Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1028 – When It Is Subzero Outside

ENGLISH

As I wrote earlier this week, the temperature in the Netherlands this one week is forecasted to be subzero. This current winter, thus far this week is, hence, the coldest week. And by subzero, it means subzero indeed (well, it is in Celsius just in case you think of it in something else, like Fahrenheit or Reamur or Kelvin for example; even though it is silly to think of a subzero temperature in Kelvin😆 ). In fact, the forecasted hottest temperature this week is ZERO degree, huahahaha😆 .

And let me remind us all with a basic thing we learnt in science class in elementary school. What happens to water in a subzero temperature? Well, yes, yes, yes, you are right. It shall freeze in that situation. And in fact, that is a true fact as this is what happens to some pools around the campus:

A frozen pool...

Yes, that pool is a pool with at least 1 meter deep water (well, frankly I just randomly guess the depth though, but I am sure it is not a shallow pool (like 10 cm depth for example)), and the surface is frozen already, hahaha😆 . (btw, click the picture to enlarge it)

Anyway, what does this subzero weather mean? Well, to me, it means that my investment on a new winter coat ten days ago turned out to be a genius one!! I was already prepared to accept the fact that the coat might not be technically that useful until next winter (unless I insist to wear it even though there is no urgent situation to do so); but apparently, just days after I bought it (with a very good price; yes, this is important to stress out :P), the temperature dropped! muahahahaha😆

Btw, yesterday I was being stubborn by still deciding to go exercising (biking) even though it was like -3 degrees Celsius outside and the windchill was like -7 degrees. Because I was going biking, of course I did not wear my winter coat and just wore my normal jacket (with three layers of clothes inside). To make things worse, I forgot to bring my winter hat with flap. Five minutes after starting biking, I actually realized this and had a thought about going back home taking that hat; but then I was too lazy to turn around as at that time the cold was still not that bad, hahaha😆 . However, as time went on, I started to feel the effect of the cold and I could not wait to go back home as soon as possible, hahaha😆 . Yeah, this subzero temperature is definitely a big challenge to exercise outside though. But I think if it is just like walking, it is still fine as long as all “equipment” are worn, hmmm.

Anyway, I am not complaining about it though, as basically I prefer cold weather much more than hot weather, hahaha🙂

A little bit of snow on the curb

BAHASA INDONESIA

Seperti yang aku tulis awal minggu ini, temperatur di Belanda selama seminggu ini diramalkan berada di bawah nol derajat gitu deh. Di musim dingin kali ini, oleh karenanya, minggu ini adalah minggu terdingin deh. Dan maksudnya di bawah nol itu ya di bawah nol gitu ya (eh, satuannya adalah Celsius gitu ya, siapa tahu kan ada yang mikir dalam Fahrenheit, Reamur, atau Kelvin gitu; walaupun berpikir suhu di bawah nol Kelvin itu konyol sih😆 ). Malahan, temperatur terpanas minggu ini diramalkan adalah NOL derajat loh, huahahaha😆 .

Dan mari aku ingatkan sedikit dengan salah satu dasar di pelajaran IPA di SD. Apa yang terjadi dengan air di suhu di bawah nol derajat? Ya, ya, ya, benar sekali. Airnya akan membeku gitu di situasi ini. Dan teori ini ternyata beneran loh, bukan bohongan (iyalah), karena penampakan beberapa kolam di sekitar kampus itu sekarang kayak gini:

Kolam yang membeku...

Ya, kolamnya itu kolam yang dalamnya paling nggak 1 meter loh (eh, sebenarnya dalamnya ini aku ngarang aja sih, huahaha😆 Tapi aku cukup yakin kalau kolamnya nggak dangkal gitu deh (dangkal maksudnya kedalamannya 10 cm gitu misalnya)), dan permukaannya membeku, hahaha😆 . (btw, klik gambarnya untuk memperbesar gambar)

