Posted in Contemplation, The Past, Thoughts, Zilko's Life

#1011 – 2011 in Review!

ENGLISH

So here we are, already in the end of the year 2011.  One more year has (almost) passed and come to an end; and I would like to use this opportunity to write a short recap of this year of my life to close this year. Well, pretty much similar to what I did back in 2008 though I only did that in bahasa Indonesia back then😛 Anyway, so here we go:

***

January 2011

Grand Canal in Venezia

I started the year with a New Year’s Eve celebration in St. Marc’s Square in Venice, Italy with some friends. That celebration was quite an unforgettable moment for me, as it was crazy!! I mean, it was actually okay, but just until the countdown. After that, it was quite a mess, hahaha😆 . A few days later, we went back to the Netherlands; and everything went back serious again. I had to finish a project for Scientific Computing course and, without question, started studying for my first three written examinations in TU Delft. I had all those three exams in the end of January and I passed all of them , hahaha.

February 2011

ABN Amro WTT's Men's Doubles Final between Melzer/Petzchner vs Llodra/Zimonjic

I watched my first ever professional tennis tournament in this month. I watched the final of ABN Amro World Tennis Tournament, an annual tennis tournament held in Rotterdam. It was quite a big tournament, categorized as ATP World Tour 500 in the ATP Tour. Even though none of the finalists was my favorite, both Robin Söderling and Jo-Wilfried Tsonga were two of top players on the ATP Tour and both of them had been ranked within the top 10 and reached the final of a grandslam. And it was a nice final that went to three sets which Söderling eventually won 6-3, 3-6, 6-3.

Vianden Castle in Luxembourg

About ten days later, we had a spring break in TU Delft. My friends and I went to explore Luxembourg during this time. Luxembourg was such a nice super small country. We stayed for two nights and I think we had pretty much explored the whole country, hahaha😆 . And also, it was so uncrowded. At around 8 PM in the capital city of the country, Luxembourg City, it was felt like it was already 1 or 2 AM, hahaha.

March 2011

Nothing extraordinary happened this month. I attended a friend’s birthday celebration in the centrum; and we had another international students gathering where we did potluck. Also, this month, spring started to take over the season.

April 2011

I think I started exercising on a more regular basis in this month. Something that is good and has been (sort of) part of my daily life right now. Thanks God for that🙂 In the middle of April, a group of friends and I went to the worldwide famous Keukenhof in the Netherlands. We went there during the day where there was also a flower parade, a poor decision as this day was the most busiest day in Keukenhof. So many visitors were there that we saw people everywhere across the garden and we could not really see the parade anyway as the view was blocked by, not surprisingly, people, hahaha. But still, Keukenhof was a beautiful garden anyway!

Flower Field next to Keukenhof
The world famous Keukenhof Garden

A few days later, I also officially closed my old blog and moved to this WordPress blog. In the end of this month, I went to Den Haag and Amsterdam to see the celebration of Koninginnedag (Queen’s Day) in the Netherlands. Everyone was wearing orange, and so was I, hahaha🙂

People during Koninginnedag

May 2011

Just like March, nothing in particular special happened in May. I used all of my time studying for the courses that I took in the second semester. I had an oral examination and several (three if I am not mistaken) projects to be done in May. In the end of May, I would have to go to a written exam that I was kinda afraid of. To prepare myself for that exam, I pretty much locked myself in the library and my office just studying the materials for that exam since ten days before the exam! Well, not the whole ten days as I had to take one or two days away from that course to work on one of the aforementioned projects, but I guess you know what I mean, hehe🙂 In the end I also passed this exam , and I was so happy about that !

Oh, and also, at the end of this month, my old bike was broken down and I decided to look for a new bike.

