#1004 – Lichtjesavond 2011

ENGLISH

Yesterday, the 14th lichtjesavond was held in Delft centrum. What? What is lichtjesavond? Well, the word speaks for himself actually (but yes, it is in Dutch, hehe :P). Lichtjesavond: lichtjes and avond. ‘Lichtjes‘ is pretty much like “small lights” and ‘avond‘ is “evening”. So, in short, it pretty much means “the evening of small lights”. At this occasion, the centrum (in Delft) is decorated with a lot of decorative lights and other ornaments with Christmasy touch (Christmas because this event is held every December; and what is a better occasion in December other than Christmas? πŸ™‚ ). Some street vendors also open their stalls during this event (usually they only open in the weekend or so). In the main square, they have a big stage in front of the Nieuwe Kerk and a big Christmas tree (probably 6 to 7 meter tall). The Christmas tree is of course also decorated with lights and other ornaments; and they always turn the lights on at 7 PM. Last night, they had this sort of drama performance and an “angel” turned the lights on. On stage, after the Christmas tree has been turned on, an orchestra and choir will perform performing various famous Christmas-themed songs. Yes, Christmas atmosphere is definitely very strong and you can feel that Christmas is only around the corner!! πŸ™‚

Last night was not my first visit to this Lichtjesavond in Delft. I also went there last year. And that was why I was not that “surprised” anymore, hahaha. But it was still a very nice event though. If last year I missed the part where they turned the Christmas tree lights on, I was there this time; even though I had to jostle in a very large crowd, hahaha πŸ™‚ . One more thing, when I was walking around, I was wondering when I saw some people hugged a huge pillar. I mean, what the hell were they doing? And then I realized that it was a “warming pillar” where in it, warm air was being blown so people who touched the pillar would feel warm, hahaha πŸ˜† . Oh, no wonder!

Anyway, here are a few pictures and two videos (about the part of the drama where they turned the lights on the Christmas tree on and the concert) of the event this year:

BAHASA INDONESIA

Kemarin, acara lichtjesavond ke-14 diadakan di centrum-nya Delft. Apa? Apa itu lichtjesavond? Yah, sebenarnya dari namanya sendiri sudah jelas ya artinya apa (tapi memang sih, namanya dalam bahasa Belanda, hehe :P). Lichtjesavond: lichtjes dan avond. ‘Lichtjes‘ artinya kurang lebih “lampu-lampu kecil” dan ‘avond‘ itu artinya “malam” gitu deh. Jadi, pendeknya, artinya adalah “malam lampu-lampu kecil”. Jadi, di acara ini, centrum (di Delft) itu dihias dengan banyak hiasan lampu dan ornamen-ornamen bertemakan Natal gitu deh (temanya Natal karena event ini diadakannya setiap bulan Desember; dan event apa coba yang paling pas untuk mewakili bulan Desember? Jelas Natal kan? πŸ™‚ ). Beberapa pedagang kaki lima membuka kiosnya selama acara ini (biasanya mereka buka cuma pas wiken aja gitu). Di square utamanya Delft, didirikan sebuah panggung gitu di depannya Nieuwe Kerk dan sebuah pohon Natal besar (tingginya sekitar 6 sampai 7 meter gitu kali). Pohon Natal ini tentunya juga dihiasi dengan lampu-lampu dan ornamen khas pohon Natal gitu ya; dan lampunya itu baru dinyalakan pada jam 7 malam. Semalam, ada semacam drama gitu deh dan ceritanya seorang “malaikat” menyalakan lampunya pohon Natal dengan kekuatannya gitu. Di panggungnya, setelah lampu pohon Natalnya dinyalakan, ada orkestra dan koor gitu yang tampil dan memainkan lagu-lagu Natal yang terkenal gitu. Ya, atmosfer Natal memang terasa kental sekali deh, dan memang benar-benar dirasakan bahwa Natal akan segera tiba!! πŸ™‚

Semalam bukanlah kali pertama aku mengunjungi Lichtjesavond di Delft. Aku juga pergi kesanaΒ tahun lalu. Dan itulah mengapa aku nggak “kaget” lagi gitu yah, hahaha. Eh, tapi acara ini memang merupakan acara yang keren banget kok. Kalau tahun lalu aku melewatkan bagian dimana mereka menyalakan lampu pohon Natalnya, semalam aku menontonnya: walau aku harus rela berdesak-desakan di tengah kerumunan banyak orang sih, hahaha :). O iya, ketika aku lagi jalan-jalan gitu kan, aku heran karena aku melihat beberapa orang pada memeluk tiang gitu deh. Aku mikir ini orang ngapain sih rame-rame meluk tiang gitu? Ternyata tiang itu tuh “tiang penghangat”. Jadi di dalam tiangnya itu dialirkan udara hangat sehingga dengan menyentuh permukaan tiang itu, kita bakal merasa hangat gitu deh, hahaha πŸ˜† . Oh, pantas!

