here…
The Nærøyfjorden
Cruising at the Nærøyfjorden
A view of the Nærøyfjorden

Here is a twenty second clip of the amazing two hour ferry ride in the Aurlandsfjord:

At around 3.30 PM, we docked at Gudvangen. We got to be quite quick because the next leg of the tour would start in just 10 minutes.

Bus ride to Voss and train ride back to Bergen

The next leg would be to take a public bus ride from Gudvangen to the town of Voss. The bus left Gudvangen at 3.40 PM and it should arrive at Voss at around 5 PM. Just when I thought things couldn’t be better, given that I was “just” taking a public bus ride now, I got this kind of scenery during the bus ride:

A view from the PUBLIC bus ride…
A crazy hairpin road down to the bottom of the valley…
A scenic scenery from a public bus ride in Norway
A waterfall as one scenery during the public bus ride

😯 I was like: “Oh My God!!!” And yes, the bus went down that hairpin road! It was really crazy but I trusted the bus driver,😆 . And the scenery while going down was spectacular as well!

At 5 PM, we arrived at Voss and then we needed to wait for the 5.53 PM train to Bergen. We actually passed Voss during the first leg of the tour. Therefore, the train ride from Voss to Bergen I had already taken it before… .

***

We arrived at Bergen at around 7.15 PM. I went to the city centre to buy an earphone because my current earphone was broken. While I was there, I also had dinner at Burger King, hahaha. Then, I went back to my hostel; feeling really exhausted yet fun and satisfied because I just had one of the best day trip ever this day…

To Be Continued…

Next on 2012 Norway Trip:
– Going around the city of Bergen and its surrounding

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2012 Norway Trip: Zilko pergi ke Bergen, Norwegia untuk mengikuti sebuah workshop internasional dimana ia berpartisipasi di dalamnya. Workshop-nya telah berakhir di hari Rabu dan ia memutuskan untuk memperpanjang waktu tinggalnya di Norwegia selama tiga malam untuk berkeliling.

Peringatan: Akan ada banyak foto di satu posting ini🙂

***

Hari 4 (Kamis, 21 Juni 2012)

Sejujurnya, semalam itu aku tidak bisa tidur dengan nyenyak. Mungkin saja ini karena aku baru saja “turun kasta” dari menginap di sebuah spa resort hotel ke sebuah hostel dengan kamar shared dengan 40 orang atau mungkin disebabkan oleh hal lain. Tapi aku duga sih memang kombinasi antara itu dengan kondisi dimana kasurku pas berlokasi agak dekat dengan kamar mandi dan toiletnya. Malam itu, ada banyak orang yang mondar-mandir lewat gitu untuk menggunakan kamar mandi atau toiletnya; beberapa bahkan memakai hair-dryer dong yang mana bunyinya kan agak mengganggu tuh! hahaha😀 Anyway, itu sudah berada di masa lalu, mari kita lupakan dan lanjut aja…

Sebenarnya, rencana awalku untuk hari ini adalah berkeliling kota dan kemudian barulah aku mengambil tur sehari ke fjord-nya yang indah (aku tahu tentang tur satu hari ini dari internet semenjak sebelum berangkat) keesokan harinya (Jumat). Namun, sehari sebelumnya, ketika dalam perjalanan dari hotel kami di Osøyro ke Bergen, seorang kolega, yang mana ia tahu mengenai rencanaku selama disana karena aku menceritakannya kepadanya di salah satu acara makan malam, menyarankan dengan sangat amat untuk aku menukar rencanaku itu karena ramalan cuaca untuk hari Kamis ini pas bagus banget sementara untuk hari Jumat agak kurang baik; dan sangat percuma pergi ke fjord-nya itu ketika cuaca sedang tidak baik. Dengan informasi ini, jadilah aku mengikuti sarannya.🙂

Jadi, hal pertama yang kulakukan adalah pergi ke stasiun kereta api untuk membeli tiket turnya. Loketnya dibuka jam 6.45 pagi dan kemudian aku membeli tiketnya seharga 1.045 NOK (setara dengan € 140,29; aku baru saja mengecek akun bank-ku untuk melihat berapakah yang benar-benar aku bayar dalam euro, huahaha😆 ). Yah, lumayan mahal memang ya; tapi ini kan Norwegia gitu yang mana toh apa-apanya juga relatif lebih mahal, hahaha😆 .

