Posted in Life in the Netherlands, Rubric

#976 – Life in the Netherlands (1)

ENGLISH

Okay, the title of this blog is about my life and currently I am living in the Netherlands. However, so far as I recall, I have not written down a dedicated entry just for a general life in the Netherlands, maybe? And so I decide to start a sequence of entries about the (more) general life here in the Netherlands. Well, the continuity of these entries will rely heavily on my (future) mood though (huahaha๐Ÿ˜† ). But since now I kinda have the mood to write the first one (out of (still) unknown), so here we go

Wind

Well, you know, I have written over and over and over about the weather in Holland. And perhaps, one characteristic that I already mentioned is the wind. Btw, have I mentioned this before? I don’t remember honestly (haha :P), but just in case if I haven’t, so let me mention it now: one characteristic of Holland’s weather is the “wind”. Yes, “THE” wind. The Dutch wind is (normally) very strong AND cold! When you are out and the wind is blowing, you can feel the cold slipping through your clothes and breeze through your skin. The thing is, sometimes the weather itself has already been quite cold and hence cold wind blowing towards you is definitely not helping at all, especially during the winter, haha. Okay, you know I don’t really mind the cold, but there is a second characteristic of Dutch wind that I mentioned above: it is (normally) strong!

Well, to describe the “strength” of the wind, I choose to use a media (well, now I am confused whether I am currently writing an entry or actually giving a lecture here. Why do I act like I am giving a lecture by saying “use a media”? huahaha๐Ÿ˜† ). Anyway, so I found this video on Youtube taken at TU Delft (yes, my campus) in the EWI building (my faculty’s and office’s building) like some years ago which pretty much illustrates the “strength” of a typical windy day in Holland to the viewers. So, please enjoy:

Well, in case you didn’t notice, go to minute 1:38 and you can see that one can actually FLYย (literally flying) by making use of the freaking wind!!๐Ÿ˜ฏ Btw, this video was mainly filmed near EWI building. And since my main activity in the campus is centralized around that building, and so I PASS this place like EVERYDAY!! hahaha๐Ÿ™‚ So you know how strong I am now with the wind๐Ÿ˜Ž .

I still remember though, during my first week in the Netherlands, I was kinda shocked with the wind and when I arrived at home safely, I literally thanked God for still being alive at that point, huahaha๐Ÿ˜† . Also, that day I was buying a set of drying rack from the centrum and I walked back home. That day, the wind was blowing quite strong and because I was bringing a wrapped drying rack, I became an “easy target” for the wind and the rack almost flew away from my hand. The crazy thing was that the rack almost hit a biker when it flew away!๐Ÿ˜ฏ Lucky I managed to get it back on time! Otherwise there would have been an incident! haha๐Ÿ˜›

P.S : yes, it IS THAT hard to walk against the wind, just as depicted in the video. It IS REAL!!๐Ÿ˜€

Btw, but now, somehow, I can enjoy the strong wind! I mean, it feels like that is a free adrenaline ride (like the one in a theme park), and it is a natural one, haha. So, I am now not complaining at all, hehe.

De Brug Was Open

This phenomenon is another thing that is very unusual in (most part of) Indonesia. De brug was open, or translated as “the bridge was opened”. You know, there are a lot of canals in the Netherlands, and (most of) those canals are actually used as mean of transportation, with ships of course. Well, a lot of canals also implies a lot of bridges. And when big ships pass by, those bridges are “opened” (lifted or rotated) to give more space for the ships to safely pass through the bridges. Well, the event is very similar with like when trains pass by in Indonesia (or in other parts of the world I suppose) in the train crossings with no tunnel or flyover. So, this kind of scenery is quite common here:

p.s : And some said that this (de brug was open) is frequently used by students in the Netherlands as their excuses for being late to a class, haha. Reputedly, this is the second most popular excuse after “m’n fiets is kapot”ย (my bike is broken), haha.

A lifted bridge in Delft. A (big) ship was passing...

