Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1013 – New Year’s Eve Story

ENGLISH

First of all, I would like to say:

HAPPY NEW YEAR 2012!!!

May 2012 be a great and fantastic year for all of us!!

How was your new year’s eve celebration? As for me, well, because I am not going anywhere now (yeah, another accentuation on this one,😆 ), I did not really celebrate it. I was also not in the mood of going somewhere more public and celebrated it with strangers. And so I just stayed at home, surfing the internet or playing my new game. Anyway, it was my first new year’s eve in the Netherlands though. I have been in Europe and living in Holland for about a year and a half now, but last year I spent my new year’s eve in Venezia. Therefore, this new year’s eve was indeed my first new year’s eve in the Netherlands.

Even though I was in the mood of preferring to stay at home, of course it did not prevent all people in Delft to still celebrate new year their own way *of course, who are you? hahahaha :lol:*. And of course, perhaps this is already a generic thing around the world, new year is identical with fireworks (and crackers). Now ask me: “What was the longest fireworks “show” that I have seen in my life so far?” Well, the answer would be: “New Year’s Eve 2012!!”.

I think (most) people in Delft bought their own fireworks last night to celebrate new year’s eve. The crazy thing was that the “show” had been started as early as 3 PM!! And then it went non-stop until like 2 AM!! It was only 3 PM and I was sitting in front of my computer in my room when I heard “bam“, “bam“, “bam” from outside and I quickly realized it was fireworks or crackers. I was thinking maybe there were some kids who were so excited and could not wait for the eve to come to light their fireworks, and their parents let them to light some of them a bit earlier. But I guess I was wrong, because the “bam” noise went continuously until 2 AM, hahaha. What was the effect of this kind of celebration? Well, the effect was that Delft’s air was polluted with fireworks’ smoke! Even though the closest fireworks launcher from my apartment was like 300 meter away, I could still smell fireworks’ smoke outside of my place! hahaha😆

At ten minutes before midnight, I decided to go out for a bit and tried to find a place to quickly enjoy the moment because I was sure people were saving their best fireworks for midnight, right? This (going out at midnight) was quite an impulsive decision of me and so at first I was kinda unsure about the best place to enjoy the fireworks around the town. This place had to be quite tall enough so I could have a good view across the town, it had to be accessible at midnight, and it had to be not that far from where I live (as I was leaving my room at 23.50, hahaha). The answer was obvious for me: TU Delft’s Cony Library!! Well, of course not inside the library, but I could just walk onto its slanted roof which was quite tall to give me a better bird eye’s view across Delft. Apparently I was not the only one who had this idea though. There were about another 20 or 30 people also on top of the library trying to enjoy the moment, hahaha.

Midnight finally came, and people all across the town lit their fireworks simultaneously. In term of amazingness, the fireworks were okay. I mean, most of them were “standard” fireworks which you basically could find anywhere. But the most surreal thing was that everyone was lighting their own fireworks so that anywhere I turned my head, I always saw fireworks!! I faced west, I saw fireworks; I faced east, another fireworks; I faced north, fireworks; and so on! And there were some people who took the T-junction just outside the library as their ‘fireworks launcher base’ and so there were fireworks cracking just like ten meters before me. Cool!! Well, I videotaped some of the fireworks (hahaha😆 ), and you could see them below. I actually also wanted to take some cool pictures of the firework but I did not have the advance enough device (read: camera,😆 ) nor probably skill to take them, so …

Yeah, that was my first new year’s eve celebration in the Netherlands, hahaha.

Side Story

Actually, I also did something else during new year’s eve. It was an experiment though. What did I do? Well, I tried to make my very own “bakso”! huahahaha😀 Since gave me a recipe and I decided to try it last night. It was her idea though to try it at night because I did not have freezer. So, to “freeze” the bakso dough, I would just put it outside of my room, making use of the chilly winter temperature to make it cold . Well, the result was still far from perfect though as I think I did not put enough flour in it, but it was not that bad either, hahahaha😆 .

BAHASA INDONESIA

Pertama-tama, aku ingin mengucapkan terlebih dahulu:

SELAMAT TAHUN BARU 2012!!!

Mudah-mudahan 2012 ini menjadi tahun yang baik dan fantastis bagi kita semua ya!!

Bagaimanakah perayaan malam tahun barunya semua nih? Untukku, yah, karena aku nggak kemana-mana kali ini (ya ya ya, penekanan di hal ini lagi,😆 ), aku nggak merayakannya. Aku juga lagi nggak mood untuk pergi ke tempat umum dan merayakannya dengan orang-orang nggak dikenal gitu deh. Jadilah aku hanya tinggal di rumah aja, internetan atau main game baru. Ngomong-ngomong, kemarin itu adalah malam tahun baru pertamaku di Belanda loh. Memang sih aku sudah hidup di Eropa hampir satu setengah tahun sekarang, tapi tahun lalu aku tahun baruannya kan di Venezia. Jadi ya malam tahun baru kemarin ini memanglah malam tahun baru pertamaku di Belanda.

