Posted in EuroTrip, Half Week Trip, My Interest, Tennis, Vacation

#1087 – Paris Trip: 2012 Roland Garros (Part III)

ENGLISH

Previously on Paris Trip: 2012 Roland Garros: Zilko went to Paris to watch the second grandslam tournament of the year, Roland Garros (or the French Open). He had access for three days to the tournament; and he had spent his first two days there. Now he couldn’t wait to go to his third and last day…

***

Day 4 (Friday, 1 June 2012)

Doing exactly the same procedure as the previous two days, I got into the grounds at around, again, 9.45 AM. Just like Thursday, I also got Philippe Chatrier access this day. However, unlike the previous access, I was not that much excited as this was the schedule of play in Philippe Chatrier for this day:
1. Sloane Stephens (USA) vs Mathilde Johansson (FRA) at 11 AM; followed by:
2. Agnieszka Radwańska [3] (POL) vs Svetlana Kuznetsova [29] (RUS); followed by:
3. Fabio Fognini (ITA) vs Jo-Wilfried Tsonga [5] (FRA); and followed by:
4. Roger Federer [3] (SUI) vs Nicolas Mahut (FRA).

In my opinion, the schedule of play in Suzanne Lenglen for this day was much more interesting. The cancelled Ayumi Morita vs Maria Sharapova which was supposed to be played the day before in Philippe Chatrier was played today but in Court Suzanne Lenglen (damnit!😦 ). However, there was still one big name in Philippe Chatrier today: Roger Federer.

Anyway, the guess I made the previous day was correct. Serena Williams’ mixed doubles match was scheduled to be played this Friday!😯 Yaaay! It would be the last (fourth) match at one of the outer courts, Court no.2, after the Andreas Seppi [22] vs Fernando Verdasco [14] match. Because Court no.2 was one of the outer courts where everyone in the grounds could access it, there was no seat number in the court. For this kind of courts, the system was “one out one in“. Court no.2 was probably the most famous outer courts (it was indeed the “biggest” outer court) and I knew a lot of people would like to queue to watch the matches played in it. Because Serena’s match would be the last match, I had to strategize a little bit to be able to get a seat for her match. My strategy was to queue in the middle of the match before hers (thus, the Seppi vs Verdasco match) to hopefully get a seat before that match was over. Smart, right? Well, but it came with a price where I had to quite sacrifice my seat in Philippe Chatrier. But whatever, the matches in Philippe Chatrier were not that interesting for me anyway…🙂

Btw, as much respect as I have towards Roger Federer, as I believe he is one of the greatest tennis players ever in the history of tennis, I am never really a fan of his. I don’t know why. Therefore, even though I got access to watch Federer’s match, I was willing to sacrifice this access to increase my chance of watching Serena’s match, hahaha😆 #bigfanindeed .

Like the previous days, I also walked around the courts to see some players preparing themselves for their matches. That morning, I saw Ryan Harrison, Matthew Ebden, Tomáš Berdych, Dominika Cibulková, Kaia Kanepi, Samantha Stosur, Nuria Llagostera Vives, Anabel Medina Garrigues, Ayumi Morita, Robert Lindstedt, Horia Tecău, Mariusz Fyrstenberg, Marcin Matkowski, and Robin Haase, the current Dutch number 1 at number 39 in the world. After seeing all these players across the grounds, I walked back to Philippe Chatrier as I felt quite tired. But then, in one of the TV screens, I saw that Maria Sharapova was practicing at one of the outer courts. It was Court no. 14 and it was at the other end of the venue (read: so far away from where I was at that time). But whatever, I decided to run to Court 14 so that even though I didn’t get the chance to see Sharapova in a match, I still got the chance to see her practicing, huahaha😆 .

After that, I was somehow quite hungry and decided to buy a French sandwich for lunch (it was like sandwich but instead of using normal bread, it used French bread, so it was huuuge!! :D). After that, I decided to take a quick look at some underway doubles matches at Court no.2 and Court no.3. In Court no.3, Argentinian pair, Gisela Dulko and Paola Suárez, were in action; while Ryan Harrison and Matthew Ebden were taking a French team in Court no.2. After awhile, Sloane Stephens vs Mathilde Johansson match was almost concluded and I decided to go to Philippe Chatrier, well, to at least watch one match there (as the element that made my ticket more expensive that day was the access to Philippe Chatrier, so I should use this special access at least once, right?🙂 ).

