Posted in EuroTrip, Half Week Trip, My Interest, Tennis, Vacation

#1082 – Paris Trip: 2012 Roland Garros (Prologue)

ENGLISH

So, yesterday I just came back from a five-day trip to Paris to watch Roland Garros. Well, before starting the day by day story (like I always do :D), I will write a short recap (which turns out to be not ‘short’, hahaha) about this amazing trip as a prologue. So, without further ado, let’s just get it started🙂

A-m-a-z-i-n-g

If I have to describe this trip in one word, it is definitely “A-M-A-Z-I-N-G”! This trip has been one of the best trips I have ever had in my life!! I went to the event for three days, and I was so excited and happy in all those three days. Well, of course there were parts of this trip that could have been better which would have made me enjoy it even more – we will get to this shortly – but overall, it has definitely been super awesome for me.

Well, this Roland Garros tournament was not the first tennis tournament I had been to. Before this, I already went to the ABN Amro World Tennis Tournament in Rotterdam and the Unicef Open in Rosmalen, both I did last year. As you can read in those posts, I loved both experiences. So, I already knew that watching a tennis match live in the tournament’s complex is much much much better than watching on TV or internet, hahaha😀. However, this visit to Roland Garros was like a billion times better and more awesome than those past two experiences combined, hahaha🙂

In tennis, the highest level of all tournaments is the grandslam. There are only four grandslam tournaments in a season (one year), and one of them is this Roland Garros (or also known as the French Open) which is played on clay courts. All professional tennis players dream(ed) to play in a grandslam tournament during their career. Therefore, there is distinct “aura” of these grandslam tournaments that sets them (far) apart from any other tournaments. So, for me, as a big fan of the sport, to be able to taste a little bit of this “aura” is like a dream comes true!😯

Being the highest level of any tournaments in tennis, ALL top players (unless they are injured or have some other unfortunate excuses), male or female, are present in the tournament. However, due to the nature of the game, of course some players will lose early within the first few days of the tournaments. And because this is a sport game, anyone, including some top players, may have a bad day early on in the competition and is sent home quickly – we will also get to this a bit later. Therefore, after done visiting the first day of the tournament, I suddenly realized that I was actually, in a way, blessed for not being able to get tickets for the later stage(s) of the tournaments and got some access to the first week instead. Why? Well, because in the first week, ALMOST ALL of the top players are more likely to still be in the tournament and therefore there is a very good chance to actually see them in person!!😯 And this is indeed what happened. I saw a lot of top players during my visit to the tournament!!

I also bought some souvenirs from the tournament; and after calculating my expenses on this trip, this souvenir post took about 22.50% of my total expense (the tickets to the tournament took 29.18%), huahaha😆 . Also, just three days in the tournament, in total I took about 1,250 photos and about 30 videos around the ground, huahaha😆 . As a comparison, in my two-week trip to Italy one and a half year ago, I took in total about 1,400 photos!😀 So, yeah, I think you can see how wonderful this experience was for me, and how I really did love and enjoy it!!🙂 (and it is going to be quite a tough job to select which photos to upload alongside the upcoming posts. Ah, but that is future Zilko’s problem, hahaha😛 )

Major Upset

As I said above, there is always chance in any tournaments for a top player to be eliminated early in the competition. It is sport after all. Unfortunately for me, this kind of upset happened at this edition of the French Open. And not only it was an upset, it was a massive shock; not only for me, but to all (or ‘most’) people who love or like or follow tennis.

One of the abundant amount of reasons I was excited to go to this grandslam tournament was that I really wanted to see two of my all-time favorite female players, the Williams sisters (Venus and Serena Williams), in real life with my own eyes. The sisters are known for their very selective picks of tournaments entered (they don’t play that many; averaging only 10-ish tournaments per year (and quite often all of them are big tournaments)); so it is quite more difficult to see them. However, they do love big tournaments (especially the grandslams) and they look fit this year. So, I was sure they would go to this year’s Roland Garros (they missed this tournament last year due to illness and injury). In fact, Serena Williams was the hot favorite to win the women’s singles title.

I left for Paris on Tuesday and Serena was scheduled to play her first match against France’s Virginie Razzano also that day. So, after I arrived in Paris in the evening, I checked the internet to see the result of the match. I wanted to know by how much Serena won the match. But what I found surprised me, big time: shockingly, Serena lost her first round match in a tight three-setter: 6-4, 6-7(5), 3-6!!😯 At that time, I couldn’t believe what I saw; and I thought I was dreaming or someone was messing around (by putting in the wrong information as a prank) or something. I refreshed the page, tried to find other sources (including the official website of the tournament of course); and it was confirmed: indeed Serena lost her grandslam opener for the first time in her career (prior to this French Open, Serena had played 46 grandslam tournaments and never lost in the first round and only once in the second round (where she lost to her sister, Venus Williams, in Australian Open in 1998, which was also her first grandslam tournament)). This was such a massive shock. Especially coming to this tournament, Serena was in a hot streak as from the 17 clay court matches she had played this year, she won 17 times (with 2 titles from Charleston and Madrid, in which both were big tournaments).

