Posted in General Life, Zilko's Life

#981 – My Not So Blue Monday

ENGLISH

My Monday began with my routinity every Monday (for the past few weeks): watching the newest episode of The Amazing Race season 19, hahaha😀. This season is getting better and better!🙂 Then, because my fridge was already super ‘dry’ (I mean, it was almost empty, huahahaha😆 ), after brunch and shower I went to the supermarket in the centrum. My plan was also to send my application form for the Public Ballot for Wimbledon to London, because there is a post office in the supermarket.

After I finished my grocery-shopping (btw, why haven’t they given away discounts on meat lately? It has been like two weeks since they last did😦 ), I went back home. Back in my apartment, I just realized that I forgot to drop by at the post office!😳 Thus, that application form was still sitting nicely in my bag! Well, and so, after unpacking, I biked back to the supermarket to mail the form. Btw, as an illustration, the distance between my apartment and the centrum is around 1.5 km. Well, I had no other choice other than going back to the centrum right away at that time. According to my schedule today, I would spend the day starting from noon to like 7 PM in my campus to work on a project, then I would go home to cook and have dinner, then interneting for a while, and I would go to bed quite early as I will have an early class tomorrow morning. It means that there would be no time for me later on today to mail the letter *yes, I was busy😎 *

So, I went back and forth to the centrum twice consecutively today. It was okay though, I could view it as my exercise today, huahahaha😆 . Btw, when I was talking with that lady in the post office, I (proudly) used Dutch (without asking her to speak English), well, even though from my part I just said like the super basic things like “Ja“, “Oke“, “Ja, poststandaard” , huahahaha😆 . But it was okay though as I understood what she said. Ah, a good “warm-up” for my Dutch course that will start next week.

The rest of the day? Well, everything just went on as planned above. That was it.

Oh, also, today is my payday. Yup, my first paycheck in the Netherlands (well, my scholarship money is not counted of course. If it was, then I have gotten one since last year, huahaha😆 ). Oh, to clarify, this paycheck is my salary from my part-time job that I have been doing for the past one month. Well, of course it is not ethical to state the number I earn here, hahaha😛. But what I can say is that it is not bad (of course). As a result, the rate of increase in my savings just went higher, huahaha😆

Anyway, there are a few “cuts” in salary in the Netherlands: they are for tax, healthcare act, and also pension😯 . Yup, apparently I already have my pension fund, huahaha😆. And all of them are obliged by the government. So, there is a law regulating that. One thing that is also obliged is the health insurance, because everyone who lives in the Netherlands should have (at least) one health insurance. Well, but they (the cuts) do not matter anyway. In the end, I will also benefit from all these “cuts”. The tax goes to where it belongs (not getting astray to someone else’s pocket :P) and will really be used by the government for the public; the pension and health insurance, well, I will be the one who benefits from them anyway, right? Hence, if I need to have health treatment or some sort of things (but still, please not :P), it will be free.

Well, that is the story of my Monday today…

BAHASA INDONESIA

Hari Seninku dimulai dengan rutinitas biasa setiap hari Senin (beberapa minggu belakangan ini): nonton streaming-nya The Amazing Race musim 19, hahaha😀. Makin kesini musim ini semakin seru deh!🙂 Lalu, karena kulkas di apartemen saya sudah lapar sekali *minta diisi maksudnya, alias udah nyaris kosong, huahahaha😆 *, jadilah setelah sarapan dan mandi aku pergi ke supermarket di centrum. Rencananya sih sekalian mengirimkan formulir aplikasi buat Undian (Ballot)-nya Wimbledon ke London gitu soalnya ada kantor pos gitu deh di supermarket.

Setelah belanja beres (btw, daging di supermarket koq lagi nggak diskon sih? Udah dua mingguan ini nih nggak nemu yang diskon😦 ), aku pulang. Sampai di apartemen, baru sadar kalau aku lupa mampir di kantor posnya!😳 Jadilah tuh surat berisi formulir aplikasi masih nangkring dengan santainya di tasku! Ya udah, setelah unpacking, aku balik lagi ke supermarket buat ngirim suratnya. Sekedar gambaran, jarak dari apartemenku ke centrum itu sekitar 1,5 km gitu deh. Wah, niat amat bolak-balik langsung ke centrum? Ya habis gimana lagi ya, menurut schedule-ku hari ini, aku akan menghabiskan waktu dari siang sampai sekitar jam 7 malam di kampus buat ngerjain proyek, kemudian pulang buat masak dan makan malam, lalu internetan bentar dan tidur awal soalnya besok ada kelas pagi. Artinya, nggak ada waktu kosong deh di siang sampai malam hari buat ngirim surat itu. *sibuk saya😎 *.

