Posted in My Student Life, Uncategorized, Zilko's Life

#1022 – Midweek Update

ENGLISH

“Lock Down Mode”

First of all, I would like to say that currently I am already in my “lock down mode”. Due to all the works that I had to do these past few weeks, I could only allocate more or less one week as a preparation for this one exam next week. Well, at first, considering it would only be ONE exam, one week should be enough, I thought. Yesterday morning I started to make a daily plan and target for this lock down mode during the upcoming one week. And at first I panicked a little bit since it seemed that there were so many materials to cover! I mean, one week was still enough but the schedule and target would kinda be very tight and packed. But whatever, if working hard is what it takes to do well, then working hard it is; and I am ready for it! ย So far, it has been going quite well; and I think my progress and pace on the materials have been much faster than I thought they would. Even though I have to admit that it was quite difficult to put myself on this “lock down mode” initially (due to many distractions, huahaha๐Ÿ˜† ); but once it rolled, it rolled smoothly thereafter.

One of my strategies (I have few strategies :P) this time is to borrow a book from the library. Well, I do have the pdf version of it in my computer but I was (am) too stingy to print it down; so what I did previously was to read it on my computer screen. I completely realize that is not the best approach (those who have read (many) e-books or files on computer screen should understand :D); but because I still do not want to spend 50+ euro something for a book (it is already student price!๐Ÿ˜ฏ ), one left option is to borrow it from the library. Only one concern arises: I do not expect the library to have that many books for, say like, 15-20% of the students taking this course; hence some other students might have been faster than me and already borrowed them. But lucky me, I checked the library’s website yesterday evening and it turned out that they still had ONE available book!! ย And so I reserved it and took it earlier today! huahaha๐Ÿ˜†

Talking about the library, as I expected, it was so crowded!! A lot of students were there studying and most of all available seats and tables were already taken! I tried to study a little bit there on a table; and even though they were silent (it was library after all), distractions were still everywhere as people were like walking or kept passing by me or studying in a group (though they did not speak loudly), and so on. And so I decided to leave the library and just studied in my office, hahaha๐Ÿ˜€

Exam period always makes me even more grateful to have my own office, even though there is one big drawback: I also have my own computer in my office; therefore the distraction to go online is much bigger (as opposed to the library; and this was the reason why I considered studying in the library in the first place). But still, for studying, I think my office is like at least 1000 times more effective than my apartment!! hahaha๐Ÿ˜›

Earlier This Week

Earlier this week I also had my meeting with my supervisor. Originally it was scheduled to be on Monday but we had to postpone it to Wednesday morning because my supervisor got an emergency call from her daughter’s school that her daughter was sick on Monday afternoon. Okay, Wednesday morning was still fine anyway for me๐Ÿ˜€. Anyway, the meeting concluded that I had had enough result for my internship project (much to my delight :D); and we had deeper discussions about the result and analysis. This was really good and mind-widening as from this discussion, I understood the simulation even deeper to its core; to a level I had not reached before.๐Ÿ™‚ ย So, basically what I have to do now to complete this internship project is to finish the report; but I will also perform one more extra simulation after this exam to put in my report as well, hehehe๐Ÿ™‚

This Tuesday, I also finished my obligation to grade the second entrance assignment of my assistanceship class this quarter. It took me another like four and a half hour to finish all the grading. So exhausting!! hahaha๐Ÿ˜› This time the result (in term of overall grade) was much better than the first one.

BAHASA INDONESIA

“Mode Mengunci Diri”

Pertama-tama, aku ingin bilang bahwa kini aku sedang berada dalam “mode mengunci diri”. Nah, dikarenakan kerjaan-kerjaan yang harus aku lakukan beberapa minggu belakangan ini, aku hanya bisa mengalokasikan sekitar kurang lebih satu minggu saja untuk ujian satu ini minggu depan. Yah, awalnya sih aku mikirnya karena aku cuma ngambil SATU ujian saja, satu minggu cukup lah ya. Kemarin pagi aku membuat rencana dan target harian untuk mode mengunci diri ini selama seminggu ke depan ini. Dan awalnya aku panik karena seakan-akan materi yang harus di-cover itu banyak banget!ย ย Maksudku, satu minggu masih cukup sih tapi jadwal dan targetnya menjadi agak nampak ketat dan padat gitu deh. Ah, tapi apa pun lah ya, kalau kerja keras adalah hal yang harus dilakukan untuk mencapai target, ya kerja keraslah yang akan aku lakukan; dan aku siap kok menghadapinya!ย ย Sejauh ini, prosesnya telah berlangsung dengan baik sih; dan rasanya kemajuan dan pace-ku dalam me-review materinya lebih cepat dari dugaan awalku deh. Walau jujur, awalnya agak susah sih memang untuk memulai “mode mengunci diri” ini (karena banyaknya distraksi, huahaha๐Ÿ˜† ); tapi sekali dimulai; setelahnya lancar.

