Posted in EuroTrip, One Day Trip, Vacation

#1043 – Düsseldorf Trip

ENGLISH

Agenda

As I mentioned about two weeks ago, I went to Düsseldorf on a Wednesday in late February. The reason I went there was actually as a part of my UK visa application process. As I mentioned here, I just got my UK visa (yay! :D); and to get that visa, I had to go to Düsseldorf to submit some supporting documents and my biometric info (fingerprints and a photo) at the application center. Why cannot I do that in the Netherlands? Well, starting from last year, they did not receive visa application anymore in the Netherlands. As a result, applicants from the Netherlands should go to the closest application center, which is in Düsseldorf (the others are in Berlin and Munich).

Actually, now they provide an alternative. They have a facility in Amsterdam called the Mobile Biometric Clinic where applicants can basically submit the documents and biometric info there instead. However, there is an extra service cost if one opts to use this facility. In Düsseldorf, there is basically no cost (unless one asks them to deliver the passport back to his/her address instead of opting to collect it at the center him/herself, which in this case would be free of charge). But still, for people like me who live in the Netherlands, we still have to travel to Düsseldorf (with train) and basically this takes one full day. So, of course every individual has their own consideration about this and is free to choose which one is more suitable for him/her. And for me, after a bit of calculation (and train ticket surveying😀 ), I decided to go to Düsseldorf. Cost-wise, it was still cheaper than if I chose the Amsterdam facility (because I was also so lucky to get the cheapest train ticket from Delft to Düsseldorf and back). Other perks: I thought I could take a day off as I had not gone somewhere outside of Holland for like five months at that time (😛 ), and I had also never been to Düsseldorf before. So, it sounded good!

Anyway, so let the story about the trip begin:

The Trip

My appointment at the visa application center was at 11 AM. I took the 7.32 AM ICE International train from Utrecht Centraal Station heading for Frankfurt. So, I got up very early, at like 4.15 AM. After having spaghetti as my breakfast, I walked to Delft Zuid station and took the 5.46 AM sprinter to Rotterdam Centraal Station. In Rotterdam, I changed train and took the InterCity train at 6.20 AM to Utrecht Centraal. At 7.32 AM, the-cool-looking ICE train arrived at platform 15 and I found out that my designated seat was actually a “special” seat in the special rooms in the train!😯 So, in this ICE train the seats were arranged just like in any other normal trains (with 2-2 configuration), but there were a few seats located separately in some rooms, which looked kinda exclusive. And one of these seats was mine on that trip. I felt special and important!  If you are still confused, you can see the picture in one of the photos below…

At 9.20 AM, the train arrived at Düsseldorf Hauptbahnhof/Hbf (Düsseldorf Main Railway Station). It was way still too early for my appointment but I decided to look for the building first, you know, to pinpoint where it was so I could plan better what I would do before the appointment. The building was apparently very easy to find (well, because I already printed a map about how to get there from the station before going though, huahaha😆 ) and it was just like a 4 minutes walk from the station. Okay, having pinpointed the building, now I had to decide what to do. Looking around, it seemed that nothing was opened yet. So, I decided to go to the Tourist Information which opened at 9.30 AM (just in time!). After taking some brochures (with map of Düsseldorf and public transportation network map of the city in them), I decided that I had gathered enough information. But it was still 10 AM. But because there was nothing else I could do in one hour within proximity of the visa application center, I decided to just go to the application center. I mean, at least I could just sit in there rather than wandering around in the city doing nothing for one hour.

The process went really well. Apparently, people did not have to strictly stick to their appointment schedule. At the receptionist, I got a queuing number and at that time I had to wait for 3 or 4 people in front of me. And everything was finished even before 11 AM!

My train back to the Netherlands was scheduled at 3.14 PM from Düsseldorf Hbf. So, I had about 4 hours to spend in the city. With this time frame, my point of interest of the city was the Altstadt (the Old Town). I took the underground metro to get there from the hauptbahnhof. Three stops later, I arrived at the metro station of the Altstadt (Heinrich-Heine Allee). Because I had no knowledge whatsoever about the blueprint of the Altstadt, I decided to follow a route they put on the map in the brochure I took earlier from the Tourist Info (they had this black line with arrow printed on the map circling the Altstadt which I assumed was a guide for tourist to go around and enjoy it).