Ya udah, jadilah aku bolak-balik ke centrum 2x dalam waktu berturutan hari ini. Nggak papa sih, hitung-hitung olahraga buat hari ini, huahahaha😆 . Btw, bangga ah, waktu ngomong sama mbak-nya di kantor pos, aku pakai bahasa Belanda loh (tanpa minta dia untuk ngomong bahasa Inggris), walau akunya cuma ngomong yang dasar-dasar kayak “Ja“, “Oke“, “Ja, poststandaard” gitu aja sih, huahahaha😆 . Tapi setidaknya lumayan ngerti apa yang dia katakan. Ah, bagus deh untuk “pemanasan” les bahasa Belanda yang akan dimulai minggu depan.

The rest of the day? Well, semuanya mengikuti rencana yang aku tuliskan di atas. Begitulah.

Oh iya, jadi, ceritanya hari ini aku juga gajian. Yup, gajian untuk pertama kalinya selama tinggal di Belanda ini (uang beasiswa nggak dihitung gaji dong ya. Kalo dihitung sih berarti udah dari tahun lalu deh, huahaha😆 ). Oh iya, jadi gaji ini adalah gaji dari pekerjaan paruh waktu yang aku lakukan mulai sebulan belakangan ini. Tentang besarnya berapa, nggak etis lah ya kalau ditulis disini, hahaha😛 . Yang jelas sih lumayan banget lah buat tambah-tambah gitu. Alhasil, laju pertambahan uang di tabunganku jadi semakin cepat deh, huahaha😆

Anyway, gajian di Belanda itu (lumayan) banyak potongannya loh ternyata: potongan pajak, potongan biaya dana kesehatan masyarakat, dan potongan tabungan pensiun😯 . Ya, saya sudah punya tabungan pensiun ternyata, huahaha😆 . Dan semua ini tuh diwajibkan oleh pemerintah loh. Jadi ada aturannya gitu. Satu lagi yang diwajibkan adalah asuransi kesehatan, secara setiap orang yang tinggal di Belanda harus memiliki (minimal) satu asuransi kesehatan. Ah, tapi nggak papa sih, toh akhirnya semua (potongan) ini juga aku juga yang menikmati. Pajak yang dibayar tersalurkan ke tempat yang benar (nggak nyasar ke kantongnya orang lain gitu maksudnya :P) dan benar-benar digunakan negara untuk kepentingan umum; adanya tabungan pensiun dan asuransi kesehatan toh aku sendiri yang menikmatinya secara langsung. Jadinya (amit-amit) kalau butuh berobat juga gratis gitu.

Ya, begitulah cerita hari Seninku kali ini…

22 thoughts on “#981 – My Not So Blue Monday

  1. iyaa setuju sama om Arman, harusnya untuk makan-makan lho Ko gaji pertama tu.. kapan nraktir dhe?? hahahahaha😛

    eh ntar kalo udah les bahasa belanda, kapan2 diposting dong tentang bahasa belanda.. berbagi ilmu, siapa tahu kan ada sobat blogger yang pengen tahu dan kenal bahasa belanda *termasuk dhe”, hehe

    1. Iya, aku juga kaget koq Lung, haha😛 Ada di suratnya tuh kapan hari.

      Engga lah. Setahuku sih kalau misalnya nanti meninggalkan Belanda, tabungan pensiun ini bisa di-klaim koq, trus kita dapat tunainya gitu, hmmm

  2. Daging lagi susah mas bro, sapinya pada ngamuk gak mau disembelih makanya mahal gak ada diskon, wkwkwkw….😆
    Niat amat ya bolak balik gitu😀
    Tapi semoga menang undiannya deh😀
    Yang gajian traktir2 dong😛

  3. iyah bener tuh. harus di biaskan bicara bahasa benlanda nya. entr tinggal cari pacar belanda aja. trus bisa bicara terus. hihhihi. asiikkkk gajian. mau mau makan makan

    1. Iya sih, sebenarnya kuncinya tinggal di sering-sering praktek (omong) bahasa Belanda aja yah. Cuma gimana ya, habis disini orang-orangnya pada jago bahasa Inggris sih, jadi nggak ada “paksaan” buat omong bahasa Belanda gitu deh di kehidupan sehari-hari, haha😛

      Hahaha😆 Bener juga tuh sarannya, jadi cepet lancar ya😛

  4. udah mau puyeng duluan baca inggrisnya.. untuk ga langsung kabur, drag ke bawah nemu terjemahannya..😀
    Gaji saya juga banyak potongannya mas.. potongan pajak, pensiun, askes, sama dharmawanita..

  5. Awwww curhatan ttg harga daging yg gak di diskon itu curhatan ratu eh raja dapur banget deh! Wkwkwwk…. Terharu aku melihatmu, ko. Rasanya kayak baru kemaren km lulus SMA, eh skrg udah masak2 sendiri di negeri orang…..

    1. yoi, banyak potongan tapi kita juga nggak terlalu ribet bayarnya. Eh, tapi mungkin dimana-mana kalo di perusahaan gede juga gitu kali ya, nggak masalah, udah diurusin, hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s