Posted in General Life, Zilko's Life

#1045 – Welcoming Weekend

ENGLISH

Okay, so it is Saturday today, a weekend it is.

Cheesecake

Somehow it has been really really long since the last time I had a cheesecake in Den Haag. There is this small cafe in the city in the centrum which specializes in cheesecake, and it is owned and run by an American (she is, of course, also the one who bakes the cheesecake). Their cheesecake is awesome! Zo lekker! The last time I had cheesecake there was this time if I recall correctly. Wow, it has been 1.5 years! hahaha😛

Anyway, so, this afternoon I went there for their cheesecake. This time, I did not pick the “safe” ones (for me) like chocolate flavor or so. I picked Bailey’s Irish Cream. And it was indeed very very delicious, hahaha😆 . Well, there are actually tons of cheesecake flavor they serve, but the owner only makes some for every time. So, from time to time, they serve different flavors.

More detail story about this cheesecake eating occasion in Den Haag, I save for the next post. *Yeah! Another material for a post!😛 *

Fines for the Train Companies

Yesterday, a friend of mine posted this link in Facebook. So, the Transport Minister of the Dutch Government decided to fine ProRail and NS, two state-owned rail firms, €1.425.000 due to poor performance. The basis of this decision is punctuality and customer satisfaction. From punctuality point of view, 5.3% of the train were categorized as late or delayed for too long (by “too long”, it means more than FIVE MINUTES). This means that 94.7% of the train was on time, or at least not being delayed for more than 5 minutes. And the fines can go up to 2 million euro if there is no improvement in the performance. Further, the supervisory board decided not to give the execs their bonus before investigation over the winter chaos is complete.

Ah, how nice it is to live in a developed country whose people really do appreciate punctuality.🙂

Relaxing Weekend?

For some, weekend is identical with being relaxed or indulging themselves. Well, this weekend is not, for me. So, last Friday I ran a simulation with a new synthetic data which cost me the whole day. While the simulation was still running (by this time, of course I still had not got the outcome), I made an appointment with my supervisor to discuss the outcome that I would get from this simulation. Later on, I got the outcome and it looked nice. Good, I was happy.

But then, I still had to run another simulation with different method which would be used as a comparison. While I was editing the code of this second simulation a little bit (so it would be consistent with this new synthetic data whose some of the properties were a little bit different from the previous ones), I realized that this new synthetic data was missing one factor, which I forgot to put in it. This factor was very important for this second simulation so that I could compare the outcomes of the two simulations fairly.

But it was too late already; I had to generate new synthetic data (without forgetting to put this important factor in this time) and redo everything from the beginning (including the simulation I already performed last Friday) this weekend, because I already made an appointment with my supervisor this Monday!! (Had there been no appointment, I could just redo the whole things next Monday, so I could have been relaxing this weekend, hahaha :D). So, well…

Bailey's Irish Cream Cheesecake I had earlier today

BAHASA INDONESIA

Jadi, hari ini adalah hari Sabtu, weekend gitu deh ceritanya.

Cheesecake

Ternyata sudah lama juga ya semenjak terakhir kali aku makan cheesecake di Den Haag. Jadi disana itu ada kafe kecil di centrum-nya yang spesialisasinya adalah cheesecake, yang mana pemilik sekaligus pengelolanya (dan yang bikin cheesecake-nya tentunya) adalah seorang Amerika. Cheesecake-nya itu enak banget loh! Zo lekker! Terakhir kali aku makan cheesecake disana sepertinya adalah waktu ini deh. Buset, berarti sudah 1,5 tahun yang lalu ya, hahaha😛 .

Nah, jadi ceritanya, siang tadi aku makan cheesecake disana. Kali ini, aku nggak mau memilih yang rasanya “aman-aman” aja seperti misalnya rasa coklat gitu. Tadi aku memilih yang rasa Bailey’s Irish Cream. Dan rasanya memang beneran enak banget loh, hahaha😆 . Oh iya, ada banyak sekali macam rasa cheesecake-nya dan setiap kali si pemilik ini hanya membuat beberapa jenis saja. Jadi dari waktu ke waktu, rasa cheesecake yang dijualnya juga berbeda-beda.

