Posted in General Life, Zilko's Life

#1048 – SMS, Practicing Tennis, and Sunny Day

ENGLISH

Sms in Dutch

So, it has been a few weeks since my grandma got a cellphone. This is her first cellphone so she is still pretty much learning how to use it. She is 81 years old now and she has had trouble hearing for a few years. Hence, this cellphone is now her favorite gadget to stay in touch with me because in Skype she can not really hear what I say. Well, she can actually, but it is not that convenient for her. With a cellphone, she can just send me texts and I can reply back (though it costs quite some money, it cost 19 cent per sms for me).

The interesting thing is that sometimes she texts me in: DUTCH! hahaha😆 . Before I moved to Europe, I never spoke Dutch at home (of course). But now that I have been here for quite a while, maybe she assumes that I should have learnt the language for quite a bit – which is a true assumption btw, hahaha. The (probably) ironic thing is that I think my grandma’s Dutch is still better than mine, huahaha😆 . Well, I mean, from grammatical point of view, maybe I am a bit better; but in term of vocabulary and probably overall mastery of the language, I think she is still better than me, haha😛 . Sometimes I open Google Translate when there is word that I am unfamiliar with (sometimes because I don’t know the word indeed; or that my grandma don’t spell it correctly (just like how we normally text, we throw some characters away to make the text as dense as possible) so that it confuses me a bit). But anyway, it is good though, to keep me active practicing my Dutch a bit more, hahaha.

Tennis

It has been a while since the last time I talked about tennis here, haha🙂 Well, I will not write about professional tennis at the time being, as I am waiting for Miami Masters to conclude in two weeks first before writing about Indian Wells and Miami (btw, I really hope Venus Williams will come back on court in Miami. Please, Venus!!). So, let me write about the progress of my own play.

In my opinion, I think I have to keep sharpening my serve. As I said a few months back, just putting the ball in the service box is easy. However, if we do nothing to it, that ball will be extremely easy for our opponent to kill; which is the case for me sometimes. So, aside from the tennis courses, lately I have also been practicing tennis with a friend from the course, Nick. The ‘good’ thing about practicing by ourselves is that we can do whatever fun we want. So, every time we practice, we also play some games. You know, just like in a real tennis match. From these games, I learn that I have to keep sharpening my serve and make it more lethal to get some free points. Also, a good serve is, in a way, a good defense as it will not allow your opponent to make return winner.

In the latest tennis lesson this week, we were practicing our serves a bit more. There, I think I got some improvements, hahaha🙂 At the end of the lesson we tested our serves, and I fired some good unreturnable serves there! Hmmm, I think I have got the “Aha!” moment about the technique, maybe, hmmm… .

Hot Day

Anyway, as I mentioned at the previous post, yesterday was forecasted to be quite hot in the Netherlands (by hot, I mean 15 °C, hahaha😆 ). And it indeed came true. It was sunny all day long and the temperature even reached 15.8 °C at one point. A lot of students were even sunbathing all around the campus! hahaha :) And maybe it is true that good weather ignites good mood. After my tennis lesson ended at 5 PM, somehow I felt so full of energy to go biking around. And so I did. I went biking for another 45 minutes after that tennis lesson! hahaha🙂

But that sunny day only lasted for one day though. Today, it all went back to its normal Dutch weather. It was cloudy all day long and the temperature did not even come close to 15 °C, I think.

BAHASA INDONESIA

Sms dalam bahasa Belanda

Jadi, sudah beberapa minggu gitu deh semenjak oma saya membeli sebuah hape. Ini adalah hape pertamanya sehingga ia juga sedang belajar dan membiasakan diri dalam menggunakannya. Kini umurnya 81 tahun dan pendengarannya agak bermasalah. Makanya hape ini sekarang adalah alat elektronik favoritnya untuk berkomunikasi denganku karena dengan Skype ia tidak bisa terlalu mendengar apa yang aku ucapkan. Hmm, sebenarnya bisa sih, tapi agak kurang nyaman gitu untuknya. Dengan hape, kan ia bisa tuh mengirim sms ke aku dan aku balas balik (walaupun lumayan juga sih ya ongkos sms-nya, aku harus membayar 19 sen nih per sms).

Nah, ceritanya itu, kadang-kadang ia meng-sms-ku dalam BAHASA BELANDA loh! hahaha😆 . Sebelum aku pindah ke Eropa mah mana pernah aku ngomong bahasa Belanda kalau di rumah (ya iyalah). Tapi karena sekarang aku sudah berada disini selama beberapa waktu, mungkin ia mengasumsikan kalau aku seharusnya sudah belajar bahasanya sedikit-sedikit ya – sebuah asumsi yang benar sih, hahaha. Nah, hal yang (mungkin) ironis adalah aku rasa bahasa Belandanya omaku masih lebih bagus daripada bahasa Belandaku loh, huahaha😆 . Maksudku, kalau masalah grammar (tata bahasa) sih mungkin aku masih lebih oke ya; tapi dari segi kosakata dan penguasaan bahasanya secara keseluruhan, aku rasa omaku masih lebih bagus deh, haha😛 . Kadang aku harus membuka Google Translate gitu kalau pas ada kata yang aku nggak tahu artinya (kadang memang aku aku nggak tahu artinya; atau kadang karena omaku tidak mengetiknya dengan benar (kayak kalau kita mengirim sms kan, kadang kita kan suka menyingkat gitu dengan membuang beberapa karakter sehingga sms-nya jadi sepadat mungkin) dan ini kadang membingungkanku). Tapi, bagus juga sih ini, aku jadi lebih sering dalam melatih bahasa Belandaku, hahaha.

