Posted in Life in Holland, The Past, Zilko's Life

#1003 – First Encounter With Snow

ENGLISH

As I promised before, now I would like to share a bit of my first encounter with snow.

Late November 2010

That time, I was sitting in front of my computer in my office in campus. Just like usual, I idly checked the weather forecast. And this time, the weather forecast for the next day would be: SNOWING!!!  I immediately reacted by yelling: “yes!!” Finally, for the first time in my life, I would encounter a snowing day firsthand!!! It was really exciting. At that time, after I reacted too much like that, my officemates turned their heads on me and gave me this curious look. They asked me why did I suddenly yell “yes” like that and I explained to them about the snow. Hearing my answer, instead of understanding the answer I told them, they seemed to become even more confused and said: “and so?” Well, then of course I told them that it would be my very first encounter with snow as there was no snow in Indonesia except in Puncak Jaya.

What I observe is, the ones who seem to be excited with snow are ones who have never, or seldom, had encounters with snow (just like me😳 ). While they who are used to snow, instead of being happy, would feel unhappy when the weather forecast predicts that snow will fall. Come to think about it, they are quite right. There are a lot more things to do (and precaution about) when snow is falling. Aside from having to wear more and thicker clothes, snow can also cause more problems. One of many is the very slippery road. Well, isn’t also slippery when it rains? Well, no! In an ordinary rainy day, the water would go into the drain or sewer and so the road becomes wet, but not slippery. When it snows, after some time, the snow would melt (because it becomes “warm” as the snow is piling). However, because the temperature is cold (which causes snow to be formed in the first place anyway), that formed water freezes back. Now, here comes the problem. Instead of freezing back to snow, this water forms a layer of ice (called black ice)! And this black ice is the cause of the slippery road!

Anyway, so, there came the next day. After studying all day long in my campus, I went back home at around 7 PM or so. At that time, it had been snowing for quite some time and so the scene around was already whitey. Cool!!  Of course I took some pictures, huahahaha😆 . It was quite a joyous moment to finally touch the real snow with these hands!😀 Finally!!! Also, at that time, there was an invitation to play snowball fight, but I could not join them. I forgot why. Ah, I think it would have also been superb had I joined that snowball fight!!

Several days later, I got a news that one of my friends, Diana, got an accident. She fell from her bike because her bike skidded because of the slippery road because of the snow. Her ankle broke and she had to have total rest in her apartment. Hence, some friends and I decided to visit her and brought her some cooking. Well, it was also snowing during that visiting day. And the snow was falling from the sky just like rain. It was so awesome that on the way to Diana’s place, in one crossing, I stopped for a while to video that, huahahaha😆 You can see the video below. Ah, and also, I was walking to get to Diana’s place. Well, at that time, I was going to her place with a friend of mine. Well, learning from what happened to Diana, my friend was a bit reluctant to bike there and so he proposed to walk instead. So, we walked…

There was also a funny story that day. After I visited Diana, my friend and I went back home. To get back home, because we were not in the mood to walk all the way back, we planned to catch a bus. Well, the bus stop was in the main road and it was quite far from the apartment’s entrance. At that time, I saw a short cut nearby which looked like an empty yard with piles of snow on it. So, my friend and I decided to take this short cut and walked there to get to the bus stop, until we realized something … .  .Why on earth were there ducks SWIMMING on the “yard”! Our mind suddenly realized that that “yard” was not “yard”, but it was A POND WITH FROZEN SURFACE instead and we were standing on top of that!!  We immediately ran back to the side for our lives of the pond before the ice surface broke!! Lucky at that time the ice layer was thick and strong enough to sustain our weights!! Had it been thinner and I innocently walked on top of it … .

A snowy day in TU Delft in 2010. The snow was falling from the sky at this time.
The "yard". I had a point there, see?? It did look like a normal yard!!😯

BAHASA INDONESIA

Seperti yang aku janjikan sebelumnya, sekarang aku ingin menceritakan sedikit mengenai pengalaman pertamaku dengan salju.

