Posted in General Life, Zilko's Life

#1020 – This Week in One Entry

ENGLISH

Okay, the week that was new six days ago has almost come to an end now. Starting of tomorrow, we will enter a new week. And for me, this new coming week is not that exciting (aside from the Australian Open, yay!). Why? Well, so, a few weeks ago I decided to enrol myself in one exam that will be held in ten days from now which means that I have to prepare myself for this exam. For this one, my approach will be a “lock down mode”. I will pretty much lock myself up either in my office or in the library (hopefully the library won’t be that crowded (though I highly doubt it as it is exam week)) to study for the exam. But don’t worry, I won’t be away (from this blog) during those time as I am sure I still can afford some time to browse the internet, hahaha😆 . Anyway, it won’t start at least until Tuesday as I still have to have a meeting with my supervisor for my simulation project tomorrow and also I have to grade the entrance assignment 2 of the class I handle this quarter first.

Anyway, so, how was this week of mine?

It went well though. I already made my prediction for the Australian Open just yesterday. The play will start tomorrow (in about 5 hours technically, due to the time difference, hahaha😆 ), and I can’t wait!!

Simulation and Project

As for my simulation, it went well. I got a reasonable-looking result; and last Monday my supervisor asked me to run another smaller simulation but with different condition. This simulation went well producing another reasonable-looking result though there was something (probably insignificant though) that was kinda bothering me a little bit. I haven’t had a deeper discussion with my supervisor yet as she was very busy this week because she had to give oral exams or so for the class she was teaching; and we have arranged a discussion meeting tomorrow! I am looking forward to that!

So, for my project, aside from that smaller simulation I performed last Monday, I was mainly working on setting up and writing the report this past week. You know, working on a project is not just simply running simulation, getting result, analyzing them, etc; but also writing all them in the form of a report. For some, this might be a pain in the ass; but not for me though. I don’t know, but I have always enjoyed writing a report (since high-school I think)!!😀 Okay, you might think it is strange, but it is what it is. And that is why I set quite a high standard for the report that I write: it is not only about the content but also how I present the report; hence the look, the format, the font, the neatness, etc are just as important for me. I don’t know, but maybe there is a positive correlation about this and why I do love blogging, hahaha😆 .

Work

Because this week was also the last week for all classes this quarter in TU Delft, the last two meetings for the class I handle for my job as a student assistant were also held this week. The Wednesday class was just like any other classes, while Friday class was a bit different as it was when the second entrance assignment was held. Because I was not scheduled to attend the first one (but two colleagues did), it was my turn this time to be there and oversee the exam.

It would be a three-hour exam, and coming the class I was worried that it would be completely boring! I mean, you know, overseeing an exam for like three hours!? That sure sounds like a lot of time, no??😯 But in the end, it turned out that it was less boring that I thought it would, hahaha. Some students raised their hands several time as they had troubles with their work; and because I was a kind-hearted man:mrgreen:, I gave them some hints on where and what their problems were. Of course I did not solve the problems for them, as that would be contradictory to the purpose of an exam; but because they needed to pass this exam to have the right to go to the final exam (and their grades in this exam would not matter anyway), I think giving them some hints was a good thing to do, hehe😛. So it was not like three-hour of only total silence and surveillance; much to my delight.

Last Tennis Lesson

I also had my last tennis lesson this period last Friday. Well, because my previous tennis lesson was like three weeks prior and during the holiday I only practiced on my serve, of course there was an effect on my other shots. The accuracy of my forehand and backhand shots kinda dropped a little; but on the contrary, my serve has improved a bit (in my opinion), huahaha😆 . Well, I still have to practice it more though, and the trainer gave me two useful tips to increase the consistency of my serve (which, frankly, I oversaw when I was practicing on my own. Well, I guess this is the kind of advantage to actually have a trainer by our side: to observe us and give us inputs on what we do wrong; this way, we shall improve faster). That is why I am planning to take at least two lessons (so I have at least two meetings per week) next quarter, huahaha😆

BAHASA INDONESIA

Oke, minggu yang masih baru enam hari yang lalu sudah hampir berakhir saat ini. Mulai besok, kita akan memasuki minggu yang baru. Untukku, minggu yang akan datang ini bakalan agak kurang menyenangkan sih (maksudnya selain Australian Open gitu ya, yay!). Kenapa? Yah, jadi, beberapa minggu yang lalu aku memutuskan untuk mendaftarkan diri di salah satu ujian yang akan diadakan sepuluh hari lagi, yang mana artinya aku harus mempersiapkan diri untuk itu. Untuk yang satu ini, aku akan masuk dalam “mode mengunci diri”. Jadi aku akan mengunci diri antara di kantor atau perpustakaan gitu (mudah-mudahan perpustakaannya nggak rame (walau aku nggak terlalu berharap juga sih soalnya kan sudah minggu ujian gitu)) untuk belajar buat ujiannya. Ah, tapi jangan khawatir, aku nggak akan kemana-mana (dari blog ini) kok selama masa itu karena toh aku yakin aku masih bisa menyempatkan diri internetan, hahaha😆 . Tapi itu semua masih belum akan dimulai sampai setidaknya Selasa sih soalnya aku akan ada satu pertemuan dengan pembimbingku tentang proyekku besok dan juga aku harus mengoreksi ulangan kedua dari kelas yang aku pegang kuarter ini dulu.

