Posted in Travelling, Zilko's Life

#1035 – Getaway Plans

ENGLISH

It has been a while (read: 6 months) since the last time I was going on a trip somewhere. Well, it seems that not going anywhere is a “waste” of my age. People say I should (or even must) enjoy this current age of mine, hahaha😆 . I agree with them and so I have been planning some trips…

Back to Paris

The latest trip I had was actually to Paris last September. And today, I just planned to go back to Paris this May! muahahaha😆 . But this time, it will be different. My focus will not be on sightseeing as I already did that last September and so there is no need to do that all over again, right?. Instead, noone will be surprised by this though, it will be on: tennis!

The second grandslam tournament of this year, the French Open or Roland Garros, will be held in the last week of May and first week of June (a grandslam is always a two weeks event). I have been planning on going to this grandslam tournament and of course as part of that I have been looking for the key dates of the ticket sales. It turned out that tickets would be open for general public today (February 15th); and so I already marked this day in my mind (and agenda) since months before.

Yesterday there was an announcement in Facebook that tickets would be open for sale (in their official website) not before 7 AM this morning. I was thinking: “Who would get up that early to get some tickets? Plus, there are 15 days available with total capacity of 30,000+ available for each day. Meh, no need to get up early“. I was WRONG! I tried to access the ticketing website at 11 AM and I got this message:

A busy Roland Garros ticketing website

I HAD TO WAIT FOR TWO HOURS WITHOUT CLOSING NOR REFRESHING THE WINDOW to get into the ticketing page because there were so many people trying to access the page!  Wow, this was way crazier than AirAsia’s super cheap tickets sale!! Totally unexpected!! And I started to worry that all tickets would have been taken by the time I got access to the ticketing page, hmmm. Well, I guess I understand more now Wimbledon’s decision to use the ballot system for tickets. Tennis, especially the grandslam tournaments, is THAT popular!!

Two hours later, at 1 PM, I finally got the access to the ticketing page. As I expected, the Weekend Pass, the one package for the weekend in the middle of the tournament (days 7 and 8, during the fourth round (round of 16) and quarterfinals of the tournament) that I was eyeing at, had already been sold out!  But luckily, some individual tickets were still available. Of course I do not plan to go there just for one full day. I mean, it would take me some effort to get to Paris, so at least I have to enjoy the tournament a bit longer, right? haha🙂 It means that I had to find back to back daily tickets to the tournament. Beside, buying back to back tickets increases significantly my chance of watching my favorite players, huahaha😆 (a player usually plays once every two days in a grandslam). And I found them. I got back to back tickets to the Philippe Chatrier court (the main court) in the first week of the tournament. Then, because I was thinking of going to Roland Garros for three days (the third day is sort of to see what is happening around the tournament, like the players’ practice sessions, etc :P), I was thinking of buying the groundpass for the day before my first access to Philippe Chatrier. However, the groundpass for that day had been sold out also!  Crazy. So, I decided to buy the 2nd category for the Court no.1 whose ticket price for that day was not that much more expensive than the groundpass, hahaha😀 Note: tickets to any of the main courts also give access to all other outside courts😀 Hence, it is basically a groundpass also.

Anyway, so, yeah, I am going back to Paris this May. I still do not know how long I will stay there as I want to keep that open for now (maybe I will come up with another plan to also do something else while I am in Paris), but I know I will at least be there for three days, hahaha🙂

One more thing: now, about nine hours after the ticket sales was open for general public, most tickets have been sold out!😯

Spring Break

Speaking of a more short-term plan, about five days ago I just realized that I would have a spring break within two weeks!😯 It will be a one week off, so it is not bad🙂 So I started looking for some tickets to go somewhere within Europe in that one particular week. I was browsing for tickets to Prague, Geneva, Nice, or Barcelona.

The thing was, I did find some interesting deals to DEPART from the Netherlands in that week to any of the destinations above. However, to get BACK to the Netherlands (with that good-deal ticket’s date as the departure time), it was already very expensive!  Damn, I realized this spring break’s schedule waay too late. All tickets have been flying high now. 

