Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1078 – Sunny Days and Greeting

ENGLISH

Sunny Days

These past several days, the weather has been unbelievably good here in the Netherlands. It has been sunny and warm. To put in perspective, the temperature has been stable at around 25°C; so yeah, it has been really nice. Quite hot to me, but it is still comfortable hot and I am okay with that. Because it was really hot, there was free ice-creams give-away in front of my campus’ hall today, hahaha😎 .

However, it makes me come to a realization though that with this temperature (and weather) can become very uncomfortable if we have something physical to do, outdoor, haha. As I said last weekend, I felt like I almost fainted after biking for around 20 minutes to IKEA. Well, it was actually a little bit of my fault though as I wore a black jacket that day, causing heat to be trapped around my body, haha. But my experience today really made me realize this.

So, I had a tennis lesson at 5 PM. The weather was really sunny and it was warm. The lesson was outdoor, and of course it was quite physical. And it was so damn tiring! I mean, I think I got tired much sooner that I normally did; and I got dehydrated also much faster. At one point, I even couldn’t wait to change session so I could run to my bag and grabbed my bottle of water, hahaha😆 . To make things worse, today was not my day. I don’t know, my shots just didn’t work as well as they normally do, hmmm. So it was kinda frustrating, hahaha😛

Good Afternoon, or Evening??

Anyway, so, yesterday I had to make a phone call at around 7.30 PM. And before I dialed the number, I had a massive dilemma: “Should I open the conversation with ‘Good Afternoon’ or’ Good Evening’??” huahahaha😆😎 *first world problem indeed*

Okay, here is the reason why I faced the dilemma. It is already summer here in the Netherlands. As part of that, the sun sets at around 9.40 PM these days (it will become later and later as we are approaching the end of June). So, at 7.30 PM, it was still really bright (like at around 4.30 PM in normal days in Indonesia). So, I felt like I wanted to say ‘Good Evening’ but it sounded kinda weird because it was still really bright outside, which kinda made me think that ‘Good Afternoon’ might be a little bit more appropriate; while it was actually already 7.30 PM!!😡

Anyway, in the end, I just chose to skip this greeting and just said ‘Hello’ instead, hahaha😛

BAHASA INDONESIA

Hari-hari Cerah

Beberapa hari belakangan ini, cuaca di Belanda ini bagus banget loh, aneh ya. Hari-hari belakangan ini cerah terus dan hangat gitu deh. Sebagai gambaran, temperatur udaranya stabil di sekitaran 25°C; jadi ya gitu deh, enak deh. Cukup panas sih menurutku, tapi masih panas yang nyaman jadi aku nggak masalah deh. Dan karena panas, jadilah tadi siang ada pembagian es krim gratis gitu deh di depan aula di kampus, hahaha😎 .

Namun, cuaca ini juga membuatku menyadari bahwa temperatur (dan cuaca) seperti ini tuh bisa menjadi tidak nyaman juga lho kalau kita ada kegiatan fisik yang harus dilakukan, outdoor. Seperti yang aku bilang weekend lalu, aku merasa kayak hampir pingsan gitu deh setelah sepedaan hanya 20 menit ke IKEA. Hmm, ini sebenarnya salahku juga sih siapa suruh memakai jaket hitam hari itu, jadinya panasnya kan terperangkap di sekitar badanku kan, haha. Tapi pengalamanku hari ini membuatku menyadari ini lebih jauh.

Jadi, tadi sore aku ada latihan tenis jam 5 gitu. Cuacanya cerah dan hangat. Lesnya ada di luar gedung (outdoor), dan tentu saja cukup fisikal juga ya. Dan latihan tadi melelahkan banget lho rasanya! Maksudku, aku merasa kayak aku menjadi capek lebih cepat gitu; dan juga aku dehidrasi lebih cepat. Sampai di satu sisi, aku nggak sabar menunggu pergantian sesi sehingga aku bisa berlari ke tasku dan meminum air mineral di botol air minumku, hahaha😆 . Yang bikin lebih parah, hari ini bukan hariku deh. Nggak tahu ya, rasanya pukulan-pukulanku tidak konsisten sama sekali hari ini dibandingkan biasanya, hmmm. Jadi ya agak bikin frustrasi juga, hahaha😛 .

Selamat Sore, atau Malam??

Anyway, jadi, kemarin gitu aku harus menelepon seseorang sekitar jam 19.30. Nah, sebelum aku memencet nomornya, aku menghadapi satu dilema besar: “Untuk membuka percakapan, aku sebaiknya menggunakan ‘Selamat Sore’ atau ‘Selamat Malam’ ya??” huahahaha😆 :cool: *yoi, first world problem banget*

Oke, inilah latar belakang mengapa aku menghadapi dilema ini. Jadi, sekarang kan sudah musim panas gitu ya di Belanda. Sebagai bagian dari itu, matahari terbenamnya sekitar jam 21.40 gitu deh akhir-akhir ini (dan akan semakin mundur gitu selama kita makin mendekati akhir bulan Juni). Jadi, saat jam 19.30 gitu suasananya masih terang benderang (mungkin mirip sama kayak jam 16.30 sore gitu kalau di Indonesia). Nah, jadilah aku merasa kayak aku ingin mengucapkan ‘Selamat Malam’; tetapi ini kok terdengar aneh gitu ya karena di luar kan masih terang benderang, yang membuatku merasa ‘Selamat Sore’ sepertinya lebih cocok deh; tapi kan sudah jam 19.30!!😡