Turnya sendiri baru dimulai jam 8.40 pagi dimana aku akan menaiki sebuah kereta lokal ke Myrdal. Jadilah aku memutuskan untuk membeli sarapan dulu dan segelas kopi plus sekalian jalan-jalan sedikit. Jam 8.10 pagi, aku kembali ke stasiun dan menaiki keretanya. Beruntung karena aku tiba cukup awal, aku bisa memilih kursi yang manapun yang aku mau, hahaha. Jam 8.40 pagi, keretanya berangkat dari Stasiun Kereta Bergen dan turnya dimulai. Tur ini terbagi dalam empat bagian, dan aku akan menceritakan masing-masing bagiannya sendiri-sendiri. Sebelum ceritanya kumulai, inilah rute keseluruhan dari turku sehari ini (masing-masing warna melambangkan satu bagian dari turnya):

Rute turku hari ini. Masing-masing warna mewakili satu bagian dari turnya…

Kereta lokal dari Bergen menuju Myrdal

Kereta yang aku naiki lebar juga loh karena dalam satu baris bisa memuat 5 orang gitu deh, hahaha. Anyway, pemandangan dari kedua sisi jendelanya (kiri dan kanan) sepanjang perjalanan amat menakjubkan loh. Menurutku sendiri ya, perjalanan kereta dari Bergen menuju Myrdal ini melalui empat “fase” gitu deh. Perjalanannya berlangsung kurang lebih seperti ini:

Fase 1: Fjord

Selama sekitar 30 menit pertama dari perjalanan dengan kereta ini, keretanya berjalan di samping sebuah fjord yang amat indah dan besar di sebelah kiri. Rel keretanya berada di bahu gunung di samping fjord-nya dan terbentang sepanjang fjord tersebut!😯 Pemandangannya oke banget! Berikut ini dua buah foto sepanjang fase ini:

Pemandangan selama 30 menit pertama di perjalanan kereta ini…
Pemandangan lain akan fjord-nya dengan sebuah pulau kecil

Setelah beberapa saat, kan agak ‘bosan’ gitu ya dengan fjord-nya (habis sudah terus-terusan memandang fjord selama 30 menit sih, huahaha😆 ); dan pada saat ini alam Norwegia memberikan sesuatu yang lain. Pas ketika kita mencapai titik dimana kita merasa agak ‘bosan’ dengannya, kereta memasuki fase kedua:

Fase 2: Sungai yang biru dan gunung yang hijau

Kereta meninggalkan fjord dan tiba di sebuah area dengan sungai yang amat biru dan bersih (dengan arus) dan semuanya itu dikelilingi oleh hutan yang amat hijau yang menyelimuti gunung-gunungnya! Keren banget dah!! Sungainya itu biruu banget sampai-sampai aku merasa ingin berhenti dan kemudian melompat untuk berenang di sungainya! Pemandangannya seperti ini:

Sungai yang amat biru dan jernih dengan hutan yang amat hijau!!
Sungai yang amat biru dan jernih dengan arus!!

Lagi, setelah beberapa lama mungkin kita merasa ‘agak’ bosan dengannya (20an menit); dan lagi-lagi, alam Norwegia telah menyiapkan sesuatu yang lain.