Well, from here on, there is nothing much to write. It was an Altstadt, it was an old town with old European buildings all around. Having lived in Europe for more than 17 months, it was not “new” for me, hahaha. The alley alongside the river Rhine was nice, though no cafe or restaurant had already opened at that time. I decided not to strictly follow the black route in that map as it was quite too short for a 4 hour trip in the city. I decided to walk a little bit further toward the Rheinturm (the Rhine Tower). One point of interest was located near that tower, the Gehry building, an apartment with unique design. With only that free map in my hand, I walked around the city until my legs were quite sore,😆 .

Somehow, it was 1.40 PM already and I was hungry (which made perfect sense after walking continuously for like 3 hours). Three donuts that I brought could not satisfy my hunger, and so I decided to find a restaurant to eat. I picked one in the Altstadt which provided ribs eye. They had some sofas and tables outside which were really nice. I sat there; until I peeked inside and found out that the TV they had was airing a tennis match from the WTA Dubai tournament between Samantha Stosur and Lucie Šafářová. So I decided to move inside to get a better view of the match, huahaha😆 .

After lunch, at 2.40 PM I decided to go back to hauptbahnhof to wait for the train which would bring me back to Holland. I was with a large group of American teenagers on the metro ride back to the station (I did not ask if they were American, but they spoke English with American accent so I assumed they were,😆 ). I guessed they were on an excursion to Europe or something. Anyway, at 3.14 PM, the ICE train back to Holland departed from Düsseldorf Hbf. This time, my seat was just a regular seat, hahaha😛. At 4.55 PM, my train arrived at Utrecht Centraal station at platform 4. I saw an InterCity to Den Haag Centraal would leave at 4.58 PM from platform 18. So, I ran from platform 4 to platform 18 (which was like from one end of the station to the other end) to catch that one train and luckily I still made it, haha. Well, actually maybe I did not have to be in a rush like that, as there was another train to Rotterdam Centraal that would depart at 5.02 PM. But I don’t know, I felt that I was like in The Amazing Race or something where I wanted to get the earliest train possible to reach my destination,😆 . At Den Haag Centraal, I took the 6.43 PM sprinter to Delft. I decided to get off at Delft station this time, intentionally, not Delft Zuid, as I was so tired that I did not want to walk back home and wanted to take a bus ride instead, hahaha…

So, yeah, that is my one day trip to Düsseldorf two weeks ago. And btw, later on that evening, I still decided to go to the tennis course, hahaha😆

BAHASA INDONESIA

Agenda

Seperti yang kusebutkan sekitar dua minggu yang lalu, aku pergi ke Düsseldorf di sebuah hari Rabu di akhir bulan Februari. Nah, alasan aku pergi kesana sebenarnya adalah sebagai bagian dari proses aplikasi visa UK (Inggris Raya)-ku. Seperti yang kusebutkan disini, aku baru saja mendapatkan visa UK-ku itu loh (yay! :D); dan untuk mendapatkan visanya, aku harus pergi ke Düsseldorf untuk menyerahkan beberapa dokumen dan juga info biometrikku (sidik jari dan foto) di pusat aplikasinya disana. Lah, memang nggak bisa di Belanda aja? Hmm, mulai tahun lalu, mereka tidak lagi menerima pengajuan permohonan visa di Belanda. Sebagai akibatnya, pemohon yang dari Belanda harus pergi ke pusat aplikasi terdekat, yang mana berada di Düsseldorf (yang lainnya adanya di Berlin dan Munich).

