Posted in EuroTrip, One Day Trip, Vacation

#1070 – May Excursion

ENGLISH

Arguably, one of my best days last year was this day when I joined an excursion for Applied Mathematics’ international students to Maeslantkering, went on a cruise in Rotterdam, and had dinner at a fancy slash fine-dining restaurant at the top of Euromast in Rotterdam; and everything was for free, muahahaha😆 . It was such a great day that I did not want that day to end and I did not want to go home,😆 .  So that was why about a month ago when I received an invitation email to join a similar excursion this year, I immediately confirmed my participation. This time, the destination was even much more interesting for me: we were visiting the Space Expo by the European Space Research and Technology Centre in Noordwijk. And this excursion was held last Thursday (May 3rd).

We met at 1 PM at the backdoor parking lot of the EWI building. This time, we were riding a coach. There was a funny incident when we were about to depart. One of my colleagues could not come because she was sick, so only one person from the list that would not make it. But when the secretary counted the number of people already on the bus, it seemed that two people (instead of one) were missing. And then, it turned out that she forgot to count herself in, that was why “two” people were missing instead of one, mahahahaha😆 .

Anyway, at about 2 PM we arrived at the Space Expo. First, we joined a guided tour of the exhibition. It was really cool actually. There were models about the actual satellites, the lunar modul Eagle that landed on the moon in 1969 which brought Neil Armstrong and Buzz Aldrin to the surface of the moon, some rockets, and even the International Space Station. This tour made me think however: even though living in the orbit sounds awesome, but living in the orbit is so difficult and troublesome. For example, what if we want to go to the toilet? There is no gravity for God’s sake! What if you have a stomachache and a diarrhea huahaha😆 . Anyway, there was supposed to be something called the “rocket launch”. So I kinda expected something from it. But it turned out just to be a rocket model which produced some noise (like it was going to launch) with some lights turning on at the four launchers and few dry ices; with a projector on the floor explaining the taking off process. After it was done (in like 2 minutes since it started), I was like: “That is it???” huahaha😆 . I expected a lot more than just that, hahahaha😆 .

Also, there was a machine which measured our body weight and then we could see how much we weighted on other places in the universe (like on the moon, other planets in the Solar System, some asteroids or comets, the Sun, and other stars or space objects). But I saw this machine as: “free weight scale”, mahahaha😆 . And it was a super precise weight scale as it measured our weight up to like six decimal places, hahaha😆 . How much did I weigh? Well, I don’t see why that is your business so I will just keep it for myself, haha😛😎 .

Anyway, the tour ended at around 3.15 PM. Actually, in the itinerary, we would then ride the Space Train. But unfortunately, the Space Train had been fully booked that day because there were more visitors than usual. Talking about more visitors than usual, I noticed there were a lot of kids at the expo yesterday. My professor told us that apparently they were having a one week national holiday from school (from elementary school to high school but not for university apparently😦 ). Why? Well, here is what I found quite ‘strange’: as I said earlier this week, last Monday was the Koninginnedag; then, this Friday was also a national holiday to commemorate the Second World War. So they had national holidays on Monday and Friday of the same week. Because of that, they decided to call the whole week off for school as well! hahaha😛 Quite strange for me,😆 . Back to topic, so we just sat down and chatted at the cafe until 4 PM.

At 4 PM, we left the Space Expo and we went to the town of Katwijk which was not so far away. The town was located by the North Sea and they had one main road stretching alongside the beach. We had a free time until 5 PM where we had to meet in front of Katwijk Lighthouse. So we just walked alongside the beach and walked around the small town. At 5 PM, we met at the lighthouse and paid a visit.

Apparently, the lighthouse was not just a lighthouse. In a way, it was also like a mini-museum itself. In fact, there was a tour guide! The tour guide was a retired 60+ lady who volunteered for the job. And the thing that quite surprised me at first was that she spoke English with a really thick British accent!! Later on, when she explained some of the stuffs, she revealed that indeed she actually came from England! hahaha🙂 No wonder!

