Posted in EuroTrip, One Day Trip

#1058 – Free Stuff, Kinderdijk, and Pizza Hut

ENGLISH

More Free Stuff

Here and here, I mentioned that there were free stuffs given away at Delft’s centrum. It turned out that this week some companies loved to give away their products for free, haha. I went to the centrum yesterday for grocery shopping, and this time I got this for free:

Yes!! M&M!!! Not bad, huahahaha😆 .

Kinderdijk

Ever since the first (or second? Hmm, I cannot really remember the exact detail) week of my life in the Netherlands, I have heard this name. Yes, Kinderdijk. What is that? It is a name of a place not really far from Rotterdam (but it took like one hour plus to get there from Rotterdam Centraal Station, huahaha😆 ) that is famous for something that is soo Dutch: the windmills. It is not the only windmills site in the Netherlands actually, as there is another one that is closer to Amsterdam, called the Zaanse Schans (which also offers a historical view of the Dutch), but I have never been there, haha. It is also a UNESCO World Heritage Site, so you can expect it to be one of an attractive tourist magnet (if you have no idea what a UNESCO World Heritage Site; well, in Indonesia, four of the seven sites that are included in this list are Borobudur Temple, Prambanan Temple, Komodo National Park, and Ujung Kulon National Park (source: Wikipedia)).

But somehow, all this time I have not had the time to go there, huahaha😆 . I guess its proximity from where I live is actually one factor that, sort of, hindered me from actually going there. You know, we often take for granted visiting places that are actually close to where we live and prefer to visit those who are a bit further away😛 .

Anyway, but a few days ago my friends and I had this idea to do something in this long weekend. After a consensus, we decided to visit Kinderdijk (the other option was another attractive one for me too actually: Madurodam in Den Haag). And so we went there. I proposed to leave Delft at around 9 AM and soon I regretted this as it was way tooo early in the morning for a Saturday! Huahaha😆 . There was also a little bit of communication breakdown causing us to miss the 10.05 AM bus from Rotterdam Lombardijen Station. Because the bus only ran once per hour, we had to wait for like 50 minutes there. In the end, we waited in a: hospital!😯 Yes, in a hospital because it was quite cold outside and that hospital was pretty much the only open public place nearby (it was Easter weekend so some places did not operate).

Long story short, we finally made it to Kinderdijk at 11.45 AM (most of the bus’ passengers were tourist apparently, haha😆 ). It was a nice place with a lot of windmills (probably 20? (I didn’t count)). I mean, we generally can not see that many old windmills concentrated at one place anywhere in the Netherlands. There are, of course, a lot of old windmills here and there all across the country, but not as concentrated as at this place. So yeah, it was really a nice place. We could actually go into one of the windmill to see how it worked; but because we had to pay 6 euro just for that, we opted not to go in, huahaha😆 . I mean, it was just a freaking windmill. Six euro? Seriously?? Btw, it was free of charge to just enter and walk around the area (and see the windmills).

There was only one drawback today. The weather sucked!!! It was really cold (it was like 7 or 8°C but it felt like 2 or 3°C) and really cloudy. And the worst part was that at one time, it was hailing!  And it happened while we were walking around at the open area of Kinderdijk. But it did not last that long though, just 2 or 3 minutes I think. But you know, still… . Well, I thought it was already spring but apparently…

After spending about one hour there, we decided to go back to Rotterdam…

Pizza Hut

After freezing in Kinderdijk, we felt a little bit hungry. So, we decided to eat in Rotterdam and chose to eat at: Pizza Hut!! Yeaaahh!! I was really excited because it would be my first time eating at Pizza Hut ever since I moved to Europe. The last time I ate at Pizza Hut was this time, two days before my departure day to Europe. Of course I have eaten a lot of pizza since then, but those pizzas were more oriented to the authentic Italian pizza; so they were so different from Pizza Hut’s pizzas, haha.

Anyway, I then realized that the European Pizza Hut’s menu was not as diverse as Indonesian Pizza Hut’s menu, including the topping list. And from the topping list, only two or three that could also be also found in the Indonesian topping list (Super Supreme and Meat Lovers, and maybe something else. The Super-Supreme one also seemed to be a little bit different though as they did not incorporate pineapple here while in Indonesia, if I am not mistaken, they had pineapple in it? I don’t know, I never like Super-Supreme myself so it has been like probably 15 years since the last time I ate Super-Supreme in Indonesia so I could be wrong, hahaha😆 ). And the good news was that they also had the stuffed crust option here (though they named it as Cheezy Crust). This option has always been the winner for me. I LOVE it!!

