Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1068 – Long Weekend, Koninginnedag, and A Regret

ENGLISH

Long Weekend and Koninginnedag

Last weekend was a long weekend in the Netherlands. Why? Well, because last Monday, April 30th, was the Koninginnedag, or also known as the Queen’s Day in the Netherlands. Koninginnedag is the official birthday of Queen Beatrix and so the whole country is on holiday for the day every year, huahaha😆 . Well, but Koninginnedag is not like any other (normal) holidays. The Dutch (well, not only the Dutch actually) celebrate Koninginnedag, and they celebrate it big time. People party all day long, wear oranges (orange outfits and attributes, not the fruit of course :P), some try to earn some extra cash by selling stuffs in the street as cadgers, etc. It is crazy, and interesting (for foreigners :D).

So what did I do? Well, I just took a rest during the whole long weekend, huahaha😆 . You know, I just came back from my weekend trip to Scotland last Tuesday and then I worked all week. I have got some good progress for my thesis work, but obviously I was so exhausted coming to last weekend. So that was why I decided to make use of this precious long-weekend to recharge and refresh my level of energy. And I think it worked well, I am feeling quite fit now🙂

So does that mean I missed this year’s Koninginnedag? Well, I have been to Amsterdam for Koninginnedag (last year) so I already knew what it was like, hahaha. But I still took some of my time yesterday to go to Delft’s city centre to see a little bit of  the celebration this year though. I didn’t stay there for too long though. I just walked around, took some pictures, and that was it, hahaha🙂

A Regret

I am going to Paris for the French Open at the end of this month. About three weeks ago, I got my tickets and I finalized my accommodation there for four nights. However, I hadn’t made any decision yet about how to get there. I have been waiting for quite awhile now and there appears to be no promotion on the train tickets😦. For retour ticket, the cheapest one is still over €110 with a not really ‘friendly’ schedule. But whatever, if there is no other option, there is nothing that I can do, right?

But then, last Friday, I got an idea of another means of transportation to go to Paris: bus! I then looked for the tickets and I did find a super-promotion. For retour ticket from Den Haag to Paris for the date I am travelling to Paris, it was just freaking €18!😯 Yes, €18!!😯 So cheap!! The bus ride would take like 7 hours to get to Paris (as opposed to the 2 hour 45 minutes highspeed train service), but this price was definitely tempting! So I asked some friends who have used this bus-service and they said it was okay.

And here is the thing that I regret. Somehow, I procrastinated buying the ticket. I kept thinking I would buy it this Tuesday when I would be back at the office. So today, I checked the ticket, and the €18 ticket was already gone😥 . The price had increased to €51; quite a big increase if we consider the percentage. Damnit! But because €51 was still a damn good offer, seeing no other option, and (I think) the probability that any tickets (train or bus or flight) will go down for date of travel at the end of this month is very very slim, I decided to buy this €51 ticket anyway, hahaha😆 .

Dang! But lesson for myself: when a good offer or opportunity presents itself, grab it quick! Or someone else will take it!!

Koninginnedag in Marktplein, Delft.
Koninginnedag in Marktplein, Delft.
People selling some stuffs during Koninginnedag.
People celebrating Koninginnedag in Delft.

BAHASA INDONESIA

Long Weekend dan Koninginnedag

Akhir pekan lalu adalah long weekend loh di Belanda. Heh, long weekend apaan? Ya, karena Senin lalu, tanggal 30 April, adalah Konginnedag alias Hari Ratu di Belanda. Koninginnedag adalah hari ulang tahun resminya Ratu Beatrix sehingga satu negara libur deh tanggal segitu setiap tahun, huahaha😆 . Yah, tapi Koninginnedag ini nggak seperti layaknya hari-hari libur (normal) lainnya sih ya. Orang-orang Belanda (sebenarnya nggak cuma orang Belanda aja sih) pada merayakannya, dan perayaannya gede-gedean loh. Orang-orang pada ber-party seharian penuh, memakai segala pakaian dan atribut bernuansa oranye, dan sebagian juga ada yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari tambahan penghasilan dengan berjualan barang ala kaki lima, dsb. Gila deh, dan memang menarik sekali (apalagi buat orang asing :D).