Cerita lebih lanjut mengenai acara makan cheesecake di Den Haag ini aku simpan buat posting selanjutnya ya. *Yihaa!! Nambah bahan buat posting, lumayaan😛 *

Denda bagi Kereta Api

Kemarin seorang temanku mengepos tautan ini di Facebook. Jadi, ceritanya Departemen Transportasi Pemerintahan Belanda memberikan denda sebesar €1.425.000 (sekitar 17 milyar rupiah) kepada ProRail dan NS, dua perusahaan kereta api milik negara, karena performa keduanya dinilai kurang baik. Dasar dari keputusan ini adalah ketepatan waktu dan kepuasan pelanggan. Dari masalah ketepatan waktu, 5,3% keretanya dikategorikan terlambat terlalu lama loh (maksudnya “terlalu lama”: lebih dari LIMA MENIT). Bayangkan, berarti 94,7% keretanya tepat waktu, atau setidaknya kalau terlambat juga nggak sampai 5 menit. Dan denda ini bisa naik menjadi 2 juta euro (sekitar 24 milyar rupiah) apabila performanya tidak diperbaiki. Lebih lanjut, dewan supervisi perusahaannya juga memutuskan untuk tidak memberikan bonus ke eksekutif perusahaan tersebut sebelum investigasi akan kekacauan yang muncul di musim dingin selesai.

Hahahaha, enak kan tinggal di negara maju yang orang-orangnya menghargai yang namanya ketepatan waktu?🙂

Weekend Santai?

Weekend kan identik dengan kegiatan bersantai-santai kan ya. Namun, weekend-ku kali ini tidak loh. Jadi ceritanya, Jumat kemarin aku menjalankan sebuah simulasi dengan sebuah data sintetik baru yang memakan waktu seharian penuh. Ketika simulasi sedang berjalan (tentu aku belum mendapatkan hasilnya), aku membuat janji di hari Senin besok dengan pembimbingku untuk mendiskusikan hasil yang akan aku peroleh dari simulasi ini. Sorenya, aku mendapatkan hasil yang nampak menggembirakan. Bagus deh, tenang saya.

Kemudian, aku masih harus menjalankan sebuah simulasi lagi dengan metode lain yang akan digunakan sebagai simulasi pembanding. Ketika sedang mengedit sedikit kode program simulasi kedua ini (supaya konsisten dengan data sintetik baru yang beberapa properties-nya agak sedikit berbeda dari data sintetik sebelumnya), aku menyadari bahwa data sintetik yang baru itu kekurangan suatu faktor yang lupa aku masukkan ke dalamnya. Padahal satu faktor ini penting banget untuk simulasi kedua supaya aku bisa membandingkan dua hasil dari dua simulasi dengan fair.

Nasi sudah menjadi bubur; aku harus membangkitkan data sintetik baru lagi (dan tidak boleh lupa memasukkan satu faktor penting itu) dan mengulang semua dari awal (termasuk simulasi yang sudah aku lakukan seharian di hari Jumat itu) weekend ini, karena aku sudah terlanjur membuat janji dengan pembimbingku di hari Senin!! (Kalau nggak ada janji kan aku bisa saja mengulanginya Senin nanti gitu, dan weekend ini bisa deh bersantai-santai, hahaha :D). Jadi ya gitu deh…

27 thoughts on “#1045 – Welcoming Weekend

  1. Astaga. Kukira tadi kamu mau nyobain bikin cheesecake sendiri, hahahaha…. Egoku sbg seorang wanita otomatis terusik dong kalo sampe zilko bisa bikin cheesecake sendiri😆

  2. Mau cheesecake.. tapi yang biasa aja, ga mau yang aneh2.. hihihi.. Aku suka cheesecake di IKEA.. uughh yummeeeh tuh..

    Kalau disini sistem keretanya kalau terlambat, kita bisa ngirim surat “keluhan” beserta foto copy kartu langganan kita+time table seharusnya pada hari itu. Nanti sama mereka dikirim frikort deh.. Lumayan kan.. hahaha..