But there was still hope for me though. One day before leaving for Paris, I checked the mixed doubles draw and Serena was also participating in this event with Bob Bryan. So, there was still a chance for me to see her in a match; only if this match would be held in either one of the three days I was visiting the tournament.

So, did I end up seeing Serena Williams playing in Roland Garros? Well, I won’t spoil the answer now as I am saving it for the day to day story of this trip, hahaha😆😛.

Eight Hour Bus Ride

As you know, I caught bus to go to and from Paris this time. The reason behind this decision was that the tickets were much cheaper than train at that time; but it also meant that bus would be much slower (of course). With train, the around 450 km distance between Rotterdam and Paris was covered in only two hour forty minutes; while with bus, it would take approximately seven to eight hours.

And to me, this was one of the things which could have been better. I mean, beside the much shorter travel time, the Netherlands – Paris high-speed train (Thalys) was also much more comfortable than the bus. So, for any of my next trips, unless the bus offers a super attractive price or offers, I don’t think bus will be on top of my priority list of way of quite long-distance travelling🙂 (less than two or three hours might still be tolerable though).

BAHASA INDONESIA

Jadi, kemarin aku baru aja pulang dari perjalanan lima hari ke Paris dalam rangka menonton Roland Garros. Nah, sebelum menceritakan perjalanannya hari per hari (kayak yang biasanya aku lakukan :D), aku ingin menulis rekap singkat (yang nyatanya nggak singkat sih, hahaha) dari perjalanan yang menakjubkan kali ini sebagai prolog deh. Jadi, langsung aja dimulai deh ya🙂

M-e-n-a-k-j-u-b-k-a-n

Jika aku harus mendeskripsikan perjalanan kali ini dalam satu kata aja, kata itu jelas adalah “M-E-N-A-K-J-U-B-K-A-N”! Perjalanan kali ini adalah salah satu perjalanan paling mengasyikkan yang pernah aku jalani seumur hidup!! Aku pergi ke turnamennya selama tiga hari, dan aku sangat bersemangat dan senang sekali selama waktu tiga hari itu. Yah, tentu saja ada beberapa bagian dari perjalanan ini yang bisa lebih baik sehingga aku bisa semakin lebih menikmatinya – ini akan aku tulis kemudian – tapi secara keseluruhan, perjalanan ini adalah perjalanan yang sangat aku sukai.

Yah, turnamen Roland Garros ini bukanlah turnamen tenis pertama yang aku kunjungi ya. Sebelum ini, aku sudah pernah pergi ke ABN Amro World Tennis Tournament di Rotterdam dan juga Unicef Open di Rosmalen, yang mana keduanya aku lakukan tahun lalu. Seperti yang bisa dibaca di kedua posting tersebut, aku sangat menyukai pengalaman ini. Jadi, aku sudah tahu bahwa nonton tenis langsung di kompleks turnamennya itu sangat amat jauh lebih mengasyikkan daripada nonton di TV atau internet, hahaha😀. Namun, kunjungan ke Roland Garros ini setidaknya milyaran kali lebih mengasyikkan daripada kedua pengalamanku itu digabung loh, hahaha🙂

Di tenis, level tertinggi dari semua turnamen yang ada adalah grandslam. Hanya ada empat turnamen grandslam di satu musim (satu tahun), dan salah satunya adalah Roland Garros ini (yang juga dikenal dengan nama French Open) yang dimainkan di lapangan tanah liat. Semua pemain tenis profesional pasti (pernah) bermimpi untuk bermain di sebuah turnamen grandslam sepanjang kariernya.  Oleh karenanya, ada “aura” berbeda yang membedakan turnamen-turnamen grandslam ini daripada turnamen-turnamen lainnya. Jadi, untukku, sebagai fans berat olahraga ini, bisa merasakan langsung sedikit “aura” ini tuh seperti mimpi yang menjadi kenyataan deh!😯

