Posted in EuroTrip, Half Week Trip, Vacation

#1072 – Scotland Spring Trip (Part IV)

ENGLISH

Previously on Scotland Spring Trip: Zilko went solo-travelling to Scotland for a weekend getaway. He had spent three days there going around Glasgow and Edinburgh; and now he was very excited to go to Scottish Highlands in Day 4.

***

Day 4 (Monday, 24 April 2012)

My one day tour to Scottish Highlands would start at 8 AM today; and so I got up a little bit early, at 6.30 AM. Lucky I still had the time to catch some breakfast from the hostel at 7 AM. At 7.30 AM, I left the hostel and walked to the departing point, which was in High Street just in front of the tour company’s office. When I arrived there, some other tour members were already there. It turned out that in total, there were 30 people joining the tour today.

We departed at 8 AM with a medium-sized coach. The driver (who was also the tour-guide) was Joe, a Scottish guy with a really thick Scottish accent. He was really funny and nice. Along the way, when we passed something, he would explain to us what that was; or he would just tell some stories (that he thought was interesting). At other times, he would play some Scottish music (or songs by Scottish musicians or singers). However, this was the downside of the tour: because the guide was the driver as well, he actually explained some of the things while he was actually driving! He basically had to be bi-tasking (like multitasking but with two (bi-) tasks to do :P) all day long! I mean, I was (and still am) 100% sure he would drive carefully and not put our safety on jeopardy to his best during the entire tour while at the same time still trying to explain and tell the stories to the best as he could; but this, for sure, still had some effects. He explained some of the stuffs (while driving) in a relatively monotonous tone (read: it was quite boring). It was different when we were taking a break or something. He was more fun and cheerful. Well, I guess it was because while driving, he had to concentrate on the road and not so much on the talking. So, my suggestion for this tour would be that to assign two people for the tour: one as the driver and the other one as the tour guide🙂.

Ah, anyway, here is the route of my one-day tour that day. According to Google Maps, the total travel distance was 326 miles (around 524.65 km), hahaha😆 .

The route of the Scottish Highlands Tour that I took

Anyway, at around 9.30 AM, we arrived at one rest-area near the town of Stirling (point B on the map above). We stopped there for about 20 minutes. After using the toilet, I went around the rest-area and looked at weird-looking cows with long and smooth hair called hamish just by the rest area. They were apparently Scottish breed cattles…

We left the rest area at around 9.50 AM. The driver slash tour guide warned us that the road would be quite winding (typical Scottish he said :D) so they with travel-sickness should prepare themselves. I have never had this kind of problem so I did not worry, hahaha😆 . Anyway, from thereon, the scenery was SUPER AMAZING!! There were mountains, hills, prairies, lakes (they called them “loch” in Scottish), rivers, etc. As a cherry on top, I was very lucky because just weeks before, it was so cold that it was snowing in the Highlands. As a result, there were still traces of snows on top of the mountain!! VERY VERY BEAUTIFUL!! I could not take my eyes off the windows along the way, and I always put my camera on standby (I did turn it off at one point and we were passing something interesting really quick and so I missed the opportunity to take a picture😦 ). As a result, my camera which was fully-charged when the day started ran out of battery when the day ended, hahaha😆 .

At around 11.45 AM, we made a 10 minute stop at a super-picturesque spot in Glencoe. There was this not so big field just by the road in the middle of nowhere surrounded by hills and mountains. The hills and mountains were so close to us and this made the atmosphere really ‘different’ for me. I mean, it was definitely one of the most beautiful places I had ever been to in my life thus far! I was really wowed!

We continued our journey and we reached the part with four consecutive loch. We must pass all of them to get to the last loch: Loch Ness. Along the way, we also made a short stop at a World War II memorial. It was so windy and chilly out there. Anyway, so we passed Loch Linnhe, then Loch Lochy, then Loch Oich, and finally Loch Ness.