Fase 3: Gunung yang hijai dengan glasier di puncaknya

Setelah sungai yang biru dan gunung yang hijau, kereta tiba di area yang mana gunung-gunungnya (masih) diselimuti oleh hutan yang hijau, tapi gunung-gunungnya itu cukup tinggi sehingga di puncak-puncaknya itu ada glasier-nya dong. Bahkan, pada suatu waktu, kereta melintasi sebuah danau dimana air danaunya itu sangat jernih sekali sampai-sampai permukaannya itu menjadi sebuah cermin yang memantulkan dengan sempurna apa yang berada “di atas”-nya. Sangat amat spektakuler! Dan ya, ini di bulan Juni loh, di tengah-tengah musim panas!! Pemandangannya kayak gini btw:

Danaunya sangat jernih sampai-sampai ia menghasilkan pantulan yang sempurna akan apa yang berada di atasnya…
Pemandangan lain dari perjalanan kereta yang spektakuler ini: gunung-gunung dengan glasier, di MUSIM PANAS!!

Kalaupun mungkin untuk bisa “bosan” dengan pemandangan semacam ini, alam masih menyimpan sesuatu yang lain.

Fase 4: Area glasier

Tiba-tiba, kereta tiba di suatu tempat yang dikelilingi oleh glasier. Gila, fantastis banget deh! Pemandangan yang aku lihat waktu ini mungkin adalah pemandangan paling sureal yang pernah aku lihat seumur hidupku sejauh ini. Tempatnya tidak sepenuhnya diselimuti oleh glasier, tetapi ada blok-blok glasier gitu disana-sini yang mana ini, menurutku, justru membuatnya tampak semakin menakjubkan. Kayak gini deh pemandangannya:

Aku merasa takjub
Glasier! Di musim panas!

Setelah beberapa waktu, tibalah kereta di Stasiun Myrdal dimana bagian pertama dari tur ini berakhir. Aku turun dari kereta untuk memulai bagian kedua. Ngomong-ngomong, bagian pertama ini aku lalui hanya dengan naik kereta yang berjalan di jalur kereta nasionalnya Norwegia loh. Jadi andaikata seseorang naik kereta biasa dari Oslo ke Bergen dan bepergian biasa pun, maksudnya bukan dalam rangka liburan ataupun tur, ia tetap akan disuguhi pemandangan semacam ini loh!!😯 Amat menakjubkan bukan??

Kereta Flåm

Bagian kedua dari tur ini adalah untuk pergi dari Myrdal, yang berada di ketinggian sekitar 860 meter di atas permukaan laut, ke desa Flåm, yang berada di ketinggian permukaan air laut karena terletak di tepian fjord. Btw, misalnya pada nggak tahu, badan air yang terlihat di fjord itu sebenarnya laut loh. Inilah mengapa Flåm berada di ketinggian permukaan air laut walaupun desanya terletak sejauh sekitar 135 kilometer dari garis pantai. Dan inilah yang membuatnya spektakuler! Untuk tiba di Flåm, aku harus menaiki Kereta Flåm, sebuah kereta yang digunakan (nyaris) hanya oleh turis saja dengan gerbong yang amat klasik dan turistik.

Di dalam salah satu gerbong kereta Flåm, amat klasik!!

Lagi, pemandangan sepanjang 20,2 km perjalanan kereta ini sangatlah menakjubkan! Selama menuruni gunung-gunung itu, kereta melewati banyak lembah, terowongan, sungai, gunung-gunung, air terjun, dll. Kereta berhenti selama sekitar 5 menit di sebuah air terjun besar untuk memberikan kesempatan bagi para turis untuk foto-foto. Nah, ketika berhenti ini ya, tiba-tiba aku mendengar sebuah folk music dimainkan dong, sungguh absurd memang. Maksudku, bayangkan gitu kalian sedang pergi ke sebuah air terjun dan tiba-tiba entah dari mana ada folk music yang dimainkan gitu; bakal berasa aneh kan?😆 Dan kemudian, dari reruntuhan bangunan di samping air terjunnya, tiba-tiba muncullah seorang gadis dan ia mulai menari mengikuti irama folk music tersebut, hahaha😆 .

