Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1029 – Finally

ENGLISH

I am really happy today. Why? Well, the answer is because today, it was SNOWING here in Delft!! And today the snow was HEAVY!!  muahahahahaha😆 . Well, it is true that it was also snowing last Monday, but at that time it was very light and there was not much snow; so it was not really “kicking”. Today, the snowfall was a real snowfall. Just imagine it as like a pouring rain but instead of water, snow is falling down!! Well, what is so special about heavy snowfall? Well, aside from the temperature that becomes cold (of course), the scenery around me now looks pretty much like this:

Snowy TU Delft campus today
When snow is falling in Delft

See, so serene, beautiful, and more importantly: cool and awesome! hahahaha🙂

Fortunately, today was my schedule to do grocery shopping in the supermarket. So, I went to the centrum this afternoon, which coincidentally was also the time it started snowing. And so after grocery shopping I went around the centrum and took some photos and videos, while it was still snowing, huahaha😆 . But following what Bebe did, I will keep the photos for later so that I will have more materials to post here,😆 . But I think I will post one of the videos here now. So here is the marktplein (market square) of Delft when it was snowing this afternoon:

So, I am happy today. Finally, what I have been waiting since November does come🙂

However, some people might not like this snow though; including my friend who lives in Rotterdam. Why? Well, the reason is in this news. Huahaha, I am sorry that the link is in Dutch. Because it is a local occurrence so it is published also in a local news, hehe. But the main story of that news is that because of the snow, the transportation network of this country was disturbed. At 2.30 PM, there was a traffic jam (in the entire country) extending to a total of 800 km long (crazy, 800 km means it is just like the distance between Jakarta and Surabaya) :shock: . Aside from that, there was a chain collision involving 12 vehicles.😯 Public transportation service was also hampered. NS, the Dutch railway corporation, rescheduled many of their train timetables (this kinda reminds me of my own story where I was stuck in Utrecht in December 2010, also due to snow). Flight schedules were also delayed or canceled.

So, yeah, that is it. Some love snow, some don’t, hahaha. As for me, for now, I still like snow, even though I have to be extra careful when being outdoor though🙂

p.s: I just realized that today was also the last day of exam weeks this quarter at TU Delft. So cool, no? Just think about it: after grueling preparing for the exams and finally all exams ended; and just when the last one was done, it started snowing, hahaha🙂

BAHASA INDONESIA

Hari ini bahagia sekali deh saya. Mengapa? Jawabannya adalah karena hari ini ber-SALJU loh!! Dan hujan saljunya hari ini LEBAT loh!! muahahahahaha😆 . Ya ya, memang Senin lalu juga bersalju sih, tapi waktu itu saljunya kan cuma sedikit dan nggak banyak gitu ya; jadi ya kurang “mantap” gitu deh. Nah, hari ini hujan saljunya itu ya beneran hujan salju gitu. Bayangkan aja kayak hujan deras tapi yang jatuh bukan air melainkan salju!! Memang apa istimewanya sih kalau hujan saljunya lebat? Ya, selain udaranya tuh menjadi dingin (iyalah), pemandangan disini sekarang jadi kurang lebih kayak gini:

Kampus TUD yang bersalju hari ini
Ketika salju turun di Delft

Nah, terasa damai, indah, dan tentunya keren gitu kan??? hahahaha🙂

Kebetulan, hari ini adalah jadwalku buat belanja di supermarket gitu deh. Makanya siang tadi aku pergi ke centrum, kebetulan banget pas saljunya baru mulai turun gitu. Jadilah setelah belanja aku keliling centrum sambil foto-foto dan ambil video dong, mumpung bersalju gitu, huahaha😆 . Cuma ngikutin Bebe nih, foto-fotonya sebagian aku simpan buat posting selanjutnya aja deh ya, biar tambah banyak bahan posting saya, #eh . Eh, tapi video bersaljunya aku masukin sekarang aja deh ya. Ini dia suasana di Marktplein (Market Square) di Delft ketika bersalju siang tadi:

Jadi, intinya senang deh saya hari ini. Akhirnya, yang sudah ditunggu-tunggu semenjak November datang juga🙂