Karena turnamen ini berlevel tertinggi di tenis, SEMUA pemain top (kecuali mereka sedang cedera atau ada alasan lainnya), pria maupun wanita, hadir di turnamen ini. Lalu, karena bagaimanapun ini adalah olahraga permainan, tentu saja sebagian pemain akan kalah dalam waktu beberapa hari pertama dari turnamen ini. Dan sekali lagi, karena ini adalah olahraga permainan, semua pemain, termasuk pemain top, bisa saja sedang sial atau menghadapi hari buruk di kompetisi dan kalah di babak-babak awal – aku juga akan tulis ini nanti. Makanya, setelah kunjungan hari pertamaku ke turnamen ini, aku kemudian menyadari bahwa sebenarnya aku diberkahi dengan tidak mendapatkan tiket babak-babak selanjutnya dari turnamen ini dan malah mendapatkan akses ke minggu pertama. Mengapa? Yah, karena di minggu pertama, HAMPIR SEMUA pemain top memiliki kemungkinan besar untuk masih bertahan di turnamen ini dan makanya ada peluang lebih besar untuk melihat mereka langsung!!😯 Dan ini beneran apa yang terjadi loh. Aku melihat banyak sekali pemain top selama kunjunganku ke turnamen ini!!

Aku juga membeli beberapa souvenir dari turnamen ini; dan setelah menghitung pengeluaranku untuk perjalanan kali ini, ternyata pos souvenir menghabiskan sebesar 22,50% dari total pengeluaranku (tiket turnamennya sebesar 29,18%), huahaha😆 . Juga, hanya tiga hari di turnamen ini, total aku mengambil sekitar 1.250 foto dan 30 video loh di sekitaran kompleks tenisnya, huahaha😆 . Sebagai perbandingan nih ya, di perjalanan dua mingguku ke Italia satu setengah tahun yang lalu, total aku mengambil sekitar 1.400 foto!😀 Jadi, bisa dibayangkan dong ya bagaimana indahnya pengalaman ini untukku, aku sangat menyukai dan menikmatinya!!🙂 (dan kayaknya memilih foto mana yang akan aku upload untuk menemani posting-posting tentang perjalanan ini berikutnya bakalan menjadi pekerjaan yang berat deh. Ah, tapi itu urusan Zilko di masa depan deh, hahaha😛 )

Kejutan Besar

Seperti yang kubilang di atas, selalu ada kemungkinan di turnamen mana pun bagi seorang pemain top untuk tereliminasi awal di kompetisi. Namanya juga olahraga kan. Sayangnya untukku, kejutan semacam ini terjadi dong di French Open kali ini. Dan yang terjadi ini bukanlah sekedar kejutan, tetapi sebuah syok yang amat besar; bukan hanya untukku sih, tapi untuk semua (atau setidaknya ‘hampir semua’) orang yang suka atau mengikuti tenis.

Salah satu dari ribuan alasan aku bersemangat pergi ke turnamen grandslam ini adalah karena aku ingin sekali melihat dua dari para pemain tenis wanita favoritku sepanjang masa, Williams bersaudara (Venus dan Serena Williams), langsung dengan mata kepalaku sendiri. Dua saudari ini dikenal sebagai pemain yang sangat selektif dalam pemilihan turnamen yang mereka masuki (mereka tidak bermain di terlalu banyak turnamen; dirata-rata mungkin sekitar 10-an turnamen aja deh per tahun (dan biasanya semuanya adalah turnamen besar)); jadi ya tentunya agak sulit gitu untuk bisa melihat mereka. Namun, mereka sangat mencintai turnamen-turnamen besar (terutama grandslam) dan mereka nampak sehat tahun ini. Jadilah aku yakin mereka akan berpartisipasi di Roland Garros tahun ini (mereka melewatkan turnamen ini tahun lalu karena sakit dan cedera). Malahan, Serena Williams adalah yang paling difavoritkan untuk memenangi gelar juara tunggal putri.

Aku berangkat menuju Paris di hari Selasa dan Serena dijadwalkan bermain pertandingan babak pertamanya melawan pemain Prancis, Virginie Razzano, di hari yang sama. Jadilah setelah aku tiba di Paris malamnya, aku mengecek internet untuk melihat hasil dari pertandingan ini. Aku ingin tahu Serena menang dengan skor berapa. Tapi yang aku temukan mengejutkanku, sangat mengejutkanku malah: tanpa diduga-duga, Serena kalah di babak pertama turnamen ini dalam tiga set ketat: 6-4, 6-7(5), 3-6!! :shock:  Waktu itu, aku nggak percaya loh sama apa yang aku lihat; aku kira aku sedang bermimpi atau ada seseorang yang lagi iseng (dengan memasukkan informasi yang salah untuk ngerjain orang gitu) atau apalah. Aku me-refresh halamannya, mencoba mencari sumber-sumber lain (termasuk website resmi turnamennya tentu saja); dan memang benar: Serena kalah di babak pertama turnamen grandslam untuk pertama kalinya sepanjang kariernya (sebelum French Open kali ini, Serena telah bermain di 46 turnamen grandslam dan belum pernah kalah di babak pertama dan hanya sekali saja kalah di babak kedua (dimana ia kalah dari kakaknya sendiri, Venus Williams, di Australian Open di tahun 1998, yang mana merupakan turnamen grandslam pertama yang ia mainkan)). Jadi, memang kekalahan ini adalah sebuah kejutan yang amat besar. Apalagi masuk ke turnamen ini, Serena juga dalam momentum yang nampak bagus karena dari 17 pertandingan di lapangan tanah liat yang telah ia mainkan tahun ini, ia menang 17 kali (dengan 2 titel juara di turnamen Charleston dan Madrid; yang keduanya adalah turnamen besar).

