Posted in Awards and Blog Homeworks, General Life, Zilko's Life

#1055 – Weekend Story

ENGLISH

Another weekend has come to an end, and tomorrow morning I will have to get up early to have a short meeting with my thesis supervisor at 9.30 AM! She is leaving for three weeks for a vacation to Malaysia later on that day and so it is not possible to have a more later meeting, hahaha…😛

Fixing Clogged Shower Drain

The past few days, the shower drain in my shower room was, somehow, clogged causing water to stagnate for quite a while before it was all drained. I didn’t have the time to fix it during the week because I was really occupied with my work in campus. So, the only time I could work on it, or at least take a look on it, was this weekend. However, there was one problem. I did not have screwdriver to open the drain, huahaha😆 . All this time, when I needed a screwdriver, I just borrowed it from my friend. But then I thought owning screwdrivers (yeah, plural; because there are two kinds of screwdrivers, + and – ) would come in very handy in some DIY emergency situation. So, I decided to look for screwdrivers first before fixing the drain…

My first try was IKEA as I thought they should sell screwdrivers. But then it turned out that looking for a screwdriver in a huge IKEA was like looking for a needle in a haystack. I did ask some of the employees but they seemed to mislead me (or they were not sure themselves, hmmm). Getting no result, I chose to leave IKEA and went to the centrum. Instead, there, I easily found screwdrivers at HEMA! Hahaha😆

Btw, here is a nice thing of going to the centrum on a Saturday:

Free Cola for everyone!
Free Cola

Yes, they were giving away free Coca Cola, muahahaha😆 . Every week, this kind of free give-away thing is often held in the centrum. One time it can be a cola product, the other time it can be ice cream, the other time it can be orange juice, etc. Not bad, hahaha…

Long story short, after that, I went back home and opened the drain. I found out that the problem was quite more severe than I thought and I could not just simply take all the dirt out with hand (the pipe was small in diameter). Then, I found a tips from the internet that I could use a combination of salt and hot water. And by hot water, apparently it had to be really hot water (I had to boil it in the kitchen first), not just warm water from the water heater (I did try this before and it indeed didn’t seem to work). And it worked!!

Earth Hour

Last Saturday, one worldwide campaign was held: The Earth Hour where we were encouraged to turn off a light from 20:30 to 21:30 to reduce our consumption of electricity, in an awareness campaign for a greener Earth. I have been quite active in participating in this campaign since 2009, and of course this year was no exception😀. I decided to go walking around Delft as a light exercise during that time so that I could turn off all lights and electricity in my apartment without having to deal with it, hahaha.

Anyway, the main idea of this campaign is of course not just turning off lights once a year for one hour, but also to apply that in daily life by turning off unused/unnecessary lights/electricity. And of course I have been trying to apply that in my life, for example I never leave my apartment with any lights on and I only turn my shower room light just when I use it. Well, this kind of campaign will work if every individual has his/her own awareness to the issue and is willing to combat the issue by applying this action to his/her daily life. So it is, obviously, not only the “big guys”‘ problem…

April Fool

Anyway, today is April the 1st and many people know it as the April Fool day. And I was tricked today, hahaha. So, about two days ago there was an invitation on Facebook for TU Delft students to join a free “Anti-Gravity Experience” activity on campus next week. We had to register by sending an email to the organizer. And of course I was interested! I mean, it would be cool, you know, being in a room with no gravity in it! Though I quite wondered how they would simulate that, as the one way I know to simulate this is by zero-gravity aircraft which, I knew, would cost a fortune. Actually, apart from that “how” question, I also sensed something weird when I was registering to the event. Firstly, the said they would co-organize the event with a Dutch company, but they did not specify which one. Quite strange, no? Secondly, the Facebook account of the event which hosted the event only had six friends. Thirdly, the email address we should send our registration to was based in gmail. I mean, if it were a formal cooperation event, it should be a company-based email or at least TU-Delft-based email, not a free email, right? But I ignored those four things because I thought maybe they indeed had a newer technology on how to actually simulate that zero gravity thing. And in the end, yes, the got me! Dammit April Fool!! hahahaha…

Award from Gamazoe

A few days ago Dhenok gave me this “Seratus Cinta Gamazoe” Award. Thank you so much Dhe, and congratulations for hitting the “sacred” 100 number. Good luck on everything, and keep blogging!🙂