Sebenarnya, kini mereka juga menyediakan alternatif sih. Mereka menyediakan fasilitas di Amsterdam yang disebut Mobile Biometric Clinic dimana pemohon pada dasarnya bisa menyerahkan dokumen dan info biometriknya disana. Namun, ada biaya servis ekstra apabila pemohon memilih untuk menggunakan fasilitas ini. Kalau di Düsseldorf sih nggak harus bayar apa-apa (kecuali kalau pemohon meminta mereka untuk langsung mengantarkan paspornya ke alamatnya; jadi pemohon nggak perlu repot-repot mengambilnya di kantornya itu, baru deh ini ia harus membayar ongkos kirim). Walaupun begitu, bagi mereka yang tinggal di Belanda (kayak aku), tentu masih harus memperhitungkan ongkos bepergian ke Düsseldorf (dengan kereta) gitu kan ya; dan ini tentu saja memakan waktu seharian. Jadi, tentu setiap orang memiliki pertimbangannya masing-masing deh dalam pemilihan lokasi yang mana yang lebih cocok. Dan untuk aku, setelah dihitung-hitung (dan men-survey tiket kereta :D), aku memutuskan untuk pergi ke Düsseldorf saja. Dari segi ongkos, masih lebih murah loh daripada kalau aku memilih menggunakan fasilitas di Amsterdam (karena aku beruntung juga sih mendapatkan tiket kereta yang paling murah dari Delft ke Düsseldorf dan juga untuk kembalinya). Keunggulan lain: aku pikir aku bisa lah mengambil liburan selama satu hari; toh aku juga sudah lama nggak keluar Belanda waktu itu (sekitar lima bulan😛 ), di samping juga kan aku belum pernah ke Düsseldorf tuh sebelumnya. Jadi, kedengarannya oke deh!

Anyway, mari kita mulai saja cerita perjalanannya:

Perjalanan

Appointment-ku di pusat aplikasi visa itu adalah jam 11 siang. Aku naik kereta api internasional ICE yang berangkat jam 7.32 pagi dari Stasiun Utrecht Centraal dengan tujuan Frankfurt. Jadi, aku bangun pagi deh, sekitar jam 4.15 subuh gitu. Setelah sarapan spaghetti, aku berjalan ke stasiun Delft Zuid dan naik kereta sprinter jam 5.46 pagi ke Stasiun Rotterdam Centraal. Di Rotterdam, aku berganti kereta dan naik kereta InterCity jam 6.20 ke Utrecht Centraal. Jam 7.32 pagi, kereta ICE yang penampakannya keren tiba di jalur 15 dan kemudian sadarlah aku bahwa kursiku di kereta itu adalah kursi “spesial” yang berada di ruangan khusus di kereta!😯 Jadi, di kereta ICE ini kursi-kursinya kebanyakan memang disusun seperti di kereta-kereta pada umumnya (dengan konfigurasi 2-2); namun, ada beberapa kursi yang dipisah dan berada di dalam ruang-ruangan, sehingga terlihat eksklusif. Nah, kursiku adalah kursi yang dipisah ini. Ah, aku jadi merasa spesial dan penting nih!  Kalau masih bingung, ada deh gambarnya di salah satu foto-foto di atas…

Jam 9.20 pagi, keretanya tiba di Düsseldorf Hauptbahnhof/Hbf (Stasiun Kereta Api Sentral Düsseldorf). Jelas masih terlalu awal lah dari jadwal appointment-ku itu. Namun, toh aku memutuskan untuk mencari gedungnya terlebih dahulu, tahulah, supaya aku jelas tahu gedungnya ada dimana sehingga aku bisa merencanakan apa yang akan aku lakukan sembari menunggu dengan lebih baik. Gedungnya ternyata gampang banget ditemukan (ya, soalnya sebelum berangkat aku sudah menge-print peta gitu sih yang menunjukkan bagaimana untuk mencapainya dari stasiun, huahaha😆 ) dan juga gedungnya bisa dicapai dengan jalan kaki selama 4 menit saja dari stasiun. Oke, aku sudah tahu dimana gedungnya berada, kini adalah saatnya untuk mencari aktivitas. Melihat sekelilingku, kok hampir semua tempat seperti belum buka gitu ya. Jadilah aku pergi ke Pusat Informasi Turis saja yang bukanya jam 9.30 (pas banget deh!). Setelah mengambil beberapa brosur gratisan (dimana di dalamnya ada peta kota Düsseldorf dan juga peta jaringan transportasi umum di kota itu), aku rasa aku sudah mengumpulkan cukup informasi deh. Tapi masih jam 10 nih. Tapi karena nggak ada hal lain yang sepertinya bisa dilakukan di area itu selama satu jam, ya udah akhirnya aku pergi ke gedung tempat pusat aplikasi itu saja. Maksudku, setidaknya aku bisa duduk-duduk gitu kan di dalamnya daripada keliling-keliling geje disana selama sejam.