After our visit to the lighthouse, we went to Het Strand restaurant that was located just by the beach (just like its name, “het strand” means “the beach” in Dutch) for a fine dining. There were two sets of three-courses menu that we could choose. I picked the one which had Crème brûlée as the dessert. Why? Well, simply because I kinda wanted to eat Crème brûlée, hahaha😆 . For appetizer, I picked a special Katwijk fish soup, which was really nice. For main course, I chose a little bit more adventurous menu by picking something called “sliptongetjes“. The menu was in Dutch btw and I had no idea what sliptongetjes was (but I knew they would fry it though). The waiter said it was some sort of flat fish; but there were a super vast array of flat fish. And so I kinda wanted to know which one it was. My friend had a smartphone and I used the phone to translate the word to English. The software translated the word as “slip soles” which still made no sense to me; I had never heard a fish named like that, hahaha😆 . So, I translated it to bahasa Indonesia (who knew it would make more sense) but it became even worse as the translation was “tergelincir sol” which meant “(be) slipped (because of) soles”, huahahaha😆 . It did not make any sense. (And it did not only happen to bahasa Indonesia. Two friends translated it to Spanish and Chinese, and they said the translation also did not make any sense). But when it came out, it was fine; but it was not that special though as it was basically just fried fish. For dessert, as I mentioned earlier, I had Crème brûlée; and it was SOO AMAZING!!!🙂 It had really been quite awhile since the last time I ate a proper and delicious dessert like that. Ah btw, for the drink, of course I picked white wine, huahaha😆 .

At 9 PM, we decided to get back to Delft. It was like one hour behind schedule actually, because we had such a nice time and talk at the restaurant (and the visit to the lighthouse was longer than expected because there was a tour), hahaha😆 . And yeah, that was the story of my May excursion this year…

P.S: After a little bit of research, I finally found out that what they meant by sliptongetjes was this fish, huahaha😆 .

BAHASA INDONESIA

Bisa dibilang, salah satu dari hari yang paling aku suka tahun lalu adalah hari ini ketika aku mengikuti sebuah ekskursi untuk mahasiswa internasional jurusan Matematika Terapan ke Maeslantkering, lalu naik cruise di Rotterdam, lalu makan malam di restoran kelas atas nan mewah di puncak menara Euromast di Rotterdam; dan semuanya itu gratis loh, muahahaha😆 . Hari itu mengasyikkan sekali sampai-sampai aku nggak mau hari itu untuk berakhir dan aku nggak mau pulang,😆 . Itulah mengapa ketika satu bulan yang lalu aku mendapat email undangan untuk ekskursi serupa tahun ini, langsung aku menyatakan keikut-sertaanku deh. Kali ini, bahkan tujuannya lebih menarik loh untukku: kami akan mengunjungi Space Expo (Pameran Luar Angkasa) yang diadakan oleh European Space Research and Technology Centre (Pusat Riset dan Teknologi Luar Angkasa Eropa) di Noordwijk. Nah, ekskursinya ini berlangsung hari Kamis yang lalu (3 Mei).

Kami berkumpul jam 1 siang di lapangan parkir di belakangan gedung EWI. Kali ini kami naik bus sewaan deh perginya. Ada insiden lucu ketika kami mau berangkat. Salah seorang kolegaku tidak bisa hadir karena ia sedang sakit, jadi dari daftar peserta ada satu peserta yang absen. Namun, ketika sekretarisnya menghitung jumlah orang yang telah hadir, ada dua orang yang absen (bukannya satu). Ternyata eh ternyata, ia lupa menghitung dirinya sendiri deh, itulah mengapa ada “dua” orang yang absen dan bukannya satu, mahahahaha😆 .

Anyway, kemudian, sekitar jam 2 siang tibalah kami di Space Expo. Kami memulai rangkaian acara disana dengan mengikuti tur dengan pemandu di pamerannya. Keren loh pamerannya. Ada model-model satelit beneran, lunar modul Eagle yang mendarat di Bulan tahun 1969 yang membawa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke permukaan bulan, beberapa roket, bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dari tur ini, jadi kepikiran deh: walau hidup di luar angkasa itu terdengar keren, tapi hidup di luar angkasa itu susah dan repot banget ya. Contohnya, kalau mau ke toilet gitu di toiletnya gimana dong, kan nggak ada gravitasi gimana kalau sakit perut terus mencret coba, huahaha😆 . Ngomong-ngomong, ketika itu seharusnya ada event yang disebut “peluncuran roket” gitu deh. Jadilah aku berekspektasi tinggi terhadap acara ini dong ya. Tapi ternyata acara ini tuh cuma ada model roket yang menghasilkan suara-suara (kayak kalau roket diluncurkan gitu) dengan beberapa lampu menyala di bagian launcher-nya dan ada es kering; dengan proyeksi di lantai yang menjelaskan proses lepas landasnya. Setelah acaranya selesai (dua menit setelah dimulai), reaksiku: “Eh gitu doang???” huahaha😆 . Aku berekspektasi jauh lebih tinggi daripada itu deh, hahahaha😆 .