Sloane Stephens, the promising young American, defeated the Frenchwomen handily 6-3, 6-2. The next match was supposed to be interesting on paper as the number three player in the world, Agnieszka Radwańska, was taking on the 29th seeded and 2009 French Open champion, Svetlana Kuznetsova. However, it turned out to be a very one-sided match, with the side heavily favoring Kuznetsova. She quickly built a 5-0 lead in the first set before sealing it 6-1. The second set went pretty much in the same fashion. Radwańska did put a fight earlier in the second though; but she just couldn’t match Kuznetsova, who was performing incredibly well. Kuznetsova upset Radwańska 6-1, 6-2 in just 72 minutes.

I stayed for the first three or five games of the next match between Fabio Fognini and Jo-Wilfried Tsonga before I decided to leave the court to prepare myself to queue for Court no.2. I still had time though, so I decided to walk around the grounds, again. I stopped at Court no. 12 to see the Chinese player, Li Na, practicing. When I was taking some pictures, someone was passing me just by my side (I didn’t really pay attention who it was because I was busy taking pictures) before I realized that Amelie Mauresmo, a tennis professional retiree and former number 1 player in the world, was also coming from the same direction. Two seconds later, I remembered that Amelie Mauresmo was hired by the current world no.1, Victoria Azarenka, to assist her during the clay season. And then I realized that that someone who was just passing by me was the freaking Victoria Azarenka!!😯

So, Victoria Azarenka took over the court from Li Na for her practice session. And I stayed there for awhile to see how the number one women’s player practiced. After watching the practice, I realized the difference between Azarenka and Sharapova, who are both known as the women’s tour’s loudest grunters. During their practice session, Sharapova was very quiet (she didn’t make any noise) while Azarenka was just being Azarenka. She also grunted the same way during practice as she was in a match. And the grunt got louder and louder as the practice went on…

Anyway, time was ticking (to Serena’s match) and my camera’s battery was also quite concerning. So I decided to go to the charger to recharge my camera’s battery a little bit to make sure I had enough power until Serena’s match. After charging my camera for around 25 minutes, I did my final preparation before joining the queue to enter Court no.2: I bought some snacks (so in case I got hungry inside Court no.2, I would not need to get out which was equivalent to sacrificing my spot in the court) and also peed, hahaha😆 . At the time, Tsonga’s match was getting closer to the conclusion where he won in straight sets.

I started to queue at one of the three lines toward Court no.2. And indeed it looked like a really long queue. At the time, the Federer’s match at Court Philippe Chatrier was already started. Finally, after queuing for around 1 hour (yeah, it was that long), I got my access to Court no.2. The Seppi vs Verdasco’s match hadn’t ended yet and it was 2 set to 1 for Seppi. The fourth set was played and Verdasco was able to win the set forcing the fifth set to be played. And I was like: “Dear God, please don’t let this fifth set take too long like the Isner-Mathieu match“. I mean, I didn’t want the next match to be cancelled because of the longevity of this match, hehe. And so I was like supporting whoever got ahead first in the fifth set, so that the match would finish quicker, hahaha😆 . Andreas Seppi quickly took control of the set though, and he won 6-2 in the fifth to set up a meeting against the world no.1, Novak Djokovic, in the next round.

After the match, however, there was an announcement that I did not understand (because it was in French). Some guys spread the word that the next match was forfeited or something like that. I quickly became disappointed, of course. But then, there was an official announcement in the scoreboard that the match was not forfeited, but moved to Court no.3!! And so I dashed out from Court no.2 and quickly joined the crowd to enter Court no.3!! And I was like: “Damnit, had I known it would be moved to Court no.3, I could have watched at least the first set of Federer’s match!!“. But well, who knew this would happen anyway?? hahaha.

I was quite worried I would not get access to Court no.3 as there were so many people entering the Court no.3’s gate that we literally didn’t have to walk to enter the gate as everyone was pushing. So we were, sort of, automatically pushed towards the gate, hahaha. But lucky there was still room for me!! Yeaaah!!  And then, yes, Serena Williams and Bob Bryan (and also their opponent, Gisela Dulko and Eduardo Schwank) were really warming up for the match on the court!! And I was really really happy!! hahaha🙂

I took a seat in the court; and btw, because Court no.3 was one of the outer courts (which were generally smaller), it provided a much up close view to the court itself; as a result, I could see the players much clearer as they were just standing like 5 meter in front of me!! And it was Serena Williams, who normally played in big or main courts and so it would be quite difficult to get a more up close view. I also realized that in the exactly opposite side of the court, the Williams team (including Venus Williams) were sitting cheering for Serena, hahaha.