We arrived at Fort Augustus, a village just by the side of Loch Ness, at around 1 PM. We got our complimentary lunch (which earlier that day we already chose what we wanted). As the lunch, I got a ham and tomato sandwich with a small cracker biscuit, an apple, and a mineral water. The first thing I did (well, after going to the toilet of course, hahaha :D) was to go to the information centre to get a local map. You know, to guide my short stay there. Earlier that day, I decided not to take the boat tour to Loch Ness for two reasons: (1) I thought it would be kinda boring (you know, just a boat tour circling a lake); (2) I kinda wanted a more substantial lunch. Therefore, I would need some extra time just to have lunch at a local cafe or restaurant there. Later on that day, I quite regretted this decision after hearing the story of one girl who took this tour. It seemed that they also visited a castle or something during the boat tour. Damnit!

Anyway, so, after getting the map, my first objective was to go to the lakeside of Loch Ness and took a picture, muahahaha😆 . Unfortunately, the weather was really bad and it started raining😥 . I managed to get some photos of the lake when it was raining though; but after that I ran back to the village and decided to go to one restaurant to have my lunch while also waiting the rain to stop. After a quick scan of the menu, I decided to have a chicken curry with rice as lunch, huahaha😆 . The curry was quite nice even though it was not special. But it was quite weird. I did not find the curry spicy, but it succeeded in making me sweat a little bit, hmmm… .

At almost 2 PM, I finished my lunch and luckily the rain had stopped also. So I went back to the lakeside and took some extra photos, hahaha. By the way, the four loch are connected with a system of canals called the Caledonian canal. And part of this canal was located in Fort Augustus. It was really cool though, and the system (if I am not mistaken) was quite similar to Panama’s canal. At the time, there was a boat passing the canal; but I missed the part where they were closing and opening the gates and refilling or disposing the water during the process. Damnit!

Somehow, it was 3 PM already. I walked back to the lakeside one more time to take some other pictures, hahaha. Then, I went back to my bus as we were scheduled to leave at 3.15 PM. Anyway, how was Loch Ness itself? Well, in my opinion, it was just a lake, you know. For me, beauty-wise it was quite less-impressive compared to some other things I had seen earlier on that day, hmmm. But you know, I did not take the boat tour. Maybe there was something more that I would have seen or enjoyed had I taken the tour, hahaha. But still, overall, the scenery in Loch Ness was also stunning.

On the way back to Edinburgh, we passed a bridge which was part of the Caledonian Canal. At that time, there was a boat that was going to pass. Hence, the bridge was closed for access and it was rotated to give room for the boat to pass. Some of the tourists got off the bus to take some photos. Me? Meh , this kind of thing is very common in the Netherlands. A bridge being opened to give room for boats/ships to pass is a daily stuff here, huahaha😆😎 .

We took different route to get back to Edinburgh. The view along the way was still very amazing along the way btw. We made a super short stop at the side of Loch Laggan. It was drizzling a little bit at the time so only some of us got off the bus (including me of course :P) and walked down through the bushes and quite steep slope to get to the side of the loch. There was a castle by the side of the loch which Queen Victoria (one former queen of the British Empire) almost bought during her time. Some time later, we made a tea break stop at the village of Pitlochry. I walked around a little bit and decided to stop by at an ice cream parlor after seeing the “99” sign in front of the store (I thought it was the price of their ice cream, you know, 99 pennies (£0.99)). It turned out it was actually their brand and their ice cream was sold at £1.60. But I still decided to buy one anyway, with white chocolate flavor, hahaha😆 . It was really nice!

Long story short, we arrived at Edinburgh at around 8 PM. Lucky the bus dropped us out just like 100 meter from my hostel so I did not have to walk that far. After that I went to a supermarket to buy a sandwich for dinner (I did not feel really hungry, the chicken curry was quite long-lasting apparently). Then, I went back to my hostel and got to bed…

Day 5 (Tuesday, 25 April 2012)

After getting up and having breakfast, I decided to go to the Old Town to look for some souvenirs for myself. The weather was really bad, it was showering. So after getting some Scottish souvenirs, I decided to just get back to my hostel and surfed the internet to check my emails a little bit. I left the hostel at almost 11 AM and decided to take the AirLink shuttle to the airport directly.

