Posted in Conference Trip, EuroTrip, My Student Life, One Week Trip, Travelling, Vacation, Zilko's Life

#1091 – Busy and A Teaser

ENGLISH

Busy

I am really busy now. Yesterday afternoon, I just got back from my one week trip to Norway and tomorrow morning I am off to England for the entire week!!😯 So, there are tons of things to do today; ranging from doing my laundry and that kind of stuffs, and also preparing this London trip! Well, I am really glad now that I decided to give myself one day between the two trips (as actually my original plan was that I would just go to London the very next day after coming back from Norway). Ah, but it is busy fun, so it is okay, hahaha🙂

A Little Teaser of My Norway Trip

Of course today I do not have any time to write about this Norway trip, I will do that after coming back from London. And so what I am going to do now is just to write a very short preview of the trip as a teaser, hehehe🙂

First of All

As you (may) know, the main reason I went to Norway this week was to attend an international workshop there to present my thesis research after the committee accepted the abstract of my research for the workshop. Had I not had this workshop agenda, I wouldn’t have made any trip to Norway this June. Sometime in the future, sure, but definitely it wouldn’t have been this June.

And now, after making the trip, it is very important to write that it was such a complete privilege for me to be able to make the trip for the international workshop that I attended. The caliber of the workshop was unbelievable! There were only 45 participants (I was one of them); and the most unbelievable thing was: most professors and scientists from all around the world (not just Europe, but also from MIT and other parts of the world, like China) who were (or are) the main brain force behind the topic of the workshop, which was Ensemble Kalman Filter (EnKF) (or Data Assimilation in general), were there.

In fact, the professor who invented the method was also there!😯 . When Remus, one of my supervisors who asked me to submit my abstract in the first place, told me that the guy who was standing behind me was the inventor of EnKF, I was so shocked and I was thinking: “‘Invented’ as in the method was non-existing before and he ‘invented’ it so it became existing and now a lot of people base their operations and researches on this method?” Wow!😯 To some degree, it was like going to a meeting about Physics and Stephen Hawking and all his colleagues who were at ‘his level’ were there. Amazing! And I could be part of the meeting! Wow! It was such an honor and a very nice experience for me! I definitely learned a lot, and witnessed how abundant amount of experience, knowledge, and intelligence all these guys had. And it opened my eyes that experience is, indeed, a very important and precious thing to have. Experience supports, strongly, knowledge and intelligence.

Anyway, so, I am really grateful with the opportunity and I am thanking Remus a lot for that. And of course I am also thanking my main supervisor, Anca; and also the head of the research group at TU Delft, Arnold, who was willing to pay the expenses to make the trip to Norway :) Yes, the workshop part of the trip was free for me; but the most precious thing, and it was priceless, was the experience!!

No Night in Norway, Literally

If at the previous post I shared to you how 10 PM looks like in Delft during summer and some people were surprised with that; well, they will be more surprised when I tell them that there is literally NO NIGHT in Norway during summer!  So, in the first day, I arrived at the hotel at 12 AM, or midnight, and at the time, it was like this:

How midnight looks like in Norway in summer

I was like: “What the hell? It is freaking midnight now and the sky is still blue??” About forty minutes later, of course it got darker; and the darkest it became was like this:

This is how the darkest part of a day in the summer in Norway looks like

and not long after that, the sun rose again!  So, yeah, it NEVER reached the point where it became really dark like a night is supposed to be.

So, one day in the summer in Norway goes pretty much like this: dawn – morning – day (starting at 4 AM until like midnight) – dusk – dawn (yeah, skipping the “night” part) – and so on.

Well, I guess all of us already studied this phenomenon in the science class in elementary school so actually none of us should be “surprised” by this. But here is what I can say: even though we understand the phenomenon, it still feels different when you experience it first hand! It is like, you know it is true and ‘normal’, but it still feels so ‘weird’, hahaha😆 .