Anyway, so the match began. Serena showed a lot of signs of rust in doubles though; as everyone could hear Bob Bryan shouted out some basic instructions to Serena like  “up” and “switch” and other basic stuffs in doubles play during the match. Serena’s reflex was also still quite in singles mode as she made a fatal mistake at one point where she tried to run for a ball which was actually within Bob Bryan’s reach (so she left her post). Serena ended up hitting the ball, but not good enough unfortunately, and Dulko/Schwank could easily hit it back to the now left-open area. It cost them a point. But well, this was actually understandable though; as it was Serena’s first competitive doubles match since Wimbledon (July) 2010, first with someone else other than Venus Williams since Leipzig (September) in 2002, and first with a male partner since Australian Open (January) in 1999 (yeah, I did my research, hahaha :D). So a little bit of rust was quite expected.

In the end, Serena Williams/Bob Bryan lost the match 5-7, 6-3, [6-10] against the more doubles-in-form team, even though leading 5-3 in the first set. Serena also saved a match point by serving an ace in the super tie-break (typical Serena though, hitting a very good serve to save a match point, hahaha😆 ), but in the end it wasn’t enough. But well, it should be an interesting a few months heading to Wimbledon and the Summer Olympics in London!

After the match, I decided to go back to my hostel; and there my trip to this year’s edition of Roland Garros ended. And I was really happy…

Day 5 (Saturday, 2 June 2012)

I checked out from my hostel at around 10 AM and went directly to the bus station to take my 11.30 AM bus to Den Haag. Well, it was another long bus-ride, though a bit faster and more on time than my departure trip. However, this return trip was better because there were not so many people along the trip (so there was more space) and the aircon worked better, hahaha. Btw, here is the bus route from Paris to Den Haag and back (I forgot to attach this route map file in the Part I post😛 ).

Paris Gallieni International Bus Station to Den Haag Centraal Station

We arrived at 6.40 PM at Den Haag Centraal Station and I took an intercity to get back to Delft. And here my trip officially ended…

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam Paris Trip: 2012 Roland Garros: Zilko pergi ke Paris dalam rangka menonton turnamen grandslam kedua tahun ini, Roland Garros (alias French Open). Ia mendapatkan akses selama tiga hari ke turnamennya; dan ia telah menghabiskan waktu dua hari disana. Kini ia tidak sabar untuk menggunakan akses hari ketiganya, yang juga hari terakhirnya disana…

***

Hari 4 (Jumat, 1 Juni 2012)

Melakukan hal yang sama persis seperti dua hari sebelumnya, aku masuk ke dalam area turnamennya, lagi-lagi, sekitar jam 9.45 pagi. Seperti hari Kamisnya, aku juga mendapatkan akses ke Philippe Chatrier hari ini. Namun, tidak seperti hari sebelumnya, aku tidak terlalu tertarik dengan jadwal pertandingan di Philippe Chatrier untuk hari ini:
1. Sloane Stephens (USA) vs Mathilde Johansson (FRA) jam 11 pagi; diikuti oleh:
2. Agnieszka Radwańska [3] (POL) vs Svetlana Kuznetsova [29] (RUS);  diikuti oleh:
3. Fabio Fognini (ITA) vs Jo-Wilfried Tsonga [5] (FRA); dan diikuti oleh:
4. Roger Federer [3] (SUI) vs Nicolas Mahut (FRA).

Menurutku, jadwal di Lapangan Suzanne Lenglen hari ini lebih menarik deh. Pertandingan antara Ayumi Morita dan Maria Sharapova yang seharusnya dimainkan sehari sebelumnya di Philippe Chatrier akhirnya dimainkan hari ini, tetapi di Lapangan Suzanne Lenglen (sial!😦 ). Namun, masih ada satu nama besar sih di Philippe Chatrier hari ini: Roger Federer.