Walaupun aku lagi dalam mood untuk di rumah aja nih ya, tentu saja itu bukan berarti orang-orang di Delft jadi nggak merayakan tahun baru dengan cara mereka dong *ya iyalah, emangnya lu siapa? huahahaha😆 *. Dan tentu saja, kayaknya ini adalah hal yang sangat umum di seluruh penjuru dunia kali ya, tahun baru itu identik dengan kembang api (dan petasan). Nah, coba tanya aku deh sekarang: “Apakah “pertunjukan” kembang api terpanjang yang pernah aku lihat seumur hidupku sejauh ini?” Yah, jawabannya adalah: “Malam Tahun Baru 2012!!”.

Aku rasa (hampir) semua orang di Delft pada beli kembang api gitu deh untuk merayakan malam tahun baru. Gilanya adalah “pertunjukannya” sudah dimulai semenjak jam 3 sore loh!! Dan ini berlanjut terus non-stop sampai jam 2 dini hari!!   Baru jam 3 sore gitu ya, kan aku lagi duduk-duduk santai di depan layar komputerku, ketika aku mendengar suara “duar“, “duar“, “duar” dari luar dan aku langsung menyadari kalau itu ya suara kembang api atau petasan gitu. Aku berpikiran paling-paling ada beberapa anak kecil yang sangat bersemangat dan nggak sabar nunggu malam buat ngelihat kembang api, dan orang tuanya kemudian menghibur mereka dengan nyalain beberapa kembang api agak awal gitu kali. Tapi kayaknya aku salah deh, soalnya bunyi “duar” itu kemudian berlangsung terus-terusan nggak berhenti-berhenti sampai jam 2 dini hari loh, hahaha. Apakah efek dari perayaan semacam ini? Yah, efek yang jelas adalah udaranya Delft jadi bau kembang api deh! Walaupun tempat peluncuran kembang api terdekat dari tempatku itu jaraknya kira-kira 300an meter gitu ya, tapi udara di luar apartemenku sudah bau kembang api juga loh! hahaha😆

Tengah malam kurang sepuluh menit, aku memutuskan untuk jalan keluar gitu deh dan mencoba mencari tempat untuk sedikit menikmati momen pergantian tahun itu karena aku yakin tentu orang-orang pada menyimpan kembang api terbaiknya buat pas pergantian tahun dong ya? Ini (keluar pas tengah malam) sebenarnya keputusan mendadak gitu deh jadilah awalnya aku bingung juga dimanakah tempat terbaik buat melihat kembang api itu. Tempatnya harus lumayan tinggi kan jadi aku bisa mendapatkan view ke seluruh penjuru kota, tempatnya juga harus bisa diakses di tengah malam, dan tentu saja nggak jauh-jauh amat dari tempat tinggalku (kan aku baru keluar apartemen aja jam 23.50, hahaha). Dan ada satu tempat yang memenuhi kriteria-kriteria itu deh untukku: Perpustakaan Kerucutnya TU Delft!! Ya, tentu saja bukan di dalam perpustakaannya gitu ya, tapi kan aku bisa berjalan di atap miring perpustakaannya itu yang cukup tinggi juga untuk memberikan pandangan menyeluruh ke seluruh Delft. Eh, ternyata bukan aku saja yang memiliki ide ini. Ada sekitar 20 sampe 30an orang juga gitu deh yang pergi ke puncak perpustakaan itu untuk menikmati momen pergantian tahun, hahaha.

Tengah malam akhirnya tiba juga, dan tanpa dikomando orang-orang di seluruh penjuru kota kemudian menyalakan kembang api mereka bersamaan. Ngomongin tentang kekerenan kembang apinya, menurutku oke-oke aja gitu ya. Maksudku, kebanyakan ya kembang api lumayan “standar” gitu lah yang dimana-mana juga kayak gitu kembang apinya. Tapi, yang menakjubkan adalah semua orang menyalakan kembang apinya gitu ya sehingga ke arah mana pun aku menolehkan muka, aku selalu melihat kembang api dimainkan!! Aku melihat ke arah barat, ada kembang api disana; ke timur, ada kembang api lagi; ke utara, sama cerita, dst! Dan malah ada beberapa orang yang menetapkan pertigaan di depan perpustakaannya sebagai tempat peluncuran kembang api mereka dan jadilah ada beberapa kembang api yang meledaknya itu paling 10an meter di depanku. Keren loh!! Yah, aku juga memvideo beberapa kembang apinya sih (hahaha😆 ), dan bisa dilihat deh di atas.  Sebenarnya aku juga pengen sih mengambil beberapa foto keren dari kembang api tapi aku nggak punya peralatan yang memadai untuk itu (baca: kamera,😆 ) atau skill yang cukup untuk mengambilnya nih, jadi ya gitu deh …

Ya, itulah cerita malam tahun baru pertamaku di Belanda, hahaha.

