Posted in EuroTrip, Vacation

#1044 – First UK Trip (Plan)

ENGLISH

Earlier this week, I just got my passport with a UK visa in it which means that basically I can go to the United Kingdom any time in the upcoming (almost) six months. I have had thoughts about going to London during Wimbledon and the Summer Olympics, which are in June/July and July/August, respectively, for months. But the UK is not only London. So I have also been thinking that maybe I can also go to somewhere else in the UK during this six month period. And this thought WILL come true indeed.🙂

In fact, the first country in the UK that I will visit is not England, but Scotland! (For those who do not know, here is a little geographic lesson: The UK consists of four countries: England, Wales, Scotland, and Northern Ireland. So the UK is not equal England). Last Tuesday, just one day after I got my UK visa, I booked my tickets for a weekend trip to Scotland! Why Scotland? Well, why not? Some friends have either told me or implied that Scotland, or Edinburgh in particular, is really beautiful. And now that I have access (visa) to the UK and the time (this is also the good thing of being a student, hahaha :D), I should grab this opportunity.🙂

The first thing that I should look for was, of course, the flights (well, of course flying was not the only option; but considering my time frame, where I could go only during the weekend plus or minus 1 day, flight seemed to be the only reasonable option). I found out that generally, for the dates that I was aiming at, the price difference between tickets of a full-service airline and an LCC was just very small, like €5 or something. So, of course I picked the full-service airline, KLM in this case, where I would also earn some points for my frequent flyer account, huahaha😆 . My main destination (or main base) will be Edinburgh; but my flights to/from Scotland will be Amsterdam – Glasgow on Friday and Edinburgh – Amsterdam on Tuesday. Why not Amsterdam – Edinburgh – Amsterdam? Well, after a bit of surveying, if I chose the former, the ticket would be around €30 cheaper! Also, Glasgow and Edinburgh are not that far apart; just 46 miles (yeah, many people still use this unit in the UK apparently), or around 74.03 kms, from each other, which translates to like one hour of trip between the two cities. And I found out that transportation between these two cities is not that expensive, or at least cost much less than €30, hahaha. I haven’t decided what I will take yet, though I think I am going to take a bus.

Anyway, at first I was thinking about staying one or two nights in Glasgow. However, after further research, I decided to just spend all four nights in Edinburgh, haha. My flight from Amsterdam will land at 7.35 AM in Glasgow. So, basically I can spend half a day there, which is enough IMO, before going to Edinburgh in the afternoon. Beside the city (Edinburgh), the countryside of Scotland is also very mouth-watering to visit! I think I will take a one day trip to the Loch Ness. Yes, the Loch Ness, the Scottish lake that is famous for its Nessie monster.

Date-wise, there were two affordable options for this trip actually: one in late March and one in late April. The one in late March would be €1 cheaper in flights ticket, lol😆 . But I thought this date was just way too soon (I would leave in three weeks if I chose this one), thus, not giving  me more time for surveying; and putting pressure on me to finalize every details much sooner. I didn’t like that idea. So I chose the late April one, hahaha😀.

Ah, I cannot wait already! It is just that my flight to Glasgow will take off at 7 AM from Schiphol. It means that I will have to take the 4.15 AM train from Delft to Schiphol to be able to catch that flight! (Well, it is still possible to take the 5.15 AM one though, but it will be quite tight, not leaving much room to just take it easy). Arrgghh, then I will have to get up very very early! Damn😕

BAHASA INDONESIA

Awal minggu ini, di pasporku tertempel sebuah visa UK (Inggris Raya) yang mana memberikanku akses masuk ke Inggris Raya di waktu kapan pun selama (hampir) enam bulan ke depan. Aku sudah ada pikiran untuk pergi ke London untuk Wimbledon dan Olimpiade nanti sih, yang mana diadakannya di Juni/Juli dan Juli/Agustus, berturutan, gitu deh semenjak berbulan-bulan yang lalu. Tapi tahu dong, Inggris Raya kan nggak cuma London aja gitu ya. Makanya aku juga sudah berpikir bahwa mungkin aku juga bisa pergi kemanalah di Inggris Raya selain London gitu dalam waktu enam bulan ini. Dan pikiran ini memang AKAN menjadi kenyataan loh.🙂