Salah satu strategiku (aku ada beberapa strategi :P) kali ini adalah dengan meminjam buku dari perpustakaan. Ya, sebenarnya aku punya sih versi pdf dari bukunya di komputerku tapi aku terlalu pelit untuk menge-print-nya; jadilah sebelum ini ya aku membacanya di komputer aja gitu. Aku sadar betul bahwa ini bukanlah cara yang terbaik (mereka yang (sering) membaca e-book atau file di komputer pasti mengerti deh :D); tapi karena aku juga nggak mau mengeluarkan uang 50+ euro untuk membeli bukunya (dan ini sudah harga mahasiswa loh!๐Ÿ˜ฏ ), jadilah pilihan satu-satunya yang tersisa ya pinjam dari perpustakaan. Ada satu ganjalan sih yang muncul: aku juga sadar bahwa perpustakaan tentu nggak punya buku untuk dipinjam oleh, misalnya, 15-20% dari mahasiswa yang mengambil kelas ini kan; makanya mungkin ada beberapa mahasiswa lain yang sudah lebih cepat dan meminjam buku itu duluan. Tapi aku beruntung, kemarin malam aku mengecek website perpustakaannya dan ternyata mereka masih ada SATU buku yang tersedia dong!! ย Jadilah aku langsung memesannya dan tadi bukunya aku ambil! huahaha๐Ÿ˜†

Eh, ngomongin tentang perpustakaannya, seperti dugaanku, tadi rame banget loh!! Ada banyak sekali mahasiswa yang belajar disana dan tentu saja kebanyakan kursi dan mejanya sudah dipakai orang! Aku mencoba belajar sedikit sih di satu meja kosong yang aku temukan; dan walaupun orang-orang disana tenang (namanya aja perpustakaan), tapi tetap saja lah ya yang namanya distraksi itu ada dimana-mana karena orang-orangnya kan ada yang jalan atau lewat di dekatku atau sedang berdiskusi kelompok gitu (walau ngomongnya nggak keras dan cenderung berbisik sih), dll. Jadilah aku memutuskan untuk nggak belajar di perpustakaan dan belajarnya di kantorku aja, hahaha๐Ÿ˜€

Musim ujian kayak gini selalu membuatku merasa beruntung deh punya kantor sendiri, walau ada satu kelemahan besar sih: di kantor kan aku juga ada satu komputer buatku sendiri gitu ya; jadi yang namanya godaan untuk internetan ya jelas lebih besar (daripada kalau di perpustakaan; makanya awalnya aku mempertimbangkan belajar di perpustakaan ya karena alasan ini). Tapi tetap saja sih, untuk belajar, kantorku itu setidaknya 1000 kali lebih efektif daripada apartemenku!! hahaha๐Ÿ˜›

Lebih Awal Minggu Ini

Ngomong-ngomong, aku juga ada pertemuan dengan pembimbingku gitu awal minggu ini. Awalnya pertemuannya dijadwalkan hari Senin tetapi kemudian harus diundur ke Rabu pagi karena pembimbingku mendapat telepon dari sekolah anaknya bahwa anaknya sakit gitu deh di Senin siang. Ya nggak papa sih, toh Rabu pagi juga masih oke-oke aja kok untukku๐Ÿ˜€. Anyway, dari pertemuan itu disimpulkan bahwa aku sudah mendapatkan cukup hasil untuk proyek magangku (untung deh :D); dan kami juga berdiskusi lebih dalam tentang hasilnya dan analisanya. Diskusi ini penting sekali sih dan lebih membukakan pikiranku karena aku jagi lebih paham simulasi yang aku lakukan lebih dalam ke intinya; sebuah tingkatan yang belum aku pikirkan sebelumnya.๐Ÿ™‚ Nah, jadi, pada dasarnya sih aku sekarang tinggal menyelesaikan proyek magang ini dengan menyelesaikan laporannya gitu; tapi aku mau menjalankan satu simulasi kecil lain ah nanti setelah ujiannya beres untuk dimasukin laporan juga, hehehe๐Ÿ™‚

Selasa lalu, aku juga menyelesaikan kewajiban untuk mengoreksi ulangan kedua dari kelas yang aku asistensiin kuarter ini. Aku membutuhkan waktu empat setengah jam gitu deh buat menyelesaikan koreksiannya. Capek banget!! hahaha๐Ÿ˜› Kali ini hasilnya sih (dalam hal nilai keseluruhan) lebih baik deh daripada ulangan yang pertama.