Tenis

Sudah agak lama juga semenjak terakhir kali aku menulis tentang tenis disini, haha🙂 Yah, untuk sekarang ini aku nggak akan menulis tentang tenis profesional dulu ah, karena aku menunggu hasil dari Miami Masters dalam dua minggu terlebih dahulu sebelum menulis tentang Indian Wells dan Miami (btw, aku benar-benar berharap Venus Williams akan kembali bermain di Miami deh. Please, Venus!!). Jadi, aku akan menulis tentang permainanku saja.

Menurutku, aku memang harus terus mengasah serve-ku deh. Seperti yang pernah kubilang beberapa bulan yang lalu, untuk sekedar memukul bola masuk ke kotak servis sih gampang lah ya. Tapi, kalau bolanya nggak diapa-apain, yang terjadi adalah bola itu justru akan menjadi sangat mudah untuk dibunuh lawan kita; yang mana kadang ini terjadi kepadaku. Nah, jadi ceritanya, selain les tenis yang aku ikuti, beberapa waktu belakangan ini juga aku berlatih sendiri sih bersama seorang teman dari les itu, Nick. ‘Enak’-nya latihan sendiri itu adalah kita bisa ngapain aja sesuka hati. Jadi, setiap kali latihan, kami juga bermain beberapa games gitu. Ya games kayak di pertandingan-pertandingan tenis gitu lah. Dari games-games tersebut, nampak deh memang aku harus mengasah terus serve-ku dan membuatnya lebih mematikan untuk bisa mendapatkan poin mudah. Juga, serve yang bagus itu, bisa dibilang, merupakan pertahanan yang baik karena ia tidak memberi kesempatan pada lawan untuk membuat return winner.

Nah, di les tenis minggu ini, kami kebetulan juga sedang fokus pada pukulan serve. Disana, aku rasa aku mendapatkan beberapa kemajuan loh, hahaha🙂 Di akhir lesnya kami mengetes serve kami, dan aku memukul beberapa unreturnable serve loh! Hmmm, aku rasa aku mendapatkan momen “Aha!” deh dalam hal tekniknya, mungkin, hmmm… .

Hari yang Panas

Anyway, seperti yang aku sebutkan di posting yang lalu, kemarin diramalkan panas deh di Belanda (maksudnya panas itu suhunya 15 °C, hahaha😆 ). Dan ini beneran terjadi loh. Kemarin seharian cuacanya cerah dan suhunya bahkan mencapai 15,8 °C loh. Bahkan banyak mahasiswa yang berjemur gitu deh di kampus! hahaha🙂 Eh, mungkin benar ya cuaca yang baik itu bisa membuat mood jadi baik juga. Setelah les tenis berakhir jam 5 sore, entah bagaimana aku merasa penuh tenaga dan terasa keinginan kuat untuk sepedaan gitu deh. Dan sepedaanlah saya. Akhirnya setelah selesai les tenis itu aku sepedaan selama 45 menit! hahaha🙂

Tapi hari yang cerah itu hanya berlangsung satu hari saja sih. Hari ini, cuacanya kembali ke cuaca khas Belanda gitu deh. Seharian mendung dan suhunya juga nggak sampai 15 °C lah kayaknya.

29 thoughts on “#1048 – SMS, Practicing Tennis, and Sunny Day

    1. Sebenernya enggak juga, tapi berhubung baru “kembali” dari suhu minus atau 0 – 5 derajat gitu, jadi terasanya kayak panas gitu deh, hahahaha😆

  1. waaahhh oma zilko orang belanda toh.. ada sahabat aku juga kakeknya asli orang belanda.. sekarang seh bisa dikit2 aja ngomong belanda sama tantenya di belanda.. suka kalau dengar dy bicara.. hehehehe..

    kalau belanda 15C itu panas.. maka di pontianak 20C itu aku udah menggigil.. biasanya suhu pontianak bisa sampe 33C gt.. hmmmm…

    1. Lah, kalau orang-orang tua gitu kan biasanya memang bisa bahasa Belanda Nie🙂

      Hahaha, 15 derajat sebenernya biasa aja kok disini. Cuma karena baru “kembali” dari suhu yg lebih dingin jadi ya kerasanya panas gitu deh, hahaha😛 Iya, di Indo sih memang rata-ratanya 28 – 30an ya, hmmmm

      1. eh tapi nenek aku gak bisa gitu bahasa belanda.. Tapi kalau temen aku itu emang asli orang belanda, jadi kadang aku suka ngeledek dia keturunan penjajah.. hehehe..

