Posted in My Student Life, Zilko's Life

#1066 – Smoke Detector, Grade, and Norway

ENGLISH

Okay, before starting posting posts about my weekend trip to Scotland last week, I would like to update a little bit of my life lately first, hehehe🙂 (For those who are waiting for the story of my trip to Scotland, please be patient for just a little bit more; and thanks for the understanding, hehe😛 *well, it is my blog after all so I can write whatever and whenever and in whichever order I want, right? hahaha :P* ).

Exhausted and Smoke Detector

As I wrote before, my flight from Edinburgh landed at Schiphol Airport on Tuesday afternoon (at 4 PM to be precise) and I arrived at my apartment at almost 6 PM. I was so exhausted that day. At almost 8 PM, Diana invited me to hang out in a bar in the centrum with friends from my research group. Well, with all of our own thesis projects this semester, this kind of occasion is a very rare occasion. We have our own schedules and works to do, so, you know, right? So I didn’t want to miss it. Plus, two cups of coffee I had earlier that day in Edinburgh also helped a little bit that I became a bit energetic the whole day, hahaha🙂 Therefore I decided to go to the centrum at 8.30 PM. Of course we didn’t stay there for too long and I already went back home at 10.30 PM. I was so exhausted after all, hahaha…

That night, when I was trying to sleep, the fire alarm/smoke detector made annoying noise. It chirped once every one minute. And it was quite a loud beep. You know, so every time I reached the point where I almost slept, it “woke” me up with the annoying beep. I was able to sleep eventually, but of course I reported this condition to the caretaker the day after. I think it was because it needed new battery.

Grade

Anyway, the grade for this exam has now been published. As I expected, that stupid miscalculation costed me a little bit. But at the end of the day I still got the grade I needed (even though I got this after a little bit of discussion with my professor about it and the ambiguity in one of the problem), so I did not really complain, hehe. Btw, yes, I took this exam to get a better grade for this course.

Okay, now, I can focus much more on my thesis.

Abstract Accepted! Norway here I come!

Speaking about my thesis project, I have just got good news. Actually, at this meeting, my supervisors and I discussed not only about my thesis’ blueprint, but also a possibility to present my thesis research at an international workshop that will be held in Norway this mid-June. I had to write an abstract about the project, submitted it, and the committee would decide whether it was accepted or not. If it got accepted, because it would be like a “work-related trip” (I would have to present my research in Norway), all of my expenses would be covered by the research group and the research’s sponsor. And that was why I was like: “Sure, I am in!!“, huahaha😆😎 . First of all, who didn’t love free trip? Second of all, and the most important one, I think it would be a very good experience for me and also for my CV, hehehe.

Last week, I got an email from the committee that my abstract was accepted!! Yaaay!!  So it means that I am going to Bergen, in Norway, this mid-June for the workshop! Yes, I am (finally) going to Scandinavia (and it will be for free (unless I decide to extend my stay a little bit))!! huahaha😆

BAHASA INDONESIA

Oke, sebelum rangkaian posting tentang perjalanan akhir pekanku ke Skotlandia minggu lalu, aku ingin menulis satu posting tentang kehidupanku akhir-akhir ini dulu ya, hehehe🙂 (Bagi yang menantikan ceritaku ke Skotlandia, sabar dulu ya; terima kasih atas pengertiannya, hehe😛 *eh, tapi ini kan blogku gitu ya jadi sebenarnya ya suka-suka aku dong apa yang mau aku tulis dan kapan aku menulisnya? hahaha😛 *).

Capek dan Smoke Detector

Seperti yang aku tulis sebelumnya, penerbanganku dari Edinburgh mendarat di Bandara Schiphol di hari Selasa sore (jam 4 sore tepatnya) dan aku tiba di apartemenku hampir jam 6 sore. Aku capek banget deh hari itu. Sekitar hampir jam 8 malam, Diana mengajakku untuk kumpul-kumpul bareng teman-teman dari grup risetku malamnya di sebuah bar di centrum. Hmm, dengan segala proyek tesis dan semua pekerjaan semester ini, acara kumpul-kumpul kayak gini jelaslah sesuatu yang sangatlah langka. Masing-masing memiliki agenda dan jadwalnya sendiri-sendiri, jadi ya gitu deh, tahu kan maksudku? Nah, jadilah aku nggak mau melewatkannya. Di samping itu, dua cangkir kopi yang aku minum awal hari itu di Edinburgh kayaknya cukup membantu karena membuatku sedikit lebih energetic sepanjang hari, hahaha🙂 Oleh karenanya, aku memutuskan untuk pergi ke centrum jam 8.30 malam. Tentu saja kami nggak lama-lama amat juga disananya dan jam 10.30 malam aku juga sudah pulang. Kan bagaimanapun aku juga sudah capek banget gitu ya, hahaha…

Malamnya, ketika aku berusaha untuk tidur, alarm kebakaran/smoke detector di kamarku mengeluarkan suara yang menyebalkan dong. Jadi smoke detector ini mengeluarkan suara “biip” setiap satu menit. Jadi ya gitu deh, begitu aku sudah nyaris tertidur, jadi “terbangun” lagi karena suara yang menyebalkan ini.  Akhirnya aku bisa tidur juga sih, tapi tentunya keesokan harinya aku laporkan masalah ini ke caretaker apartemenku. Aku duga sih ini karena baterainya harus diganti deh.

