Posted in My Student Life, Zilko's Life

#1063 – It’s Thursday!

ENGLISH

It is Thursday, yay! And I have two reasons to love that today is Thursday (well, actually I love today because it is today though, not because it is Thursday, hahaha :D):
(1) I had my exam yesterday, which means it is part of history now.
(2) I am going to Scotland tomorrow for a weekend trip! Yeaaahh….

Exam

How was the exam? Well, in a way, it suuccked!! Why? Was it so difficult that I could not do it?? NO!! As a matter of fact, it was actually quite the opposite!! I think I could solve the problems quite well and I only took 2.5 out of the 3 hours for the exam, which means I left the room 30 minutes before the time was up. I already did some rechecks on my answer by then (I was not that stupid to leave the exam without at least rechecking all my answer once; in fact, I rechecked my answer like three times in this exam). So, why did it suck then? Well, after I left the room, I realized that I made a stupid small calculation mistake on one of the problems! Solving a equation should require me to calculate 10/3.4 to maximize the likelihood of the underlying problem but what I did was 3.4/10!! Arrrggghhhh… .  It sucked for three reasons:

(1) I managed to solve the difficult part of the problem (which was modelling the case); but then I tripped on the easiest part of the process which was, actually, doable even by an elementary school student.
(2) How could I miss this stupid mistake during my three rechecks?? (but in a way this was understandable though; because there were a lot to do in the exam and this was just one super small easy calculation and maybe I focused too much on the core part and hence overlooking this one)
(3) I left the examination room with 30 minutes to spare, which meant that I actually HAD extra 30 minutes to find this stupid miscalculation!

Ah, hopefully my professor won’t penalize me that much as it was only a super minor mistake anyway…

Weekend Trip to Scotland

Anyway, enough of the exam, let us talk about something more fun: I am going to Scotland tomorrow! Yaay!!!   But then my flight will take off at 7.15 AM from Schiphol tomorrow which means that I have to take the 4.15 AM train from Delft which means that I have to get up tomorrow morning at around 3 AM! Boooo!!!! At one point a few days ago, I asked myself why on earth did I pick this bloody morning flight (yes, I use the word ‘bloody’ to familiarize myself a little bit more now with British accent,😆 )?? But then I remembered that  by choosing this flight, my ticket would be cheaper by like €30 or so, huahaha😆 . Well, I guess I can’t complain now if I was willing to save €30 by taking morning flight, hahaha😛 .

Because of that, I am now facing a dilemma. I have to pick one of the following:
(1) Having a normal duration sleep (8 hour), which means I have to already be on bed at 7 PM (while it is still bright outside as the sun sets at around 8.40 PM-ish at this time of the season);
(2) Just go to bed normally, say at 11 PM, but that means I will only have about 4 hour of sleep; or the extreme one:
(3) STAY UP ALL NIGHT!! huahahaha😆

Which one should I choose? Hmmm…

Anyway, today I am pretty much preparing all the small stuffs for this trip, like printing all the tickets (flight ticket/boarding pass (I already checked in online) and bus ticket from Glasgow to Edinburgh), some useful maps, hostel booking confirmation, passport, writing down important pieces of information, and not forgetting to bring my own electric plug (the UK uses different plug from the rest of Europe. Weird…). Clothes? Well, I leave that for later, hahaha😛 Good that I am flying with KLM so I automatically get 20 kg baggage allowance🙂.

Btw, tomorrow the flight will be on an Embraer E-190 (while my return flight will be on a Boeing 737-700), which is a Brazilian airliner. Ah, this will be my first time on an Embraer🙂

Okay, so, that is it for today, see you next week!!🙂

BAHASA INDONESIA

Hari ini adalah hari Kamis, yay!  Dan ada dua alasan mengapa aku menyukai bahwa hari ini adalah hari Kamis (hmm, sebenarnya aku menyukai hari ini ya karena hari ini adalah hari ini sih, bukan karena hari ini adalah Kamis, hahaha :D):
(1) Ujianku berlangsung kemarin, yang mana artinya ujian itu sekarang adalah bagian dari masa lalu.
(2) Besok aku akan pergi ke Skotlandia untuk sebuah trip di akhir pekan! Yeaaahh….