    1. Eh, tapi yang ini rasanya memang enak-enak loh. Ada rasa stroberi, blueberry, lemon, dsb. Kemarin ngincip punya temen yang pesen rasa blueberry enak juga tuh😀 . Lah, di IKEA jualan cheesecake ya? Hmm, di IKEA sini ada gak ya? *belum pernah makan di IKEA saya, padahal katanya baksonya enak tuh, hmmmm*

      Wah, apa tuh frikort? Iya, lumayan banget ada ganti rugi gitu (menebak kalau frikort itu ganti rugi😛 ). Disini mah kayanya nggak ada deh, hmmm. Tapi tetep lah ya, kadang udah kesel duluan kalau telatnya lama, hahaha.

  3. Baru ini berkunjung ke sini, dan suka. Suka karena ada 2 bahasa yang dipakai. Keren.

    Cheescakenya enak. Andai kalau keterlambatan diberlakukan seperti disana, betapa enaknya hidup ini

    1. Trims sudah mampir, dan trims (lagi)😀

      Iya, cheesecake-nya memang enak, hehe🙂 Iya, kalau segalanya tepat waktu memang enak ya. Cuma ya gitu deh kalau di Indonesia, hahaha…

    1. Iya. Ketat ya disini, hehe. Tapi faktornya bukan hanya keterlambatan itu sih, tetapi juga kepuasan pelanggan. Nah, kayaknya pelanggan ini banyak yang sebel ketika winter kemarin, hehehe🙂

  4. Enak banget Ko, di sana ada dendanya segala, jadi manajemen keretanya bisa meningkatkan manajemennya lebih bagus lagi yah!

    Kalo di tempatku tinggal sekarang, bisnya suka ngaret-ngaret nggak jelas gitu deh. Aku dan beberapa temennya suami (murid internasional) kadang kalo lagi ngobrol, salah satu obrolannya pasti tentang bis yang suka telat, coba kalo ada sistem denda di sini, ah pasti lebih menyenangkan…

    1. Iya, jadi mereka semakin terpacu untuk meningkatkan performanya, hmm…

      Oya? Disini kalau bis juga tepat waktu loh. Ya memang kadang terlambat sih, tapi nggak lebih dari 5 menit deh, hehehe🙂 Ternyata di Oz begitu ya, hmmm…

      1. Mungkin cuma di Townsville aja kali yah Ko, kadang memang bikin kesel siy, udah nunggu lama eh ternyata bisnya malah nggak dateng sama sekali hehehehe… *pengalaman pribadi*

        1. Eh, bisa tiba-tiba nggak datang gitu? Disini kalau no operation di tiap halte pasti sudah ditempelin pengumuman bahwa pada hari itu (atau pada tanggal-tanggal tertentu) no operation beserta alasannya, jadi kan orang-orang pada nggak kecelik gitu ya. Sudah nunggu eh bisnya nggak datang, haha😛 Pengumumannya biasanya pakai bahasa Belanda aja sih; tapi nggak masalah sih, wajar wong hidupnya di Belanda, hahaha😛

  5. waah.. kalau di Indonesia, udah kena berapa tuh dendanya yaa?
    hahhaha..

    kalau2 diinget2 lagi, kayaknya aku juga udah lama banget ga makan cheesecake niih

    1. Ya begitulah. Tapi mungkin memang sebaiknya masing-masing negara memiliki cara penegakan hukumnya masing-masing sih ya😀 Tapi ya itu, yang penting hukumnya ya harus ditegakkan, hmmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s