Nilai

Anyway, nilai dari ujian yang ini sudah diumumkan loh. Seperti yang sudah diduga, kesalahan hitung tolol yang aku buat itu sedikit mempengaruhi nilaiku. Tapi pada akhirnya aku masih mendapatkan nilai yang aku butuhkan sih (walau ini juga setelah sedikit diskusi dengan profesorku tentangnya dan tentang sebuah ambiguitas di salah satu soalnya), jadi ya aku nggak komplain deh, hehe. Btw, ya, aku mengambil ujian ini untuk mendapatkan nilai lebih bagus aja di kelas ini.

Oke, sekarang, jadilah aku bisa lebih fokus pada tesisku nih.

Abstrak Diterima! Norwegia, Aku Datang! 

Ngomongin tentang proyek tesisku, aku baru saja mendapat berita bagus loh. Jadi sebenarnya, pada pertemuan waktu ini, pembimbing-pembimbingku dan aku tidak hanya berdiskusi mengenai cetak biru perencanaan riset tesisku, tetapi juga kemungkinan untuk mempresentasikan riset tesisku di sebuah workshop internasional yang akan diadakan di Norwegia pertengahan Juni nanti. Aku harus menulis sebuah abstrak untuk proyekku, mengumpulkannya, dan kemudian panitia akan memutuskan apakah abstrakku itu diterima atau tidak. Kalau diterima, karena perjalanan itu bakalan menjadi semacam “perjalanan dinas” (aku harus mempresentasikan risetku di Norwegia), semua biayanya akan ditanggung grup riset dan perusahaan sponsor deh. Dan tentu saja reaksiku adalah: “Tentu saja aku mau ikutan“, huahaha😆😎 . Pertama-tama, siapa juga yang nggak mau bepergian dibayarin? Yang kedua, dan lebih penting sih, ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga dan bagus pula untuk CV-ku kan, hehehe.

Minggu lalu, aku mendapatkan email dari panitia yang menyatakan bahwa abstrakku diterima loh!! Yaaay!!  Jadi ini artinya aku akan pergi ke Bergen, di Norwegia, gitu deh pertengahan Juni nanti untuk workshop itu! Ya, (akhirnya) aku akan pergi ke Skandinavia juga (dan kali ini perginya gratis loh (kecuali kalau aku memutuskan sekalian extend disana beberapa hari gitu))!! huahaha😆

23 thoughts on “#1066 – Smoke Detector, Grade, and Norway

  1. pengalaman yang sangat berharga dan bagus pula untuk CV-ku kan, hehehe.

    >> eymbyuuur! berharga bgt ko! good luck dgn segala persiapannya ya🙂
    btw, itu batrenya smoke detector udah diganti blom?😀

        1. Iya kan, hehehe🙂

          Thanks. Yoi, tapi kalau extend bayar sendiri dong (extend-nya doang sih, jadi kayak transport selama extend, makan, ho(s)tel, dkk; tapi tiket pesawat pp, hotel, makan, dan SEMUA pengeluaran lainnya (misal beli tisu, dll) selama masa workshop itu ditanggung loh. Lumayan banget kan, huahahaha😆 ). Wiken ini mau browsing ah buat mutusin mau extend atau enggak, dan kalau extend berapa lama, hehehe🙂

  2. wahh…kesempatan itu kalo gag diambil sayang sob…🙂
    lumayan khan bisa menambah jam terbang lagi pergi ke negara skandinavia yang lainnya semacam Norway ini🙂
    sukses ya !

    1. Yoi, tapi barusan sedikit browsing kaget juga dengan harga-harga disana. Gila euy mahalnya, hahaha😀

      Soal ujiannya sih menurutku overall nggak terlalu susah kok (iyalah, aku aja persiapan ujiannya semenjak 10 hari sebelum ujian, hehehe😀; dan mungkin karena aku juga ada pengalaman cukup jauhan dikit di bidang yang diujikan ini). Tapi lihat rata-rata nilainya (dari yg ambil ujian) ternyata di bawah 6, hahaha (6 itu batas lulusnya). Jadi ya gitu deh😀

  3. Enak dong ya ke Skandinavia gretongan mas😀
    Btw, gak kebayang gimana rasanya keasikan tidur tapi diganggu dengan bunya “beep” dari alarm kebakaran :)))
    Tapi skarang udah gak bunyi2 lagi kan mas?😀

    1. Iya, lumayan, hehe😛

      Kalau udah tidur sih biasanya nggak masalah kok, yg nyebelin itu ketika mau tidurnya. Lagi konsentrasi buat tidur eh diganggu suara “beep” gitu, hahaha😀 Sekarang masih bunyi nih, caretaker-nya belum ngeganti baterenya. Wiken dan mungkin persediaan batere barunya abis kali, haha…

  4. wah asyiknya jalan-jalan😀
    smoke detector itu bikin inget di modern family,serial US yang aku tonton baru-baru ini,baterenya abis jadi bunyi terus😀

Leave a Reply