So, yeah, until now, I don’t have plan to go anywhere during this spring break. Well, maybe I will go somewhere closer (like Belgium) if I really have the urge to go somewhere; but we will see😛

BAHASA INDONESIA

Sudah lumayan lama juga ya (baca: 6 bulan) semenjak terakhir kali aku jalan-jalan kemana gitu. Yah, aku rasa nggak pergi kemana-mana itu seperti “penyia-nyiaan” umurku gitu deh. Banyak orang pada bilang bahwa aku sebaiknya (atau malah “harus”) menikmati umurku sekarang ini, hahaha😆 . Dan aku setuju dengan mereka, jadilah aku sekarang sedang merencanakan beberapa perjalanan…

Kembali ke Paris

Sebenarnya, perjalanan terakhirku adalah ke Paris September lalu. Dan hari ini, aku baru saja membuat rencana untuk kembali ke Paris lagi Mei ini! muahahaha😆 . Tapi kali ini, perjalanannya akan berbeda sedikit. Fokusku bukan lagi tamasya (bahasa Indonesianya ‘sightseeing‘ itu tamasya bukan sih? Ya pokoknya maksudku tuh ‘sightseeing‘ ini, hehe :D) karena toh aku juga sudah bertamasya di perjalanan ke Paris yang lalu. Nah, kali ini fokusku adalah, pasti nggak kaget deh ya: tenis!

Turnamen grandslam kedua tahun ini, French Open alias Roland Garros, akan diadakan di minggu terakhir bulan Mei dan minggu pertama Juni (sebuah turnamen grandslam itu adalah event selama dua minggu). Nah, aku sudah berkeinginan untuk pergi ke turnamen grandslam yang satu ini dan tentu saja sebagai konsekuensinya aku juga sudah mencari-cari tanggal-tanggal penjualan tiketnya dong ya. Ternyata, tiket akan dijual untuk umum mulai hari ini (15 Februari); dan jadilah tanggal ini aku tandai deh di pikiranku (dan di agendaku) semenjak berbulan-bulan yang lalu.

Kemarin gitu ada pengumuman di Facebook kalau tiket akan mulai dijual (di website resminya) mulai jam 7 pagi tadi. Aku berpikir: “Siapa juga yang akan niat amat bangun pagi gitu buat beli tiket? Plus, kan bakal ada 15 hari tuh dengan kapasitas 30.000+ yang tersedia setiap harinya. Ah, nggak ada keharusan buat bangun pagi deh“. Dan aku SALAH! Aku mencoba mengakses website penjualan tiketnya sekitar jam 11 pagi dan aku mendapatkan message seperti di bawah ini:

Website penjualan tiket Roland Garros yang sangat sibuk

AKU HARUS MENUNGGU SELAMA DUA JAM TANPA MENUTUP ATAU ME-REFRESH WINDOW-NYA ITU untuk mendapatkan akses ke halaman penjualan tiket karena ada banyak banget orang yang ingin mengaksesnya!  Wow, ini lebih gila daripada promosi super murahnya AirAsia nih!! Dan aku jadi mulai agak khawatir tiketnya bakal sudah habis ketika aku mendapatkan akses ke halaman penjualan tiketnya, hmmm. Yah, aku sekarang jadi lebih memahami  keputusannya Wimbledon untuk menggunakan sistem ballot (undian) untuk tiketnya deh. Tenis, terutama turnamen level grandslam gitu ya, ternyata sepopuler ITU!

Dua jam kemudian, jam 1 siang, akhirnya aku mendapatkan akses ke halaman penjualan tiketnya. Seperti yang sudah kuduga, Weekend Pass, sebuah paket untuk akses di akhir pekan di tengah-tengah turnamen (hari ke-7 dan 8, yaitu ketika babak keempat (enam belas besar) dan perempatfinal) yang aku incar, sudah habis dong! Tapi untungnya, beberapa tiket individual masih tersedia. Nah, tentu saja aku nggak berencana cuma menghabiskan waktu satu hari penuh saja disana dong. Maksudku, kan aku bakal harus mengupayakan perjalanan ke Paris ini demi turnamen ini dong ya, jadi ya seenggaknya aku juga harus menikmati turnamennya agak lamaan, betul? haha🙂 Ini artinya aku harus mencari tiket harian yang berturutan. Di samping itu, membeli tiket untuk akses beberapa hari berturutan akan meningkatkan secara signifikan kemungkinanku untuk bisa menonton pemain favoritku, huahaha😆 (seorang pemain biasanya bermain setiap dua hari sekali gitu di grandslam). Dan untungnya ketemu deh. Aku mendapatkan tiket akses selama dua hari berturutan ke Stadion Philippe Chatrier (lapangan utamanya) di minggu pertama dari turnamen ini. Lalu, karena aku berpikiran untuk pergi ke Roland Garros selama setidaknya tiga hari (hari ketiganya ini buat melihat apa yang terjadi di sekeliling turnamen ini, misalnya sesi latihannya para pemain, dll :P), aku berpikiran untuk membeli groundpass untuk satu hari sebelum akses pertamaku ke Philippe Chatrier. Namun, groundpass untuk hari itu sudah habis juga dong!  Gila deh. Jadilah aku memutuskan untuk membeli tiket kategori 2 untuk Court no.1 yang mana harga tiketnya hanya sedikit lebih mahal daripada groundpass-nya, hahaha :D Catatan: tiket masuk ke lapangan utama juga memberikan akses ke semua lapangan di luar lapangan utama itu😀 Jadi, pada dasarnya tiket itu jugalah sebuah groundpass. 