Jadi apakah yang aku lakukan? Ya, aku sih istirahat aja deh sepanjang long weekend, huahaha😆 . Tahu dong, aku baru kembali dari perjalanan akhir pekanku ke Skotlandia Selasa lalu dan selama seminggu itu aku juga bekerja deh di kampus. Aku mendapatkan kemajuan yang cukup oke sih buat tesisku, tapi tentunya aku jadi merasa lelah juga ya ketika masuk ke akhir pekan. Makanya deh aku memutuskan untuk memanfaatkan long weekend yang berharga ini untuk mengisi-ulang dan me-refresh level energiku. Dan aku rasa keputusan ini memberikan hasil yang baik loh, aku merasa cukup segar sekarang🙂

Nah, apakah itu berarti aku melewatkan Koninginnedag tahun ini? Hmm, aku sudah pernah kok pergi ke Amsterdam ketika Koninginnedag (tahun lalu) jadi ya aku sudah tahu deh kayak apa, hahaha. Tapi aku masih menyempatkan untuk menengok sedikit perayaannya di Delft sih. Jadilah aku kemarin pergi sebentar ke pusat kotanya Delft untuk melihat perayaannya tahun ini. Aku cuma jalan-jalan keliling dan foto-foto aja sih, itu pun nggak lama, hahaha🙂

Sebuah Penyesalan

Aku akan pergi ke Paris untuk nonton French Open akhir bulan ini. Sekitar tiga minggu yang lalu, aku mendapatkan tiketnya dan aku telah mereservasi penginapan disana untuk empat malam. Namun, aku masih belum membuat keputusan tentang bagaimana aku akan kesananya. Aku sudah menunggu selama beberapa saat nih dan sampai saat ini kok belum ada promosi tiket kereta ya😦 . Untuk tiket pulang-pergi, yang paling murah masih di harga lebih dari €110 dan ini pun dengan jadwal kereta yang nggak enak. Tapi biarlah, kalau memang nggak ada pilihan lain ya mau gimana juga kan?

Tapi kemudian, Jumat lalu, aku mendapatkan ide mengenai alat transportasi lain yang bisa digunakan untuk pergi ke Paris: bus! Jadilah aku mulai mencari-cari tiketnya dan aku memang menemukan promosi yang oke banget loh. Untuk tiket bus dari Den Haag ke Paris, harganya untuk pulang-pergi masa cuma €18 dong!😯 Ya, €18!! :shock:  Murah banget!! Waktu tempuh busnya 7 jam sih untuk mencapai Paris (kalau naik kereta super cepat kan cuma 2 jam 45 menit saja), tapi tetep dong ya harga segini ya menarik banget! Jadilah aku bertanya kepada temanku yang pernah naik bus ini dan katanya sih busnya oke juga kok.

Dan disinilah aku kemudian menyesali sesuatu. Entah kenapa, aku kok menunda-nunda gitu membeli tiketnya. Aku berpikir aku akan membelinya Selasa ini aja ketika aku sudah kembali di kantor. Jadilah hari ini aku mengecek tiketnya, dan yang €18 sudah habis dong :cry: . Harganya telah naik menjadi €51; kenaikan yang lumayan juga kan apalagi kalau dilihat persentasenya. Sial! Tapi ya karena harga €51 juga hitungannya masih murah, nggak ada pilihan lain, dan (aku kira) peluang harga tiket apa pun (kereta, bus, atau pun pesawat) untuk turun untuk tanggal perjalanan di akhir bulan ini kecil sekali, ya udah aku memutuskan untuk membeli tiket €51 ini, hahaha😆 .

Sial! Tapi pelajaran buat diriku sendiri nih: ketika sebuah penawaran atau kesempatan yang bagus itu sedang muncul, cepetan diambil! Kalau enggak nanti keburu diambil orang lain!!