BAHASA INDONESIA

Satu akhir pekan telah berakhir lagi, dan besok aku harus bangun pagi nih karena aku akan ada meeting singkat dengan pembimbing tesisku jam 9.30 pagi! Ia akan pergi liburan selama tiga minggu ke Malaysia gitu deh sorenya sehingga nggak mungkin gitu meeting-nya diadakan agak siangan dikit, hahaha…😛

Membersihkan Pipa Shower yang Tersumbat

Beberapa hari belakangan ini, pipa pembuangan air di kamar mandiku agak tersumbat sehingga airnya itu menggenang dulu sebelum akhirnya terbuang. Selama seminggu lalu aku nggak sempat deh untuk membersihkannya karena aku sibuk dengan segala pekerjaan di kampus. Jadilah satu-satunya waktu dimana aku bisa membersihkannya, atau setidaknya memperhatikan masalahnya, ya akhir pekan ini. Namun, ada satu masalah. Aku kan nggak punya obeng buat membuka tutup salurannya itu ya, huahaha😆 . Selama ini, kalau aku membutuhkan obeng, aku selalu meminjam punya teman. Tapi kemudian aku berpikir bahwa memiliki dua obeng itu (ya, dua: karena obeng kan ada dua macam gitu ya, + dan -) cukup penting juga ketika aku berada dalam situasi mendesak yang DIY (do it yourself). Jadilah aku memutuskan untuk membeli obeng dulu sebelum membersihkan pipa saluran itu.

Tujuan pertamaku tentu adalah IKEA karena aku rasa seharusnya mereka menjual obeng dong. Tapi ternyata mencari sebuah obeng di IKEA yang gede banget itu beneran kayak mencari jarum di tumpukan jerami ya. Aku sudah bertanya segala ke beberapa karyawannya dan mereka sepertinya juga nggak yakin deh obengnya ada dimana, hmm. Nggak ada hasil, jadilah aku meninggalkan IKEA dan pergi ke centrum aja. Eh ternyata disana malah aku bisa menemukan obeng dengan mudah di HEMA! Hahaha😆

Btw, inilah hal mengasyikkan kalau pergi ke centrum di suatu hari Sabtu:

Cola gratis buat semuanya yang lewat!
Cola gratisan

Ya, ada pembagian Coca Cola gratis gitu deh, muahahaha😆 . Setiap minggu, pembagian barang gratisan gini hampir selalu ada loh di centrum. Di satu waktu bisa berupa produk minuman bersoda, di waktu lain bisa berupa es krim, di waktu lain bisa berupa orange juice, dll. Lumayan lah ya, hahaha…

Singkat cerita, setelah itu, aku kembali ke rumah dan membuka pipanya. Ternyata permasalahannya lebih parah dari yang aku kira karena aku tidak bisa mengeluarkan semua kotoran yang menyumbatnya dengan tangan (pipanya kan kecil). Lalu, aku menemukan tips di internet bahwa aku bisa menggunakan kombinasi antara garam dan air yang panas. Dan maksudnya air panas itu adalah air yang beneran panas ya (aku harus merebusnya di dapur dulu), bukan sekedar air hangat yang dari pemanas air itu (aku sudah mencobanya sebelumnya dan memang gagal sih). Dan ini berhasil loh!!

Earth Hour

Sabtu kemarin, satu kampanye sedunia diadakan: Earth Hour, dimana kita diajak untuk mematikan lampu dari jam 20:30 sampai jam 21:30 untuk mengurangi pemakaian listrik kita, dalam sebuah kampanye kesadaran akan Bumi yang lebih hijau. Aku sudah cukup aktif dalam berpartisipasi di kampanye ini semenjak 2009, dan tentu saja tahun ini juga dong😀. Aku memutuskan untuk berjalan keliling Delft buat olahraga ringan selama satu jam tersebut sehingga aku bisa mematikan semua lampu dan listrik di apartemenku tanpa harus bergelap-gelapan di apartemen gitu kan ya, hahaha.