Anyway, jadi begitulah, aku akan kembali ke Paris Mei nanti. Sekarang aku masih belum tahu sih aku bakal menginap disana berapa lama (kan bisa aja gitu aku mendapatkan ide untuk rencana lain untuk aku lakukan selagi aku di Paris), tapi aku tahu bahwa setidaknya aku akan berada disana selama tiga hari, hahaha🙂

Satu hal nih: sekarang ini ya, sekitar sembilan jam semenjak tiket dijual untuk umum, sebagian besar tiketnya sudah habis dong!😯

Liburan Musim Semi

Mengenai rencana yang lebih ke jangka pendek, sekitar lima hari yang lalu aku baru ingat kalau aku akan mendapatkan libur musim semi dua minggu lagi!😯 Lumayan loh liburnya, seminggu gitu🙂 Jadilah aku mencari-cari tiket untuk pergi kemana di Eropa gitu untuk seminggu itu. Aku sih mencari tiket untuk pergi ke Prague, Geneva, Nice, atau Barcelona.

Masalahnya adalah, aku memang menemukan beberapa penawaran menarik untuk BERANGKAT dari Belanda di minggu itu ke tujuan yang mana pun. Namun, untuk PULANG-nya ke Belanda (dengan tanggal penawaran menarik itu sebagai tanggal keberangkatan), kok mahal-mahal gitu ya!  Sial, aku menyadari jadwal liburan musim seminya telat banget nih. Akibatnya semua tiketnya sudah mahal sekarang.

Jadi, ya, sampai sekarang sih aku masih belum memiliki rencana untuk pergi kemana pun selama libur musim semi nanti. Yah, mungkin aku akan pergi kemana yang lebih dekat gitu (seperti Belgia misalnya) kalau memang bener ada dorongan bahwa aku harus pergi kemana gitu; tapi kita lihat saja😛

40 thoughts on “#1035 – Getaway Plans

  1. wawawa … asyik betul ya keliling eropa.
    Udah mau musim semi lagi ya?
    sering banget denger istilah libur musim semi, dll.
    emang setiap musim di sana pasti ada liburnya yaaa?

    1. Mumpung ada waktu, harus dinikmati, hehehe🙂 Lagian kalau masih muda gitu (di bawah 26 tahun :D) bisa banyak dapat diskon loh kalau kemana-mana gitu disini🙂

      Iya, tapi musim seminya paling baru mulai sebulan lagi sih, huahaha😆 . Libur yang dikarenakan musim cuma libur musim semi aja kok. Sewaktu musim panas juga libur sih tapi ini memang libur sekolah/perkuliahan gitu, yang kebetulan pas musim panas. Begitu pula sewaktu musim dingin. Yang mana waktu liburnya bareng sama libur Natal/akhir tahun, hehehehe🙂

    1. Iya dong, itu pun sudah 3 hari loh disananya😛 Tapi memang mungkin masih akan nambah sih agendanya makanya aku juga belum beli tiket transportasi berangkat/pulangnya, hehehe🙂

  2. ya namanya turnamen.akbar zil.. ya pasti.cepet abis lah kejualnya.. aku jadi inget pernah mantengin mtix waktu film harry potter.. aku cuma telat setengah jam gt.. eh udah habis dong tiket hari pertamanya ~_~

    bingunb mau kemana.zil¿ ke norwegia aja.. sekalian cerita cerita diblog gt.. hehehe *masih berfikir ttg peri*

    1. Yoi, tapi aku nggak nyangka kalau habisnya akan secepat ini Nie, hahaha😀 Orang kalau memang sudah suka banget sama sesuatu bisa niat banget gitu ya memang, hahaha😆

      Itu dia, sebenarnya sekarang banget ini lagi ada penawaran penerbangan pp murah banget nih ke Oslo, tapi periode terbangnya kurang bersahabat nih karena pas aku harus sibuk ngerjain thesis, hahaha😆

  3. Walaaaah, enaknya dapet tiket nonton.. selamaaaat… ^__^ kyknya di eropa emang cukup terkenal ya tenis, apalagi buat nonton ga “jauh2” amat.. masih nabung buat keliling akhir summer.. padahal pingin juga jln2… ihik ihik ihik…

    1. Iya, bahagia nih saya😀 Turnamen grandslam pertama saya!!🙂 Iya, di Eropa gitu sekarang memang terkenal banget. Apalagi zaman sekarang pemain topnya didominasi Eropa semua, baik cowok maupun cewek. Iya, itu kayaknya ada kaitannya juga deh. Karena disini banyak yang suka, jadilah disini banyak turnamen juga, hehe. Tapi sekarang asosiasi tenisnya juga mulai tambah menancapkan pengaruh di Asia sih. Beberapa turnamen besar sekarang mulai diadakan di Asia (terutama Asia timur kayak Cina dan Jepang gitu ya :D).