BAHASA INDONESIA

Oke, judul blog ini kan tentang hidupku ya dan sekarang kan ceritanya aku tinggal di Belanda nih. Tapi koq sejauh yang aku ingat, aku belum pernah ya nulis satu posting khusus buat tentang kehidupan yang lebih umum gitu di Belanda, iya nggak sih? Makanya deh aku memutuskan untuk memulai rangkaian posting tentang kehidupan yang (lebih) umum deh di Belanda ini. Ya, nasib kelanjutan rangkaian posting ini memang akan sangat tergantung mood penulis (alias saya) di masa yang akan datang nanti sih (huahaha, apaseh๐Ÿ˜† ). Tapi karena sekarang aku lagi ada mood buat nulis, makanya deh aku nulis yang pertama (dari berapa yang masih belum diketahui jumlahnya). Udah ah, mulai aja ya

Angin

Ya ya, tahu lah, aku sering banget nulis tentang cuaca di Belanda disini. Dan mungkin, satu karakteristik yang pernah aku sebutkan adalah anginnya. Eh, aku sudah nyebutin ini belum sih? Nggak inget deh aku (haha :P), tapi kalo belum, ya udah deh aku sebutin sekarang aja: satu karakteristik cuaca di Belanda itu ya “anginnya”. Ya, angin”NYA” itu. Angin Belanda itu (seringnya) kenceng banget DAN dingin loh! Jadinya ya kalo pas kita berada di luar trus angin bertiup gitu, kerasa deh dinginnya itu merambat masuk melewati pori-pori pakaian dan menyentuh kulit kita (apaseh). Masalahnya adalah, kadang cuacanya sendiri tuh kan udah dingin gitu ya, makanya angin yang dingin ya nggak membantu deh (nggak bikin hangat gitu maksudnya (iyalah :P)), apalagi sewaktu musim dingin, haha. Oke, tahu dongย aku sangat nggak masalah sama yang namanya dingin, tapi masih ada karakteristik kedua dari angin di Belanda yang aku sebutkan di atas kan: anginnya itu (seringnya) kenceng!

Ya, untuk mendeskripsikan seberapa “kenceng” angin itu, aku memilih menggunakan media aja (halah, ini posting apa lagi ngasih kuliah sih? Pakai media-mediaan segala, huahaha๐Ÿ˜† ). Jadi ceritanya aku menemukan satu video di Youtube yang diambil di TU Delft (ya, kampusku) di Gedung EWI (gedung di kampus tempat fakultas dan kantorku berada) beberapa tahun yang lalu yang menggambarkan cukup baik bagaimanakah kecangnya angin di Belanda di tipikal hari berangin di Belanda. Jadi, mari kita tonton:

Yah, siapa tahu pada nggak memperhatikan, coba deh klik menit 1:38 tuh, dan pasti pada lihat bahwa seseorang itu sebenarnya bisa BENERAN TERBANGย (terbang dalam arti sebenarnya) dengan memanfaatkan anginnya!!๐Ÿ˜ฏ Btw, video ini direkamnya di dekat gedung EWI ya. Dan karena aktivitasku di kampus tersentralisir di sekitar gedung ini, makanya aku MELEWATI area yang direkam ini SETIAP HARI!! hahaha๐Ÿ™‚ Jadi bisa tahu deh seberapa kuat saya sekarang dalam melawan angin๐Ÿ˜Ž .

Aku masih ingat deh, di minggu pertamaku di Belanda, aku kaget sekali dengan kencangnya angin disini dan ketika aku tiba di rumah dengan selamat, aku benar-benar bersyukur kepada Tuhan YME bahwa aku masih hidup pada saat itu, huahaha๐Ÿ˜† . Juga, kan pas hari itu aku baru aja beli satu set rak jemuran gitu ya di centrumย dan pulangnya aku jalan kaki. Hari itu, pas anginnya juga lagi kencang tuh dan karena aku lagi membawa satu set rak jemuran yang masih utuh (dibungkus), aku jadi target empuk deh oleh anginnya, dan raknya hampir terbang dan lepas dari tanganku lho! Gilanya, sewaktu raknya nyaris terbang itu, raknya nyaris memukul orang lewat yang lagi sepedaan loh!๐Ÿ˜ฏ Untung banget aku berhasil menjinakkan (halah) rak yang nyaris terbang dengan liar tersebut! Kalo enggak udah jadi insiden deh itu! haha๐Ÿ˜›