Kereta Flåm berhenti selama sekitar 5 menit di tempat ini
Perempuan yang menari mengikuti irama folk song di sebuah reruntuhan di sebelahnya air terjun!
Pemandangan dari Kereta Flåm…
Kereta Flåm melewati sejumlah lembah ketika mendaki turunmenuju fjord…
Ini adalah salah satu Kereta Flåm yang melayani rute sepanjang 20,2 km ini…
Melewati sebuah desa kecil di dasar lembah…

Setelah sekitar satu jam, tibalah kereta di Stasiun Kereta Flåm. Waktu menunjukkan sekitar jam 12 siang dan bagian selanjutnya dari turku, yang merupakan perjalanan dengan kapal ferry di fjord, baru dijadwalkan jam 3.10 sore. Jadi, aku memiliki waktu sekitar tiga jam di Flåm. Flåm sendiri merupakan sebuah desa kecil yang amat tenang dan turistik. Malah, pada waktu itu, disana ada kapal pesiar raksasa yang sedang berlabuh di dermaganya dong; benar-benar sebuah pemandangan yang amat kontras! Setelah beberapa saat, aku merasa lapar dan memutuskan untuk makan di sebuah kafe yang berada disana. Tentu saja aku memilih menu ikan salmon😀.

Stasiun Kereta Flåm
Ada kapal pesiar dong yang sedang berlabuh Flåm.
Makan siangku di Flåm: salmon dengan kentang goreng…
Stasiun Kereta Flåm seperti terlihat dari kapal ferry…

Setelah makan siang, aku berjalan berkeliling dan merasa sudah cukup melihat Flåm; tetapi waktu masih menunjukkan pukul 1.10 siang! Aku mengecek tabel waktu perjalanan turku dan menyadari bahwa ada kapal ferry yang berangkat lebih awal, yang mana tujuannya sama persis dengan kapal ferry-ku, yang dijadwalkan berangkat dari Flåm jam 1.20 siang. Aku berjalan ke dermaganya dan bertanya ke petugas kapalnya apakah aku bisa menaiki kapal itu. Ternyata mereka mengizinkanku masuk. Jadilah bagian ketiga dari turku dimulai dua jam lebih awal, hahaha…

Perjalanan kapal ferry di Aurlandsfjorden / Nærøyfjorden

Bagian ketiga dari tur ini adalah perjalanan dengan kapal ferry selama dua jam sepanjang  Aurlandsfjorden dan Nærøyfjorden, dua dari banyak fjord di Norwegia, untuk pergi ke sebuah desa kecil bernama Gudvangen. Lagi-lagi, pemandangan dari kapal ferry-nya amat menakjubkan dan spektakuler! Memang sih waktu itu anginnya cukup kencang tapi toh ini bukan masalah (hey, aku sekarang kan tinggal di Belanda jadi angin kencang sedikit mah, tentu saja, tak kan membuatku gentar, hahaha😆 ). Juga, sepanjang perjalanan itu, ada beberapa burung camar yang terbang mengikuti kapal ferry-nya (karena beberapa penumpang lain memberi makan mereka dengan melemparkan cuilan roti tawar sih).

Nggak tahu deh bagaimana mendeskripsikanya. Sangat amat menakjubkan dan spektakuler. Ada fjord, gunung-gunung, banyak air terjun, dan segalanya deh. Sangat mempesona! Bener deh, perjalanan ini adalah perjalanan dengan kapal ferry terindah yang pernah aku jalani seumur hidupku sampai waktu ini. Foto-foto, rasa-rasanya, akan bercerita dengan lebih baik ya:

Pemandangan Aurlandsfjord…
Satu dari banyak burung camar yang terbang mengikuti kapal ferry-ku
Berpapasan dengan kapal ferry lain di fjord
Satu pemandangan selama cruise di Aurlandsfjord
Aku rasa gambar ini mengilustrasikan bagaimana besarnya dan menakjubkannya fjord itu…
Pemandangan lain dari Aurlandsfjord
Setidaknya ada sepuluh air terjun di gambar ini…
Nærøyfjorden
Berpesiar di Nærøyfjorden
Pemandangan di Nærøyfjorden

Berikut ini video singkat akan 20 detik dari perjalanan dengan kapal ferry selama dua jam yang menakjubkan di Aurlandsfjord:

Sekitar jam 3.30 sore, kami berlabuh di Gudvangen. Aku harus bergerak cepat karena bagian selanjutnya dari tur akan dimulai dalam waktu 10 menit.