        1. Ya ya, memang nggak semua Holland spreken sih ya, hehe😛 Ah, jadi inget, beberapa waktu lalu waktu makan bareng gitu sama temen2, temenku ada yg ngeledek seorang teman yg orang Belanda: gak malu apa kamu dulu negaramu ini menjajah negara lain? hahaha😆

    1. Itu dia, paradoks musim semi. Musim gugur sewaktu suhu segini sih orang-orang kemana-mana pakai jaket, ga ada yg berjemur. Tapi waktu musim semi, suhu sama, tapi orang-orang pakai celana pendek, kaus, trus ada yg berjemur, hahaha😆 .

  2. nyahahaha, ternyata oma-nya justru lebih jago bahasa belanda. eh, tapi emanglho. org2 jaman dulu lihai2 bahasa asing, padahal dulu ga ada les bahasa asing. kaya menlu indo yg pertama, ternyata dia belajar otodidak gitu.

    kalo soal panas sih, zil. di padang juga gitu😀
    kadang serasa pengen buka baju aja di depan orang2, kepanasan. hahaha

    1. Iya, orang zaman dulu rasanya bahasa asingnya jago-jago ya. Kayaknya sih memang kurikulum sekolahnya dulu mengajarkan lebih banyak bahasa mungkin ya Lung, hmm. Kalau sekarang kan utamanya bahasa Indonesia (iyalah) dan bahasa Inggris. Sama paling satu bahasa lagi, yg tergantung sekolahnya…

      hahaha, disini kemarin ini nggak sampai kepanasan sih (aku baru kepanasan kalau pas hari panas di musim panas. Tapi itu juga jarang karena musim panasnya jarang deh yg panas banget gitu *lega saya😛 *). Tapi ya itu, karena baru kembali dari musim dingin, jadi terasa hangat gitu deh, hahaha…

  3. Eyangku dari pihak mama juga jago loh bahasa Belandnya.. Kalau ngobrol sam om ku yg orang Belanda seru banget gt.. sayangnya ga diturunin ke cucu2ny nih.. Padahl kan lumayan yaaa.. Hahahaha

    Disini masih agak dingln, cuma hari ini udah bisa jalan2 ga perlu ngancingin jaket karena gerah banget.. Padahal lapisannya juga udh ga seheboh di postku dulu itu… Spring is here after all…

    1. ho oh, kayaknya kemampuan bahasa Belanda di Indo ya stop di generasi itu ya. Generasi ortuku kayaknya juga sempet sih belajar Belanda sebentar gitu pas zaman sekolah dulu. Tapi setelah itu kayaknya distop deh, hmmmm….

      Iya, ini panasnya juga pas Kamis kemarin ini aja kok. Hari ini (dan kemarin) dingin lagi dong, hahaha😆

  4. wow, it’s nice to read your journal.
    I was kinda practicing my reading while reading this since I didn’t read English articles for more than two months. I sorta envy you because you can play Tennis; I love tennis but never have chance to play..poor me. hahaha.
    Anyway, I’d like to thank God I don’t have to sunbath on 15.8 °C day because I have sun all year long here. hehehe..although the fact is I never sunbath.😉

    take care always, buddy.😉

    1. Thank you🙂

      Yeah, me too. That was actually my motivation why I decided to enroll in a tennis course in the first place. I had been watching tennis for quite long but I never really swing a racket; which some, probably, found quite strange🙂 It has been going on for quite a while now, but I still do need much more practice🙂

      Yeah, I don’t think sunbathing is pretty much a ‘culture’ in Asia. People don’t really do that. Only the Westerners, I think, love doing that, haha😛

      Take care also!🙂

    1. Iya, enjoy soalnya, hehehe🙂

      Oya? Hmm, memang harus berhati-hati tuh kalau main tenis. Karena banyak yang dilakukan dalam satu gerakan, dan kalau nggak hati-hati kita bisa mencederai bagian tubuh kita (biasanya sih tangan atau kaki gitu ya, hmmm).

  5. oma-mu lucu banget yah , sms juga disingkat2 ala abg🙂

    kamu disana malah pengen panas sih , disini malah pengennya panasnya dikurangin dikit , hahaha

    1. Iya, tapi ya gitu sih. Sms-nya panjang jadi mesti disingkat dah. Lagian beberapa kata bahasa Belanda itu memang ejaannya unik, dalam arti ada banyak kata yang huruf vokalnya dobel, misal: maand, dsb, haha😛 Jadi kadang ditulisnya mand doank gitu biar singkat. Atau gegarandeerd , hahaha😛

      Waaa, hari ini lumayan panas nih! *kipas-kipas*, malah pengennya agak dinginan dikit tapi cerah aja deh, huahaha😆

    1. Iya. Eh, tapi disini kalau musim panas juga kayak Jakarta gitu lho panasnya. Tapi jarang sih, yg panas banget total selama satu musim paling nggak sampe 10 hari, hahaha😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s