Anyway, jadi, bagaimanakah kehidupanku satu minggu ini?

Semuanya baik-baik saja sih. Aku sudah membuat prediksiku untuk Australian Open kemarin ini. Turnamennya akan dimulai besok (ya secara teknis 5 jam-an lagi kan ya, karena perbedaan zona waktu, hahaha😆 ), dan sudah nggak sabar nih!!

Simulasi dan Proyek

Sementara itu, simulasiku berjalan dengan baik. Aku mendapatkan hasil yang nampaknya masuk akal; dan Senin lalu pembimbingku memintaku menjalankan simulasi lain yang lebih kecil dengan kondisi yang berbeda. Simulasinya berjalan dengan baik dan aku lagi-lagi mendapatkan hasil yang masuk akal walaupun ada sesuatu (yang mungkin nggak penting sih) yang agak menggangguku sedikit. Aku belum berdiskusi dengan lebih mendalam dengan pembimbingku karena beliau sibuk sekali minggu lalu karena harus memberikan ujian lisan gitu untuk kelas yang beliau ajar; dan diskusinya baru dijadwalkan besok deh! Ah, sudah nggak sabar nih untuk bimbingan!

Nah, untuk proyekku itu, selain simulasi kecil yang aku lakukan Senin lalu itu, kerjaanku minggu ini adalah mempersiapkan dan mulai menulis laporannya deh. Tahu dong pasti, yang namanya mengerjakan proyek itu kan nggak cuma sekedar menjalankan simulasi, mendapatkan hasil, menganalisanya, dll; tapi juga menuliskan semua itu dalam bentuk laporan. Bagi beberapa orang, ini adalah hal yang mungkin menyebalkan ya; tapi enggak buatku loh. Nggak tahu ya, selama ini aku tuh selalu menikmati gitu ketika harus menulis laporan (semenjak SMA kali)!!😀 Oke, mungkin ini terdengar aneh sih, tapi ya memang begini ini. Dan itulah mengapa aku juga menetapkan standar yang lumayan tinggi untuk laporan yang aku buat: bukan cuma isinya saja yang penting tetapi juga bagaimana tampilan dari laporan itu; makanya penampilannya, formatnya, font, kerapian, dsb-nya itu juga sama pentingnya untukku. Nggak tahu ya, ini mungkin ada korelasi positifnya dengan alasan mengapa aku suka nge-blog, hahaha😆 .

Kerjaan

Karena minggu ini jugalah minggu terakhir dari semua kelas kuarter ini di TU Delft, dua pertemuan terakhir dari kelas yang aku pegang sebagai asisten juga diadakan minggu ini deh. Rabu lalu kelasnya ya kayak kelas-kelas sebelumnya gitu, sementara yang hari Jumat agak berbeda karena pada hari itu ada ulangan kedua yang diadakan. Karena aku tidak dijadwalkan hadir di ulangan yang pertama (beberapa rekanku yang harus hadir), jadilah kali ini adalah giliranku untuk hadir dan mengawasi ulangannya gitu.

Ulangannya adalah ulangan selama tiga jam, dan sebelum datang ke kelas itu aku agak khawatir kalau ini akan menjadi sesuatu yang membosankan banget! Maksudku, tahulah, mengawasi ulangan selama tiga jam!? Kedengaran kayak lama banget gitu kan??😯 Eh, tapi akhirnya ternyata malah nggak semembosankan yang aku kira loh, hahaha. Ada beberapa mahasiswa yang mengangkat tangan karena mereka menghadapi beberapa kesulitan dalam pekerjaan mereka; dan karena saya adalah orang yang berhati baik:mrgreen:, jadilah mereka aku beri sedikit petunjuk mengenai apa dan dimana masalah mereka. Tentu saja aku tidak menyelesaikan masalah itu untuk mereka lah ya, karena itu kan bertentangan dengan tujuan dari yang namanya ujian kan; tapi karena mereka butuh untuk lulus ulangan ini supaya mereka mendapatkan hak untuk ikut ujian akhir (dan nilai mereka di ulangan ini juga nggak akan berpengaruh kok), jadi ya aku rasa memberi mereka beberapa petunjuk itu juga nggak papa lah ya, hehe😛. Jadi, tiga jam itu ya bukan tiga jam dengan kesunyian total dan pengawasan saja gitu; untung sih, jadi nggak membosankan kan.