Perjalanan dengan bus menuju Voss dan kereta kembali ke Bergen

Bagian selanjutnya adalah menaiki bus umum dari Gudvangen menuju kota Voss. Bus berangkat dari Gudvangen jam 3.40 sore dan dijadwalkan tiba di Voss sekitar jam 5 sore. Ketika aku kira pemandangan tidak mungkin menjadi lebih indah lagi, apalagi ketika ini aku “hanya” naik bus gitu kan, aku mendapatkan pemandangan semacam ini di perjalanan dengan busnya:

Pemandangan dari perjalanan dengan bus UMUM…
Jalan turun ke lembah yang meliuk-liuknya amat gila…
Pemandangan dari bus umum di Norwegia
Air terjun yang juga merupakan satu pemandangan dari bus umum

😯 Reaksiku: “Oh My God!!!” Dan ya, itu busnya menuruni jalan yang meliuk-liuk itu loh! Serem memang, tapi aku percaya kepada sopir busnya kok,😆 . Dan pemandangannya selama turun itu juga indah banget!!

Jam 5 sore, tibalah aku di Voss dan aku harus menunggu kereta jam 5.53 sore menuju Bergen. Sebenarnya, di bagian pertama tur ini, aku juga melewati Voss sih. Jadi ya perjalanan kereta dari Voss ke Bergen ya sudah pernah aku lalui sebelumnya… .

***

Aku tiba di Bergen sekitar jam 7.15 malam. Aku pergi ke pusat kota untuk membeli earphone karena earphone-ku waktu itu sudah rusak. Sekalian aku makan malam di Burger King deh, hahaha. Kemudian, aku kembali ke hostel; merasa lelah sekali tetapi puas karena aku baru saja melalui sebuah hari dengan salah satu perjalanan terindah yang pernah aku tempuh…

Bersambung…

Selanjutnya dalam 2012 Norway Trip:
– Berkeliling kota Bergen dan sekitarnya

32 thoughts on “#1096 – 2012 Norway Trip (Part II)

  1. ya ampuuunn.. indah banget zil.. dan nama nama yg dipake itu ciri khas mitologi nordik banget yak… aaahhh mau dong kesana ~_~

    1. Iya kan. Keren banget deh Nie pemandangannya di Norway!! Gila!! Harga tiket yang awalnya aku kira mahal jadi tidak berasa sama sekali karena memang indah banget!!! hehehe🙂 Yoi, memang nama-nama Nordik kan Nie, namanya aja di Norwegia, hehehe🙂

      1. kalau udah jalan-jalan (dan tiket pesawatnya juga dibayarin kan yak😛 ) mahal mah gak usah difikirin lagi… pengalaman nomor satu deh😀

        1. Hahaha, soalnya aku bandingin sama one day trip yang aku ambil waktu di Scotland dulu Nie. Dulu buat sehari itu aku bayar £38 dan dapet naik bus pariwisata dan dapat makan siang (sandwich doang sih) plus ada guide-nya segala. Lah ini 1045 NOK cuma tiket alat transportasi umumnya aja dong😛 Jadilah waktu beli itu kerasa ‘mahal’ . Tapi tetep aku beli lah, karena itu: pengalaman, huahaha😆 .