Then, we ordered our pizzas. Dan, Donghua, and I bought a large Meat Lovers Cheezy Crust for the three of us and Siavash decided to buy a small one for himself. And it was really nice! Finally I could taste it again after such a really long time, hahaha😀

BAHASA INDONESIA

Gratisan Lagi

Disini dan disini, aku sebutkan bahwa ada beberapa barang yang dibagi-bagiin dengan gratis di centrumnya Delft. Nah, minggu ini nih beberapa perusahaan memang pada janjian membagikan produknya dengan gratis kayaknya ya, haha. Aku pergi ke centrum kemarin untuk belanja di supermarket, dan kali ini aku mendapatkan ini dengan gratis:

Ya!! M&M!!! Lumayan lah ya, huahahaha😆 .

Kinderdijk

Semenjak minggu pertama (atau kedua ya? Hmm, nggak inget pastinya deh saya) dari kehidupanku di Belanda ini, aku sudah mendengar nama ini. Ya, Kinderdijk. Apaan tuh? Kinderdijk adalah nama sebuah tempat yang nggak terlalu jauh dari Rotterdam (tapi buat kesana tetap butuh waktu sekitar sejam lebih sih dari Stasiun Rotterdam Centraal, huahaha😆 ) yang terkenal akan sesuatu yang Belanda banget deh: kincir angin. Ini bukan satu-satunya tempat kincir angin di Belanda sebenarnya, karena ada lokasi lain di dekatnya Amsterdam yang bernama Zaanse Schans (yang mana disana juga ada museum sejarahnya Belanda gitu), tapi aku belum pernah kesana sih, haha. Tempat ini juga termasuk dalam UNESCO World Heritage Site loh, jadi bisa ditebak bahwa tempat ini adalah salah satu magnet turis utamanya Belanda tentunya ya (kalau ada yang nggak tahu apa itu UNESCO World Heritage Site; hmm, di Indonesia, empat dari tujuh lokasi yang termasuk dalam daftar ini adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Komodo, dan Taman Nasional Ujung Kulon (sumber: Wikipedia)).

Tapi entah bagaimana, selama ini aku belum pernah sempat deh untuk kesana, huahaha😆 . Aku rasa sih kedekatannya tempat ini dari tempatku tinggal adalah salah satu faktor utama yang, di satu sisi, justru menghalangi aku untuk pergi kesana ya. Tahu lah, kadang itu kita justru suka menunda-nunda untuk mengunjungi suatu tempat yang dekat dengan tempat tinggal kita kan dan lebih memilih tempat yang lebih jauh untuk dikunjungi😛 .

Anyway, tapi beberapa hari yang lalu aku dan beberapa teman ada ide untuk pergi kemana gitu di long weekend kali ini. Setelah voting, kami memilih untuk mengunjungi Kinderdijk (pilihan lainnya juga menarik sih buatku sebenarnya: Madurodam di Den Haag). Dan jadilah kami pergi kesana. Aku mengusulkan untuk berangkat dari Delft jam 9 pagi yang mana kemudian aku sesali setengah mati karena jam segitu kan pagiii banget gitu ya buat hari Sabtu! Huahaha😆 . Tadi juga ada sedikit miskomunikasi yang membuat kami ketinggalan bus jam 10.05 dari Stasiun Rotterdam Lombardijen. Karena busnya cuma beroperasi satu jam sekali, jadilah kami harus menunggu selama 50 menit disana. Akhirnya kami nebeng nunggu di sebuah: rumah sakit!😯 Ya, di sebuah rumah sakit karena di luar dingin banget gitu deh dan rumah sakit ini adalah satu-satunya tempat umum yang buka di sekitar situ (karena ini weekend Paskah sehingga kebanyakan tempat tidak buka).