Thirty minutes later I arrived at Edinburgh Airport. After dropping off my luggage (I already checked in online the night before), I went straight to the gate. I forgot to throw away my bottle of water from my cabin bag btw so the security guards stopped me at the security check. Unfortunately, the guy before me had a much bigger problem (with some sort of liquor or something, I don’t know) which required a more thorough check. And the thing was, I had to freaking wait for him!! Arrrggghhh. I mean, my problem was only that one stupid bottle of water and now I had to waste like 15 minutes just to wait for them to finish everything with this guy? Ah, what a luck!😦 So people, never forget to throw away your bottle(s) of water before security check at the airport! It is to save your own time!!

I still had a £5 bill in my wallet and I decided to spend it. So I went to a cafe and had a cappuccino and a cake for £4.80, hahaha. Anyway, there was one thing about leaving the UK that I found quite strange. So, there was NO immigration check even though we were going abroad! Well, I don’t know for the case if we are leaving to another continent though; but in this trip, where I was leaving for Amsterdam, I could just walk to the gate directly without passing any immigration. I felt quite strange at the time and thought “Did I miss it somehow?“, which I knew would be really weird if somehow I did miss it😐 . I asked one of the security and it was indeed the case (then the security immediately knew it was my first time to the UK, hahaha😆 ). But when I arrived at Amsterdam, I still had to pass the immigration though, hehehe🙂

Edinburgh to Amsterdam Schiphol

Anyway, at 1 PM, we boarded our plane: a KLM’s Boeing 737-7K2 reg code PH-BGR (named “Zwarte Wouw” (Black Kite)) flight no. KL 1282. The captain was impressed by us, the passengers, btw. He said that we boarded really fast and efficiently that we could depart ahead of schedule, huahaha😆 . So, we took off from runway 06 of Edinburgh Airport at 1.25 PM. About one hour and fifteen minutes later, we landed at runway 18R of Schiphol Airport, at 3.45 PM local time.

After passing through immigration and taking my luggage, I took the train to go back to Delft. And here this weekend getaway of mine to Scotland ended…

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam Scotland Spring Trip: Zilko pergi solo-travelling ke Skotlandia untuk sebuah perjalanan di akhir pekan. Ia telah menghabiskan waktu tiga hari di sekitar Glasgow dan Edinburgh; dan kini ia sangat bersemangat untuk menyambut hari ke-4 dimana ia akan pergi ke Scottish Highlands.

***

Hari 4 (Senin, 24 April 2012)

Tur satu hariku ke Scottish Highlands akan dimulai jam 8 pagi hari ini; dan jadilah aku bangun agak pagian, jam 6.30 pagi. Untungnya aku masih sempat untuk sarapan dulu di hostel jam 7 pagi. Jam 7.30 pagi, aku meninggalkan hostel dan berjalan menuju titik keberangkatan, yang berada di Jalan High di depan kantornya perusahaan tur itu. Ketika aku tiba disana, sudah ada beberapa peserta tur lainnya yang lebih dulu datang. Ternyata, hari itu total ada 30 orang yang mengikuti tur ini.

Kami berangkat jam 8 pagi dengan bus pariwisata berukuran sedang. Sopirnya (yang juga merangkap sebagai pemandu tur) bernama Joe, orang Skotlandia dengan aksen Scottish yang kental. Ia orangnya baik dan lucu loh. Sepanjang jalan, ketika kami melewati sesuatu, ia menjelaskan apa yang kami lewati itu; di saat lain ia juga menceritakan beberapa cerita (yang ia anggap menarik). Di waktu-waktu lain, ia memainkan CD musik Skotlandia (atau lagu-lagu yang dimainkan oleh pemusik atau penyanyi Skotlandia). Namun, ada satu deh kelemahan tur ini: karena pemandunya merangkap sebagai sopir, ia menjelaskan semua hal itu ketika ia sedang menyetir loh! Pada dasarnya, ia melakukan bi-tasking gitu deh (kayak multitasking tapi dengan dua perkerjaan (makanya ‘bi-‘) :P) sepanjang hari! Maksudku, aku yakin 100% bahwa ia menyetir dengan hati-hati dan nggak akan membahayakan keselamatan peserta tur sementara pada saat yang sama juga berusaha menjelaskan dan menceritakan semua cerita itu sebaik mungkin; tapi ini, tentunya, berefek juga dong ya. Ia menjelaskan beberapa hal (sambil menyetir) dengan suara yang monoton (baca: agak membosankan gitu deh). Berbeda sekali ketika ia ngobrol dengan beberapa peserta tur ketika sedang istirahat atau apa lah. Ia lebih asyik dan ceria gitu. Yah, aku duga sih ketika ia menyetir itu ia berkonsentrasi penuh ke jalan dan tidak terlalu pada ngomongnya ya. Jadi, masukanku buat perusahaan ini ya adalah untuk menugaskan dua orang deh untuk tur semacam ini: satu sebagai sopir dan satu sebagai pemandu wisata🙂 .