21 thoughts on “#1068 – Long Weekend, Koninginnedag, and A Regret

  1. Zilkoooo.. ngerti banget deh yang masalah nyesel soal tiket… Waktu Januari lalu liat2 tiket Emirates buat keluarga ke sini masih sekitaran 950 USD (bukan harga promo).. trus dicuekin aja doong ma eike.. Trus bulan ini liat lagi, untuk tanggal yang sama udah naik ke 1300 USD dong… hiiiiih.. cuma bisa memble doang.. Arrgghh…
    Emang kalo yang tiket murah gitu ga bisa dicuekin deh kalo udah murah.. Mending langsung beli aja…

    Wuihh udah mulai banyak nih rencana jalan2nya… hihihihi…

    1. Iya kaan, nyebelin banget emang, hahaha🙂 Apalagi kalau tiket jarak jauh gitu ya, secara nominal bedanya bisa lumayan banget tuh!!😯 Kalau kayak bus ini walau kenaikan harga secara persentasenya besar (183%), tapi secara nominal sih masih oke lah ya (€33), hahaha. Bener, tiket murah itu kadang kita juga mesti lebih impulsif belinya, nggak boleh kelamaan mikir, hahahaha😆 .

      Iya, banyak rencana nih, padahal di waktu yang sama jadwal tesis lumayan ketat juga, hahaha😛

    2. HO’OH BGT.
      kalo urusannya udah soal tiket murah mah lgsg hajar aja dah, hahaha… abisnya, dlm itungan jam aja biasanya yg mure-mure gini, udah abis aja diaaaa…..😥

      *pengalaman pribadi jg ni*

    1. Ho oh, kalau kebanyakan mikir bakal lepas dah ya tuh tiket murah, hahahaha… . Iya, lumayan banget tuh, harganya jadi naik hampir 3 kali lipat gitu, hahaha

  2. aku malah lebih parah.. hanya dalam hitungan jam loh.. jd aku mau ke jakarta.. harga tiketnya 800 ribu aje.. biadanya aku dpt 500-600 ribu.. karena msu mengkorfirmasi yg lain makanya aku tunggu smp bsk paginya.. daann.. harganya udah 1,2 aje doong ~_~

    sahh asyik yak perayaan ratunya.. keren deh😀

    1. Hahaha, memang harga tiket kayak gitu ya, kalau nggak buru-buru diambil langsung ludes deh. Apalagi kalau tiketnya jarak jauh, secara nominal makin lumayan banget kan bedanya, hehehe🙂

      Ya perayaan Ratunya gitu deh, party dimana-mana, hehehe🙂

  3. Wakakakaka *boleh ketawa kan Zi?* apes banget sik kamu. Untung aku belom pernah ngalamin soalnya radarku kenceng sama yang mure mureee😀

  4. Wow … rayain ultahnya ratu aja mesti diliburin senegara ya:mrgreen:
    Saya juga mau main ke Belitung. Jauh hari harga tiket masih normal. Tapi pas mendekati Paskah, harganya membengkak … jadilah dipending hahaha😆

  5. betul Ko, kalo lagi promo dan kebetulan pas ngecek masih ada lebih baik bergegas untuk mengambil keputusan… itu juga yang aku lakukan kalo di Indonesia lagi banyak promo tiket penerbangan. yang tadinya ga ada niat liburan langsung bikin plan dadakan buat berlibur.. wakakakakaka

    1. Iya, kayaknya begitu lihat tiket dengan harga super promo semacam gitu memang harus langsung disamber aja ya, hehehe🙂 Kalau kebanyakan mikir malah keburu diambil orang lain, hahahaha😆

    1. Justru itu, kayaknya kebanyakan mikir jadi telat mengambil keputusan, hehehehe😛 Bener banget, begitu ada kesempatan, pikir sebentar, dan langsung buat keputusan apakah mau ambil atau tidak😀.

Leave a Reply