Cerita Sampingan

Sebenarnya, aku juga melakukan hal lain di malam tahun baru. Hal lain ini adalah sebuah eksperimen sih sebenarnya. Apakah itu? Ya, aku iseng mencoba membuat “bakso” loh! huahahaha :D Since memberiku resepnya dan aku mencobanya semalam. Kenapa kok aku mencobanya pas malam-malam? Ya, sebenarnya ini idenya dia sih karena aku kan nggak punya “freezer” gitu ya. Jadi, untuk “membekukan” adonan baksonya itu, aku akan meletakkan adonan itu di luar apartemenku memanfaatkan temperatur musim dingin yang udah dingin gitu deh . Yah, hasilnya masih jauh dari sempurna sih karena kayaknya aku masukin tepungnya terlalu sedikit deh, tapi ya nggak jelek-jelek amat sih menurutku, hahahaha😆 .

41 thoughts on “#1013 – New Year’s Eve Story

  1. Selamat tahun baru zil..

    Soal bakso parah bgt dah ngdinginkannya diluar.. mentang2 musim dingin yak zil.. hahaha… btw.. bagi2 resep dong zil.. biasanya dapet dr mana seh? aku mau coba masak.. hehe

    1. Selamat Tahun Baru juga😀

      Iya dong, kan harus kreatif, memanfaatkan apa yang ada, huahahaha😀 Resep sih biasanya aku googling aja banyak kok Nie. Malah kalau resep yang internasional (terkenal) banget kadang di Youtube aja ada loh, jadi ada video-nya juga gitu gimana cara masaknya, haha😛

  2. untungnya di condo kita sunyi senyap. gak kedengeran dar der dor. hahaha.
    dulu pas masih di jkt tuh yang kalo tahun baru (dan lebaran) ribut dah kedengeran petasan. ampun!

    happy new year ya!

    1. Hahaha, iya nih. Delft kecil sih jadi walau yang main petasan ato kembang api “jauh”, ya masih aja gitu kedengeran dar der dor nya, hahaha. Mana nonstop loh dari sore sampe dini hari, hmmmm. Di LA mungkin orang pada ngerayain di downtown-nya kali yah😛 Kalo aku di LA juga kayaknya enak ngerayain di downtown sih, lebih seru pastinya *sok tau*, hahaha😆

      Happy New Year juga.

  3. Saking dinginnya, freezernya pakek udara luar ruangan ya? Hehehe.. Ngomongin soal bakso, pas lagi hamil gini saya jadi eneg ngebayanginnya. Semua makanan nggak ada yang enak buat saya. Hiks.😥

    1. Iya, tapi sebenarnya di luar juga nggak dingin-dingin amat kok menurutku. Ya masih dingin sih, namanya aja winter, tapi nggak sampe minus berapa banget gitu, hehehe🙂 Tapi ya lumayan cocok lah buat ngedinginin adonan, haha😛

      Oh iya ya? Jadi kalau hamil jadi nggak berselera makan gitu? Hmmmm…

  4. Hah? Udah main kembang api dari jam 3 sore?
    Apa yang mau dilihat tuh? -_-”
    Btw, selamat tahun baru mas, makin sukses ya😀
    Kalo saya sih tahun baruan kali ini di rumah aja, bakar2 ayam + ikan dan kembang api sama keluarga😀

  5. Taon baruku sejak di amrik dari taon ke taon….tidur…hehe dingin wak.

    Kayaknya di Belanda di segala penjuru ya duar duar..temanku juga nulis di FBnya duar duar bikin sakit kuping.