Ah, ngomong-ngomong, inilah rute tur satu hari di hari itu. Menurut Google Maps, total jarak yang ditempuh adalah 326 mil (sekitar 524,65 km) loh, hahaha😆 .

Rute Tur Scottish Highlands yang aku ikuti

Anyway, sekitar jam 9.30 pagi, kami tiba di sebuah area istirahat di dekat kota Stirling (poin B di peta di atas). Kami berhenti selama sekitar 20 menit. Setelah menyelesaikan urusan di toilet, aku jalan-jalan berkeliling areanya deh dan menonton sepasang sapi yang penampilannya unik dengan rambut panjang nan mulus di seluruh badan. Sapi sejenis ini disebut hamish disana. Ternyata sapi ini memang sapi keturunan Skotlandia gitu deh…

Kami berangkat dari area istirahatnya sekitar jam 9.50 pagi. Sopirnya mewanti-wanti kami bahwa jalan yang akan dilalui sangat berkelok-kelok (khas Skotlandia kalau menurutnya :D) jadi mereka yang gampang mabuk perjalanan harus bersiap-siap deh. Berhubung aku nggak pernah bermasalah sama yang namanya mabuk perjalanan, aku nggak peduli deh, hahaha😆 . Ngomong-ngomong, semenjak dari tempat istirahat itu, pemandangannya MENAKJUBKAN BANGET loh!! Ada gunung-gunung, bukit-bukit, danau (mereka menyebutnya “loch” dalam bahasa Skotlandia), sungai, dll. Dan semuanya itu ditambah dengan keberuntungan dimana beberapa minggu sebelumnya cuaca sangat dingin sehingga di Highlands bersalju deh. Akibatnya, di puncak-puncak gunungnya itu masih ada jejak-jejak saljunya dong!! SANGAT SANGAT INDAH SEKALI!! Beneran deh sepanjang perjalanan itu aku selalu melihat keluar jendela, dan kameraku selalu berada dalam posisi standby (soalnya pernah aku matikan (buat ngirit baterai) dan sewaktu itu kami melewati tempat yang pemandangannya oke banget deh. Karena kami sedang bergerak dengan cepat, jadi momennya terlewatkan deh untuk difoto😦 ). Sebagai akibatnya, baterai kameraku yang penuh di pagi hari langsung habis deh baterainya ketika aku pulang di malam harinya, hahaha😆 .

Sekitar jam 11.45 pagi, kami berhenti sebentar selama 10 menit di sebuah lokasi yang buaguss banget di Glencoe. Kami berhenti di sebuah lapangan yang tak begitu besar di pinggir jalan di suatu tempat antah-berantah yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan gunung-gunung. Bukit-bukit dan gunung-gunungnya itu dekat banget dengan kita sehingga atmosfernya terasa ‘beda banget’ gitu deh untukku. Maksudku, tempat itu beneran salah satu tempat terindah yang pernah aku kunjungi seumur hidup deh! Aku benar-benar takjub!

Kemudian, kami melanjutkan perjalanan dan tiba di bagian dimana kami harus melewati empat loch. Kami harus melewati semuanya untuk tiba di loch terakhir: Loch Ness. Di jalan, kami berhenti sebentar di sebuah Monumen Perang Dunia II. Waktu itu udaranya berangin dan dingin menusuk gitu deh. Anyway, jadi kami melewati Loch Linnhe, lalu Loch Lochy, lalu Loch Oich, dan akhirnya Loch Ness.