Jadi, negara pertama di Inggris Raya yang akan aku kunjungi bukanlah Inggris, tetapi Skotlandia! (Buat yang bingung, berikut sedikit pengetahuan geografi: Inggris Raya itu terdiri atas empat negara: Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Jadi Inggris Raya (Britania Raya) itu tidak sama dengan Inggris). Selasa lalu, sehari setelah aku mendapatkan visa UK-ku, aku membeli tiket untuk perjalanan akhir pekan ke Skotlandia!  Mengapa Skotlandia? Lah, mengapa tidak? Beberapa teman memberitahuku baik secara langsung maupun implisit bahwa Skotlandia, terutama Edinburgh sih, itu indah banget. Nah, kan sekarang aku ada akses (visa) ke Inggris Raya tuh dan juga ada waktunya (inilah keenakannya jadi mahasiswa ya, hahaha :D), aku harus mengambil kesempatan ini dong.🙂

Nah, hal pertama yang perlu aku cari, tentunya, adalah penerbangan (hmm, tentu saja penerbangan bukanlah satu-satunya pilihan untuk pergi kesana ya; tetapi dengan mempertimbangkan frame waktuku, penerbangan sepertinya memang pilihan terbaik deh). Aku menemukan bahwa secara umum, untuk tanggal-tanggal yang aku incar, perbedaan harga tiket antara maskapai full-service dan LCC itu kecil banget, hanya sekitar €5 gitu deh. Ya udah, tentu aku memilih maskapai full-service-nya dong ya, yang mana dalam kasus ini adalah KLM, dimana aku juga akan mendapatkan poin frequent flyer, lumayan, huahaha😆 . Tujuan utamaku (atau base-nya) adalah Edinburgh; hanya saja, penerbanganku ke/dari Skotlandia bakalan Amsterdam – Glasgow di hari Jumat dan Edinburgh – Amsterdam di hari Selasa. Kenapa nggak Amsterdam – Edinburgh – Amsterdam aja? Hmm, habisnya setelah aku survey, kalau aku memilih yang pertama, harga tiketnya bakalan lebih murah sampai sekitar €30 loh! Lumayan banget kan! Di samping itu, Glasgow dan Edinburgh juga nggak jauh-jauh amat kok; jaraknya hanya 46 mil (ya, banyak orang masih menggunakan satuan ini di Inggris Raya rupanya), atau sekitar 74,03 km,  yang mana artinya transportasi di antara keduanya akan memakan waktu sekitar sejam saja lah. Dan juga, aku menemukan bahwa transportasi di antara kedua kota ini nggak mahal-mahal amat loh, atau setidaknya biayanya jauh di bawah €30 lah, hahaha. Aku masih belum memutuskan akan naik apa sih, cuma kayaknya sih aku akan naik bis saja.

Anyway, awalnya aku berpikir untuk menginap semalam atau dua malam di Glasgow. Namun, setelah riset lebih lanjut, akhirnya aku memutuskan empat malam itu aku menginap di Edinburgh semua aja deh, haha. Toh, pesawatku dari Amsterdam akan mendarat jam 7.35 pagi di Glasgow. Jadi, pada dasarnya aku bisa kan menghabiskan setengah hari disana, yang mana kayaknya cukup sih, sebelum pergi ke Edinburgh siangnya. Di samping kotanya itu sendiri (Edinburgh), daerah di luar kotanya di Skotlandia itu sepertinya memang bagus banget loh! Aku rasa aku akan mengambil one day trip ke Danau Loch Ness ah. Ya, Danau Loch Ness yang itu, sebuah danau di Skotlandia yang terkenal akan monster Nessie-nya itu.

Dari segi tanggal, sebenarnya ada dua pilihan untuk perjalanan ini yang harganya oke bagiku: satu di akhir Maret dan satu di akhir April. Yang di akhir Maret, harga tiket pesawatnya bakalan €1 lebih murah, lol😆 . Tapi kayaknya tanggal ini tuh terlalu mepet ya (aku akan berangkat tiga minggu lagi kalau aku memilih yang ini), sehingga tidak memberiku banyak waktu untuk melakukan riset lebih lanjut; dan ini juga berarti memberiku tekanan untuk segera mengurus dan memastikan detail-detailnya dengan segera. Rasanya nggak sreg di hati gitu deh. Jadilah aku memutuskan untuk mengambil yang April saja, hahaha😀.