      Wah, asyiknya yang mau keliling akhir summer!! hahaha🙂

  4. gileee.. lebih parah ketimbang beli tiket promo Airasia yak.. hehehe gw aja dah empet kalo masuk airasia udah sistem nya antri begitu..soal e ditunggu lama pun ga bakalan dapet deh.. jadi mending pasrah, dan kadang kalo pasrah malah dapet loh hehehe🙂

    1. Iya, promonya AirAsia kalau nggak salah nggak sampe 2 jam kan ngantrinya, hahaha😆 . Ini sampai 2 jam loh, gila dah. Sampai deg-degan nggak dapat tiket nih, untung masih dapat😛

      Iya, kalau AirAsia gitu memang hoki-hokian juga sih ya🙂

    1. hmm, bukan juga sih sepertinya. Karena misalnya kita pergi ke mall gitu kan bisa dibilang “cuci mata”, tapi nggak pas kan kalau kita “sightseeing” di mall, hehe😛

  5. Wuihh, ternyata tenis di sana populer banget ya, ckckck….

    Mmm… setahu saya “sightseeing” itu jalan-jalan, hehe….

    Kalau jadi pergi-pergi pas liburan musim semi, perjalanannya jangan lupa diceritain di blog ini ya, hehe….🙂

    1. Iya, tenis memang olahraga yang sangat populer di negara barat. Di Asia (Timur) perlahan-lahan juga mulai meningkat sih popularitasnya, hehe🙂

      “Jalan-jalan” menurutku sih masih terlalu umum untuk mendeskripsikan “sightseeing”. Karena menurutku dalam “sightseeing” itu ada unsur “melihat-lihat”-nya; sementara “jalan-jalan” kan bisa kita pakai kalau misalnya kita pergi ke mall gitu yang mana aktivitas ini kurang pas kalau disebut “sightseeing”, hehe😉

      Oh, pastinya dong, hehehe🙂

    1. tahun lalu nggak begitu mengamati saya, hahaha🙂 Cuma rasanya biasa-biasa aja sih. Ya, mungkin memang bau tanaman yang mulai bersemi gitu ya, kayak bunga, dsb, hehe😛

  6. Rasa senangnya kamu kebayang sama aku. Mungkin kurang lebih sama kayak senengnya aku pas diterima jadi volunteer di Ubud Writer and Reader Festival. Dateng ke sebuah acara yang kita sukai dan dapat tiket gratis atau yang murah. Have fun!🙂

    1. Iya, mana kalau susah gitu ya untuk mendapatkan tiket itu, hehehe🙂 Eh, tapi ini tiketnya sebenarnya nggak murah loh, hmmm. Tapi ya mau gimana lagi sih, memang salah satu dari 4 turnamen paling bergengsi sepanjang tahun sih, jadi ya wajar lah, hahaha😛

      Thanks!🙂

  7. aku liat di tipi-tipi, kalo ada sale di departemen store atau launching buku di book store, orang malah sampe antre dari semalam sebelumnya. bawa kursi, sleeping bag dsb. ngantre aja gitu berame -rame di depan tokonya…..

    yg lbh modern: “MENUNGGU SELAMA DUA JAM TANPA MENUTUP ATAU ME-REFRESH WINDOW-NYA ITU untuk mendapatkan akses ke halaman penjualan tiket ”
    😆 yaudah deh, daripada ngantre outdoor, mending antre didepan laptop masing-masing😆

    1. Huahahaha😆. Di tenis yang seperti itu juga masih ada loh, dan terjadi hanya di turnamen Wimbledon aja karena Wimbledon nggak pakai sistem siapa cepat dia dapat kayak yang aku tulis disini itu, hahaha🙂 Jadi beberapa ratus tiket memang disisain buat pas hari-H gitu, dan orang-orang pada niat dong kemping gitu di depan loketnya semenjak malam sebelumnya. Akibatnya pas hari-H nya jadi banyak yg ngantuk pas pertandingan dimainkan gara-gara kemping itu, wkakakaka😆

      Iya ya, zaman sekarang makin modern. Ngantri bisa juga terjadi di dunia cyber, haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s