Yak, beberapa fotonya aku unggah di atas; juga dua video akan drama penyalaan lampu pohon Natal dan konsernya.

Advertisements

24 thoughts on “#1004 – Lichtjesavond 2011

  1. ellalae says:

    keren… selamat menjelang natal! πŸ˜€

  2. ndutyke says:

    Aeh keren abes. Aku kan penggemar pemandangan lampu-lampu gituuuuu….

  3. Sherly Nie says:

    cakep2 banget lampu2nya!!! πŸ™‚

    • zilko says:

      Yoi, memang jadi bagus deh Delft sewaktu Lichtjesavond πŸ˜€ Apalagi ada alunan musik khas Natalnya gitu, jadi tambah kueren deh, hehehe πŸ™‚

  4. Arman says:

    wah seru yaaa…
    semua yang bernuansa natal pasti menyenangkan… πŸ˜€

  5. oomguru says:

    what a holly x’mas..

    merayakan natal d luar negeri ya bleh ?
    seru donk bleh ?

  6. ~Amela~ says:

    wah warna-warni

    keren2.. cantik bulbnya ;D

  7. olalaaa, keren banget suasananya Zil!! πŸ˜€

    btw, kalau mis di Indonesia ada tiang penghangat, yang ada orang2 pada lari πŸ˜€
    Panas gini cuacanya.

  8. honeylizious says:

    indahnya pemandangan seperti itu…

    suka suka suka πŸ˜€

  9. bebe says:

    kereeeen… banyak lampu.. aku suka lampuuu.. hahaha..

    btw, itu yang tiang pemanas harus gitu dipeluk? atau sebenernya berdiri deket2 situ juga udah anget? lucu liat foto orang yang lagi meluk gitu..

    • zilko says:

      Yoi, lagi perayaan gitu sih jadi banyak lampu deh, hahaha πŸ˜›

      Tergantung sih mau hangatnya gimana. Cuma kalau berdiri doank kayaknya efek hangatnya kerasanya agak lama kali ya. Lebih efektif kalau disentuh gitu deh, hehehe πŸ˜› Kalo dipeluk hangatnya bakal cepat menjalar ke seluruh tubuh gitu kali. Tapi sebenernya tiang itu buat menghangatkan tangan deh kayaknya, bukan seluruh tubuh, jadi harusnya ya yang menyentuh tangan aja gitu deh, hahaha πŸ˜›

      • bebe says:

        hahaha.. makanya dari tadi ngebayangin kalau butuh dipeluk, boo bisa lama kali ya ngantrinya.. πŸ˜› kalo tangan kan bisa rame2…

        btw, udah nyaris sirik liat foto2nya, kirain udah ada salju… ternyata belum… fiuuuh, ga jadi ngiri deh.. πŸ˜›

        • zilko says:

          wahahahaha πŸ˜† Iya tuh, kalo dipeluk ngantrinya bisa lama banget kali ya, wkwkwkw πŸ˜† Mungkin pada ogah juga ngantri kali, haha πŸ˜›

          Iya, belum salju nih. Eh, tapi menurut ramalan cuaca besok ber-SALJU loh! Tapi nyebelinnya saljunya turun bareng hujan gitu deh, mana hujannya deras lagi, cape de…

  10. niee says:

    Waahhh acara seru zil.. Cantik banget gt lampunya..

  11. […] toΒ the lichtjesavond in 2010 (because it was my first December in Delft) and also the next year in 2011. However, for some reasons, I skipped it in 2012 (I think it was because I had a plan to go to […]

  12. […] went to the event in 2010 and 2011, skipped it in 2012 (due to a trip to Antwerp) and 2013 (due to busyness), and went back […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s