Kami tiba di Fort Augustus, sebuah desa kecil di pinggiran Loch Ness, sekitar jam 1 siang. Kami mendapat makan siang gratis (paginya kami sudah memilih menu apa yang kami inginkan). Untuk makan siang, aku mendapatkan sandwich berisi ham dan tomat dengan biskuit cracker kecil, sebuah apel, dan air minum. Hal pertama yang aku lakukan (setelah ke toilet dulu tentunya ya, hahaha :D) adalah pergi ke pusat informasi untuk mendapatkan peta gratisan tempat itu. Tahu dong, sebagai pemanduku selama aku berada disana. Oh iya, awalnya pagi itu, aku memutuskan untuk tidak mengikuti tur dengan kapal di Loch Ness; karena dua alasan: (1) Aku rasa turnya bakal agak membosankan gitu (tahu lah, cuma naik kapal keliling danau kan); (2) Aku merasa ingin makan siang yang lebih berat. Oleh karenanya aku bakal membutuhkan waktu ekstra untuk makan siang di kafe atau sebuah restoran disana. Namun, kemudian pada hari itu, aku agak-agak menyesali keputusan ini setelah mendengar cerita dari seorang cewek yang mengikuti tur itu. Ternyata mereka juga mengunjungi kastil atau apa gitu dengan tur kapalnya. Sial!

Anyway, jadi, setelah mendapatkan peta, misi pertamaku adalah untuk berjalan ke tepian danau Loch Ness dan foto-foto disana, muahahaha😆 . Malangnya, cuaca sedang tidak bersahabat dan mulai hujan dong😥 . Tapi aku masih sempat mendapatkan beberapa foto sih ketika hujan itu; dan setelahnya aku langsung berlari kembali ke desa dan memutuskan untuk makan siang di sebuah restoran disana sembari menunggu hujan berhenti. Setelah melihat-lihat menunya, aku memutuskan untuk makan kari ayam deh, huahaha😆 . Karinya lumayan juga walau nggak terlalu spesial. Tapi aneh deh. Aku tidak merasa karinya itu pedas ya, tapi entah kenapa aku jadi agak berkeringat lho setelah makan kari itu, hmmm… .

Sekitar hampir jam 2 siang, aku selesai makan siang dan untungnya hujan juga sudah berhenti. Jadilah aku kembali ke tepian danau dan foto-foto lagi deh, hahaha. Ngomong-ngomong, keempat loch itu terhubung satu sama lain oleh sebuah sistem kanal yang bernama Kanal Caledonia. Dan sebagian dari kanal ini juga berada di Fort Augustus gitu deh. Keren loh kanalnya, dan sistemnya (kalau aku nggak salah) agak mirip dengan sistem di Kanal Panama. Waktu itu, ada kapal yang lagi melewat kanalnya,; tapi aku kelewatan bagian dimana mereka membuka dan menutup gerbangnya serta ketika mengisi dan mengeluarkan airnya selama prosesnya itu. Sial!

Tiba-tiba, waktu sudah hampir menunjukkan jam 3 sore. Aku berjalan kembali ke tepian danau untuk foto-foto lagi, hahaha. Lalu, aku kembali ke bus karena kami dijadwalkan untuk berangkat jam 3.15 sore. Anyway, bagaimanakah Loch Ness-nya itu sendiri? Hmm, menurutku sih ya, Loch Ness ini ya hanyalah danau gitu aja sih. Untukku, dari segi bagus/tidaknya pemandangannya, masih kalah impresif deh dari beberapa hal yang aku lihat sebelumnya di hari itu. Tapi tahu dong, aku kan nggak ikutan tur dengan kapalnya. Siapa tahu ada sesuatu gitu yang bakalan aku lihat andaikata aku ikutan turnya, hahaha. Tapi secara keseluruhan sih pemandangan di Loch Ness juga bagus kok.

O iya, di perjalanan kembali ke Edinburgh, kami melewati sebuah jembatan yang merupakan bagian dari Kanal Caledonia. Waktu itu, ada kapal mau lewat, jadilah aksen jalan ke jembatannya ditutup (kayak di Indo kalau ada kereta mau lewat) dan jembatannya diputar gitu untuk memberikan ruang kapal untuk lewat. Beberapa peserta tur sampai ngebela-belain turun dari bus buat foto-foto dong. Aku? Meh , pemandangan kayak gini mah lumrah banget terlihat di Belanda. Jembatan dibuka karena ada kapal lewat itu makanan sehari-hari deh disini, huahaha😆😎 .