Akhir November 2010

Waktu itu aku sedang duduk di depan layar komputer di kantorku di kampus. Seperti biasa, aku iseng mengecek ramalan cuaca. Dan waktu itu, ramalan cuaca meramal bahwa cuaca keesokan harinya adalah: BERSALJU!!! Sontak aku langsung bereaksi dengan berteriak: “yes!!” Akhirnya, untuk pertama kali dalam hidupku, aku akan mengalami yang namanya hari bersalju!! Exciting banget dong tentunya. Pada saat itu, setelah aku bereaksi berlebihan seperti itu, teman-teman sekantorku di kampus langsung menoleh ke arahku dan melihatku dengan pandangan sedikit heran. Mereka bertanya kenapa kok aku tiba-tiba berteriak “yes” seperti itu dan aku jawab saja mengenai salju ini. Nah, mendengar jawabanku ini, bukannya paham, mereka malah tambah heran dan malah berkata: “trus kenapa?” Ya terus aku ceritakan dong ya kalau aku kan belum pernah mengalami yang namanya hari bersalju secara kan nggak ada salju gitu di Indonesia kecuali di Puncak Jaya sana.

Yang aku amati ya, sepertinya sih yang excited dengan turunnya salju itu hanya mereka-mereka yang belum pernah atau jarang mengalami yang namanya hari bersalju gitu deh (seperti aku gitu😳 ). Sementara mereka-mereka yang sudah biasa mengalami hari bersalju justru malah merasa berat hati dan nggak senang gitu ketika ramalan cuaca meramal bahwa salju akan turun. Kalau dipikir-pikir ya benar juga sih. Semuanya jadi lebih repot gitu kalau salju turun. Selain harus memakai pakaian yang lebih tebal, salju memang bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satunya, jalanan menjadi licin gitu kalau bersalju. Lah, memang kalau hujan enggak apa? Wah, beda! Kalau hujan biasa, airnya bakal masuk got dan saluran air sehingga jalanan hanya menjadi basah tapi nggak licin. Nah, kalau bersalju, setelah beberapa waktu, butiran salju akan mencair (kan jadi hangat gitu karena tertimbun butiran-butiran salju lainnya). Tapi, cuaca kan sedang dingin tuh (yang membuat bisa bersalju in the first place kan), sehingga air yang terbentuk tadi akhirnya membeku deh. Nah, airnya ini membekunya bukan jadi salju lagi, tapi jadi lapisan es (dikenal dengan nama black ice)! Nah, lapisan es inilah yang membuat jalanan menjadi licin!

Anyway, keesokan harinya pun tiba. Setelah seharian belajar di kampus, aku pulang sekitar jam 7 malam. Waktu itu, salju sudah turun beberapa lama sehingga suasana sekitar kampus sudah putih-putih gitu. Kerenn!!!!!  Tentu dong aku foto-foto, huahahaha😆 . Senang deh rasanya akhirnya bisa merasakan yang namanya menyentuh salju memakai tangan ini secara langsung!😀 Akhirnya!!! Sebenarnya waktu itu juga ada ajakan buat main snowball fight (perang bola salju) sih, tapi aku nggak bisa ikut. Lupa deh penyebabnya apa. Ah, padahal kayaknya asyik ya kalau ikutan perang bola salju!!

Beberapa hari kemudian, aku mendapat berita bahwa seorang temanku, Diana, baru saja kecelakaan. Ia terjatuh dari sepedanya karena sepedanya selip karena jalanan yang licin karena salju. Pergelangan kakinya patah dan ia harus istirahat total di apartemennya gitu. Aku dan beberapa teman kemudian berencana menjenguknya sambil membawa beberapa masakan kami. Nah, waktu menjenguk itu hari juga sedang bersalju gitu. Dan saljunya lagi turun kayak hujan gitu loh. Keren deh pokoknya! Sampai-sampai,  di perjalanan ke tempatnya Diana, aku , di satu perempatan aku berhenti sebentar buat nge-video, huahahaha😆 Video-nya bisa dilihat di atas. Oh iya, aku berjalan kaki waktu ke tempat temanku itu. Jadi ceritanya aku berangkat ke tempat temanku dengan seorang teman gitu. Nah, belajar dari pengalamannya Diana itu, temanku ini agak was-was untuk naik sepeda. Jadi dia ngajakin jalan kaki aja. Ya udah deh…