Singkat cerita, tibalah kita di Kinderdijk jam 11.45 siang (kebanyakan penumpang busnya turis loh, haha😆 ). Tempatnya bagus juga loh dan ada banyak banget kincir anginnya (sekitar 20 kayaknya ya? (nggak ngitung saya)). Maksudku, secara umum nggak bisa deh kita melihat banyak kincir angin tua terkonsentrasi di satu tempat dimanapun di Belanda. Memang ada banyak banget kincir angin tua tersebar di seluruh negeri, tapi nggak terkonsentrasi kayak di tempat ini gitu. Jadi, ya, tempat ini memang oke. Kita sebenarnya bisa masuk ke salah satu kincir anginnya untuk melihat bagaimana kincir angin itu bekerja; tapi karena untuk masuk harus membayar 6 euro, kami ogah deh buat masuk, huahaha😆 . Maksudku, cuma kincir angin doank gitu. Enam euro? Serius lo?? Btw, tapi kalau cuma buat masuk dan jalan-jalan di areanya itu (dan melihat-lihat kincir anginnya) gratis kok.

Tapi ada satu hal yang kurang menyenangkan hari ini. Cuacanya geblegggg!!!! Dingin banget gitu deh seharian tadi (suhunya sekitar 7 atau 8°C tapi rasanya kayak 2 atau 3°C) dan mendung banget. Dan yang menyebalkan adalah: di satu waktu tadi sempet hujan, dan hujannya itu hujan ES dong!  Mana ini terjadinya pas kami lagi jalan-jalan di area terbukanya Kinderdijk itu lagi. Tapi untung hujan esnya nggak lama-lama amat sih, cuma 2 atau 3 menit gitu. Tapi tetap aja lah ya… . Hmm, aku kira musim semi sudah datang tapi ternyata…

Setelah menghabiskan waktu sekitar sejam disana, kami memutuskan untuk kembali ke Rotterdam…

Pizza Hut

Setelah kedinginan di Kinderdijk, kami merasa lapar. Dan jadilah kami memutuskan untuk makan di Rotterdam dan kami memilih makan di: Pizza Hut!! Yeaaahh!! Aku bersemangat sekali deh makan disana karena ini adalah kali pertama aku makan di Pizza Hut semenjak aku pindah ke Eropa loh. Terakhir kali aku makan di Pizza Hut adalah waktu ini, dua hari sebelum hari keberangkatanku ke Eropa. Tentu saja aku sudah makan banyak pizza semenjak waktu itu ya, tetapi pizza-pizza itu kan lebih condong ke pizza otentik Italia gitu; jadi ya berbeda banget lah sama pizza-pizzanya Pizza Hut, haha.

Anyway, aku kemudian menyadari bahwa menu Pizza Hut di Eropa itu nggak seberagam menu Pizza Hut di Indonesia loh, termasuk di daftar pilihan topping-nya. Dan dari daftar topping itu, mungkin hanya dua atau tiga yang juga berada di daftar topping di Indonesia (Super Supreme dan Meat Lovers, dan mungkin ada yang lain juga. Super Supreme-nya pun sepertinya agak sedikit berbeda karena mereka tidak memasukkan nanas di dalamnya sementara di Indonesia, kalau nggak salah sih, pakai nanas kan ya? Nggak tahu deh, aku memang nggak suka Super-Supreme sih jadi kayaknya terakhir kali aku makan Super-Supreme di Indonesia itu juga sudah 15 tahun yang lalu kali, jadi bisa aja aku salah, hahaha😆 ). Dan berita baiknya adalah mereka juga ada pilihan Stuffed Crust loh disini (walau disini dinamai Cheezy Crust sih). Pilihan ini beneran pilihan andalan deh buatku. Aku SUKA banget!!

Lalu, kami memesan pizza kami. Dan, Donghua, dan aku membeli satu pizza Meat Lovers Cheezy Crust ukuran besar untuk dibagi tiga dan Siavash memutuskan untuk membeli satu pizza ukuran kecil untuk dirinya sendiri. Dan memang enak loh! Akhirnya aku bisa merasakan rasanya lagi setelah sekian lama, hahaha😀

25 thoughts on “#1058 – Free Stuff, Kinderdijk, and Pizza Hut

  1. sama.zil.. aku juga paling suka pinggiran pizza itu stuffed crust.. aaahh enak bener dah.

    iihh justru tgl disana jadi gak ke tempat kincir angin gt yak.. klo aku ke belanda maunya tenpat sprti itu.. terus ke taman bunga sama taman miniatur kota amsterdam (?) klo gak salah.. aahh kapan yak aku ke eropa.. *nyari beasiswa s2*😆