Anyway, pada akhirnya, aku memutuskan untuk melewati basa-basi ucapan ini dan ngomong ‘Halo’ aja deh, hahaha😛

26 thoughts on “#1078 – Sunny Days and Greeting

  1. pantesan klo atlet eropa ada kejuaraan diasia ngeluh ya dia.. soalnya mereka akan lbh capek dr biasanya.. hehe.. terus apa kbr piala dunia 2020 yg akan diadain di qatar? hahaha

    btw.. klo mlm sama sore itu dipisahkan oleh matahari tenggelam kan yak? bukannya dr waktunya.. jd selamat sore deh sepertinya.. (menurut pendapat aku pribadi seh)😀

    1. Yoi, memang begitu Nie. Di tenis juga sering gitu kok kejadiannya, dimana beberapa atlet jadi tidak tampil maksimal karena faktor cuaca, hehe🙂 Jadi ya kalau memang atlet profesional, faktor daya tahan tubuh terhadap cuaca ini mesti diperhatikan dan dilatih juga sih ya, hehehe😛

      Dan memang tuh, di Timur Tengah kan lebih panas lagi ya suhunya, jadi butuh daya tahan tubuh yg lebih prima deh. Beberapa turnamen tenis lumayan besar kan diadain di daerah sana tuh; dan memang beberapa atlet ada yg bilang mereka kurang suka kondisinya, hehe

      Iya, aku pikir juga selamat sore gitu sih Nie, tapi kan udah jam 19.30, hahaha😆 Dan bakal tambah aneh kalau kita meneleponnya jam 21.00 kan? Disini jam 21.00 gitu masih terang lhoo sekarang…

    1. Iya nih kayaknya, hehehe🙂 Denger-denger cuaca di LA memang cerah-cerah gitu sih ya. Waktu itu ada kenalan yg bakal pergi ke LA bulan Desember, dan kenalan lain yg orang Amrik bilang cuaca di LA bulan sgitu masih asyik tuh, huahaha😆

    1. Ho oh, lumayan jauh memang si IKEA itu. Ada agak di pinggiran kota Delft gitu deh, hehe. Pakai jaketnya sih nggak papa kalau cuaca mendukung, tapi kalau pas cerah bikin gerah dan dehidrasi banget nih, hahaha😆

  2. lucu kali ya rasanya udh stgh 8 eh diluar masih terang..
    jd inget waktu aku ke malaysia aja, jam 7 masih terang aku berasa norak.. serasa ada di belahan dunia yg lain.. hahahaha…

    dan emang sih klo udh ngebingungin soal sapaan itu, emang yg paling bener ngmg “Halo” aja ..😀

    1. Yoi, dan terangnya sampai jam 9.30an malam loh, hehehe🙂 Dan nanti Juni jam 10 malem gitu juga masih terang, hahaha😆 .

      Ho oh, main aman aja ya, pakai kata “Halo”, hahaha😀

  3. Di sini juga sedang panas-panasnya, tapi enak lihat sunrise dan sunset jadi keren..
    Seneng juga lihat abang-abang yang jualan es cendol sukses abis.🙂

    1. Udah mulai masuk Musim Kemarau sih ya😀 Btw, disini ada lho yg jual es cendol. Segelasnya kalau nggak salah €1.50. Bukan abang-abang gitu sih, tapi di orientalmarkt, hahaha😆

    1. Yoi, hahaha. Terbitnya agak awal juga. Sekarang sih sekitar antara jam 5 sampai jam 5.30 gitu sih ya; tapi nanti bulan Juni bakal agak lebih awal lagi, hehehe🙂 Enaknya summer: day (siang/hari)-nya lamaaa, hehehe🙂

        1. Itu dia, ada beberapa kenalan Muslim yg berpuasa waktu itu, dan waktu itu sedang waktu summer juga (bulan Agustus/September), dan mereka sahur-nya sekitar jam 3an subuh (kayaknya sama lah ya sama di Indo), dan buka-nya baru jam 21.30 dong, hmmm…. . Gimana kalau waktunya semakin maju ya?? Maksudnya kalau waktu puasanya di bulan Juni gitu?? Nggak kebayang deh, hehehe🙂

    1. Hahaha, kalau di Indo ada pembagian es krim gratis gitu berarti tiap hari dong ya pembagiannya, hahahaha😆 . O iya, IKEA belum masuk Indonesia ya? Hmmm…

    1. hahaha, menelepon orang dalam rangka nanya2 apartemen😛

      Itu dia, tapi kan masih terang benderang kayak jam 16.30 sore gitu, hehehe😀

    1. Kalau bisa atau enggaknya menurutku sih bisa kok Lung, hehe🙂 Awalnya mungkin ‘sulit’ dalam artian semua elemen masyarakat dan berbagai macam kegiatannya akan mengalami penyesuaian kan😀.

      1. menurutku (secara aku tinggal di area WIB), gak akan ada masalah ya. kan yg WITA dan WIT tinggal mundurin jarum jam di arloji ama jam dinding aja. ama nyetel ulang jam di HP. lalu kehidupan berjalan seperti biasa, hehehe….

        1. Kayaknya WIB yang akan berubah kan Bu? Standarnya mau disamain sama WITA gitu, hehehe🙂 Jadi diambil yang “tengah-tengah”. Ini yg aku baca beberapa bulan yang lalu sih, nggak tahu ya kalau ada perubahan rencana, hehehe🙂

          Iya, menurutku memang nggak akan masalah kok. Selain tinggal nyetel ulang jam, ya tinggal ngebiasain aja. Toh perbedaannya tetap nggak seberapa, hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s