Ada cerita lucu juga hari itu. Setelah acara menjenguknya selesai, aku pulang kan. Untuk pulang, berhubung malas jalan kaki, aku dan temanku berencana naik bus. Nah, halte busnya ada di dekat jalan raya dan rutenya agak memutar gitu dari pintu apartemennya Diana.  Waktu itu, aku melihat ada shortcut gitu deh berupa lapangan kosong yang tertimbun salju untuk pergi ke halte bus itu. Ya udah aku dan temanku memutuskan untuk mengambil shortcut itu dan berjalan disana, sampai kami menyadari sesuatu … . Kok di shortcut berupa “lapangan” itu ada bebek yang BERENANG gitu ya! Otak kami segera menyadari bahwa “lapangan” itu bukanlah “lapangan”, tapi KOLAM YANG PERMUKAANNYA MEMBEKU dan kami sedang berdiri di atasnya!! Gyaaaaa!!!  Langsung deh kami buru-buru berlari ke pinggir kolam menyelamatkan nyawa sebelum permukaan es-nya pecah!! Untung banget tuh esnya cukup tebal dan kuat sehingga nggak pecah ketika kami berdiri di atasnya!! Amit-amit deh andaikata lapisan esnya tipis dan aku lalu dengan innocent-nya berjalan di atasnya…

24 thoughts on “#1003 – First Encounter With Snow

  1. Waaahh zil.. beruntung banget tuh gak pecah esnya.. ntar ceritanya kayak harry potter ngambilin pedangnua grifindor.. hehehe..

    Uuhh videonya keren banget.. lo masih biasa gt yak.. klo aku pasti udah norak abis guling2.. di saljunya.. hahaa..

    1. hahaha, yoi, untung banget esnya nggak pecah, haha😀 Kalo pecah, wah, gak kebayang deh. Apalagi kalau kolamnya itu kayak danaunya yang di Hogwarts gitu ya. wkakakakaka😆

      Haha, gengsi dong Nie kalau guling-guling di salju gitu, huahahaha😆 . Tapi sebenernya bisa kali ya “disamarkan” gitu. Misalnya dengan main seluncuran salju, trus pura-pura jatuh, kan jadi guling-guling gitu deh *apaseh*, hahaha😆

  2. gua belum punya pengalaman ama salju nih. kayaknya kudu diniatin nih taun depan kalo emma udah gedean kudu ke tempat bersalju. hahaha. (padahal dari sini tinggal nyetir 2 jam ada banyak daerah bersaljut).😀

  3. Aaaahhhhh…gue pengen lihat salju!
    Bukan lihat di TV, tapi secara real, huhuhuh…
    Tapi kapan ya? *tuing*😆
    Btw, musim salju banyak yang suka, tapi banyak pula yang sebel.
    Soalnya ya gitu, suka bikin kemacetan dan kecelakaan😀

    1. Salju keren loh, hehe🙂 Iya sih, banyak yang sebal juga kok, terutama mereka yang sudah biasa dengan salju, hehe😛 Selain kemacetan dan kecelakaan, bikin lebih repot juga😀 Kalau di negara-negara dingin kayak Kanada gitu katanya kalau bersalju semalaman bisa numpuk banyak tuh saljunya dan harus diserok gitu deh. Capek dong ya, hahaha

    1. Udah keburu panik duluan dan segera berlari ke pinggir kolam tuh, hehehe🙂 Soalnya pas berdiri itu juga ada suara ‘kretek-kretek’ gitu di esnya itu. Awalnya kirain itu cuma salju biasa soalnya kalau jalan di atas salju gitu juga sering ada bunyi seperti itu. Begitu menyadari itu kolam, udah deh, menyelamatkan diri dulu, hehehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s