Ah, sudah nggak sabar nih! Hanya saja, pesawatku ke Glasgow kan bakalan lepas landasnya jam 7 pagi tuh ya dari Schiphol. Ini artinya aku harus naik kereta yang jam 4.15 subuh dong dari Delft buat ke Schiphol supaya masih keburu naik pesawatnya itu! (Yang jam 5.15 sebenarnya juga bisa sih, tapi agak mepet gitu, jadi nggak bisa santai-santai deh). Gyaaa, harus bangun jam berapa saya …😕

29 thoughts on “#1044 – First UK Trip (Plan)

    1. Iya, ngeliat foto-fotonya Scotland kayaknya memang keren tuh. Tapi Scandinavia (kayak Norway gitu) juga kayaknya keren banget seh, hmmm…😛 Iya dong, sudah up to date, hahaha🙂

        1. Haha, pengen juga ke Scandinavia nih Nie. Tapi satu-satu dulu ah, hahaha🙂 Sekarang fokus ke UK dulu dah😛 Walau ngeliat foto-foto teman yang dari Norway juga mupeng banget sih. Dan dulu pernah dikasih majalah travelling ke Norway dari temen, dan foto2nya keren banget!! Aghhh….

  1. iya zil setuju.. yg paling banyak waktu luang emang pas mahasiswa yak.. aku juga bepergian dulu pas mahasiswa.. cuma bedanya hanya keliling pulau jawa.. hahahaha..

    ditunggu foto2nya😀

    1. Hahaha, iya. Bukan luang juga sih Nie, soalnya sekarang aku juga sibuk bikin thesis gitu deh. Hanya saja, kan nggak ada jadwal yang fixed kayak kalau kerja di kantoran gitu ya. Jadi lebih fleksibel dan enak gitu ngatur waktunya. Asal pinter-pinter ngatur waktu mah bakal lancaar, haha. Kalau pas kerja juga mestinya bisa sih, tapi kan lebih ribet ya harus ngurus birokrasi ini itu buat cuti lah, dsb😛 *sok tau*.

      Yoi, ditunggu aja. Tapi masih akhir April ntar sih perginya, masih lama, wkwkwkw😆

    1. Iya, aku juga pengen, hahaha😛 April nanti Scotland dulu deh. Kalau Northern Ireland (Belfast) nggak tahu deh kali ini sempat atau engga, we will see, hahaha😛

  2. Huaaaaaaaaaaaa.. maooooooo ke UK jugaaaa.. T____T..
    adek iparku sekitar agustus juga jalan2 kesana lagi.. enak ya yang tinggal berangkat, ga perlu repot ngurus visa.. *natap kesel paspor*

    1. Iyaa, enak ya kalo kemana-mana gak perlu visa gitu, hahaha. Iya nih, nyebelin banget. Padahal orang Malaysia aja kalau ke Eropa (Schengen) dan UK buat jalan-jalan gitu gak perlu visa dong. Indonesia kapan???? Eh, tapi sekarang kita juga ke beberapa negara gak perlu visa loh, misalnya ke Morroco, atau beberapa negara di Amerika Selatan, hahaha…😛

  3. Asyikknyaaa…

    Aku pernah di ceritain ma tante yang pernah sekolah di Inggris, katanya pemandangan desannya miriiippp banget sama yang ada di film-film, apalagi kastil-kastil kunonya.🙂

    Nanti kalo udah dari sana, posting foto yang banyak yah Ko! Biar berasa ikut ke sana juga hihihihi…

    1. Iyaa, aku ngeliat foto-fotonya juga keren banget gitu, makanya aku excited banget buat ke Scotland ini, hehehe🙂 Terutama Scotland highland-nya tuh😀

      Foto-foto? Ah, pasti dong kalau itu, huahahaha😆

Leave a Reply