Anyway, tebakan yang aku buat di hari sebelumnya ternyata benar. Pertandingan ganda campurannya Serena Williams dijadwalkan untuk dimainkan hari Jumat ini loh!😯 Yaaay!  Pertandingannya akan menjadi pertandingan terakhir (keempat) di salah satu lapangan luar, yaitu Lapangan no.2, setelah pertandingan antara Andreas Seppi [22] dan Fernando Verdasco [14]. Karena Lapangan no.2 adalah lapangan luar dimana semua orang di dalam area turnamen bisa bebas mengaksesnya, di lapangan ini nggak ada nomor kursi deh. Untuk lapangan semacam ini, sistem yang digunakan adalah “satu keluar satu masuk“. Lapangan no.2 mungkin merupakan lapangan luar yang paling terkenal (dan memang lapangan yang paling besar) dan aku tahu ada banyak orang yang akan mengantri untuk menonton pertandingan di dalamnya. Karena pertandingannya Serena adalah pertandingan terakhir, aku jadi harus berstrategi supaya bisa mendapatkan kursi untuk pertandingannya. Jadilah strategiku adalah untuk mulai mengantri di tengah pertandigan sebelumnya (yaitu Seppi vs Verdasco) untuk mudah-mudahan mendapat kursi sebelum pertandingan ini selesai. Cerdas kan? Hmm, tapi ini juga harus ‘kubayar’ karena ini berarti aku harus mengorbankan kursiku di Philippe Chatrier sih. Ah, tapi biar lah, toh pertandingan di Philippe Chatrier juga kurang menarik buatku…🙂

Btw, sebagaimana hormatnya aku akan Roger Federer, karena aku pun yakin ia adalah salah seorang pemain tenis terhebat sepanjang masa, entah kenapa aku nggak terlalu pernah ngefans sama dia deh. Nggak tahu deh kenapa. Makanya, walaupun aku mendapatkan akses untuk menonton pertandingannya Federer (hoki-hokian lho supaya bisa mendapat akses seperti ini), aku rela untuk mengorbankannya deh demi melihat pertandingannya Serena, hahaha😆 #fansberatmemang .

Seperti hari-hari sebelumnya, pagi itu aku berkeliling areanya untuk melihat-lihat beberapa pemain mempersiapkan pertandingannya. Pagi itu, aku melihat Ryan Harrison, Matthew Ebden, Tomáš Berdych, Dominika Cibulková, Kaia Kanepi, Samantha Stosur, Nuria Llagostera Vives, Anabel Medina Garrigues, Ayumi Morita, Robert Lindstedt, Horia Tecău, Mariusz Fyrstenberg, Marcin Matkowski, dan Robin Haase, pemain Belanda berperingkat tertinggi sekarang di posisi nomor 39. Setelah berkeliling melihat para pemain itu, aku berjalan kembali ke Philippe Chatrier karena merasa lumayan lelah juga. Tapi kemudian, di salah satu layar TV, aku melihat bahwa Maria Sharapova sedang latihan dong di salah satu lapangan luar. Lapangan itu adalah Lapangan no.14 yang berada di ujung lain dari area turnamen (baca: jauh sekali dari lokasi dimana aku berada saat itu). Tapi biar deh, aku memutuskan untuk berlari ke Lapangan no.14 sehingga biarpun aku nggak berkesempatan nonton Sharapova bertanding, seenggaknya bisa melihat dia latihan deh, huahaha😆 .

Setelahnya, aku merasa cukup lapar dan memutuskan untuk makan sebuah sandwich ala Prancis untuk makan siang (makanannya itu kayak sandwich tapi rotinya bukan roti tawar biasa gitu, tapi roti pentung Prancis, jadi ukurannya guedee!! :D). Setelahnya, aku memutuskan untuk melihat sedikit pertandingan ganda yang berlangsung di Lapangan no.2 dan Lapangan no.3. Di Lapangan no.3, tim ganda asal Argentina, Gisela Dulko and Paola Suárez, sedang beraksi; sementara Ryan Harrison dan Matthew Ebden sedang melawan ganda Prancis di Lapangan no.2. Setelah beberapa waktu, pertandingan antara Sloane Stephens dan Mathilde Johansson hampir selesai dan aku memutuskan untuk pergi ke Philippe Chatrier untuk menonton setidaknya satu pertandingan disana (karena elemen yang membuat tiketku hari ini lebih mahal kan akses ke Philippe Chatrier ini, jadi aku harus menggunakan akses khusus ini setidaknya satu kali dong, betul?🙂 ).