Juga, ada mesin yang mengukur berat badan kita dan kemudian bisa mengonversi berat badan kita andaikata kita pergi ke tempat lain di luar angkasa loh (misalnya di bulan, planet-planet lain di Tata Surya, beberapa asteroid atau komet, matahari, dan beberapa bintang lain atau obyek-obyek angkasa lainnya). Tapi aku melihat mesin ini sebagai: “timbangan berat badan gratis”, mahahaha😆 . Dan timbangan ini sangat akurat sekali loh karena mengukur berat badan kita sampai enam angka di belakang koma, hahaha😆 . Berapakah berat badanku? Hmm, kayaknya itu bukan urusan orang lain ya, jadilah cukup aku sendiri aja yang tahu (dan teman-temanku yg berada di sampingku waktu itu), haha😛😎 .

Anyway, turnya berakhir sekitar jam 3.15 sore. Sebenarnya, di itinerary, acara selanjutnya adalah naik Space Train. Tapi sayangnya, hari itu Space Train-nya sudah ter-booking penuh gitu deh karena ada lebih banyak pengunjung dari biasanya. Ngomongin tentang ada lebih banyak pengunjung dari biasanya, aku menyadari bahwa hari itu ada banyak anak kecil gitu deh. Jadilah profesorku memberi-tahuku bahwa ternyata anak-anak sedang libur nasional selama satu minggu dari sekolah (dari SD sampai SMA, sayang universitas kok enggak ikutan😦 ). Libur apaan? Nah, inilah yang menurutku ‘aneh’ juga: seperti yang aku bilang awal minggu ini, Senin lalu adalah Koninginnedag; kemudian, Jumat ini juga hari libur nasional memperingati Perang Dunia Kedua. Jadilah mereka memiliki libur nasional di hari Senin dan Jumat di minggu yang sama. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk sekalian aja deh seminggu itu sekolah libur! hahaha😛 Agak aneh ya,😆 . Kembali ke topik, jadilah sebagai gantinya kami duduk-duduk santai dan ngobrol di kafenya aja sampai jam 4 sore.

Jam 4 sore, kami meninggalkan Space Expo dan pergi menuju kota Katwijk yang lokasinya tidak seberapa jauh. Kotanya terletak di tepian Laut Utara dan kotanya memiliki satu jalan utama di sepanjang pantainya itu. Kami ada waktu bebas hingga jam 5 sore dimana kami harus bertemu di depan Mercusuar Katwijk. Jadilah kami berjalan-jalan di tepi pantai dan keliling kota kecilnya itu sedikit. Jam 5 sore, kami berkumpul di depan mercusuar dan mampir disana.

Ternyata, mercusuarnya tidaklah sekedar mercusuar belaka. Malah, mercusuarnya itu semacam museum mini gitu loh. Dan bahkan ada pemandunya segala! Pemandunya adalah seorang pensiunan wanita berumur lebih dari 60 tahun yang sukarela menjalankan pekerjaan ini. Dan yang awalnya cukup mengejutkanku adalah ia berbicara bahasa Inggris dengan aksen British yang kental!! Ketika ia menjelaskan beberapa hal disana, ia kemudian bercerita bahwa ia sebenarnya memang berasal dari Inggris! hahaha🙂 Pantas saja!

Setelah kunjungan ke mercusuar, kami berjalan ke restoran Het Strand yang berada di pantai (seperti namanya sih, “het strand” kan berarti “pantai” dalam bahasa Benada) untuk makan malam yang wah. Ada dua menu three-courses yang bisa dipilih. Aku memilih menu yang pencuci mulutnya adalah Crème brûlée. Kenapa? Ya soalnya karena aku ingin makan Crème brûlée gitu aja sih, hahaha😆 . Untuk hidangan pembuka, aku memilih sup ikan ala Katwijk, yang mana enak banget loh. Untuk menu utamanya, aku memilih sesuatu yang agak riskan yaitu sebuah menu yang dibuat dari “sliptongetjes“. Btw, menunya dalam bahasa Belanda gitu ya dan aku nggak tahu deh apa itu sliptongetjes (yang aku tahu sih ini bakal digoreng gitu deh). Pelayannya menyebutkan bahwa ini adalah semacam ikan yang rata gitu; cuma kan ada banyak macam ikan rata kan. Dan aku sedikit penasaran ikan apa sih ini sebenarnya. Seorang temanku membawa smartphone-nya dan aku menggunakannya untuk menerjemahkan kata itu ke bahasa Inggris. Software-nya menerjemahkan kata itu sebagai “slip soles” yang mana masih tidak masuk akal untukku; aku belum pernah mendengar ikan dengan nama kayak gitu, hahaha😆 . Jadilah aku terjemahkan ke bahasa Indonesia (siapa tahu jadi lebih masuk akal); tetapi terjemahannya malah menjadi semakin ngaco karena kata itu diterjemahkan sebagai “tergelincir sol”.😆 Ikan apa ini kok namanya “tergelincir sol”? huahahaha😆 . (Ini nggak cuma terjadi ke bahasa Indonesia aja loh. Dua temanku menerjemahkannya ke bahasa Spanyol dan bahasa Mandarin dan kata mereka memang terjemahannya juga nggak masuk akal). Ketika menunya keluar, menunya oke juga sih; nggak terlalu spesial yang gimana juga karena pada dasarnya kan hanya ikan goreng. Untuk pencuci mulut, seperti yang kusebutkan sebelumnya, aku makan Crème brûlée; dan ini ENAAAK BANGEETTT!!!🙂 Beneran udah lama banget deh semenjak terakhir kali aku makan pencuci mulut yang layak dan enak banget seperti ini. Ah btw, untuk minumnya, tentu saja aku memilih anggur putih (white wine), huahaha😆 .