            1. Gyahahaha😆 . Ho oh, apalagi kalau dirupiahkan. Dulu sewaktu seminggu pertama pindah Eropa juga aku suka ngerupiahin gitu Nie. Jadilah apa-apa kerasa “mahal”. Tapi setelah itu aku nggak pernah deh ngerupiahin lagi dan aku pakai mindset euro, hehehe😀 . Kalau nggak bisa stress dah sama harga apa-apa disini😛

  2. Huwaaa jadi ingat road trip menuju Nordkapp dulu… Dalam perjalanan pulangnya sempat melewati berbagai pemandangan yang menakjubkan semacam fjord-fjord juga…
    Keren ya Norway ini, tahu benar cara memanfaatkan keindahan alamnya untuk mendapat untung, tanpa merusaknya….

    1. *barusan ngecek Nordkapp ada dimana, huahaha😎 *. Wah, keren euy!! Pengen juga nih pergi ke salah satu tempat di paling utaranya Norway gitu (pengen melihat aurora soalnya, huahaha :D).

      Bener banget, keindahan alamnya dimanfaatkan banget tanpa dirusak (atau efeknya (untuk membangun jalan dan prasarana semacam terowongan, dll) sangat minimal). Keren!!

    1. Iya kan, keren banget! Aku juga nganga dah selama perjalanan itu. Dari pagi yang badan rasanya agak pegal (karena semalamnya nggak bisa tidur nyenyak) dan capek, jadi segar loh seharian itu gara-gara ngelihat pemandangan yang kayak gitu, huahaha😆 .

  3. gile benerrrrrrrrrrrrr… gua ngeces ngeliatin foto2nya semuanyaaaaaa… pemandangannya baguuuuuuussssssss banget!!!!! apalagi kalo sambil ngirup udaranya disana ya… pasti rasanya gimanaaaaaaaaaa gitu…

    duh pengen banget ke norway jadinya… hahaha.

    btw gile bener itu di hostel nya kamar nya share 40 orang???

    1. Iyaaa, keren banget kaaan!! Gila deh!!😯 Dan bener banget, udaranya memang bersiiih banget!! Eh, tapi memang di Eropa ini secara keseluruhan kualitas udaranya memang bagus sih, hehe😀 Cuma yang di alam gini jelas tetep lebih bersih dan seger sih ya, hmmm….

      Dan dengar-dengar (dan baca-baca), masih banyak lho tempat di Norway yang keren-keren juga!! Hmmm… .

      Iya, sekamar buat 40 orang dong!! Gila kan!! Udah kayak barak pengungsi aja deh itu kamar (tapi ‘pengungsi’-nya banyak yang main hape, laptop, dll, huahaha😆 ). Soalnya kemarin ini memang nyari hostel yang on budget sih,😛 . Hostel di Norway rata-rata mahal-mahal euy. Ini nemu satu yang masuk budget (harga biasa sih (nggak murah juga), tapi untuk ukuran Norway sih tergolong murah, hahaha :D) tapi ya gitu deh: ada harga ada rupa, hahaha…

  4. Keren, itu banyak pemandangan lanskap yang simetris gitu..
    Trus burung camarnya itu kayaknya deket banget.. Tapi sebenarnya di Indonesia banyak sih yang kayak gitu. Damn i love Indonesia!

    1. Iya, memang keren banget!! Dan burung camarnya memang deket banget karena terbang persis di samping kapal ferry, hehehe🙂

      Yaaa, menurutku berbeda deh dengan yang ada di Indonesia. Bukannya gimana-gimana ya. Ini adalah fjord yang mana proses terbentuknya adalah karena erosi glasier beribu-ribu tahun. Dan lagi, di gunung-gunungnya ini juga terlihat glacier, sebuah fenomena alam yang hampir tidak ada di Indonesia (kecuali di Pegunungan Jayawijaya, tetapi ini pun glacier-nya terus menipis (menurut Wikipedia😀 )). .

      Indonesia memang indah sekali kok alamnya. Hanya saja, kelemahannya adalah kurang adanya akses yang relatif lebih ‘mudah’ untuk mencapai area-area tersebut. Tapi, kalau mau membangun akses juga harus hati-hati dan nggak asal bangun saja karena tentu kelestarian alamnya juga tetap harus diperhatikan🙂

  5. Luar biasa Om…
    Membayangkan bagaimana tenteramnya berada disanamenikmati keindahan alam Norway.
    Salam hangat dari Lombok.