Super Beautiful

Anyway, to finally conclude this post, which turns out to be already quite long (huahaha😆 ), I am uploading some pictures of my vacation part of the trip. In short, Norway is super amazing and beautiful! Look at the four pictures below!! To know more about the story behind them, just wait for my posts about the trip😀

A glacier! In the summer!
One view during the cruise at the fjord
Cruising at the fjord
A scenic scenery in Norway

BAHASA INDONESIA

Sibuk

Ah, aku sibuk sekali nih sekarang. Kemarin sore, aku baru saja kembali dari perjalanan semingguku ke Norwegia dan besok pagi aku akan pergi ke Inggris selama seminggu dong!!😯 Ah, ada banyak banget nih yang harus dilakukan hari ini; mulai dari mencuci baju dan kawan-kawannya, hingga mempersiapkan perjalanan ke London ini! Hmm, aku lega sih sekarang karena aku memutuskan untuk memberi diriku waktu selama satu hari di antara dua perjalanan ini (karena pada awalnya aku berencana untuk langsung pergi ke London sehari setelah kembali dari Norwegia loh). Ah, tapi ini sibuk yang menyenangkan sih, jadi nggak papa deh, hahaha🙂

Sedikit teaser tentang perjalanan ke Norwegiaku

Tentu saja sekarang aku tidak memiliki waktu untuk menulis cerita mengenai perjalanan ke Norwegia ini, aku akan melakukannya setelah kembali dari London nanti. Nah, jadi yang akan aku lakukan sekarang adalah menulis sebuah preview pendek mengenai perjalananku ini sebagai teaser gitu deh, hehehe🙂

Pertama-tama

Seperti yang (mungkin) sudah pada tahu, alasan utama aku pergi ke Norwegia minggu ini adalah untuk menghadiri sebuah workshop internasional disana untuk mempresentasikan riset tesisku setelah panitianya menerima abstrak risetku untuk workshop-nya. Andaikata tidak ada agenda untuk workshop ini, nggak akan deh perjalanan ke Norwegia kali ini terlaksana. Maksudku, jelas lah aku tetap akan pergi ke Norwegia kapan-kapan gitu, tapi tidak bakalan terjadi di bulan Juni ini.

Dan kini, setelah kembali dari perjalanannya, sangat penting untuk aku utarakan bahwa perjalanan untuk menghadiri workshop internasional ini adalah sebuah privilege besar buatku dan adalah sebuah kehormatan besar bagiku untuk bisa turut serta! Kaliber dari workshop-nya keren (baca: amat tinggi) banget dong! Hanya ada 45 peserta saja (dan aku adalah seorang di antaranya); dan yang paling gila adalah: hampir semua profesor dan ilmuwan dari seluruh dunia (nggak cuma Eropa saja, tapi juga dari MIT dan belahan dunia lain, seperti China misalnya) yang merupakan brain force dari topik workshop ini, yang merupakan Ensemble Kalman Filter (EnKF) (atau Asimilasi Data secara umum), hadir di acara ini.

Bahkan, profesor yang menemukan metodenya itu juga hadir loh!😯 Ketika Remus, salah seorang pembimbingku yang menyuruhku mengumpulkan abstrak untuk pertemuan ini, berkata kepadaku bahwa lelaki yang berdiri di belakangku adalah penemu EnKF, aku kaget sekali dan berpikir dalam hati: “‘Menemukan’ dalam artian metode ini tidak ada sebelumnya dan ia ‘menemukannya’ sehingga metode ini jadi ada dan sekarang dipakai banyak orang sebagai dasar operasi dan riset mereka?” Wow!😯 Bisa dibilang, ini seperti pergi ke pertemuan tentang Fisika gitu dan Stephen Hawking dan koleganya (yang berada di ‘level’ yang sama dengannya) hadir pula di pertemuan itu. Gila! Dan aku berkesempatan untuk ambil bagian di pertemuan itu! Wow! Jadi, ya, memang merupakan sebuah kehormatan bagiku dan ini merupakan sebuah pengalaman yang amat berharga! Aku belajar amat banyak, dan menyaksikan sendiri bagaimana luasnya pengalaman, pengetahuan, dan inteligensia para tokoh ini. Dan ini amat membuka mataku bahwa pengalaman itu, memanglah, sebuah hal yang amat berharga untuk kita miliki. Pengalaman itu menyokong pengetahuan dan inteligensia dengan kuat.