June 2011

Mid-June, I went to Rosmalen, near ‘s-Hertogenbosch, to watch my second professional tennis tournament. This time, it was a combined event in the ATP and WTA Tour: Unicef Open, a warming-up tournament for Wimbledon. I was really excited because one of the finalists in the women’s singles was one of my favorite player: Jelena Dokić. Even though unseeded, she was the favorite to win the title against eight-seeded Roberta Vinci who was her opponent in the final. It turned out to be a very close-fought match with Dokić eventually lost 7-6(7), 3-6, 5-7. I still think the short (probably 10 – 15 minutes) rain delay during the second set was the turning point for Vinci: Dokić lost some of her momentum there.

Jelena Dokić firing a backhand shot

About a week after that, there was a picnic slash farewell celebration for one professor in my group in TU Delft who retired this year. It was held in the Delftse Hout, and it was fun! Then, I planned my activities in the summer this month. Planning trips was (and is) such a wonderful and fun thing to do, hehehe🙂 . Also, I got an offer for the internship (that I am currently working on) this month. I was quite lucky🙂

July 2011

I started the month by going to Giethoorn in the province of Overijssel, the Netherlands with some friends. They invited me to join them and I said why not. Well, before the invitation, I had never heard of Giethoorn, hahaha😆😳 ; but they said it was very famous and nice. I trusted them of course. And yes, Giethoorn was such a nice little village! If you go to the Netherlands in group (at least 3 or 4 people), you should go to Giethoorn and don’t forget to rent a boat once there and sail along the canal and lake, hehe🙂

Giethoorn's Main Canal

Earlier this month, I also got the part-time job that I am currently doing. I felt so blessed!

Mid July, my friends and I went on travelling to two countries: Germany and Switzerland. Our route was: Delft – Amsterdam – Cologne – Koblenz – Bingen/Rüdesheim – Stuttgart – Konstanz and Bodensee – Zürich – Basel – Amsterdam – Delft. It was such a nice trip and I was happy that I was so on budget in Germany: I spent much less than anticipated. Always a good news. Plus, we found out in Germany that the price of a car was not that expensive! hahaha😆 This surely boosted our confidence. However, once we were in Switzerland, things turned around. It was so freaking expensive there! For a meal, it would cost at least 20 euro there! . And it was just a normal meal, not a big one nor super tasty one, hahaha. Anyway, but I really liked Zürich though. I found it very beautiful; and a combination of “beach” and “mountain”, kinda like the best of both worlds for me.

Rüdesheim
Zürich and River Limmat

August 2011

I worked on a project early August. After that, in mid August, I went on my second summer trip to Austria and Slovakia. The route was: Delft – Amsterdam – Innsbruck – Salzburg – Vienna (and Bratislava) – Rotterdam – Delft. I was very excited going on this trip because I would visit Salzburg: the place where Sound of Music was filmed back in the 1960s! It was, again, a very nice trip. I found Austria as a very beautiful and scenic country. Innsbruck was much more beautiful than I expected, and so was Vienna. It was just that because I was travelling during the summer, it was so hot there!! Well, at least it was not humid though, but it was hot!!

Schloss Mirabel!
Schloss Schönbrunn

September 2011

Summer break ended, new semester started, and I had my birthday, huahahaha😆🙂 Two of my friends, whose birthdays were close to mine, and I decided to throw a little celebration in one of my friends’ apartment. Later on that month, my childhood friend, Ken, came backpacking to Europe. It was quite “weird”, you know, meeting someone you knew from the past, whom you used to meet somewhere, in another part of the world.😀

Eiffel tower and the Seine river
The famous Moulin Rouge

A week later, we went on a short trip to the capital city of France, Paris, for four days. Paris was Paris. It was a nice city. Well, some said Paris was overrated but probably it was because they already had expectations about Paris in their mind before coming there. I, probably, didn’t as I found Paris a very nice and beautiful city! To get there, I also took the high-speed train, Thalys, from Holland. It was the first time I was riding a high-speed train; and travelling at 300+ km/hour on a train was really awesome!!🙂

October 2011

Again, nothing special happened this month. I used most of my time working on some projects and worked part-time as a student assistant. I had a small heating problem with my laptop and I bought a cooling pad to help it cooling down. I also had had a plan to join tennis lesson in the sport center and so I decided to buy a tennis racket.