    1. Iya, memang beberapa tur ada yang beberapa hari jadi mereka menginap di beberapa spotnya itu untuk lebih menikmati keindahannya dengan lebih tentram, hehehe🙂 Kalau aku ini cuma sehari sih jadi ya tidak terlalu ‘tentram’ menikmatinya😛

    1. Ho oh, kalaupun bisa bosan, nggak akan bosan karena ganti-ganti gitu pemandangannya, walau masih setema, hehehe🙂

      Hahaha, BK ya doyan gitu-gitu aja seh😀

  6. Astagaaaaaaaah… Bergen yaaa?? siph.. langsung capcus ah… LOL..

    Tapi beneran deh, next time aku mau kesana ah.. keren abissss pemandangannya… Btw, yang 1045 NOK itu termasuk keseluruhan (ferry & bus) atau cuma keretanya aja ko?

    1. Yoi. Kalau tur ke fjord gitu banyak yang menggunakan Bergen sebagai hub-nya Be. Jadi naik pesawat ke Bergen gitu trus dari Bergen ambil tur deh, atau kalau berani ya road trip gitu nyewa mobil🙂 .

      Iya, keren banget pemandangannya!! Gila deh!! Dan itu 1045 NOK termasuk tiket semua transportasinya kok. Jadi kereta, bus, ferry, semua termasuk disitu. Tapi keretanya cuma bisa naik lokaltog alias kereta lokal; jadi nggak bisa naik kereta high-speed Bergen – Oslo gitu misalnya, hehehe🙂 Cuma tiketnya ya cuma tiket transportasi aja loh, nggak termasuk makan, nggak ada tour guide, dsb😀 Makanya sepertinya sih bisa deh kita beli tiketnya satu-satu dan beli sendiri gitu, mungkin bisa lebih murah (karena beberapa orang kemarin aku lihat ada yang begitu; nggak beli satu tiket 1045 NOK ini tapi masing-masing tiket dibeli sendiri). Tapi kalau beli sendiri gitu kan repot lah ya, hahaha😀

      Btw Be, kalau mau merencanakan kesana, menurutku justru jangan ambil yg tur sehari ini. Tapi ambil yang tur beberapa hari gitu. Jadi di perjalanan nginep di fjord-nya gitu. Dan kalau beberapa hari, yg dilihat lebih banyak dan rutenya lebih panjang juga, hehe. Keren deh. Kalau kesana lagi juga aku pengen ambil yang beberapa hari ini😀. Soalnya aku lihat foto temenku yg pernah ke Norway juga dan mereka foto-foto di spot keren banget yg kemarin gak aku kunjungi gitu, hehe🙂

  7. Arrrr.. Norway keren bangetttt…! Temenku juga ada yang di Norway. Tapi serius, jadi pengen nih wisata ke sana. Buat ngambil foto2 alam bagus bener!
    Huhuhu.. Pengeeenn..Keliatan bersih banget. Aku paling suka alam pegunungan yang kaya di foto2 ini. Menurutku sampe kaya wallpaper deh foto2mu.
    Btw, kalo boleh tahu, diambilnya pake camera apa? Thanks!

    1. Iya, kereen kan, hehehe. Dan memang bersih banget kok. Salut deh sama mereka. Manajemennya bagus sekali. Mudah diakses tetapi kelestarian tetap terjaga🙂

      Aku ambil fotonya pakai kamera saku digital biasa kok🙂

  8. keren banget ko, seperti pemandangan di kalender hadiah dr toko emas😆 . aku sampe bisa merasakan hawa dinginnya sampe kemari…… *ya soalnya aku duduk disebrangnya AC sih*

    1. Yoi, keren banget kan Bu!! Jangan-jangan emang fotografer di kalender toko emas itu foto-fotonya di Norway kali ya, huahaha😆

      Haha, udara sejuknya juga enak banget loh, seger soalnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s