19 thoughts on “#1022 – Midweek Update

  1. belajar di perpustakaan emang banyak gangguan kalo menurut gua. gua lebih prefer belajar di kamar dan pintu tertutup. dan memantapkan diri sendiri (ngasih target gitu), harus belajar berapa halaman, baru boleh keluar (sekedar jalan/minum/pipis/pokoknya biar gak bosen), abis itu harus masuk kamar lagi. buat gua, itu cara belajar gua yang paling efektif.๐Ÿ˜€

    1. Kalau perpustakaannya pas hari biasa sih (jadi nggak terlalu ramai amat gitu) sebenarnya oke-oke aja kok. Soalnya perpusnya gede dan banyak sofa-sofa (dilengkapi dengan meja yang tingginya pas untuk belajar di sofanya itu) yang PEWE banget!!! hahaha๐Ÿ˜€

      Ya gitu deh, tapi kalau di kamar kan banyak godaannya gitu kan, internetan lah, tiduran lah, dll, hahaha๐Ÿ˜› Makanya aku berusaha sejauh mungkin dari kamar nih. Perpus (kalau nggak rame) adalah pilihan yang baik, tapi di masa ujian gini masih mending di kantor deh, setidaknya lebih dapat privacy dan ketenangan, hahaha๐Ÿ˜›

  2. Luarrrr biasaaa Bang, sibuk banget yak kelihatannya!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Dan keadaan di kampus saya bener2 berbeda. Kalo waktunya ujian, Perpus sama aja sepinya.๐Ÿ˜ฆ Penuh sih, tapi dipenuhi ama anak2 TPB, yang masih tahun pertama. Itupun buat belajar fisika, kimia, ama kalkulus.๐Ÿ˜

    1. Iya nih๐Ÿ˜€ Cuma sekarang sibuknya buat ujian, jadi nyebelin gitu rasanya, hahaha๐Ÿ˜›

      TPB itu apa ya? Hmmm, disini sih perpus selalu lumayan rame kok walau hari biasa juga. Cuma kalau ujian aja ramenya gila-gilaan, hehehe๐Ÿ™‚ Dan kalau ujian perpusnya jadi ada jam buka khusus: hari kerja dari jam 8 pagi sampai 2 subuh, pas wiken dari jam 8 sampai jam 12 malam๐Ÿ˜› Jadi cukup menunjang buat mahasiswa yang hobi SKS-an (sistem kebut semalam),๐Ÿ˜† .

  3. no place better for reading than library, and the second is our private room (I think so), but sometimes we have no times just come since we got really some to do, and that’s what now happen to me๐Ÿ™‚
    keep fightin’:mrgreen:

    1. well, then the key is to start prioritizing things and make a schedule for all your agendas (and try as hard to stick with it๐Ÿ˜€ Hence, a little bit of discipline might be needed๐Ÿ™‚ ). Keep fighting!

  4. Diperpusnya ga ada silent room ya? diperpus sini ada ruangan sendiri untuk yang benar2 mau suasana tenang. Jadi ga boleh ngobrol dll kalo disana.

    Tapi paling enak emang belajar di rumah sih, kalo menurutku ya.. ^^ bisa santai kayak di pantai..๐Ÿ˜€

    1. Ada, tapi silent room-nya udah penuh juga, jadi ya sama aja deh, hehehe๐Ÿ˜› Tenang sih memang tenang; tapi orang lain kan tetap “beraktivitas” juga (misalnya nulis, membaca buku (jadi bolak-balik halaman), jalan (misal mau ke toilet), dll); nah ini kan tetap aja bisa “mengganggu” gitu kalau orangnya banyak๐Ÿ™‚

      Kalau di rumah banyak godaannya ah. Enak sih jadi bisa sambil selonjoran atau tiduran gitu, tapi menurutku kurang efisien, hehehe๐Ÿ™‚

  5. waduh.. perbedaannya jauh bgt deh sama perpus di kampus aku dulu zil.. malah tenang bgt saking gak ada yg belajar disono๐Ÿ˜†

    klo aku urusan ngapal plg suka di kamar.. jam 10an keatas gt deh.. tp gak tw juga seh klo skrg.. dulukan jaman msh ada ujian di rumah aku blm ada inet.. skrg mah.. longgar dikit buka laptop lgsg ngblog.. :p

    1. hahaha, dulu di Unpar perpusnya juga nggak serame disini sih; tapi ya masih lumayan lah ada orang jadi nggak sepi juga, hehehe๐Ÿ™‚

      Itu dia Nie, godaan terbesar itu ya yang namanya internet ini deh, hehehe๐Ÿ˜› Kalau dulu seh aku di kamar juga nggak papa dan efektif kok.

  6. 4,5 jam?? yah rata-rata aku juga menghabiskan waktu segitu sih kalo kebetulan ngoreksi lebih dari 3 kelas, hehehe. makanya kalo bikin soal ulangan harian, sebisa mungkin aku bikin pilihan ganda supaya bisa dikoreksi bersama, hahaha.

    dan kalo bikin soal UAS, bagian essay-nya aku buat seringkes mungkin lah, gimana caranya supaya ngoreksinya gak kelamaan…..

    1. Ini 4,5 jam cuma ngoreksi kerjaan belasan mahasiswa aja loh Bu, wkakakaka๐Ÿ˜† Jadi ya gitu deh, haha๐Ÿ˜›

      Yoi, kalau essay-nya panjang-panjang gitu puyeng juga ya ngoreksinya. Apalagi kalau muridnya ratusan, wedew…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s