Anyway, oleh karenanya, aku amat bersyukur telah mendapatkan kesempatan ini dan aku berterima-kasih dengan amat banyak kepada Remus karenanya. Dan tentu saja aku juga berterima kasih kepada pembimbing utamaku, Anca; dan juga kepala grup risetku di TU Delft, Arnold, yang telah bersedia membiayai perjalananku ke Norwegia ini🙂 Ya, bagian workshop dari perjalananku ini kan gratis buatku; tetapi yang jauh lebih berharga daripada itu, yang mana adalah sesuatu yang amat tak ternilai, adalah pengalamannya!!

Nggak ada malam di Norwegia, dalam arti sebenarnya

Kalau di posting sebelumnya aku tunjukkan bagaimana suasana jam 10 malam di Delft di musim panas dan beberapa orang ada yang kaget karenanya; hmm, mereka akan lebih kaget lagi kalau aku ceritakan bahwa di Norwegia itu, dalam artian sebenarnya, NGGAK ADA MALAM loh di musim panas!  Jadi,di hari pertama aku baru tiba di hotelku jam 12 malam, alias tengah malam, dan suasana waktu itu kayak gini:

Tengah malam di Norwegia di musim panas itu kayak gini

 Reaksiku: “Apa-apaan ini maksudnya? Ini kan udah tengah malam gitu ya dan kok ini masih terang??” Sekitar empat puluh menit kemudian, tentu saja suasana menjadi lebih gelap; dan segelap-gelapnya malam disana itu kayak gini:

Dalam satu hari penuh, paling gelap itu seperti ini

dan nggak lama setelahnya, mataharinya udah terbit lagi dong!  Jadi, ya gitu deh, NGGAK PERNAH deh dalam suatu hari penuh tercapai titik dimana suasana menjadi gelap seperti bagaimana malam seharusnya.

Jadi, sati hari di Norwegia di musim panas itu berlangsung seperti ini: subuh – pagi – siang (dari jam 4 pagi sampai kurang lebih tengah malam) – senja – subuh (yoi, nggak pakai “malam”) – dst.

Hmm, aku rasa kita semua sudah pernah mempelajari fenomena ini di kelas IPA sewaktu SD sih jadi seharusnya nggak perlu “kaget” lah ya karenanya. Tapi ini deh yang mau aku bilang: walau kita memahami fenomena ini, tetap aja rasanya berbeda gitu ketika kita mengalaminya secara langsung! Maksudku, kita sangat memahami bahwa nggak ada yang aneh dengannya dan fenomena ini tuh ‘normal-normal’ aja, tapi tetap aja rasanya ‘aneh’, hahaha😆

Sangat Indah

Anyway, untuk menutup posting ini, yang mana ternyata panjang juga ya padahal tadi rencananya mau menulis pendek aja (huahaha😆 ), aku mengunggah beberapa foto dari bagian jalan-jalan dari perjalanan ini. Secara singkat, Norwegia itu sangat amat indah sekali loh! Lihat deh foto-foto di atas!! Untuk mengetahui cerita di balik foto-foto tersebut, tunggu saja posting-ku selanjutnya tentang perjalanan ini😀

26 thoughts on “#1091 – Busy and A Teaser

  1. congrats ya once again buat konferensinya! mantep banget euy bisa kepilih gitu!!!!

    lucu ya di norway, malemnya gak gelap2 amat ya pas summer…🙂
    dan itu pemandangannya gileeeeeee bagus banget ko…. jadi pengen kesana. huahahhaa