Kami mengambil rute yang berbeda untuk kembali ke Edinburgh. Pemandangannya masih spektakuler loh di sepanjang jalan. Kami berhenti sebentar di tepian Loch Laggan. Waktu itu sedang gerimis sedikit itu jadilah hanya beberapa saja yang turun dari bus (termasuk aku tentunya😛 ) untuk menuju pinggiran loch dengan menerabas semak belukar dan lereng yang agak terjal. Ada sebuah kastil di tepian loch yang mana nyaris dibeli oleh Ratu Victoria (salah satu mantan Ratunya Inggris Raya). Beberapa waktu kemudian, tibalah kami di sebuah desa bernama Pitlochry. Aku berjalan-kalan keliling dan memutuskan untuk mampir sebentar di sebuah toko es krim karena melihat tanda “99” di depan tokonya (aku kira itu adalah harga es krimnya yaitu 99 pennies (£0.99)). Ternyata 99 itu adalah merk-nya dan es krimnya dihargai £1.60. Tapi aku tetap membelinya sih, dengan rasa coklat putih, hahaha😆 . Enak loh es krimnya!

Singkat cerita, kami tiba di Edinburgh hampir jam 8 malam. Untungnya busnya berhenti tidak jauh (sekitar 100an meter) dari hostelku jadi aku nggak harus berjalan jauh deh. Setelahnya, aku ke supermarket untuk membeli sandwich buat makan malam (aku nggak merasa terlalu lapar, kari ayamnya lumayan awet juga ternyata). Lalu, aku kembali ke hostel dan tidur deh…

Hari 5 (Selasa, 25 April 2012)

Setelah bangun dan sarapan, aku memutuskan untuk berjalan kaki ke Kota Tua untuk mencari sedikit suvenir untuk diriku sendiri. Cuacanya sedang jelek tapinya, hujan dong. Jadilah setelah mendapatkan beberapa suvenir, aku kembali ke hostel dan internetan deh (sekalian mengecek email-emailku). Aku meninggalkan hostel jam 11 pagi dan memutuskan untuk langsung naik shuttle AirLink tujuan bandara.

Tiga puluh menit, tibalah aku di Bandara Edinburgh. Setelah men-drop off bagasiku (aku sudah check in semalam sebelumnya), aku langsung berjalan ke gerbang keberangkatan. Nah, ceritanya aku lupa membuang botol air minumku dari tas yang kubawa ke kabin sehingga petugas sekuritinya menyetopku di tempat pemeriksaan sekuriti. Malangnya, seorang lelaki di depanku juga bermasalah dan masalahnya lebih besar gitu deh (dengan perizinan tentang minuman beralkohol yang boleh dibawa atau apa gitu, nggak tahu deh) yang membutuhkan pengecekan yang lebih menyeluruh. Dan masalahnya, aku harus menunggu dia dulu dong!! Arrrggghhh. Maksudku, masalahku kan cuma satu botol air minum tolol yang lupa aku buang gitu ya dan sekarang aku jadi harus membuang 15 menit waktuku berdiri disana cengo menunggu mereka menyelesaikan pemeriksaannya terhadap lelaki ini? Bener-bener sial deh ya!😦 Jadi saudara-saudara, jangan pernah lupa untuk membuang botol air minum sebelum melewati sekuriti di bandara! Ini untuk menghindari penyia-nyiaan waktu Anda!!