Hanya saja, beberapa orang mungkin nggak senang sih sama si salju ini; termasuk temanku yang tinggalnya di Rotterdam. Mengapa? Ya, alasannya ada di berita ini. Huahaha, maaf ya kalau link-nya dalam bahasa Belanda. Habis gimana lagi, namanya aja kejadian lokal jadi dimuatnya di kolom berita lokal yang pakai bahasa Belanda gitu deh, hehe. Jadi intinya adalah, karena salju ini, sistem transportasi di negeri ini jadi sangat terganggu deh. Pada jam 2.30 siang, ada kemacetan yang total panjangnya (di seluruh negeri) adalah 800 km (gile ya, 800 km berarti kan sekitar sepanjang jarak Jakarta – Surabaya dong ya)😯 . Selain itu, ada tabrakan beruntun yang melibatkan 12 kendaraan.😯 . Sistem transportasi umum juga terganggu. NS, perusahaan kereta apinya Belanda, mengatur ulang seluruh jadwal perjalanannya (jadi ingat kisahku yang terjebak di Utrecht pada Desember 2010 karena salju nih). Jadwal penerbangan juga jadi pada delay atau dibatalkan gitu.

Jadi ya begitu deh. Ada yang suka salju, ada yang nggak suka salju, hahaha. Kalau aku sih sekarang masih suka-suka aja ya sama yang namanya salju, walau kalau keluar gitu harus hati-hati sih🙂

p.s: baru nyadar deh kalau hari ini ternyata adalah hari terakhir ujian kuarter ini gitu deh di TU Delft. Asyik banget ya. Bayangin coba: capek-capek belajar ujian dan akhirnya ujiannya kelar juga; dan pas ujian kelar itu langsung bersalju dong, hahaha🙂

38 thoughts on “#1029 – Finally

  1. ahahaha.. bagian “kompakan sama Bebe”-nya bikin pengen ketawa.. kompak kalian ajaib deh.. ah salju.. kapan aku bisa liat saljuuu.. aahh.. tapi ga mau ke Eropa ah.. maunya Korea aja.. kkk~

  2. Heeeeeeeh, kok banyaaaak saljunyaaa… T___T

    Sama, kemarin baca berita juga lagi banyak kecelakaan nih karena salju. Pastinya sih di daerah utara, karena di selatan ga ada tanda2nya sama sekali..

    Btw, udah pernah main ski belum ko? seru yah nampaknya…😀

    1. Disana memangnya nggak sebanyak ini? Padahal Helsingborg masih lebih utara daripada Belanda kan ya? hahaha😀 Tapi disini juga baru hari ini aja kok yang saljunya lebat.

      Iya, salju memang indah tapi memang berbahaya sih ya. Kalau nyetir atau pergi-pergi gitu harus ekstra hati-hati banget…

      Ski? Belum pernah nih. Mau nyari turnya itu ah yang ada kelasnya buat diajarin main gitu. Yang di Swiss kayaknya keren tapi mahalnya itu lhooo, hahaha😆 Tapi di beberapa negara lain katanya nggak mahal-mahal amat loh, hmmmm.

      1. Di Helsingborg bener2 snowless nih, cuma menang suhu minus aja. Malah matahari ngejreng banget..

        Di Belanda ga ada ski resort gitu? di sini ada sih ski resort tapi setiap kali mau kesana liat antriannya (mereka ada kamera real time gitu deh) panjaaaaaang bener.. si bubu langsung males pergi, bebe langsung manyun.. -_-“

        1. Wah, rugi dong ya kalau udah minus-minus gitu tapi nggak ada saljunya, masa cuma dapet dinginnya doang, huahahaha😆 Kemarin disini mataharinya ngejreng nih dan saljunya masih banyak loh, sampe hari ini juga masih banyak (mungkin karena pas Jumat itu hujan saljunya lumayan lebat kali ya, hehehe😆 ). Jadi deh saya foto-foto, huahaha😆

          Waaa, di Belanda mana ada ski resort gitu. Lha ini negara yang RATA nan DATAR gitu deh. Puncak “tertinggi”-nya aja tingginya cuma 300 meter dpl, hahaha🙂 Kalo mau ski mesti ke luar negeri😀 Iya sih ya, kalau winter gitu antriannya panjang mestinya. Btw, itu antriannya maksudnya antrian buat naik ke atasnya itu (yg pake cable car) ato antrian masuk ke area ski resort-nya??😀