November 2011

Just like October, nothing so extraordinary happened this month. I was still busy with projects from campus; and my second level Dutch course also started in early November. Adding the student-assistant-ing schedule to the list, I officially became extremely busy this month. At one point, I was worrying whether I was biting more than I could chew; but I ain’t a quitter and just worked really hard and tried to manage my time really well to get through all of it.  In the end, I think I nailed them down and I am so proud of myself  .

One other highlight of this month was that I finally started my first ever tennis lesson. I was really excited!!🙂

At dusk in a winter day

December 2011

My life was still busy and packed with all projects from campus; and that second level Dutch course; and that student assistant thing until mid December. Christmas and New Year holiday season started, but because I was planning not to go anywhere this time, I was just staying at home in Delft. Delft has been kinda “deserted” this past week after holiday season started in TU Delft.

***

That was it, my life in 2011 in a single entry. Overall, 2011 has been a good year for me. Perhaps “duller” than my super colorful 2010 which was packed with pleasant surprises and news; and trips here and there, but I am still grateful for 2011. 2011 is also the first year in my life which I wholly spent outside of Indonesia. If I could turn back in time and change something in 2011, hmm, I don’t know, but probably I would make the last three months of 2011 “less dull” than they appear above. But anyway, I am still grateful for 2011 and I cannot wait 2012 to start!!🙂

BAHASA INDONESIA

Yak, disinilah kita, di penghujung tahun 2011. Satu tahun lagi telah (hampir) terlewati dan berakhir; dan pada kesempatan ini aku ingin menuliskan semacam rangkuman singkat akan kehidupanku tahun ini untuk menutup tahun ini. Ya, mirip-mirip sama posting serupa yang aku tulis di tahun 2008 walau waktu itu aku hanya menulisnya dalam bahasa Indonesia saja sih😛 Yak, kita mulai saja ya:

***

Januari 2011

Gondola and Grand Canal

Tahun ini aku mulai dengan perayaan malam Tahun Baru di Lapangan Santo Markus di Venezia, Italia bersama beberapa teman. Perayaannya beneran nggak akan terlupakan deh untukku, karena gila banget!! Maksudku, sebenarnya masih oke-oke saja sih sampai detik-detik countdown-nya. Hanya saja, setelah countdown itu, semuanya berubah jadi gila, hahaha😆 . Beberapa hari kemudian, kami kembali ke Belanda; dan semuanya menjadi serius lagi. Aku harus menyelesaikan proyek untuk kelas Scientific Computing dan, tentu saja, belajar untuk tiga ujian tertulis pertamaku di TU Delft. Aku menghadapi ketiga ujian itu di penghujung bulan Januari dan aku lulus di semua ujiannya itu loh , hahaha.

Februari 2011

Robin Soderling came victorious in Rotterdam in 2011

Aku menonton turnamen tenis profesional pertamaku di bulan ini. Yang aku tonton adalah babak finalnya ABN Amro World Tennis Tournament, sebuah turnamen tahunan yang diadakan di Rotterdam. Turnamennya cukup bergengsi juga, dan dikategorikan dalam kelompok ATP World Tour 500 di ATP Tour. Walau kedua finalisnya bukanlah petenis favoritku, tapi Robin Söderling dan Jo-Wilfried Tsonga bagaimanapun juga tetaplah dua pemain top di ATP Tour lah ya karena keduanya pernah berperingkat 10 besar dunia dan pernah masuk final turnamen level grandslam. Dan finalnya lumayan seru juga karena berlangsung dalam tiga set dimana akhirnya Söderling menang dengan skor 6-3, 3-6, 6-3.