Jam 9 malam, kami kembali ke Delft. Kami agak terlambat sih kalau menurut itinerary, habis gimana dong di restorannya asyik sih dan ngobrol-ngobrol gitu kan (dan kunjungan ke mercusuarnya lebih lama dari bayangan karena tidak disangka bakalan ada tur), hahaha😆 . Dan ya, itulah cerita ekskursiku di bulan Mei tahun ini…

P.S: Setelah sedikit riset, akhirnya aku menemukan bahwa yang mereka maksud dengan sliptongetjes itu ternyata ikan ini, huahaha😆 .

22 thoughts on “#1070 – May Excursion

    1. Iya, terutama dessert-nya enak banget loh, haha😀 Urutan dari yg paling oke: dessert, lalu starter-nya, lalu main course-nya, hehehe😛

      hahahaha😆 Iya ya, sekilas mirip sama slip of the tongue,😆

  1. ngitung orang kayak gitu seperti nyari kunci mobil tapi kuncinya dikalungin dileher yak.. gak ketemu2 kalau bukan orang yg memerhatikan.. hehehehe..

    btw aku lihat ikannya kok bentuknya aneh yak.. cuma ada di eropa kali yak😀

    1. Iya, kayak nyari sesuatu dan bingung nggak ketemu padahal sesuatu itu ada di tangan atau nempel di badan, wkakakaka😆

      Iya, ikannya pipih gitu. Di Indo mungkin ada tapi nggak umum kali yah, atau mungkin spesiesnya beda, hmmm…

  2. Creme brulee enak ga Zi? Penasaran banget pengen coba hahahahaha gegara kebanyakan nonton master chef nih tapi di sini ga ada yang jual. Baidewei itu model model nya keren banget. Teknologi makin canggih, di sini cuma bisa nganga😮

    1. ENAK BANGET!!! hahahaha😆 . Ah, masa sih nggak ada yang jual? Hmmm…. . Iya, teknologi emang semakin lama (jelas) semakin maju ya, hehehehe🙂

  3. hmmm… aku penasaran banget dengan berat badanku yang detail sampe 6 digit dibelakang koma… di Indonesia ada ga yah buat nimbang gitu…

    1. Hahahaha😆 Jadi bener-bener akurat dan teliti banget gitu ya timbangannya😛 Diet dikit bisa terdeteksi (berat badan berubah 0.000001 kg misalnya, wkakakaka😆 ).

  4. hmm, klo di luar. pameran2 kaya gitu pasti tetep rame dikunjungi masy ya, zil? klo di Indo? boro-borooooooooooo. Giliran konser Super Junior baru pada membludak😛

    1. Kayaknya tergantung pameran apa juga sih Lung, hehehe🙂 Cuma memang secara umum sih lebih ramai daripada di Indo sih ya, hehe🙂 Disini museum gitu juga jauh lebih diminati🙂

  5. Huaaaaah.. suka banget sama hal2 yang berbau luar angkasa.. Walaupun liat lunar modul yg ke bulan itu makin bikin percaya kalo itu hoax.. hihihihihi…😛

    Foto panoramanya bagus Ko…

    1. Iya, memang keren ya luar angkasa itu, hahaha🙂 Maksudnya yang orang ke bulan itu hoax? Enggak ah, menurutku sih itu beneran kok🙂 Kemarin seorang temen sempat nanya juga ke pemandunya tentang kasus “bendera berkibar” di Bulan itu. Dan kata pemandunya sih bendera itu “nampak” berkibar karena memang ada semacam rod kecil buat menyangga benderanya gitu (jadi benderanya terbuka jadi keliatan).

      Trims😀

    1. Kalo dipikir-pikir, aku juga baru berapa kali ya masuk ke mercusuar?? hahahaha😆 Kayaknya selama ini cuma di luar aja trus foto-foto gitu deh, wkakakaka😆 . Mercusuar yg udah nggak terawat memang ada kesan-kesan angker gitu sih ya, tapi yang masih dipakai (atau terawat dengan baik) biasa aja kok, hehe😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s