Sloane Stephens, pemain muda dari Amerika yang berbakat, mengalahkan si pemain Prancis dengan mudah, 6-3, 6-2. Pertandingan berikutnya seharusnya cukup seru di atas kertas karena pemain nomor tiga dunia, Agnieszka Radwańska, akan melawan unggulan ke-29 yang juga merupakan juara French Open 2009, Svetlana Kuznetsova. Namun, pertandingan yang berlangsung ternyata berat sebelah, dimana ‘lebih berat’-nya ini adalah ‘lebih berat’ ke Kuznetsova. Dengan cepat ia langsung unggul 5-0 di set pertama sebelum menutupnya dengan skor 6-1. Set kedua berlangsung dengan pola yang mirip. Radwańska memberikan perlawanan di awal babak kedua sih; tetapi nampaknya tidak cukup untuk menghadapi Kuznetsova yang sedang tampil amat baik. Pada akhirnya, Kuznetsova mengalahkan Radwańska 6-1, 6-2 hanya dalam waktu 72 menit.

Aku tetap duduk disana sampai tiga atau lima game pertama pertandingan selanjutnya antara Fabio Fognini dan Jo-Wilfried Tsonga sebelum aku memutuskan untuk meninggalkan arena untuk menyiapkan diri mengantri untuk Lapangan no.2. Masih ada waktu sih, jadilah aku berjalan-jalan keliling areanya, lagi. Aku berhenti sejenak di Lapangan no.12 dimana seorang pemain Cina, Li Na, sedang berlatih. Ketika aku sedang fokus mengambil foto, seseorang lewat tepat banget di sebelahku (aku nggak terlalu perhatian siapa itu karena aku fokus banget mengambil foto) sebelum aku kemudian menyadari bahwa Amelie Mauresmo, mantan petenis profesional yang dulunya pemain nomor 1 dunia, datang dari arah yang sama. Dua detik kemudian, aku ingat bahwa Amelie Mauresmo kan dipekerjakan pemain nomor 1 dunia saat itu, Victoria Azarenka, untuk mendampinginya sepanjang musim tanah liat. Dan jadilah aku baru sadar bahwa seseorang yang barusan lewat di sebelahku itu Victoria Azarenka dong!! :shock:

Jadi ceritanya, Victoria Azarenka menggunakan lapangan itu setelah Li Na untuk sesi latihannya. Jadilah aku tinggal disana sebentar untuk melihat sesi latihannya petenis wanita nomor satu dunia. Setelah menonton sesi latihannya itu, aku menyadari perbedaan antara Azarenka dan Sharapova, yang mana keduanya dikenal sebagai pemain top grunters (aku nggak tahu nih padanan katanya di bahasa Indonesia apa) terberisik di tur wanita. Di sesi latihannya, Sharapova itu tenang sekali lho (ia nggak berisik sama sekali) sementara Azarenka ya seperti Azarenka gitu deh. Ia juga grunting di sesi latihan sama seperti di pertandingan. Dan grunting-nya juga semakin keras gitu deh sepanjang latihan…

Anyway, waktu semakin mendekati waktu perkiraan pertandingannya Serena dan kondisi baterai kameraku agak mengkhawatirkan. Oleh karenanya, aku memutuskan untuk menge-charge baterai kameraku dulu supaya aku yakin aku memiliki cukup baterai sampai pertandingannya Serena. Setelah aku menge-charge-nya selama sekitar 25 menit, aku melakukan persiapan terakhir sebelum bergabung di antrian menuju Lapangan no.2: aku membeli beberapa snack (siapa tahu kan aku lapar ketika di dalam lapangan, sehingga aku nggak harus keluar gitu yang ekuivalen dengan mengorbankan tempatku di dalam lapangan) dan juga ke toilet dulu deh, hahaha😆 . Pada waktu itu, pertandingannya Tsonga sudah semakin mendekati akhir dimana ia menang dengan straight sets.