Luxembourg City

Sekitar sepuluh hari kemudian, libur musim semi datang deh di TU Delft. Aku dan beberapa teman memanfaatkan liburan ini dengan jalan-jalan ke Luxembourg. Luxembourg itu beneran negara yang kecil banget tapi imut indah loh. Kami tinggal selama dua malam saja dan rasanya kami sudah lumayan menjelajah seluruh pelosok negaranya, hahaha😆 Kebayang kan gedenya negaranya seberapa. Dan juga, negaranya itu sepi banget loh. Masak ya jam 8 malam di ibukota negaranya gitu, Luxembourg City, berasa kayak udah jam 1 atau 2 dini hari gitu deh, hahaha.

Maret 2011

Nggak ada yang spesial yang terjadi di bulan ini. Aku menghadiri perayaan ulang tahun seorang teman di centrum; kemudian ada acara kumpul-kumpul antara mahasiswa internasional gitu deh dimana kita mengadakan potluck. Juga, musim semi mulai mengambil alih deh di bulan ini.

April 2011

Kalau nggak salah aku mulai berolahraga dengan reguler mulai di bulan ini deh. Sesuatu yang bagus banget dan sudah (lumayan) menjadi bagian kehidupan sehari-hariku sekarang. Puji Tuhan banget lah🙂 Pertengahan April, aku bersama beberapa teman pergi ke taman Keukenhof di Belanda yang terkenal banget sedunia itu. Kami pergi kesana pas ketika sedang ada parade bunga gitu deh, sebuah keputusan yang kurang bijak karena itu adalah hari tersibuknya Keukenhof. Pengunjungnya buanyak banget sampai-sampai dimana-mana di dalam taman ya pasti ngelihat orang gitu deh dan juga akhirnya nggak bisa melihat paradenya karena pandangannya ya terhalang oleh orang-orang itu, hahaha. Ah, tapi Keukenhof memang taman yang benar-benar indah kok!

Flowers in Keukenhof
So many people that day!

Beberapa hari kemudian, aku secara resmi menutup blog lamaku dan pindahan ke blog WordPress ini. Di akhir bulan ini, aku pergi ke Den Haag dan Amsterdam untuk melihat perayaannya Koninginnedag (Hari Ratu) di Belanda. Semuanya memakai baju warna oranye, dan aku ikut-ikutan dong, hahaha🙂

People during Koninginnedag

Mei 2011

Seperti bulan Maret, nggak ada yang spesial yang terjadi di bulan ini. Kebanyakan waktuku aku pakai belajar untuk kelas-kelas yang aku ambil di semester kedua. Aku ada ujian lisan dan beberapa (tiga kalau nggak salah) proyek yang harus dikerjakan di bulan Mei ini. Akhir Mei, aku akan mengikuti sebuah ujian yang mana aku cukup takuti. Untuk mempersiapkan diriku terhadap ujian itu, aku mengunci diriku di perpustakaan atau kantor belajar materinya selama sepuluh hari sebelum ujiannya itu loh! Ya, nggak beneran full sepuluh hari sih karena aku harus mengambil satu atau dua hari untuk mengerjakan satu dari tiga tugas yang aku sebutkan di atas, tapi ya tahu lah ya maksudku, hehe🙂 Akhirnya, aku lulus ujian ini loh , dan aku bangga karenanya !

Oh iya, di akhir bulan ini, sepeda lamaku rusak dan aku memutuskan untuk mulai mencari sepeda baru.

Juni 2011

Pertengahan Juni, aku pergi ke Rosmalen, di dekatnya ‘s-Hertogenbosch, untuk menonton turnamen tenis profesional keduaku. Kali ini, turnamen yang aku tonton adalah event gabungan antara ATP dan WTA Tour: Unicef Open, sebuah turnamen pemanasan untuk Wimbledon. Aku sangat bersemangat nonton karena satu dari dua finalis di tunggal putrinya itu salah satu pemain favoritku: Jelena Dokić. Walau tidak diunggulkan (seeded), ia adalah sang favorit dalam laga final melawan pemain unggulan ke-delapan Roberta Vinci, lawannya di final. Finalnya ternyata menjadi sebuah final yang sangat ketat dan seru dengan Dokić akhirnya kalah dengan skor 7-6(7), 3-6, 5-7. Aku masih merasa bahwa delay singkat (sekitar 10 – 15 menit gitu) karena hujan di pertengahan babak kedua itu adalah titik penentu bagi Vinci: Dokić kehilangan momentumnya disana.