  3. ciee yang liat salju lagi, seneng ya setelah sekian lama ditunggu😀

    denger-denger sih bakal berasa seperti -35°C di sini, di sana juga ga? dan di polandia sudah 40an tuna wisma tewas kedinginan. du du du.. *langsung kangen sommer*

    1. Iya, akhirnya si salju muncul juga, hehehe🙂

      Masa sampe -35°C sih? Di Belanda sih ga nembus sampe di bawah -12°C deh kayaknya, itupun kalau malam. Kalau siang paling ya sekitar -5°C gitu, hmmm. Mungkin karena dekat laut ya jadi rada hangat gitu, hehehe🙂 Untung banget deh. Makanya aku bilang iklim di Belanda ini “enak”, hehehe🙂

      Ya ya, di Poland juga tahun lalu gitu kan. Waktu winter gitu banyak tunawisma yang meninggal karena kedinginan, hmmm. Tapi disana memang gila sih ya, bisa seenggaknya sampe -20°C, hmmm

    1. Hahaha, di Indo memang banyak kok salju buatan gitu Lung. Kalau ke mall-mall pas Natal gitu misalnya, hiasannya pasti kan ada Santa-nya tuh, dan juga ada salju-saljuannya gitu kan, hahaha🙂

    1. bukan es krim, tapi es serut, huahahaha😆

      Iya, lapangan yang outdoor jadi tertutup salju. Tapi kan ada lapangan yang ditutupin balon tuh, jadi bisa main disana, hahahaha🙂

    1. Tergantung juga kan. Kalau pas hujan saljunya seh lumayan sepi soalnya orang-orang pasti pada di dalam ruangan aja, hahaha *sakit lho kalau pas di luar dan hujan salju lebat gitu. Butiran saljunya kalau mengenai muka gitu berasa kayak kita dilempari es-es kecil yang dingin, hahaha :D*.

      Nah, hari ini nih yang sempurna karena saljunya masih banyak dan cuacanya cerah dong! haha🙂 Jadi deh orang-orang pada di luar. Nanti di posting selanjutnya aku unggah beberapa fotonya😛

    1. Ya begitu deh, salju memang membuat segala jadi tambah tampak oke, hahaha🙂

      Winter sih kalau tahun lalu gitu pertengahan Februari juga sudah hampir selesai kok. “Resmi”-nya Maret mungkin sih ya, ketika musim semi mulai datang; tapi maksudnya pertengahan/akhir Februari gitu tahun lalu sudah nggak dingin-dingin amat. Nah, nggak tahu deh tahun ini karena awal Februari gini aja malah hujan salju gede dan suhunya turun, hahahaha😆

  4. Haha, I still remember how the heavy snowfall feels like from my experience when I was in Ukraine: I dislike it it. It’s so freezing cold outside, our feet felt completely numb. I and my friends spent the whole weeks cuddling together near fireplace, refused to go outside until several people – including my teacher – dragged us out to play snow ball.

    Eh, tapi kalau jujur saya juga rindu masa-masa di sana. Ngeliat dan ngerasain salju itu #sesuatu banget, pengalaman unik dan membekukan yang takkan terlupakan:mrgreen:

    Salam,,

    1. Yeah, I heard in Central or Eastern Europe it is much colder than here in the Netherlands. Lucky me!🙂 I am still okay with Dutch winter’s temperature though, but no idea how I would react in a much colder one, hahaha🙂

      ya, memang kok, sesuatu banget! Salju itu KEREN!! hahaha🙂

  5. Snoooowwww! Seumur-umur belum pernah ngeliat, ngerasain yang namanya snow.. Pengeeen.. Keren banget deh. Jadi pengen ke Holland.
    Semoga sehat selalu walau cuaca menjadi dingiiinn.. Semoga ga sedingin di Ukraine Poland dll… Seram juga kalo dingin banget kaya gitu..

    1. Iya, snow memang keren banget, hehehe🙂

      Amin, trims doanya🙂 Ya, Belanda memang nggak sedingin itu kok, mungkin karena dekat ke laut kali ya? hehehehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s