Tapi masih ada harapan untukku sih. Sehari sebelum aku berangkat ke Paris, aku mengecek undian ganda campuran dan aku lihat Serena akan berpartisipasi di event ini dengan Bob Bryan. Jadi, masih ada harapan lah bagiku untuk melihatnya di sebuah pertandingan; hanya saja pertandingan ini harus dimainkan di salah satu dari tiga hari kunjunganku ke turnamen ini sih.

Jadi, apakah pada akhirnya aku melihat Serena Williams bermain di Roland Garros? Hmm, jawabannya aku simpan dulu deh untuk cerita hari per hari dari perjalanan kali ini, hahaha😆😛.

Naik Bus selama Delapan Jam

Seperti yang sudah pada tahu, aku naik bus untuk pergi ke dan dari Paris kali ini. Alasannya simpel aja sih, soalnya harga tiketnya jauh lebih murah daripada kereta pada waktu itu; tetapi ini juga berarti naik bus itu lebih lambat deh daripada kereta (tentu saja). Dengan kereta, jarak 450 km di antara Rotterdam dan Paris ditempuh hanya dalam waktu dua jam empat puluh menit saja; sementara dengan bus, totalnya sekitar tujuh sampai delapan jam deh.

Dan untukku, inilah satu hal yang bisa lebih baik deh. Maksudku, selain waktu tempuhnya yang lebih singkat, kereta high-speed Belanda – Paris (Thalys) jugalah jauh lebih nyaman daripada bus. Jadi, untuk perjalanan-perjalananku selanjutnya, kecuali bus menawarkan harga yang amat menarik atau penawaran apa gitu, kayaknya bus tidak akan berada di atas dalam skala prioritasku deh untuk perjalanan jarak lumayan jauh🙂 (kalau perjalanannya cuma kurang dari dua atau tiga jam masih oke sih ya).

26 thoughts on “#1082 – Paris Trip: 2012 Roland Garros (Prologue)

  1. waaahhh akhirnya satu dari 3 perjalanan disini di publish juga…

    karena aku gak ngerti sama tenis aku mau menikmati cerita dan foto-fotonya aja deh😀

    1. Iya, sayang. Jadinya sekarang undian yang putri jadi agak kurang seru deh menurutku. Asal Maria Sharapova nggak berbuat konyol dengan bermain jelek, seharusnya ia bisa juara deh. Li Na mungkin bisa membuat kejutan; tapi Li Na dan Petra Kvitova kan ada di sisi undian yang sama dengan Sharapova. Jadi kalau bertemu, mereka akan bertemu di semifinal…

  2. Aku dari dulu lebih suka naik kereta daripada bis. Kereta jalannya lurus jadi ga bikin mabok hahahaha penting abis. Btw prolognya panjang juga ya cyiiin ga sabar nunggu perjalanan cerita. Sementara aku bukan fans tenis sejati jadi prefer komentar photo, baiklah, itu lapangan tanah liatnya bukan yang biru Zi? Paling suka poto petunjuk arah. Keren:mrgreen:

    1. Aku juga sebenarnya lebih suka naik kereta daripada bis kok Pep. Cuma ini kan pas dapet tiket bis yang lumayan murah dan pas tiket keretanya mahal, jadi ya gitu deh, hahaha😆 .

      Ho oh, padahal awalnya aku kira bakal nggak terlalu panjang prolognya. Eh setelah diketik jadinya panjang juga euy, hahaha😆 .

      Iya, lapangan tanah liat umumnya memang berwarna merah gitu deh. Yang warna biru cuma di turnamen Madrid aja; itupun baru dipakai mulai edisi tahun ini, hehehe🙂

      Foto penunjuk arah yang mana nih? Arah ke Stade Roland Garros atau arah ke tiga turnamen grandslam lainnya?? hehehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s