2011 Unicef Open Finalists

Kemudian, ada sebuah piknik sekaligus perayaan perpisahan bagi satu profesor di grupku di TU Delft yang pensiun tahun ini. Acaranya diadakan di Delftse Hout, dan seru loh! Aku juga merencanakan aktivitasku untuk liburan musim panas di bulan ini. Merencanakan perjalanan itu memanglah sebuah hal yang mengasyikkan ya, hehehe🙂. O iya, aku juga mendapat tawaran magang (internship) yang sedang aku kerjakan sekarang ini di bulan ini. Aku cukup beruntung juga🙂

Juli 2011

Bulan ini aku mulai dengan jalan-jalan ke Giethoorn di Provinsi Overijssel, Belanda dengan beberapa teman. Mereka mengajakku pergi dan aku ikutan deh. Sebelum diajak ini, aku belum pernah dengar yang namanya Giethoorn loh, hahaha😆😳 ; tapi mereka bersikukuh bahwa tempat ini tuh bagus dan sangat terkenal. Tentu saja aku memercayai mereka. Dan beneran ternyata, Giethoorn itu adalah desa kecil yang indah banget! Kalau pada pergi ke Belanda dalam grup (setidaknya minimal 3 atau 4 orang gitu), boleh deh datang ke Giethoorn dan jangan lupa untuk menyewa kapal disana dan berlayar keliling-keliling kanal dan danaunya, hehe🙂

Busy Saturday in Giethoorn

Awal bulan ini, aku juga mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang aku lakukan sekarang ini. Beruntung deh saya!

Pertengahan Juli, aku dan teman-temanku jalan-jalan ke dua negara di Eropa: Jerman dan Swiss. Rutenya adalah: Delft – Amsterdam – Cologne – Koblenz – Bingen/Rüdesheim – Stuttgart – Konstanz dan Bodensee – Zürich – Basel – Amsterdam – Delft. Perjalanannya asyik banget dan aku bahagia karena aku on budget dong di Jerman: pengeluaranku lebih hemat daripada perkiraan. Yang kayak gini memanglah suatu berita yang menyenangkan. Dan lagi, kami menemukan bahwa ternyata harga mobil itu nggak mahal-mahal amat ya di Jerman! hahaha😆 Ini tentu mendongkrak rasa percaya diri kami. Namun, ketika kami tiba di Swiss, semuanya berubah. Mahal banget dong apa-apa disana! Masak ya, untuk sekali makan aja minimal bakal membutuhkan uang sebanyak 20 euro gitu deh disana! . Dan itu untuk makanan yang biasa aja loh, porsinya nggak gede-gede amat atau enak-enak amat, hahaha. Ah, walau begitu, aku suka kotanya Zürich sih. Kotanya itu indah gitu deh; dan kombinasi antara kota “pantai” dan kota “gunung” gitu, bisa dibilang kombinasi yang keren deh buatku.

Konstanz Harbor, the statue was rotating btw!
Zürich from Lindenhof

Agustus 2011

Aku mengerjakan satu proyek di awal Agustus. Kemudian, di pertengahan Agustus, aku pergi dalam rangka jalan-jalan musim panas seri kedua ke Austria dan Slowakia. Rutenya adalah: Delft – Amsterdam – Innsbruck – Salzburg – Vienna (and Bratislava) – Rotterdam – Delft. Aku amat bersemangat ketika akan berangkat karena aku akan mengunjungi Salzburg: kota tempat syutingnya film Sound of Music di tahun 1960an itu! Perjalanan ini, lagi-lagi, adalah perjalanan yang mengasyikkan. Aku rasa Austria itu negara yang indah banget dan pemandangannya top lah. Innsbruck jauh lebih indah dari ekspektasiku, dan juga Vienna. Hanya saja karena aku kesananya pas musim panas, jadi disana ya panas gitu deh!! Tapi setidaknya nggak lembab sih, tapi masih aja panas gitu ya!!