Ujian

Bagaimanakah ujiannya? Hmm, di satu sisi, menyebalkan!! Hah, kenapa? Apakah ujiannya begitu sulit sehingga aku nggak bisa ngerjainnya? BUKAN!! Bukan itu, malah sebenarnya kebalikannya loh!! Aku rasa aku bisa memecahkan soal-soal di ujian dengan cukup baik dan aku hanya menggunakan total waktu 2,5 jam dari waktu ujian selama 3 jam, yang artinya aku keluar dari ruang ujian 30 menit sebelum waktu ujian berakhir. Aku juga sudah melakukan beberapa pengecekan ulang akan jawabanku pada waktu itu (aku nggak setolol itu untuk keluar dari ruang ujian tanpa setidaknya satu kali mengecek semua jawabanku; dan untuk ujian ini aku mengecek ulang sampai tiga kali loh). Lah, trus menyebalkan kenapa dong? Ya, karena setelah aku keluar dari ruangan itu, aku kemudian menyadari bahwa aku membuat sebuah kesalahan kalkulasi yang kecil banget dong! Dalam menyelesaikan sebuah persamaan aku seharusnya menghitung 10/3,4 untuk memaksimumkan likelihood permasalahannya tetapi yang aku lakukan malah 3,4/10!! Arrrggghhhh… .  Ini menyebalkan karena tiga buah alasan:

(1) Aku dapat menyelesaikan bagian sulit dari soal itu (yang merupakan pemodelan dari sebuah studi kasus); tapi kemudian malah tersandung di bagian paling sederhana yang mana anak SD aja bisa melakukannya.
(2) Kok bisa-bisanya sih satu kesalahan kecil ini terlewatkan dalam tiga kali pengecekan ulang yang kulakukan?? (tapi di satu sisi ini bisa dimengerti sih; karena ada banyak banget yang harus di kerjakan di ujian itu dan ini hanyalah satu kalkulasi super kecil dan gampang; dan mungkin aku terlalu fokus sama bagian inti (dari kerjaanku) sehingga bagian ini terlewatkan deh)
(3) Aku meninggalkan ruang ujian 30 menit sebelum waktu habis, yang artinya aku sebenarnya MEMILIKI waktu lebih selama 30 menit untuk menemukan miskalkulasi itu!

Ah, mudah-mudahan dosenku tidak akan memenalti kesalahan ini banyak-banyak amat sih ya karena toh kesalahannya juga kesalahan kecil aja…

Perjalanan Akhir Pekan ke Skotlandia

Anyway, cukup deh tentang ujiannya, mari sekarang membicarakan hal yang lebih menyenangkan saja: Besok aku pergi ke Skotlandia loh! Yaay!!!   Tapi pesawatku bakal lepas landas jam 7.15 pagi nih besok dari Schiphol yang mana artinya aku harus naik kereta jam 4.15 pagi dari Delft yang mana artinya besok pagi aku harus bangun sekitar jam 3 subuh! Huuuu!!!!  Beberapa waktu lalu sebenarnya aku sempat bertanya kepada diriku sendiri mengapa sih aku memilih this bloody morning flight (ya, aku sengaja memakai kata ‘bloody‘ disini; kan supaya agak membiasakan diri dengan aksen British gitu mulai dari sekarang,😆 )?? Tapi kemudian aku langsung ingat bahwa dengan memilih penerbangan ini, tiketku jadi lebih murah sekitar €30 (sekitar Rp 360.000,-) gitu deh, huahaha😆 . Ya udah deh kayaknya aku memang tidak berhak komplain sih ya kalau aku mau mengirit €30 dengan memilih penerbangan pagi, hahaha😛 .