P.S : ya, memang sesulit itu loh jalan melawan angin yang kenceng, seperti yang digambarkan di video di atas. Ya, video di atas itu BENERAN!!๐Ÿ˜€

Eh, tapi sekarang ya, entah kenapa, aku bisa menikmati loh pas angin kencang gitu. Rasanya kayak ada mainan gratis aja gitu, haha. Makanya aku nggak komplain deh, hehe.

De Brug Was Open

Nah, fenomena ini yang aku rasa sangat langka terjadi di (hampir semua bagian) Indonesia. De brug was open, atau terjemahannya “jembatannya dibuka”. Tahulah, di Belanda itu ada banyak banget kanal, dan (kebanyakan) kanal-kanal itu dipakai sebagai sarana transportasi, dengan kapal lah ya tentunya (masa iya gitu pake truk??๐Ÿ™„ ). Karena ada banyak kanal, tentu juga ada banyak jembatan deh. Nah, kalau ada kapal besar yang lewat, jembatannya “dibuka” gitu (diangkat atau diputer) supaya kapalnya bisa dengan bebasnya lewat. Nah, kejadian seperti ini tuh kira-kira mirip lah sama kalau ada kereta yang mau lewat di Indonesia di persimpangan dengan rel yang nggak pakai terowongan atau jembatan. Jadi ada palangnya yang ditutup dan bunyi-bunyian gitu ketika ada kapal mau lewat, lalu jembatannya diangkat deh. Jadi, pemandangan kayak foto di atas itu bukan kejadian langka disini.

p.s : Dan katanya, hal ini (de brug was open), sering dijadikan alasan oleh anak-anak sekolah Belanda kalo telat datang ke kelas loh, haha. Katanya ini alasan terpopuler nomer dua loh (setelah “m’n fiets is kapot”ย (sepeda saya rusak)), haha.

32 thoughts on “#976 – Life in the Netherlands (1)

    1. begitulah angin Belanda, haha. Taun lalu anginnya pernah sampe kecepatan 60 km/jam loh. Temanku yg tinggal di lantai 15 katanya sampe ngerasa apartemennya goyang-goyang gitu kena anginnya, huahaha๐Ÿ˜† . Iya, tapi kan memang dibuat mainan asyik tuh, wahahahaha๐Ÿ˜†

  1. hahahahahaha…
    ngebayangin mbak2 dan ibu2 yg demen pake KAFTAN SYAHRINI dimana itu modelnya kan batwing gitu ya (yg gak tau batwing kayak apa, monggo gugling dw๐Ÿ˜› ). kalo yg mengenakan kaftan tsb berbodi langsing dan berada di Belanda pasti bakalan terbang dengan sakseus deh๐Ÿ˜†

    1. hiahahaha๐Ÿ˜† Barusan googling nih Bu. Awalnya yang keluar malah batwing-nya Batman, wkwkwkw๐Ÿ˜† Iya ya, kalo pake yang gitu bisa jadi beneran terbang dah, hahaha

    1. terbang beneran belum, nyaris (rasanya nyaris ya, gatau nyaris beneran ato kaga, hahaha๐Ÿ˜† ) sih pernah๐Ÿ˜€ Terutama dulu pas baru pertama pindah dan masih kaget kan, hahaha๐Ÿ™‚

      Tapi memang sebenarnya asyik juga koq, bisa dibuat mainan soalnya, haha (asal hati-hati aja tapinya)

  2. Huaah gak kebayang deh kalau gue tinggal di Belanda dengan angin sekencang itu. Udah badan gue kurus kerempeng kayak papan penggilesan, pasti bakal melayang jauh gue :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s