The Alps
Operahaus

September 2011

Libur musim panas berakhir, semester baru dimulai, dan aku berulang tahun, huahahaha😆🙂. Dua temanku, yang ulang-tahunnya deketan dengan ulang tahunku, dan aku memutuskan untuk mengadakan semacam perayaan kecil gitu deh di apartemennya teman. Beberapa minggu kemudian masih di bulan September, temanku dari masa kecil, Ken, jalan-jalan backpacking ke Eropa. Agak “aneh” gitu loh rasanya bertemu seseorang yang kita kenal dari masa lalu, yang biasanya ketemunya dimana gitu kan, di bagian lain dari dunia ini.😀

The queue of people wanting to enter Louvre
Eiffel Tower during the day

Seminggu kemudian, kami jalan-jalan singkat ke ibukotanya Prancis, Paris, selama empat hari. Paris ya Paris lah ya. Kotanya indah banget. Yah, banyak yang bilang Paris itu overrated sih tapi itu mungkin karena mereka sudah ada ekspektasi duluan akan Paris sebelum berangkat kesana. Aku sih, mungkin, enggak ya jadinya ya aku masih merasa Paris itu indah dan keren banget! Untuk pergi kesana, aku juga naik kereta super cepat, Thalys, gitu deh dari Belanda. Itu adalah kali pertama aku naik kereta super cepat; dan bergerak dengan kecepatan 300+ km/jam di dalam kereta itu keren banget loh rasanya🙂

Oktober 2011

Lagi, nggak ada yang spesial deh yang terjadi di bulan ini. Kebanyakan waktuku aku pakai mengerjakan proyek dan kerja paruh waktu sebagai student assistant gitu deh. Ada sebuah masalah kecil dengan pendinginan laptopku dan jadilah aku membeli cooling pad untuk membantunya mendinginkan diri. Aku juga sudah berencana ikutan les tenis kan di sport center dan jadilah aku membeli sebuah raket tenis.

November 2011

Mirip seperti Oktober, nggak ada yang spesial yang terjadi di bulan ini. Aku masih saja sibuk dengan proyek-proyek dari kampus; dan juga kelas bahasa Belanda level duaku dimulai awal bulan ini. Ditambah dengan jadwal student assistant-ku, resmilah aku menjadi super sibuk di bulan ini. Di satu sisi, aku agak khawatir juga apakah aku ini terlalu banyak mengambil tanggung-jawab gitu; tapi aku bukan seorang quitter gitu ya dan jadilah aku bekerja keras dan berusaha mengatur waktuku dengan lebih baik untuk melalui semuanya dengan baik. Akhirnya, aku rasa aku bisa melalui semuanya dengan baik loh dan aku bangga karenanya .

Clay courts inside the balloon in TU Delft🙂

Satu aktivitas yang bisa digaris-bawahi di bulan ini adalah aku akhirnya mengikuti les tenis untuk pertama kalinya. Aku sangat bersemangat sekali!!🙂

Desember 2011

Kehidupanku sih ya masih sibuk dan penuh oleh proyek-proyek dari kampus gitu ya; dan juga level dua dari kelas bahasa Belandaku; dan tentu saja kerja paruh waktuku itu hingga pertengahan Desember. Liburan Natal dan Tahun Baru dimulai, tapi karena aku berencana untuk nggak kemana-mana kali ini, ya udah deh aku tinggal di Delft aja. Delft akhir-akhir ini beneran “sepi” banget gitu deh semenjak musim liburan ini dimulai.