Prosesnya berjalan dengan lancar-lancar saja. Ternyata, seseorang nggak harus terlalu tepat waktu dan ketat dengan jadwal appointment-nya. Di resepsionis, aku mendapatkan sebuah nomor antrian dan aku harus menunggu 3 atau 4 orang di depanku. Dan semuanya sudah selesai bahkan sebelum jam 11!

Keretaku untuk kembali ke Belanda dijadwalkan berangkat jam 3.14 sore dari Düsseldorf Hbf. Artinya, ada waktu sekitar 4 jam bagiku untuk dihabiskan di kota ini. Nah, dengan frame waktu ini, tentu saja aku fokus ke Altstadt-nya (Kota Tua). Aku naik kereta bawah tanah (metro) untuk mencapainya dari hauptbahnhof. Tiga pemberhentian selanjutnya, tibalah aku di stasiun metronya Altstadt (Heinrich-Heine Allee). Nah, karena aku sama sekali nggak tahu susunan atau denah Altstadt-nya, aku memutuskan untuk mengikuti rute yang dicetak di peta di brosur yang aku ambil sebelumnya dari Pusat Informasi Turis (mereka mencetak garis hitam dengan tanda panah di petanya yang mengelilingi Altstadt, sehingga ini aku asumsikan sebagai panduan bagi turis untuk berkeliling dan menikmati Kota Tua tersebut).

Hmm, dari sini, nggak banyak yang bisa ditulis sih. Altstadt-nya ya Altstadt gitu deh, sebuah tipikal kota tua dengan bangunan-bangunan berarsitektur Eropa. Karena aku sudah hidup di Eropa selama 17 bulan, ini bukanlah barang “baru” buatku, hahaha. Koridor di pinggiran Sungai Rhine-nya oke juga sih, walau saat itu belum ada kafe atau restoran yang buka. Aku memutuskan untuk tidak terlalu mengikuti rute hitam yang ada di peta itu karena rute itu agak terlalu pendek untukku yang memiliki waktu 4 jam disana. Aku memutuskan untuk berjalan agak sedikit jauh menuju Rheinturm (Menara Rhine). Satu tempat menarik berada di dekatnya, yaitu Gedung Gehry, sebuah gedung apartemen dengan disain unik. Ya, dengan bekal peta gratisan, aku seharian itu berjalan kaki berkeliling kota sampai kakiku pegal-pegal,😆 .

Tiba-tiba sudah jam 1.40 siang dan aku merasa lapar (yang mana masuk akal sih soalnya aku sudah berjalan-kaki terus-menerus selama sekitar 3 jam). Tiga buah donat yang kubawa sebagai bekal tidak bisa memuaskan rasa lapar itu, jadilah aku mencari sebuah restoran untuk makan. Aku memilih satu restoran di Altstadt yang menjual daging iga. Mereka menyediakan sofa dan meja di luar yang nampak nyaman dan asyik. Duduklah aku disana; sampai ketika aku mengintip ke dalam dan ternyata di TV-nya mereka sedang menayangkan pertandingan tenis di turnamen WTA di Dubai antara Samantha Stosur dan Lucie Šafářová. Nah, jadilah aku kemudian pindah ke dalam supaya bisa menonton dengan lebih enak, huahaha😆 .

Setelah makan siang, sekitar jam 2.40 sore aku kembali ke hauptbahnhof untuk menunggu kereta yang akan membawaku kembali ke Belanda. Nah, di perjalanan kereta bawah tanah ke stasiun itu aku satu kereta dengan satu grup besar anak-anak remaja dari Amerika gitu (aku nggak nanya sih mereka dari Amerika atau enggak, tapi mereka ngomong dengan bahasa Inggris beraksen Amerika, jadi aku anggap mereka dari Amerika,😆 ). Kayaknya mereka sedang berdarma-wisata ke Eropa gitu deh. Anyway, jam 3.14 sore, kereta ICE-ku berangkat dari Düsseldorf Hbf. Kali ini, kursiku hanyalah kursi biasa, hahaha😛. Jam 4.55 sore, tibalah keretaku di jalur 4 Stasiun Utrecht Centraal. Aku melihat ada InterCity tujuan Den Haag Centraal yang akan berangkat jam 4.58 sore dari jalur 18. Nah, jadilah aku berlari-lari dari jalur 4 ke jalur 18 (yang mana dari satu ujung stasiun ke ujung satunya) untuk naik kereta ini dan untungnya masih keburu, haha. Hmm, kalau dipikir-pikir seharusnya aku nggak perlu deh berlari-lari terburu-buru gitu, toh sebenarnya ada kereta berikutnya yang akan berangkat ke Rotterdam Centraal jam 5.02 sore. Tapi nggak tahu deh, rasanya kayak di The Amazing Race gitu dimana aku ingin naik kereta terawal yang paling mungkin untuk menuju destinasiku,😆 . Di Den Haag Centraal, aku kemudian naik kereta sprinter jam 6.43 sore menuju Delft. Aku turun di stasin Delft kali ini, sengaja, bukan Delft Zuid, karena aku sudah capek banget sehingga aku malas jalan kaki buat pulang dan maunya naik bis aja, hahaha…