Aku masih ada selembar uang £5 di dompetku dan aku putuskan untuk menggunakannya. Jadilah aku pergi ke kafe untuk memesan secangkir cappucinno dan sepotong kue seharga £4.80, hahaha. Ngomong-ngomong, ada yang waktu itu aku rasa aneh loh dengan proses berangkat ke luar negeri dari UK. Ternyata, NGGAK ADA pengecekan imigrasi gitu deh kalau kita ke luar negeri. Nggak tahu sih ini berlaku juga kalau penerbangan kita bertujuan kota di benua lain ya; tapi di perjalanan kali ini, yang mana tujuanku adalah Amsterdam, aku bisa langsung berjalan ke gerbang keberangkatannya gitu deh tanpa melewati imigrasi apa pun. Aku merasa cukup aneh dan sempat berpikir “Apa jangan-jangan kelewatan ya?“, yang mana aneh banget kalau beneran kelewatan :-| . Akhirnya aku bertanya ke salah satu petugasnya dan ternyata memang beginilah prosesnya (ketauan deh kalau ini adalah kali pertama aku berkunjung ke UK, hahaha😆 ). Tapi ketika aku tiba di Amsterdam, aku harus melewati meja imigrasi sih, hehehe🙂

Edinburgh ke Amsterdam Schiphol

Lalu, jam 1 siang, kami menaiki pesawat kami: sebuah Boeing 737-7K2 milik KLM berkode-registrasi PH-BGR (dinamai “Zwarte Wouw” (Layang-layang hitam)) nomor penerbangan KL 1282. Kaptennya takjub loh dengan kami, para penumpangnya, btw. Ia berkata bahwa kami memasuki pesawat dengan sangat cepat dan efisien sehingga kami bisa berangkat lebih awal daripada jadwal, huahaha😆 . Lalu, kami lepas landas dari landasan pacu 06 Bandara Edinburgh sekitar jam 1.25 siang. Sekitar satu setengah jam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 18R bandara Schiphol, jam 3.45 sore waktu setempat.

Setelah melewati imigrasi dan mengambil bagasiku, aku menaiki kereta untuk kembali ke Delft. Dan jadilah perjalanan akhir pekanku ke Skotlandia kali ini berakhir…

SELESAI.

28 thoughts on “#1072 – Scotland Spring Trip (Part IV)

  1. Huaaaaaaa… Mauuu.. Eh tapi harus naik bus lama banget gitu ya Ko… Apalagi ngelewatin jalur yang berkelok2 gitu… *langsung kicep* btw, 500somthing KM itu PP kan ya? Bukan sekali jalan?

    yang sayang kelewatan turnya.. Mungkin lain kali yaa..

    Eh.. Eh.. Fotonya yang kereta di highlands itu BAGUUUUUUSSS… Trus pemandangan panorama Loch Ness-nya jugaa…

    1. KEREN BANGET loh daerah sana!! hahaha🙂 Kalau ke Scotland lagi aku bakalan ambil yang tur 3 atau 4 hari ke Highlands tuh, hehehe😛 Kemarin waktu disana ngobrol-ngobrol sama cewek dari Estonia yang habis ambil tur 4 hari ini dan katanya KUERENN ABISS!!! hahaha😆 Jadi penasaran dah saya…

      Yoi, jaraknya lumayan jauh dari Edinburgh. Mungkin agak lebih dekat kalau dari Aberdeen atau Dundee ya, tapi nggak tahu deh dari dua kota itu transport-nya juga gampang dicari atau enggak, hmmm… . Iya, 500 km itu totalnya untuk yang tur ini, hahahaa😆 Kalo sekali jalan gak cukup deh itu waktu seharian, hehehe🙂

      Iya, kalo dipikir-pikir sayang juga ya kelewatan tur kapalnya itu. Tapi aku nggak menyesal-menyesal amat sih karena waktu itu beneran lapar banget. Kalau ikut tur kapal itu nggak bakalan sempat makan siang yang berat dah, hahaha😆 .

      Iyaa, itu ambil fotonya yang kereta itu susah setengah mati lho. Busnya bergerak ngebut, keretanya juga, dan di terrain kayak gitu kan susah dapat spot yang pas, hahaha😆 . Mana kameraku kan cuma camdig biasa jadi nggak bisa ngatur shutter speed-nya dah, hahaha🙂

  2. Loch ness nyaaaaa mauuu!!! Zi kamu liat dinosaurus ga di sana hahahahaha *efek baca doraemon jaman kecil* teteeuup aku ngiler ngeliat makanannya. Terus terus pemandangan di loch nessnya mantep apalagi salju di ujung tanduk itu :p

    1. Hahaha, Loch Ness kan memang jadi terkenal karena monsternya itu (yang digambarkan mirip salah satu dinosaurus, hehehe😆 ). Tapi nggak ada deh monsternya…