Aku mulai mengantri di salah satu dari tiga antrian panjang menuju Lapangan no.2. Dan antriannya beneran panjang sekali lho. Pada waktu itu, pertandingannya Federer di Court Philippe Chatrier sudah dimulai. Akhirnya, setelah mengantri selama satu jam (iya, selama itu deh ngantrinya), aku mendapatkan akses masuk ke Lapangan no.2 Pertandingannya Seppi dan Verdasco juga masih belum selesai dan waktu itu Seppi unggul 2 set melawan 1. Set keempat dimainkan dan Verdasco berhasil memenanginya sehingga set kelima harus dimainkan. Dan waktu itu yang aku pikirkan adalah: “Aduh, jangan sampai set kelima ini berlangsung terlalu lama kayak pertandingannya Isner-Mathieu deh“. Maksudku, aku nggak mau dong lagi-lagi pertandingan selanjutnya harus dibatalkan saking panjangnya pertandingan yang ini, hehe. Dan jadilah aku mendukung siapapun yang lebih dulu unggul di set kelima, supaya pertandingannya beres lebih cepat gitu, hahaha😆 . Andreas Seppi dengan cepat mengambil kontrol di set kelima, dan akhirnya ia menang 6-2 untuk mendapatkan tiket ke babak selanjutnya dimana ia akan bermain melawan pemain nomor 1 dunia, Novak Djokovic.

Setelah pertandingannya selesai, tiba-tiba ada pengumuman gitu yang aku nggak ngerti deh artinya apa (soalnya pakai bahasa Prancis sih). Beberapa orang menyebarkan berita kalau pertandingan berikutnya dibatalkan atau gimana gitu. Jadilah aku kecewa dong, jelas aja. Tapi kemudian, tiba-tiba ada pengumuman di papan skornya bahwa pertandingan selanjutnya itu bukannya dibatalkan, tetapi dipindah ke Lapangan no.3!! Dan jadilah aku langsung berlari keluar Lapangan no.2 dan buru-buru memasuki Lapangan no.3!! Dan reaksiku waktu itu: “Sialan, tahu begini kan aku bisa setidaknya nonton set pertama dari pertandingannya Federer!!“. Ah, tapi siapa juga yang tahu ini akan terjadi kan?? hahaha.

Aku agak khawatir aku tidak akan mendapatkan akses ke Lapangan no.3 karena ada banyak sekali orang yang mau masuk ke Lapangan no.3 bahkan sampai-sampai kami nggak harus berjalan loh untuk memasuki lapangan karena semua orang mendorong gitu deh (ini beneran!). Jadi ya kami tuh secara otomatis didorong masuk ke gerbangnya gitu deh, hahaha. Untungnya aku masih kebagian tempat!! Yeaaah!! Dan ya, waktu itu, Serena Williams dan Bob Bryan (dan juga lawannya, Gisela Dulko dan Eduardo Schwank) sedang pemanasan di lapangan!! Dan aku merasa bahagia deh!! hahaha🙂

Aku duduk di lapangannya; dan btw, karena Lapangan no.3 itu jugalah salah satu lapangan luar (yang secara umum ukurannya lebih kecil), lapangan ini memberikan pandangan yang cukup up close ke lapangannya loh; yang mana artinya kita bisa melihat para pemainnya dengan amat jelas sekali karena mereka bermain sekitar 5 meter aja di depan kita!! Dan yang ketika itu bermain adalah Serena Williams, yang biasanya bermain di lapangan besar atau utama sehingga sulit deh untuk menontonnya dengan up close gitu. Btw, kemudian aku juga menyadari yang duduk tepat di seberang lapangan adalah tim Williams (termasuk Venus Williams) yang berada disana untuk mendukung Serena, hahaha.

Anyway, kemudian pertandingannya dimulai. Serena menunjukkan ‘karat’ yang cukup banyak di pertandingan ganda; karena semua orang bisa mendengar Bob Bryan meneriakkan beberapa instruksi dasar ke Serena semacam  “up” dan “switch” dan beberapa hal mendasar lainnya di permainan ganda di sepanjang pertandingan. Refleks-nya Serena juga masih berada di mode tunggal sehingga pada suatu waktu ia membuat kesalahan fatal dimana ia mengejar bola yang sebenarnya berada dalam jangkauannya Bob Bryan (jadi Serena meninggalkan posnya gitu). Serena akhirnya memukul bola itu, sayangnya tidak terlalu baik, sehingga Dulko/Schwank bisa dengan mudah memukul bola itu balik ke area yang kini ‘terbuka’. Williams/Bryan kehilangan satu poin karenanya. Ah, tapi ‘karat’ ini bisa dimaklumi sih; karena ini adalah pertandingan kompetitif ganda pertamanya Serena semenjak Wimbledon (Juli) 2010, pertama kali dengan pasangan selain Venus Williams semenjak Leipzig (September) 2002, dan pertama kalinya dengan pasangan pria semenjak Australian Open (Januari) tahun 1999 (yoi, aku riset dulu dong, hahaha :D). Jadi ya adanya ‘karat’ adalah sesuatu yang bisa dijangka lah ya.