***

Yak, itulah kehidupanku sepanjang tahun 2011 dalam satu posting. Secara keseluruhan, 2011 adalah tahun yang baik buatku. Mungkin “lebih datar” daripada tahun 2010ku yang penuh dengan kejutan-kejutan dan berita menyenangkan; jalan-jalan kesana-kemari gitu ya, tapi aku juga tetap bersyukur atas tahun 2011ku ini. 2011 jugalah tahun pertama dalam hidupku dimana keseluruhannya aku habiskan di luar Indonesia. Kalau aku bisa kembali ke masa lalu dan mengubah sesuatu di tahun 2011, hmm, nggak tahu sih, tapi mungkin aku akan mengubah tiga bulan terakhir dari tahun 2011 ini menjadi “lebih berwarna” deh daripada apa yang nampak di atas. Yah, anyway, aku bersyukur atas tahun 2011 ini dan aku nggak sabar untuk segera memulai tahun 2012!!🙂

26 thoughts on “#1011 – 2011 in Review!

  1. waaaa.. tahun ini banyak jalan2nya yaa? bahagianyaaa.. *iri mode-on*
    btw, kemarin trip ke luxemborg, paris, jerman itu naik kereta ya? Rencananya sih tahun pingin road trip keliling beberapa negara, jadi nanti aku boleh nanya2 yaaaa…😀

    1. Iya, tahun ini lumayan banyak, terutama pas summer, hehe. Walau rasanya nggak sebanyak tahun lalu sih (tahun lalu kayaknya memang lebih banyak deh, hahahaha😆😆😆 ). Wah, asyik dong road trip gitu. Aku juga pengen neh tapi belum ada SIM Eropa. Jadi antara harus bikin SIM dulu ato nyari temen yang udah ada SIM buat jadi sopir dulu, wkwkwkw😆 .

      Yup, yang ke Luxembourg, Paris, Jerman, dan Swiss naik kereta. Tapi yang dari Swiss pulangnya naik pesawat sih, soalnya pas dapat tiket easyJet yang harganya lebih murah daripada kereta 12 jam, wahahahaha😆 . Oke, tanya-tanya aja, tapi sejauh yang aku tahu yah😀

  2. waah,., asiknya yang jalan2 *ngiri*
    *bisik2* eh jujur ya kak zilko, tulisannya ga dibaca, mel cuma liat2 fotonya.. penyakit males bewenya masih belum sembuh nih.. tapi gambar2nya sudah banyak bercerita kok😀

    1. hahaha, santai aja Mel😀 Bagus deh gambar-gambarnya bisa bercerita, hehe🙂 Kemarin bingung milihnya nih😀 Soalnya ada beberapa cerita yang tak bisa terwakilkan oleh gambar (soalnya gak ada gambarnya, hahaha😆 )

  3. waw, taman Keukenhof kereeeeeenn Ko.. dhe belum pernah liat taman yang model begituan disini.. tapi yang paling dhe suka itu, foto kamu yang atas yang lagi di Paris. keren dah, menara Eiffel nyaa keren trus pas lagi ada kapal lewat.. two thumbs deh, semoga dhe bisa segera pamer foto pas lagi di Paris.. wakakakakak #ngimpi

    1. Yoi, itu taman terkenal banget di Belanda, dan dia bukanya cuma sewaktu musim semi aja, selain itu tutup, hehe🙂 Isinya memang keren. Taman gede dan banyak bunga-bunganya gitu deh. Dan bunga-bunganya juga diatur sedemikian rupa sehingga jadi terlihat keren. Dan bunga yang paling terkenal disana adalah, tidak lain dan tidak bukan, bunga tulip! Jadi tamannya ya emang Belanda banget gitu deh, mana ada kincir anginnya lagi, wkakakaka😆

      hahaha, iya tuh, pas foto itu kebetulan banget pas ada kapal lewat! hahaha😆 Bisa lah Dhe, percaya saja🙂

  4. Rata-rata aku udah baca deh perjalanannya.. Kecuali yang sebelum di wordpress ini sepertinya.. Wah wah.. baca blog lo jadi pengen banget deh sekali (kali – maunya seh beberapa kali gitu,,, hahaha) ke eropa.. Mudah2an bisa yak >.<😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s