      Iya, yang salju di atas gunung itu keren ya, hehe. Tapi itu bukan di Loch Ness-nya, tapi ada di Highlands (di sepanjang jalan gitu). Loch Ness itu nama salah satu danaunya gitu deh😀

    1. Makanya tuh Bu, sebenernya nggak pedas sama sekali lho. Lha di menunya aja juga ditulis “not spicy chicken curry”, wkwkwkw😆 Tapi entah kenapa bisa bikin kemringet gitu. Nggak kemringet yang ‘banjir’ banget sih tapinya, hahaha😀 Mungkin karena salah satu bumbu yang digunakan ya, hmmm

  3. Hihihi nyesel tuh ya, nggak ikut turnya liat kastil😛
    Waw seribet itu kah kalau ketauan bawa botol minum,
    di sini mah kalau keliatan di xraynya cuma suru ngeluarin, gak ribet hihihi. xD
    Itu hamishnya lucu banget, kambing skotland, pake rok gak?😛

    1. Iya nih, agak nyesel gitu; tapi nggak nyesel-nyesel banget sih soalnya waktu itu memang lapar banget dan kalau ikutan tur kan jadi nggak bisa makan siang, hahaha😀 .

      Sebenarnya sama sih, suruh ngeluarin dan sama mereka dibuang aja gitu botolnya. Cuma yang memeriksa dan menyuruh ngebuang petugas lain gitu (bukan petugas yang meng-scan tas/barang bawaan). Nah, yang jadi masalah karena di depanku ada orang yang bermasalah dengan bawaannya gitu. Jadi aku harus nunggu pemeriksaan ke orang itu beres dulu baru deh tasku dioprek, hahaha😆 .

      Iya, lucu kan, rambutnya panjang halus gitu, wkakakaka😆 Kalo dipakein rok ato apron bisa jadi tokoh kartun kayaknya ya?? hahaha😆

      1. Hihihi kalo jadi tokoh kartun bisa ngalahin shaun the sheep😥
        Eh mas mau hubungin japri dong,
        mau nanya sesuatu hihi.
        Mau ikutan kompetiblog tapi masi belum punyaaa ideee…
        Temanya dutch creativity, kali aja mas zilko bisa ngasi inspirasi gitu @_@
        Belum kebuka nih utekku @_@

        1. Hahaha, paling enggak bisa jadi temennya Shaun lah Na, wkakakaka😆

          Boleh-boleh. Aku kirim email aja ya🙂 Kompetiblog? Wah, aku tahu nih kompetisinya yang mana. Yang hadiahnya summer school ke Utrecht kan?? hehehe🙂

    1. Ho oh, indah banget pemandangannya di Highlands itu. Beda banget dah!!🙂 Iya, yang boat tour di Loch Ness itu ada tur yang diadain tiap sunset loh, jadi kayaknya suasananya ya romantis-romantis gitu deh. Mana itu kan lokasinya jauh dari kota gede alias peradaban gitu ya, hahahaha😆

  4. waaahhh pemandangannya rmang keren banget ya zil.. apalagi pas kastilnya itu.. wuiiihhh angker2 gimana gitu *nah loh* hehehe.. aku emang suka deh lihat hutan di eropa.. rasanya pohonnya seragam gt deh.. dan kalau emang hutan terjaga banget..

    dan sapinya emang lucu yak.. berambut panjang pirang gt.. hasil persilangan dari mana tuh! hahahaha

    1. Iyaaa, keren banget kan!! hehehe🙂 Kastilnya konon nyaris dibeli Ratu Victoria loh sekitar 100an tahun yang lalu, tapi gak jadi. Jangan-jangan karena beneran angker? wuakakaka😆 . Ho oh, hutannya kelihatan rindang dan rapat gitu ya Nie? Jadi kesannya gimanaa gitu, hehehe🙂

      Ho oh, sapinya unik banget. Dan jadilah waktu itu hampir semua peserta tur foto-foto disitu, wuakakaka😆 . Kayaknya bukan hasil persilangan Nie; memang sapinya Skotlandia (Highlands) penampakannya kayak gitu deh, hehehe😀

Leave a Reply