Pada akhirnya, Serena Williams/Bob Bryan kalah 5-7, 6-3, [6-10] melawan tim ganda yang lebih in-form, walaupun mereka sebenarnya sempat unggul 5-3 lho di babak pertama. Serena juga sempat menyelamatkan match point dengan membuat servis ace di set super tie-break (tipikal Serena sih, memukul serve yang amat baik untuk menyelamatkan match point, hahaha😆 ), tapi akhirnya itu tetaplah tidak cukup. Tapi, yah, bagaimanapun juga, beberapa bulan ini akan menjadi lebih menarik karena Wimbledon dan Olimpiade di London akan segera berlangsung kan!

Setelah pertandingan, aku memutuskan untuk kembali ke hostelku; yang mana ini berarti perjalananku ke Roland Garros tahun ini berakhir sudah. Dan aku merasa sangat senang…

Hari 5 (Sabtu, 2 Juni 2012)

Aku check out dari hostelku sekitar jam 10 pagi dan langsung pergi ke terminal bus untuk naik bus jam 11.30 pagiku ke Den Haag. Yah, perjalanan ini kembali menjadi perjalanan yang panjang ya, walaupun sedikit lebih cepat daripada keberangkatannya sih. Eh, tapi perjalanan pulang ini lebih enak lho soalnya di sepanjang perjalanan ada nggak terlalu banyak penumpang (jadi ada lebih banyak ruang gitu) dan AC-nya bekerja dengan lebih baik, hahaha. Btw, berikut ini peta rute perjalanan busnya dari Paris ke Den Haag dan sebaliknya (pas di posting bagian pertama aku lupa meng-attach peta rutenya soalnya😛 ).

Terminal Bus Internasional Paris Gallieni ke Stasiun Kereta Den Haag Centraal

Aku tiba sekitar jam 6.40 sore di Stasiun Den Haag Centraal dan kemudian aku naik kereta intercity untuk kembali ke Delft. Dan kemudian perjalananku resmi berakhir…

SELESAI.

29 thoughts on “#1087 – Paris Trip: 2012 Roland Garros (Part III)

  1. terus terang saya pusing bacanya, selain tak suka tennis, kepanjangan tulisannya.. Tapi, perjalanan yang indah, dapet foto2nya juga.. Tak ketemu gayus??

    1. Hehe, iya. Memang saya ingin merekam pengalaman ini dengan mendetail sehingga bisa digunakan untuk nostalgia di masa depan nanti🙂 Makanya jadinya agak panjang🙂

      Trims. Perjalanannya memang berkesan dan mengasyikkan sekali🙂

  2. dulu sempet ngikutin perkembangan tennis waktu zaman Yayuk Basuki, setelah itu ga pernah ngikutin lagi.. Mungkin karena aku ga main jadi ga terlalu mantengin yah.. Tapi kalo udah hobi, nonton pertandingan grand slam pasti sudah jadi impian yang harus diwujudkan. sama kaya aku yang punya mimpi pengen nonton pertandingan Arsenal di Emirates Stadium

    1. Haha, malah pas zamannya Yayuk aku nggak terlalu ngikutin loh. Sayang ya sekarang dari Indonesia tidak ada yang terlalu unjuk gigi hingga setidaknya masuk top 100 gitu😦 .