Anyway, apakah arti dari ini semua? Ya, untukku sih, ini berarti investasiku dalam membeli sebuah mantel musim dingin sepuluh hari yang lalu itu ternyata adalah keputusan yang jenius!! Padahal aku sudah siap loh menerima fakta bahwa mantelnya mungkin secara teknis nggak akan terlalu berguna sampai musim dingin tahun depan (kecuali aku tetep maksa buat memakai mantelnya padahal nggak perlu gitu); tapi ternyata eh ternyata, beberapa hari setelah aku membelinya (dengan diskon yang oke banget; ini juga perlu ditekankan nih😛 ), temperatur udaranya malah turun! muahahahaha😆

Btw, kemarin gitu aku kan sok-sokan rajin buat olahraga (sepedaan) gitu kan walaupun suhu di luar itu sedang -3 derajat Celsius gitu deh dengan kalau ada angin, dinginnya angin ini (windchill) -7 derajat. Nah, karena aku akan sepedaan, tentu saja aku tidak mengenakan mantel musim dinginku, aku cuma pakai jaket biasa aja (dan di dalamnya aku juga memakai tiga lapis baju sih). Nah, parahnya, kemarin itu kupluk musim dingin dengan flapku ketinggalan dong. Sebenarnya setelah lima menit sepedaan, aku sadar sih kalau kupluk ini ketinggalan dan sempat ada pikiran juga untuk pulang sebentar buat mengambil kupluknya; tapi kemudian aku malah terlalu malas gitu deh buat berputar balik karena waktu itu toh rasanya dinginnya juga nggak gimana-gimana amat deh, hahaha😆 . Eh, ternyata setelah beberapa waktu, efek dinginnya makin terasa gitu deh dan aku jadi nggak sabar untuk segera pulang, hahaha😆 . Ya, suhu minus ini beneran merupakan tantangan yang besar deh kalau mau olahraga di luar gitu. Eh, tapi kalau cuma jalan kaki aja rasanya masih nggak papa sih asal memakai “peralatan” yang lengkap, hmmm.

Anyway, aku nggak komplain loh, soalnya pada dasarnya aku memang lebih suka cuaca yang dingin sih daripada cuaca yang panas, hahaha🙂

32 thoughts on “#1028 – When It Is Subzero Outside

    1. Yoi. Tapi dingin segini kalau kata teman yang dari negara yang lebih utara lagi (kayak Kanada atau negara-negara Skandinavia gitu) mah “hangat”, wkakakakaka😆

      Yup, sangat nggak rugi ternyata beli mantelnya. Udah didiskon gede, eh ternyata bakal menjadi sangat berguna dalam waktu seminggu setelah beli, huahahaha😆

  1. haaaaah… sama nih.. mulai minus terus juga di sini. Kalau jalan ke sekolah paling sebel muka perih2 karena ga bisa ditutup *ya iyalaaaah*

    yang penting jaket baru akhirnya berguna… emang ga pernah salah deh belanja barang sale.. *eh*

    1. Iya nih, seminggu ke depan ramalannya minus terus dong. Ah, gimana ini, minggu depan les tenisnya kan udah dimulai gitu, hahaha😆

      Yoi, ternyata memang begitu ya. Begitu sale gede, kalau memang barangnya akan berguna (nggak tahu bergunanya kapan), mending dibeli ya. Karena bisa jadi bergunanya itu tiba-tiba minggu depannya kayak kasusku ini, huahaha😆 Jadi sangat nggak rugi deh beli mantelnya itu😛

  2. jaket diskonnya bisa dipake lebih cepet ya.. asik asik..😉

    kalo di indo dingin mah gak ya.. cuma anginnya kencengnya gak santai.. kalau badannya tipis bisa terbang deh tu… *lebai

    1. Iya, ternyata bisa dipakai lebih cepat, huahahaha😆

      Di Belanda ini anginnya juga kenceng banget loh, malah menurutku lebih kenceng disini daripada angin di Indo (kecuali kalau di Indo pas hujan badai kenceng gitu ya :P).