Karena itu, aku sedang menghadapi dilema nih. Aku harus memilih satu di antara tiga pilihan berikut:
(1) Tidur selama jangka waktu normal (8 jam), yang artinya aku harus sudah tidur jam 7 malam (yang mana jam segitu disini masih terang loh karena matahari terbenam jam 8.40an malam sekarang);
(2) Tidur seperti biasa, katakanlah jam 11 malam, tapi itu artinya aku hanya akan tidur sekitar 4 jam aja; atau sekalian aja:
(3) NGGAK TIDUR SEMALAMAN!! huahahaha😆

Pilih yang mana ya? Hmmm…

Anyway, hari ini aku mempersiapkan segala printilan untuk perjalanan kali ini, seperti menge-print tiket-tiketku (tiket pesawat/boarding pass (aku sudah check in online tadi) dan tiket bus dari Glasgow ke Edinburgh), beberapa peta yang bakal berguna, konfirmasi pemesanan hostel, paspor, mencatat informasi-informasi penting, dan memastikan untuk tidak lupa membawa colokan listrik (colokan listriknya UK beda dari semua negara-negara Eropa lainnya. Aneh ya…). Baju? Ah, itu mah ntar malam aja, hahaha😛 Untungnya aku bakal terbang dengan KLM jadi otomatis aku dapat jatah bagasi 20 kg deh, lumayan🙂 .

Eh btw, besok ini pesawatnya bakalan tipe Embraer E-190 loh (kalau pulangnya ntar sih Boeing 737-700), alias pesawat buatan Brazil. Ah, ini bakalan kali pertama aku naik Embraer nih🙂

Oke, itu dulu deh untuk hari ini, sampai jumpa minggu depan!!🙂

27 thoughts on “#1063 – It’s Thursday!

  1. How could I miss this stupid mistake during my three rechecks??

    >> sudah menjadi suratan takdir , kayaknya… *puk puk zilko*

    ANYWAY, kalo kamu kelak punya istri, shes gonna be the luckiest traveler on earth krn segala sesuatu pasti sudah dipersiapken dgn baek oleh suaminya😀:mrgreen:

    1. Iya kayaknya ya Bu, emang takdir kurang teliti, hahaha😛

      Ah, jadi malu saya😳 . Tapi ya gimana lagi sih, ini berhubung pergi sendiri jadi ya mesti ngurusin dan mempersiapkan semuanya sendiri gitu deh, hehe🙂

  2. wuidiiihh yang mau liburan.. saran dhe ko, tidak usah tidur.. hahahaha, begadang aja sekalian.. tidurnya ntar di pesawat aja😛

    hmm, kesalahan dikit gitu aja kamu hebohnya setengah mati ko.. lah dhe yang sering jawab asal aja fine2 aja, wakakakakakakaka.. lupain ini, yang penting oleh-olehnya jangan lupa.. dhe tunggu foto2 khas kamu yang tidak mengecewakan.. met liburan🙂

    1. Hahaha, masalahnya besok hari pertama bakal lumayan sibuk Dhe karena bakal half day trip di Glasgow kemudian sorenya lanjut naik bus ke Edinburgh. Jadi bakal banyak jalan kayaknya, hehehe🙂 Dan aku kurang suka deh tidur di kendaraan gitu, apalagi pesawat (hobi ngelihat keluar jendela soalnya, hehehe🙂 Pemandangannya indah soalnya).