      Hahaha, bener banget!! Kalau punya impian ya sebisa mungkin harus diwujudkan kan ya. Apalagi ketika kesempatan itu ada. Paris kan nggak terlalu jauh dari sini makanya deh kemarin ini aku juga ngebela-belain kesana, hehehe😀 Mudah-mudahan ntar bisa kesampaian ya nonton Arsenal di Emirates Stadium🙂

  3. Kamu bener2 udah memikirkan segala sesuatunya dgn baik ya ko. Aku bangga sekali bahwa kamu tak lupa membawa snack, hahaha. Dan masih sempet ngecharge batre digicam selama 25 menit. Ckckckck… Very well prepared!🙂

    1. Hahaha, iya dong Bu. Soalnya ngeliat antriannya gila tuh. Kan males aja kalau udah capek-capek ngedapetin satu tempat di lapangannya setelah ngantri selama sejam, trus mesti keluar buat beli snack karena laper atau buat ngecharge baterai karena baterai habis. Harus ngantri lagi uy masuknya, hahaha😛 Kalau lapangannya yang Philippe Chatrier lebih santai deh karena kan udah ada nomer kursinya, haha😀

    1. Iya, asyik banget! Dapat banyak foto-foto dan aku rekam dengan detail disini sehingga nantinya bisa dipakai buat nostalgia gitu, hehehe🙂

    1. Lah, Sharapova juga berisik (kalau di pertandingan). Di pertandingan lebih berisik daripada Azarenka malah, hehehe🙂 Grunt-nya Sharapova di sebuah pertandingan pernah diukur kekerasannya, dan ternyata hampir sekeras aumannya singa lho😀

      1. hampir sekeras aumannya singa lho

        >> wanjir, serius tuh? hahaha…. eh emang nge-grunt gt boleh ya? ga kena sanksi? kan mengganggu konsentrasi lawan tuh…

        1. Ho oh, beneran Bu. Nah, memang itu yang jadi topik perdebatan beberapa tahun belakangan memang; karena populasi grunters (terutama di kalangan petenis wanita) semakin besar.

          Kalau masalah mengganggu konsentrasi lawan ini juga masih agak kontroversi Bu; karena ada beberapa pemain yg bilang bahwa kalau menghadapi pemain grunters pun mereka tidak terganggu dengan grunting-nya karena mereka amat fokus dan konsentrasi penuh selama pertandingan itu. Dan kini sudah ada aturan bahwa umpire berhak menyetop poin yg sedang dimainkan apabila ia merasa salah satu pemain dengan sengaja mengganggu konsentrasi lawan (dan memberi penalti ke si pemain yang mengganggu konsentrasi lawan ini). Nah, masalahnya grunting ini seringnya “tidak disengaja” karena mereka melakukannya involuntarily gitu, alias gak sadar.

          Jadi ya gitu deh, masih jadi topik perdebatan sekarang, hahaha😆 . Dan beberapa pemain putra grunting juga lho kalau bermain…

          1. iya sih ya, kalo grunting gini biasanya ya reflek aja…. ada kaitannya ga ya dgn pengendalian emosi? siapa tau petenis yg demen grunting gini diluar lapangan emg dikenal temperamental….?

            1. Yoi, ya gitu deh Bu. Kalau mereka sedari kecil udah grunting mainnya, ya gimana lagi kan. Soalnya grunting itu bagi sebagian pemain ya sudah “sepaket” sama permainannya gitu. Petenis pro gitu kan mulai main semenjak kecil tuh. Nah, waktu masih kecil kan mereka masih belum sekuat ketika udah gede. Oleh karenanya, sewaktu kecil, untuk ‘menambah tenaga’, mereka refleks grunting gitu; trus jadi kebiasaan deh. Gini sih yg aku baca; dan ini dari sudut pandang si grunter, hehehe🙂

              Kalau sama temperamental kayaknya tidak berhubungan kok Bu. Sharapova ini dikenal sebagai salah satu petenis paling “dingin” loh. Di sisi sebaliknya, John McEnroe yg terkenal amat temperamental juga nggak grunting kalau bermain, hehe

  4. waaahh seru ya zil nonton pertandingannya bisa milih dan sempet kejar-kejaran juga.. aku ngebayangin deh lo kejar-kejaran karena mau nonton latihan.. hahahaha.. pasti puas banget deh kalau udah kesampaian yak😀

    1. Yoi, bisa milih tapi kalau di lapangan luar ya kemungkinan harus ngantri gitu deh Nie, hehehe🙂 Apalagi kalau lapangan luar yang besar/utama kayak Lapangan no.2 ini, bisa lama banget dah ngantrinya, hehe😀 Yoi, apalagi kalau pemain favorit gitu kan, kejar-kejaran pun dibelain deh ya, hahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s