Ngomong-ngomong, ide kampanye ini tentu tidaklah sebatas mematikan lampu selama sejam sekali dalam setahun ya, tapi juga untuk menerapkan ide ini di kehidupan sehari-hari dengan mematikan lampu/listrik yang tidak dipakai. Dan tentu saja aku juga selalu berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupanku, misalnya aku tidak pernah meninggalkan apartemenku dengan lampu yang menyala dan juga aku hanya menyalakan lampu di kamar mandi ketika aku menggunakannya. Ya, kampanye ini akan berhasil apabila setiap individu memiliki kesadaran akan permasalahan ini dan bersedia untuk terlibat aktif dengan menerapkannya. Jadi, ini, tentu saja, bukanlah hanya urusannya “orang-orang besar” aja ya…

April Mop

Anyway, hari ini adalah tanggal 1 April dan banyak orang mengenal hari ini sebagai hari April Mop. Dan aku dikerjain loh hari ini, sialan, hahaha. Jadi, sekitar dua hari yang lalu gitu ada undangan di Facebook untuk mahasiswa TU Delft untuk mengikuti acara “Anti-Gravity Experience” minggu depan. Kami harus mendaftar dengan mengirim email ke organizer acaranya. Dan tentu saja aku tertarik dong! Maksudku, keren kan, kalau kita bisa berada di dalam ruangan yang nggak ada gravitasinya gitu! Melayang gitu. Walau sebenarnya aku agak bertanya-tanya juga sih dengan bagaimana mereka akan menyimulasikannya, karena yang aku tahu sih satu cara untuk menyimulasikannya kan dengan menggunakan pesawat gravitasi nol, yang, aku tahu, mahal banget. Sebenarnya, di samping pertanyaan “bagaimana” itu, aku juga merasakan ada beberapa kejanggalan sih ketika aku mendaftar. Pertama, mereka bilang acara ini diadakan dengan bekerja-sama dengan sebuah perusahaan di Belanda, tapi nama perusahaannya nggak disebut. Aneh kan? Kedua, halaman event di Facebook ini juga diadakan oleh sebuah akun yang temannya hanya enam saja. Ketiga, kita harus mengirim pendaftaran ke alamat email yang berbasis di gmail. Maksudku, kalau acaranya memang formal, biasanya alamat emailnya ya alamat email yang berbasis di perusahaan itu, atau setidaknya berbasis di TU Delft, bukan berbasis di email gratisan gitu kan? Tapi entah kenapa aku mengabaikan hal-hal aneh tersebut karena siapa tahu mereka beneran menemukan teknologi baru ini kan. Dan akhirnya, aku dikerjain deh! Dasar April Mop sialan!! hahahaha…

Award dari Gamazoe

O iya, beberapa hari yang lalu Dhenok memberiku Award “Seratus Cinta Gamazoe” ini. Terima kasih ya Dhe, dan selamat telah mencapai angka “sakral” 100 itu. Sukses selalu, dan tetap semangat nge-blog ya!🙂

30 thoughts on “#1055 – Weekend Story

  1. earth hours di pontianak gak kelihatan deh.. aku lagi nonton bioskop jam sgt.. keluar2 eh ruangannya rada gelap.. tp pas keluar terang benderang.. haha..

    tapi klo soal berhemat mah.. dr kecil aku udh diajarin berhemat.. jd klo d rmh. pas jam tdr.. semua lampu mati kecuali lampu teras rumah dg kamar klo emg gak bs dimatikan..

    1. Hahaha, berarti bioskopnya ikutan Earth Hour juga ya Nie? hehehe🙂

      Iya, aku dari kecil juga pada dasarnya udah diajarin berhemat sih, hehehe🙂 Nggak cuma masalah lampu aja tentunya ya, masih banyak yang lain2nya juga😛

    1. Iya tuh, jangan-jangan bercandaan pemerintah ya yang masalah BBM itu, huahahaha😆😆😆 . Denger-denger sampai bikin kisruh selama beberapa waktu gitu, hahaha…

  2. awardnya cantik banget Ko, yang ngasih siapa tuh?? mau juga dong di kasih.. hahahahah #plak.:mrgreen:

    tenkyu yaa Ko, udah dipajang manis hadiah manis dari cewek manis #halah.😀
    dhe belum pernah ngerasain dikerjain pas April Mop, seru kali yaa.. kapan2 kerjain dong (eh?).. hahahahaha