  3. Baaaaaaang Zilkoooo kok Abang bisa tahu posting-an saya yang ke singapur? Malu nih saya…. *tersipu*😳

    Itu posting-an lama lho, tahun 2008.😀 Dan itu adalah posting-an awal2 saya ngeblog. Makanya gaya nulis saya yang dulu ama yang sekarang beda, ‘kan? *masih tersipu* 😳

    Dan kemarin saya cuma lagi nambah-nambahin tag yang kurang lengkap di posting-an yang dulu-dulu. Kok bisa diketahui orang lain ya? ^^

    Itu posting-an nongol di mana Bang, kok bisa ampe tahu? Di email? Di dasbor? Kalo di dasbor munculnya berarti muncul di bagian “blogs I follow” ya? 😀

    1. Ada di Google Reader Sop. Kemarin itu dari blogmu ada 2 posting “baru” gitu deh, ternyata itu posting tentang Singapur itu, hehehe🙂

      Ya ya, gaya posting-nya memang beda banget! Memang betul ya ternyata gaya penulisan seseorang itu juga perlahan-lahan ikut berubah seiring berlalunya waktu, hehehehe🙂

        1. kadang aku juga suka “malu” sendiri kok Sop kalau melihat posting-posting lama, hahahaha🙂 Tapi ya memang gitu sih, namanya aja kan sebuah proses😀

            1. hahaha, ada di Google Reader kemarin Bu, tahun 2008, hahaha🙂

              Ice skating? Gak punya sepatunya Bu. Dan lagian, aku nggak bisa ice skating, wuakakakaka😆 Banyak sih anak-anak disini yang main ice skating gitu memanfaatkan kolam yang membeku, hmm

    1. Ada di link itu harganya, hehe🙂 Harga normalnya 99 euro alias sekitar 1,2 juta; tapi kemarin aku beli pas sale (soalnya winternya kan udah mau selesai) jadi tinggal 39,60 euro aja alias sekitar 475 ribu, huahahahaha😆

  4. Waduw..kalo suhunya dibawah 0 derajat celcius, bisa mampus saya mas😆
    Saya gak tahan sama dingin,langsung flu, ingusnya meleleh deh, wkwkwkwkw😆
    Btw, beruntung juga sih kalo yang lemaknya banyak, gak gitu kerasa dinginnya, ahahaha….:mrgreen:

  5. denger suhu 0 derajat plus liat gambar kolam kamu gitu, dhe benar2 tak tertarik untuk berada disana Ko.. hahahaha.. lha wong cuma musim hujan di Indo aja, kadang dhe suka kedinginan, apalagi disana.. bisa mati beku mungkin #lebay😀

  6. brrr… believe it or not.. pas lagi diklat di ciloto, dinginnya ampun2an.. padahal ruangan udah ga pake ac lho.. dan.. demi menghangatkan badan,. saya menghangatkan pikiran lebih dulu dengan mikirin kak zilko di belanda, kak mariska dan mbak ely di jerman.. mbak bebe di swedia.. pokoknya blogger2 yang lagi bertualang di dunia bersalju, dinginnya puncak belum ada apa2nya,… dan lumayan sukses lho😀..

    1. Oh, beneran Mel?😯 Lega saya bisa ikutan (dengan tidak langsung) membantu😛 Ya ya, membantu mengatasi rintangan dengan kekuatan pikiran ya *halah, apaseh*.

  7. aahhh emang pasti merasa beruntung banget zil.. seperti klo aku pas habis beli ponco.eh gak hujan lagi ya kesel lah bok.. hehehe..

    mantap tuh dinginnya tapi.. gak kebayang deh *kebiasaan di khatulistiwa yg panas banget*

    1. Iya, jadi nggak rugi gitu ya Nie beli barangnya soalnya langsung kepake, huahahahaha😆 Ah, nggak papa lah, ponconya kan bisa dipakai kapan-kapan pas hujan😛

      Dingin segini kata teman dari negara yang lebih utara lagi mah belum ada apa-apanya katanya😛 Di beberapa negara sampai -25an loh kalau winter…

    1. Wah, foto-foto tuh Lung Gunung Kerincinya! hehehe🙂

      Ice skating? Bisa sih. Ada yang nekad loh berdiri trus seluncuran di permukaan kolam atau kanal yang membeku gitu loh. Padahal gimana kalau esnya pas nggak tebal trus pecah gitu ya? hahahaha😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s