    1. Iya, roti pinggiran Pizza Hut paling enak memang Stuffed Crust ya. Variasi pinggiran yang lain (apalagi yang aneh-aneh, huahaha😆 ) juga menurutku kalah enak sama si Stuffed Crust ini, hehehe😀

      Iya, karena kan deket Nie. Jadi kadang mikir “Ah, ntar aja juga sempet”. Ntar, ntar dan ntar gitu, jadinya nggak pergi-pergi deh. Beda sama kalau perginya ke tempat yang jauhan dikit, huahaha😆 . Ya, taman bunga itu namanya Keukenhof. Tapi dia nggak buka setiap waktu lho. Bukanya cuma pas musim semi aja ketika lagi berbunga. Dan taman miniatur itu ya Madurodam kayak yang aku sebutin di posting ini Nie. Lokasinya bukan di Amsterdam, tapi di Den Haag, hehe😀

      Semangat ya nyari beasiswanya! hehehe🙂

    1. Ho oh, dan minggu lalu Coca Cola, lumayan kan, hahaha🙂

      Harusnya sih sekarang udah musim semi. Udah hampir pertengahan April gitu. Dua minggu lalu sudah hangat sih sebenarnya tapi entah kenapa dua hari belakangan ini ya gitu deh cuacanya, huahaha😆

    1. Padahal sewaktu winter kemarin sempat mencapai hampir -20 derajat Celcius loh (tapi pas malam hari sih, jadi nggak gitu kerasa karena di dalam ruangan kan ada heater, huahaha😆 ).

  2. hujan es, Zil??
    #ngambilgelas #nampunges
    Mau nyoba bikin es teler aaah😀
    (prasaan dari dulu terobsesi bangt makan es teler dg es yg langsung turun dari langit. pshl pasti kotor )

  3. Delapan derajat celcius?? Wuiiihhhh…. Kalau saya mungkin sudah meriang, hahaha….
    Aaah, jadi pengen ke Pizza Hut nih. Kebetulan ada gerai Pizza Hut yang deket kos sini, hehe…

    1. Hahaha, gimana kalau winter tuh😛

      Ah, enaknya. Di sini di seluruh Belanda Pizza Hut cuma ada dua gerai lho kalau nggak salah. Di Den Haag dan di Rotterdam aja, hahaha… . Di Indo soalnya memang pizza yang paling mendominasi ya Pizza Hut gitu sih ya, hehe🙂

  4. Ngomong-ngomong tentang Pizza Hut, para waitres mereka lucu-lucu dech Ko. Tiap kita ngomong apa gitu, mereka akan jawab “Pilihan anda tepat sekali!” Seriously! Itu konyol banget!

    1. Hahaha, iya tuh. Dulu pas makan disana beberapa saat sebelum aku ke Belanda juga waitress-nya ngomong itu setelah aku dan temen milih pizza-nya, wkakakaka😆 . Ya nggak papa sih, justru jadi kelucuan dan daya tariknya mereka kan😛 . Asal yang penting kalau customer-nya butuh masukan atau memiliki pertanyaan tentang pizza-nya, mereka bisa jawab juga, hahaha🙂

  5. Iya Ko, sering amat sih dapet gratisan.. hahahaha..

    Btw, pizza hut-nya terlihat enaaaak.. Udah lama juga nih ga nyoba pizza model2 PH gitu.. Ada sih di malmö, cuma pas liat menunya.. ga bikin tertarik makan.. mana mahal pulaaa (ini faktor paling penting :P)

    Aku juga pas liburan kemarin foto2 winmolen loooh..

    1. Iya nih, lagi baik hati perusahaan2 disini kayaknya, hahaha🙂

      Iya, enak doong, haha. Mana udah lama banget nggak makan PH lagi, haha🙂 Iya, menunya memang beda ya daripada yang lain. Dan memang sih harganya lebih mahal dibandingin pizza-pizza lainnya, hmmm. Yang large ini aja 22 euro dong harganya😯 dan yang kecil itu 9 euro kalau nggak salah. Padahal harga segini di Domino’s bisa dapet yang ukuran besar, haha…

      Oya? Disana ada windmolen juga? hahaha😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s