    1. Halah, hahaha😛 Sama-sama Dhe, dan trims juga udah dikasih award😀

      Masa sih belum pernah dikerjain gitu Dhe? Walau kecil-kecilan aja?? hahaha🙂 Aku beberapa kali semenjak SD sudah pernah tuh dikerjain/dibohongin gitu deh, haha😀

    1. Iya, kurang aja dah yg ngerjain, hahaha😆 . Iya, lumayan banget. Dan disini hampir selalu ada loh tiap wiken gitu. Nggak cuma di Delft aja, di centrumnya Den Haag juga ada, hehehe😀

  3. kalo buat yang mampet2, disini ada cairan namanya drano. tinggal dituang, trus disirem air panas (dari shower nya) ntar semua kotoran2 yang mampet bisa luruh semua dan lancar lagi. disana gak ada ya? coba cari deh ko…

    huahaha masih ada aja yang ngerjain pas april mop…😛

    1. Nah, itu dia. Cairan semacam Drano gitu belinya dimana sih? Semacam supermarket kah? *Duh, jangan bilang Walmart, hahaha😛 Di Delft nggak ada nih hypermart gede gitu*. Aku sebenarnya sempat nyari sih tapi nggak ketemu. Ya udah akhirnya aku nyoba tips yang dari internet itu. Toh nothing to lose kan. Eh ternyata berhasil, hahaha🙂 Cuma cairan semacam Drano mungkin bisa lebih efektif ya secara umum, kalau pas kotorannya lebih membandel gitu…

      Iya, kurang ajar banget kan. Yang ketipu banyak juga loh, hahaha *untunglah, jadi nggak sendirian, huahaha😆 *

  4. walah walaaaah… kalo disuruh nyari obeng ke IKEA, ya begitu masuk kesana ya bakalan lupa dah kalo harus beli obeng *disorientasi* hahaha. langsung muter2 dan akhirnya pasti beli yg laen yg lucuk2😆

    btw, kok gak nyobain pake baking powder instead of garam? ya beli baking powdernya PR banget sih emang, hehehe…. kalo garam kan pasti chef zilko punya😉

      1. Bukannya baking soda itu subset dari baking powder ya Bu *halah, bahasa matematik bgt😛 *? Kalau nggak salah sih baking soda itu salah satu jenis baking powder gitu…

    1. Hahaha, apalagi IKEA sini Bu. Guede banget. Dua lantai pula, hahaha😛 Lantai dua untuk showroom (furniture segala ruangan gitu, lengkap bener deh) dan lantai satu buat printilan-nya dan gudang raksasa yang mana kita bisa ambil furniture yang kita suka sesuai dengan kode tempatnya (jadi di showroom itu di tiap barang ada kode lorong/rak tempat barangnya disimpan di gudang raksasa itu). Dan barangnya udah didusin rapi, tinggal angkat aja, wkakaka😆 Btw, dari dulu penasaran pengen nyoba baksonya IKEA nggak sempet-sempeh nih, katanya enak banget loh #berubahtopik, hahaha😛

      Hahaha, tahu aja Bu. Memang tips-tips yang aku temukan itu menyarankan either baking soda atau garam sih. Tapi berhubung nggak punya baking soda, ya udah pake garam aja, wkakakaka😆 .

        1. Kalau Ace Hardware di Indonesia yang pernah aku masukin ukurannya nggak segede IKEA sini sih Bu. Jadi dari segi ukuran ya Ace udah kalah “wah” dulu deh, hehehe😛

  5. Walaaaah.. kena dikerjain yaa? hihihi… Aku ga suka april mop dari dulu.. sebel aja kayaknya..😛

    Earth hour di Swedia ga terlalu berasa juga.. Eh, tapi aku ga keluar rumah juga sih, jadi ga ngeliat gimana.. >__< cuma aku sendiri ga ngelakuin earth hour.. tos, udah setiap hari saya menghemat-nya.. thihihi..

    1. Iya, sialan banget, hahaha😆

      Iya, soalnya jam 20:30 juga masih terang kan ya, hahaha😀 Jadi nggak gitu terlihat deh efeknya😛 . Dan bener banget, yang penting itu adalah menghematnya di kehidupan sehari-hari ya, nggak cuma selama sejam sekali dalam setahun aja, hehehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s