Jadi, ya begitulah perjalanan sehariku ke Düsseldorf dua minggu yang lalu. Dan btw, malamnya di hari itu, aku memutuskan untuk tetap ikutan les tenis loh, hahaha😆

32 thoughts on “#1043 – Düsseldorf Trip

    1. Hahaha, bagus atau enggaknya ya tergantung kemana kok sebenarnya😛 Cuma memang suasananya berbeda banget dengan Indo atau Asia pada umumnya sih🙂

  1. iya mau komen sama ama goiq… enak ya disana.. bisa jalan2 kesana sini gampang naik kereta, dan pemandangannya bagus2… walaupun lu mungkin udah bosen ya ama gedung2 tua.. hahaha.

    1. setuju.. pengen banget di pontianak ada kereta.. soalnya kalau ada kereta internasional gt kan lumayan bs jalan jalan keserawak, brunei dan sabah.. serasa eropa gt deh #halah😆

      1. Iya Nie. Habis di Indo itu gimana ya. Jalur kereta yang ada di Jawa dan Sumatra pun kan sebenarnya peninggalan Belanda kan. Dan jalur yang ada sekarang pun lebih pendek daripada waktu zaman Belanda dulu loh (pernah baca di artikel mana gitu). Alias ada banyak jalur yang dulu ada dan sekarang tidak ada; dan artinya tidak ada penambahan/pengembangan jalur baru lagi. Jadi kayaknya memang negaranya nggak berniat membangun infrastruktur kereta baru gitu deh, hmmm. Mungkin ini karena bikin infrastruktur kereta itu mahal banget kali ya? hehe😀

    2. Huahahaha, iya. Kalau di Eropa Barat sih kemana-mana naik kereta juga oke. Kalau mau, naik kereta ke Spanyol juga bisa loh. Tapi kalau aku ogah ah, mending naik pesawat kayaknya, lebih efisien dan cepet, wkakakakaka😆 .

      Sebenernya bosen sih enggak, tapi sudah ‘biasa aja’ gitu. Soalnya dimana-mana gedung tua semua sih. Jadi ya sudah nggak ‘terkagum-kagum’ lagi gitu ngeliat gedung tua, nggak kayak dulu pas masih sebulan pertama disini, wkakakaka😆

  2. “Keunggulan lain: aku pikir aku bisa lah mengambil liburan selama satu hari; toh aku juga sudah lama nggak keluar Belanda waktu itu (sekitar lima bulan😛 ),”

    >> cih…. *buang muka dgn pandangan iri dengki* aku malah udah 5 bulan lebih kayaknya gak KELUAR SURABAYA sama sekali, wakakakak….

  3. yang unik dr jadwal kereta di eropa tuh pake menit-menit ya..
    jadi inget waktu nonton variety show korea gt *tetep* ada yg ke eropa, naik keretanya 13.01. hehehe..😀

    kursi spesialnya kaya di kereta menuju Hogwarts.. cuma kurang bawa burung hantu aja ko..😛

    1. Di Indo juga sebenarnya gitu kok jadwal keretanya. Tapi nggak tepat waktu aja jadi ya no meaning lah ya, hahaha😆. Soalnya dulu pas naik kereta ditulis kereta tiba jam 13.48 gitu, eh sampainya jam 14.30, dll. Jadi ya gitu deh, hahaha… .