      Haha, soalnya kesalahannya tuh kecil banget Dhe. Kesalahan yg sebenarnya bisa dihindari gitu. Kalo emang blank dan ga bisa ya mau gimana lagi kan, tapi ini kan bedaa, hehe🙂

      Oke deh, ditunggu posting cerita trip-ku ini nanti ya🙂

  3. Waaaaah asik banget ke skotlaaand. Ditunggu cerita dan putu putunya ya Zil. Btw, saranku mendingan tidur jam 10 hoho ga memilih ketiga jawaban itu sik tapi 5 jam cukuplah yaaa

    1. Yoi, nanti pasti aku tulis disini, hehe🙂 Haha, iya nih, kayaknya nanti bakal tidur sekitar jam 8.30 ato jam 9 gitu deh. Jadi seenggaknya dapet 6 jam tidur, haha😛

  4. kalau kesalahan yg dikit.dan kita sebenarnya bisa itu emang menyebalkan banget deh.. kecuali gak bisa.. itu lain cerita..

    dan sebenarnya walaupun kelihatannya aku cuek dalam segala hal tapi aku udah mempersiapkan dg bener loh.. misalnya dulu kuliah.. temen2 aku heboh belajar dikampus.aku sok2an gak belajar.. padahal seminggunya pasti aku udah belajar.. jadi temen2 aku pada protes klo aku dapet tinggi tapi “gak belajar” :p

    iihh asyik dong mau liburan.. bakal dapet cerita trip lagi neh😀

    1. Itu dia Nie!! Bener banget!! Kesalahan kecil yg cuma “gitu doank” kan bisa dihindari ya. Makanya jadi sebel banget, haha. Kalo memang gak bisa ya udah mau gimana lagi kan, hehehe🙂

      Hahaha, suka ngerjain juga u Nie😛. Kalau aku sih memang nggak keliatan cuek sih, haha

      Iya dong, pasti nanti akan ada cerita trip, hahaha😛

      1. hahaha.. iya, jadi inget waktu ngerjain skripsi juga gitu.. aku selalu bilang : beloom selesaiii.. Tapi aku lulus cumload dong, eh temen aku yang grasak grusuk lulusnya setahun kemudian..😛

        eh aku lebih nunggu trip ke London seh nanti, tapi ke stadion bolanya yak zil😉

        1. Ngomong dan kelakuan santai tapi tetep profesional ya Nie, hehe, jadi tugas/proyek tetep dikerjakan rutin dan tepat waktu gitu, hehehe🙂 Aku juga gitu sih. Dan santai juga nggak masalah kok asalkan kita bisa membagi waktu dengan efisien dan kita bekerja dengan efektif, hehehe😛 Justru kalau seimbang gitu malah bagus kan🙂

          Londonnya masih ntar Nie, hahaha🙂 Sekarang mah Scotland dulu deh😀

    1. Ho oh, nanti emang kayaknya tidur jam 8.30 ato jam 9 kok. Jam 7 kayaknya kok awal banget gitu ya, huahaha😆

      Iya dong, nanti di Edinburgh bakal ambil one day trip ke Loch Ness tentunya, huahaha😆 .

  5. Iya kalo ujian emg sebaiknya jgn keluar sebelum waktunya. Walaupun udh kelar semua dan udh dicek, tp dicek terus aja… Krn emg bs aja terjadi ada yg kelewatan. Yah buat pengalaman ya ko…🙂

    Have fun ya di skotlandia!!

    1. Iya sih. Tapi ya gitu deh, udah dicek tiga kali. Capek juga rasanya kalau harus ngulang-ngulang ngoreksi terus, hahaha. Ya gitu deh. Intinya sih lain kali harus lebih teliti ketika pertama kali mengerjakan soalnya/menulis jawabannya itu. Harus lebih tenang dan nggak terburu-buru sehingga kesalahan kecil gini bisa lebih dihindari😀. Karena kesalahan ini kecil banget jadi inspeksi ulang pun juga bisa melewatkannya kan🙂

      Trims!🙂

    1. Nama pabrik pesawat, hehehe🙂 Embraer ini fokus memproduksi pesawat-pesawat yang dipakai di rute regional (kapasitas 70-100 gitu deh).

      Trims2🙂

    1. Disini mah negaranya kecil-kecil Mel, jadi kalau jalan-jalan ya lintas negara gitu deh, hihihi😀 Dari Amsterdam ke Edinburgh jaraknya LEBIH DEKAT daripada dari Jakarta ke Surabaya loh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s