Posted in Random Thoughts, Thoughts

#1040 – February 29th

ENGLISH

If there are only a few special days in the year 2012, today is definitely one of them. Why? Well, of course it is because today is February 29th, a date that does not come every year; but only once in every four years. Yes, because 2012 is a leap year, we have this date now. And because I like to seize this kind of moment, of course this date does not slip off from my mind (and fingers) to be written in this blog, hahaha๐Ÿ˜† .

In a way, I find this date more beautiful than dates with ‘unique numbers’ (like 11/11/11 or 21/02/2012, etc) because of its longevity. Those dates with ‘unique numbers’ are mostly never reoccurring; or reoccurring but after a really long period of time (like a century, a millennium, or so). So pretty much (maybe ‘almost’ is a suitable word to be placed here, if you want every word in this post to be precise :P) noone experiences those dates more than once in his/her life. But February 29th is different. It reoccurs every four years. It is definitely within a man’s life span and people have it several times during their life; and so they can make a big deal out of it every time it reoccurs (like writing a post about it for example,๐Ÿ˜† ).

Since I was a kid, I have been wondering on how people treat their special day if their special day happens to be on February 29th. Take birthday for the simplest case. If by definition ‘birthday’ is a celebration of your ‘day’ of ‘birth’, then those who were born on February 29th should celebrate their birthday also once every four years, no? And for them, their age goes up by one once every four years? So, someone who was born on February 29th, 1988 is now 6 (because he/she has gone through his/her birthday (only) six times)? (if the definition of ‘aging by one’ is passing through his/her birth date once)

Actually, one of my friends in elementary school was born on February 29th (but I don’t remember who she was,๐Ÿ˜† ). But I still remember that I asked her about this thing, that by definition she should celebrate her birthday once every four years. And she told me that in a non-leap year, her parents (and her) regarded March 1st as her ‘birthday’ so that she still had birthday every year, hahahaha๐Ÿ˜†

So, what do you think about this date??

BAHASA INDONESIA

Jika hanya ada beberapa saja hari spesial di tahun 2012 ini, hari ini jelas adalah salah satu diantaranya deh. Mengapa? Ya, tentu saja karena hari ini adalah tanggal 29 Februari, sebuah tanggal yang nggak selalu ada setiap tahun; tapi hanya sekali saja dalam empat tahun. Ya, karena 2012 ini adalah tahun kabisat, jadilah tanggal ini ada sekarang. Dan karena aku tuh sukanya merekam hal-hal yang kayak gini ini, tentu saja tanggal ini tidak terlewatkan dari pikiranku (dan jemariku) untuk ditulis di blog ini dong, hahaha๐Ÿ˜† .

Menurutku, tanggal ini tuh lebih indah daripada tanggal-tanggal ‘cantik’ (seperti misalnya 11/11/11 atau 21/02/2012, dll) karena kekonsistenannya. Maksudku, tanggal-tanggal ‘cantik’ itu bisa dibilang kebanyakan tidak akan pernah terulang lagi kan; atau mungkin bakal terulang lagi tapi setelah jangka waktu yang lama gitu (misalnya seabad atau semilenium). Jadi, bisa dikatakan (mungkin kata ‘hampir’ cocok untuk diletakkan disini; kalau memang pada ingin bahwa setiap kata yang ditulis di posting ini tuh harus tepat๐Ÿ˜› ) tidak ada yang mengalami tanggal-tanggal tersebut lebih dari sekali semasa hidupnya. Namun, 29 Februari itu berbeda. Tanggal ini muncul setiap empat tahun sekali. Jelas lah ya ini berada dalam rentang umur manusia dan orang-orang juga kebanyakan mengalaminya beberapa kali sepanjang hidupnya; jadi mereka bisa merayakannya atau membesar-besarkannya gitu setiap kali tanggal ini terulang (dengan menulis sebuah posting tentangnya misalnya,๐Ÿ˜† ).

Semenjak aku kecil, aku sudah penasaran loh dengan bagaimana seseorang itu merayakan hari spesialnya apabila hari spesialnya itu kebetulan jatuh di tanggal 29 Februari. Ambil ulang tahun aja lah ya sebagai contoh gampangnya. Kalau menurut definisi ‘ulang tahun’ adalah perayaan ‘hari’ ‘kelahiran’ seseorang, artinya mereka yang dilahirkan pada tanggal 29 Februari itu seharusnya merayakan ulang tahunnya setiap empat tahun sekali dong? Dan bagi mereka, umur mereka juga bertambahnya sekali setiap empat tahun? Jadi, seseorang yang lahir tanggal 29 Februari 1988 sekarang berumur 6 (karena ia baru merayakan ulang tahunnya (hanya) enam kali)? (jika definisi ‘umur bertambah 1’ adalah setiap kali seseorang melewati tanggal lahirnya)

Sebenarnya, salah seorang temanku di SD dilahirkan pada tanggal 29 Februari loh (tapi aku lupa siapa temanku itu,๐Ÿ˜† ). Tapi aku masih ingat bahwa pernah sekali waktu aku bertanya kepadanya mengenai hal ini; bahwa menurut definisi, seharusnya ia merayakan ulang tahun setiap empat tahun sekali. Dan dia berkata kepadaku bahwa di tahun yang bukan tahun kabisat, orang tuanya (dan ia sendiri) menganggap tanggal 1 Maret adalah ‘tanggal-lahirnya’ sehingga ia bisa merayakan ulang tahun setiap tahun, hahahaha๐Ÿ˜†

Nah, apakah pendapat kalian mengenai tanggal ini??

19 thoughts on “#1040 – February 29th

  1. Enak tuh ortunya kalo anaknya ultah di tanggal 29 February, jadi keharusan buat ngerayain jadi cuma setiap empat tahun sekali hehehehehehe… *bakat jadi ortu pelit๐Ÿ˜› *

    1. Tapi ntar anaknya bilang: “karena 4 tahun sekali jadi ngerayainnya harus gede-gedean dong”, pusing lagi deh ortunya, huahahaha๐Ÿ˜†

  2. aaahhh kemaren mau ngebahas ttg 29 februari ini neh.. tapi kepeleset buat postingan kontes pula๐Ÿ˜ฆ

    temen aku ada yg lahirannya tgl 29 juga.. dan ya dia ngerayain ultahnya tgl 1 maret๐Ÿ˜€

  3. Yang mengenaskan temen SMA-ku yang lahir di tangga itu sampai sekarang masih jadi bahan lelucon teman-temannya, bahkan setelah di menikah sekarang … masih tetap diledek di Facebook. Wong, Facebook cuma “merayakan” Ultah dia sekali ini hehehe๐Ÿ˜€

    1. Wah, kacau berantakan kenapa Dhe? Ditulis aja di blog (kalau materinya cocok sih), lumayan lho bisa jadi kenang-kenangan di masa depan, hehehe๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s