      Dan disini setiap penumpang harus efisien dan taat aturan loh. Pernah ada penumpang yang bikin masalah (nggak beli tiket, mau nebeng gratisan dia) dan ketauan kondekturnya pas keretanya masih berhenti di stasiun. Ia beradu-argumen dengan kondektur, dan kondekturnya marah ke dia karena dia telah menyebabkan kereta terlambat DUA MENIT, huahaha😆

      Oh, iya ya! Kayak yang modelnya di Hogwarts gitu, cuma lebih modern, wkakakaka😆

    1. Iya, di Eropa Barat tapinya ya, hehehe🙂 Cuma kalau jaraknya jauh banget (misalnya dari Belanda ke Spanyol gitu) ya kayaknya tetap mendingan naik pesawat deh, hehehe😀

  4. wah serunyaaaa.. daku belum pernah ke Düssie😆

    eh itu naik ICE bolak balik berapa, Ko? ICE kereta paling eksekutif gitu deh di sini, jadi mupeng deh aku.. hihihi :p

    1. Kalau ke Düsseldorf sekalian ke Köln aja tuh, kan tetanggaan, hahaha😛

      Ini kemarin aku dapat yang promo pas di berangkat maupun pulangnya. Sekali jalannya €19 jadi pp €38 deh. Lumayan banget, hehehe🙂 Iya, ICE memang di Jerman paling eksekutif gitu ya😀 Dan keretanya penampakannya kan keren gitu, haha😛. Aku naiknya ICE juga cuma pas dari/ke luar negerinya aja tuh. Dulu pas travelling di Jerman, di dalam Jermannya ya naik kereta biasa yang MRB ato RE gitu deh, memanfaatkan Länder-Tickets, huahaha😆 .

    1. 🙂

      Ya capek, tapi namanya bersemangat kok, hahaha. Tapi besoknya pas setelah bangun dan pas mandi pagi malah jadi mimisan saking kecapekannya, wkakakaka😆

    1. Hahaha, iya, denger-denger kereta di Sumatra memang kalah dari kereta di Jawa ya Dhe, hehe. Eh, tapi di Jawa juga tergantung keretanya apa sih😛 Tapi tetep aja, semuanya itu masih kalah dari kereta di Eropa, huahahaha😆

      1. ya iyalah zilko.. jelas kalah.. hadeeeeeeeehh, tau dah kapan kereta di Indonesia bisa mengalami kemajuan.. tapi yang serunya, pengamen di kereta itu keren-keren lho Ko.. suaranya lumayan, dan tak jarang wajahnya pun cukup lumayan.. hahahahahahaha😛

        1. Huahaha, ya gitu deh. Di Indo memang kereta seperti agak dianak-tirikan gitu deh. Lebar jalur keretanya juga dari dulu segitu-segitu aja (cuma 1 meter kalau nggak salah, padahal di Eropa ini 1,4an meter gitu jadi kereta yang melintas juga bisa berkecepatan lebih tinggi dengan lebih aman). Jadi nggak taahu deh kapan majunya, hahaha.

          Haha, aku dulu pas di Jawa naik kereta pas naik kereta yang pengamennya dilarang masuk, hahaha, jadi nggak tahu deh. Tapi bagus/nggak-nya mah tergantung keberuntungan juga ya Dhe, pas pengamennya bagus ato engga, wkakaka😆 .

  5. Wah, musti ke LN dulu buat bikin visa UK? -_-”
    Sama kayak Aussie ya.. yang di Swedia musti ke Berlin dulu buat ngurus visa Oz.. Hiiih.. mahal di ongkos..

    Bagus banget pemandangannya… jadi pingin jalan2.. X_X

    1. Ya, begitulah. Mesti ke Jerman dulu, hahaha. Di Jerman bisa milih di antara 3 kota sih: Düsseldorf, Berlin, atau Munich. Tapi paling dekat kan Düsseldorf tuh, jadilah aku kesana aja, huahaha😆 . Nggak tahu deh kalau ngurus visa Oz di Belanda gimana, hehehe🙂 Kalo ke Berlin ya disekalianin jalan-jalan aja tuh, wkakakaka😆 .

      Ayo, jalan-jalan aja, di Eropa kemana-mana kan relatif gampang tuh (tapi mesti siap-siap ngeluarin duit juga sih ya), huahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s