Les Tenis Terakhir

Les tenis terakhirku periode ini juga berlangsung Jumat lalu. Ya, karena les tenis sebelumnya diadakan tiga minggu sebelumnya dan selama liburan aku cuma latihan serve aja, tentu saja ini berakibat pada pukulan-pukulanku lainnya. Akurasi pukulan forehand dan backhand-ku agak turun sedikit; tapi serve-ku malah (menurutku) membaik, huahaha😆 . Ya, tentu saja aku masih harus berlatih terus gitu ya, dan kemarin ini pelatihnya memberiku dua tips berharga untuk meningkatkan konsistensi serve-ku (yang mana dua poin ini terlewatkan ketika aku berlatih sendiri. Ya, mungkin memang ini sih ya keuntungan berlatih bersama pelatih di samping kita gitu: untuk mengawasi kita dan memberikan masukan mengenai apa yang kita lakukan salah; dengan begini, kemajuannya kan jadi lebih cepat). Makanya aku sekarang berencana untuk setidaknya mengambil dua les (jadi dalam seminggu bakal setidaknya ada dua sesi gitu) kuarter depan, huahaha😆

24 thoughts on “#1020 – This Week in One Entry

    1. Masih pemula banget kok, hahaha🙂 Atlet? Ah, tidak bermimpi sejauh itu saya, huahahaha😆 Umur segini baru mulai belajar nggak mungkin jadi atlet lah😀 Lha pemain top-nya aja (yang muda-muda maksudnya kayak Del Potro, Murray, Nadal, Djokovic) kira-kira hampir seumuran saya, hahaha😛

    1. Komik???? huahahahaha😆 Ya ya ya. Kalau ujiannya ujian tertulis gitu memang lebih membosankan sih ya. Aku kemarin ini ujian yang pakai komputer gitu deh, hehehe😛

  1. waaahhh lo ketemu pembimbing bahagia bangetnya zil.. mudah2an ntar aku pas ambil s2 juga gt deh.. makanya bener2 niat nyari jurusan yg sesuai dengan keinginan neh! (walaupun tebentur dengan pesyaratan pengajuan tugas belajar dari instansi yg pasti ribetnya bukan main)

    1. Iya dong, kan jadi bisa berdiskusi. Kalau cuma dipikirkan sendiri ya progress-nya lebih lambat lah. Kalau berdiskusi gitu kan bisa menyinergikan pikiran dan ide sehingga progress jadi lebih cepat dan advance, hehehe🙂

      Amin, mudah-mudaha bisa dapat tuh Nie. Ah, persyaratan sih hajar aja. Ikuti aja prosedurnya gimana🙂 Toh “keribetan” itu sebenarnya dimana-mana juga ada kok.

    1. Hahaha, kapan-kapan kalau ada mood mungkin akan aku share sedikit🙂 Yang jelas sih tentang sebuah metode dalam aplikasi matematika di bidang engineering sih. Sedikit bocoran: kasus yang aku amati ada di bidang reservoir engineering; tapi aku bukan fokus di reservoir-nya, tapi lebih di sebuah metode (matematika) akan proses pemecahan permasalahan di reservoir itu🙂 Dan metode yang aku teliti ini bisa diaplikasikan tidak hanya dalam reservoir engineering aja, tapi sebenarnya bisa di banyak bidang; cuma kebetulan untuk studi kasusnya (jadi bisa dianalisa performa metodenya), aku memakai kasus di reservoir engineering😀.

      Tentang tenis, ya gitu deh, apalagi minggu ini (sampai minggu depan) lagi ada turnamen grandslam (turnamen level tertinggi di tenis) yang dimainkan; jadi excited sekali deh saya, huahahaha😆

    1. Yoi, bener banget. Tampilan gitu juga penting lah ya😛 Isi bagus tapi tampilan kurang oke dan tidak rapi kan membuat paper-nya jadi kurang wah gitu, betul??😀

      Ya, begitulah, hehehe🙂

  2. emang beda ya latihan sama pelatih dan berlatih sendiri…. suamiku meskipun makanannya sehari-hari video youtube dan artikel ttg golf, slalu lbh seneng klo dapet masukan langsung dari orang yg ngerti golf. in this case: his boss and also my father.

    soalnya pas dia melakukan swing gitu, bisa langsung dikoreksi kan kalo ada gerakan yang salah. ah susah dah golf itu…. aku udah diajakin belajar tp malessss😦

    1. Yoi, bener banget Bu. Kalau sama pelatih atau orang lain gitu mereka kan bisa melihat apa yang kita lakukan salah atau kurang optimal. Kalau latihan sendiri gimana kita melihatnya coba? (kecuali kalau di-video, trus ntar video-nya dilihat buat nge-review, tapi kan repot lah ya kalau gini, haha :P). Nonton video di youtube bakal membantu sih, tapi prakteknya kan beda lah ya, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s