    1. hahaha, aku sih tidur setelah jam 12 deh walau nggak ngerayain juga😛

      Iya tuh, kayaknya seantero Belanda ya yang hobi nyalain kembang api dari sore, hahaha😆 Terutama daerah Randstad kali. Di Rotterdam juga kayaknya gitu, malah di jembatan Erasmus kembang apinya spesial tuh kalo ngeliat fotonya teman di FB, hahaha🙂

  6. akhirnya liat kembang api.. aku kemarin juga akhirnya liat kembang api kak..
    kebetulan diajakin anaknya pak bos buat ke pantai kamali (itu pusat keramaiannya baubau) dan ga nyesel, kembang apinya cantik..
    hahhaa,, untung aja diajakin,. kalau ga diajakin pasti kayak biasanya, cuma nengok bentar ke luar jendela terus sibuk sama laptop, kembang apinya dicuekin

    1. Iya, kemarin kejadian lama nyaris terulang. Tapi berhubung kali ini kembang apinya lama banget dan gak berhenti-berhenti, ketika ingat: “wah, harus liat bentar nih”, masih ada waktu dan kesempatan deh, wuakakakaka😆

      Hahaha, iya ya, nyaman di rumah di depan laptop, wkwkwkw😛.

    1. Yoi, males ngebuletinnya sih, wkakakaka😆 . Pokoknya udah close enough ke bulet gitu biar deh. Rasanya lumayan sih, cuma kayaknya memang kurang tepung sih jadi masih belum nendang-nendang banget, hehehe🙂

      Yup, happy new year lagi!😀

  7. precisely at NYE, my head can’t stop spinnin’ through the way of it being celebrated, with its endless fireworks, however it crowdly immense me in the joy. hepi nu yea kang zilko,😆

    1. I was okay though with its endless fireworks, though it was true that in a way it was quite annoying. However, NYE is still a global celebration and you like it or not, people will still celebrate it in their own way. Hence, just enjoy it!😛 Happy New Year too🙂

  8. Disini ampe tanggal satu malem masih ada yang nyalain petasan.. hahaha.. kayaknya dia ketiduran pas malem tahun baru jadi baru dipasang deh..😛

    kereeeen bikin bakso sendiri? kapan bisa bikin mie ayam? nanti mampir2 ke Delft deh..😛

    1. Disini juga sih, tanggal 1 malem sama kemarin malam (tgl 2) masih ada loh yang nyalain petasan. Sisa-sisa gitu kali yah dari malam tahun baru, hehehe🙂

      Yoi, lagi bereksperimen. Susah juga nih karena hasilnya kemarin masih jauh lah dari bakso yang “sebenernya”, hehehe🙂 Tapi enaknya bikin sendiri adalah kita yakin 100% kalau bahan yang kita pake bagus dan tanpa bahan kimia ato pengawet aneh-aneh kan, hehehe😀

      Mie ayam?? Pernah dong, ada di posting bulan Juni 2011 kalo nggak salah, hehehe🙂 Tapi waktu itu nggak pake bakso masaknya😛

  9. di tempat saya aja yang kedengeran kembang api beberapa menit udah ngerasa berisik. apalagi disana ber-jam2. pasti merasa kembali ke masa2 perjuangan kemerdekaan ya >__<

  10. 😆 untung itu baksonya gak digondol curut/tikus ya ko, hahahaha….

    Di deket rumahku, kembang api dan petasan dimulai jam 8 malem sampe jam 1 pagi deh. Tahun-tahun kemaren aku emang sengaja begadang sampe jam 1an. Bukan karena celebrating NYE tapi karena twitter rame banget, dan aku biasanya ngobrol sama anak-anak/alumni ampe malem.

    Lagian gak bisa bobo juga Ko, karena berisiiiiiiik!!👿 tapi tahun 2011 ini alhamdulillah aku pas Sabtu kemaren itu kena flu yg lumayan bikin tepar sejak jam 7 malem gitu. Jadinya aku tidur nyenyaaaaaak banget, gak terganggu sama suara kembang api n petasa diluar sana. Saking nyenyak-nya, twitter aku cuekin dan dicariin sama temen-temen😆

    1. Oh, itu sudah aku akali dong. Soalnya kan ada tetangga yang punya kucing, dan kucingnya gendut lagi (jadi diasumsikan hobi makan, wkakakakaka😆 ). Jadi adonannya aku taruh di mangkok kan, dan mangkoknya aku masukin ke tas plastik. Lalu, mangkok yang terbungkus tas plastik itu aku masukin ke dalam ember yang lumayan besar. Nah, seember ini yang aku taruh di luar. Jadi kalau ada kucing (atau curut/tikus) gitu relatif aman lah karena kan adonannya nggak nampang-nampang banget gitu di luar kamar dan mudah-mudahan nggak terlalu beraroma (karena ditutupin plastik); dan kalaupun mereka bisa membaui pun, bakal sulit karena embernya lumayan gede, huahahaha😆 .

      Yoi, emang berisik gitu ya. Kalau nggak ngantuk-ngantuk banget emang bikin sulit bobo, haha😀 Hahaha, jadi kena flu malah berujung keberuntungan dan bisa bikin tidur pulas pas malam taun baru ya Bu, haha😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s