    1. Trims. Iya nih, beneran sebuah kehormataan banget deh bisa kepilih gitu. Soalnya kaliber konferensinya gila, keren banget!🙂

      Yoi, kalau summer gini, kalau winter bisa-bisa nggak ada siang tuh, alias seharian malem mlulu, hahahaha😆 . Walau kita udah ngerti fenomena ini, tetep aja waktu ngerasain sendiri tuh rasanya aneh banget, haha😛

      Iya, keren banget kan!! Aku juga itu seharian terpana melulu kerjaannya, hahaha😆😎 . Iya tuh, kalau ke Europe boleh deh masukin Norway sebagai daftar negara untuk dikunjungi. Tapi mesti nyiapin budget juga soalnya lebih mahal euy dari rata-rata negara-negara di Eropa lainnya, hahaha😀

    1. Trims. Konferensinya kali ini udah beres Dev, kan waktu di Norwegia kemarin itu, hehehe🙂 Tapi ntar kapan pasti bakalan ke konferensi lagi sih, hahaha😀

            1. zilko mah orang jogja dev..

              tapi udah netap aja deh zil di belanda,, jadi kalau aku suatu saat ntar bisa kebelanda entah itu jalan-jalan atau kuliah (amiiiiiiinnnnnn ) kan bisa nanya-nanya sama zilko..😛

  2. foto2nya BAGUSSSS! kayak di kalender!! *ndeso*
    btw, trs kalo kek gitu, trs orang puasa disana puuuuanjang waktunya dong ya? lah matahari cepet amat udah terbit lagi…..

    1. Trims! Iya kan Bu, itu pemandangannya emang bagus banget dan emang kayak foto-foto kalender dan postcard gitu deh!!

      Nah, itu dia, aku juga mikirnya gitu. Bisa-bisa sahur jam 2 subuh dan buka jam 12.30 malam, serem juga ya. Di Belanda 2 tahun lalu ada kenalan yang puasa dan dia sahurnya jam 3an dan bukanya baru jam 9.30 malam loh (padahal waktu itu puasanya bulan Agustus akhir, jadi hari sudah agak pendekan dikit), hmmm. Kalo di Norway bakal lebih ekstrim lagi berarti ya…

  3. Wew, gak ada malam tapi tetep ngantuk kan?
    Nggak gitu banyak tahu tentang Norway, ternyata kalau musim panas gak ada malemnya….beruntung di Indonesia sebenarnya ya….lengakap hampr 50-50 siang dam malamnya😀

    Saya bilang lucky, karena saat ini saya di kantor juga lg ngantuk makanya BW… #hhhooaaammm

    1. Iya, lama kelamaan juga pasti ngantuk lah ya, hehehe🙂 Dan kalau malam itu korden aku tutup jadi tetap berasa gelap gitu deh🙂

      Iya, di Indonesia emang enaknya hampir selalu 50-50 kan. Dan sepanjang tahun temperatur udarana juga stabil alias hampir sama terus, hehehe🙂

  4. ya ampun zilko,,, itu pemandangannya indah banget seeehhh *iri sambil maen lidi dipojokan* >.<

    dan emang beruntung banget kalau bisa bertemu dengan orang-orang hebat di dunia yak.. dan bertemu dengan penemunya? berarti dia itu hebat banget yak, masih hidup tapi yang ditemukannya sudah bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh orang dan teknologi sekarang.. keren!!

    1. Iya, indah banget kan! Itu beneran aku juga shock dan terkagum-kagum dah sepanjang hari sewaktu disana, hehehe🙂

      Iya, rasanya beruntung banget dan awalnya agak “shock” gitu deh karena ini artinya level konferensinya tinggi banget kan!! Yup, penuh orang-orang hebat deh konferensi kemarin itu. Aku salut banget dan merasa bersyukur bisa ambil bagian, hehehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s