Posted in Thoughts

#973 – When Steve Jobs Passes Away

ENGLISH

These past 20 hours or so, the internet has been buzzed with the news that Steve Jobs passed away. Well, at least it happened in (my) Facebook and Twitter. Two colleagues of mine were shocked this morning in our office when they read this news. It even became “Topic of the Day” in Kompas (an Indonesian news website which is famous for its high quality of writing) today and I already read some posts or articles about this, like, everywhere.

Well, the first thing that came in my mind when I first read this news was: “Who on earth is Steve Jobs??”๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ฏ Yes people, I was NOT familiar with Steve Jobs!! haha๐Ÿ˜› Call me out-of-date or whatever, but that is the truth, I admit it๐Ÿ˜ณ . So I started googling (and wikiing) about this man, and I found out that he was one of the co-founder of Apple. Well, it makes sense why I did not know him since I have never used any of Apple products in my life (except my brother’s laptop when I was in Bandung. But that time I only used his laptop for internet-purpose only and thus, not in a regular basis). Yes, this is a lame excuse, hahaha๐Ÿ˜† . But the good thing is, now I know who Steve Jobs is๐Ÿ˜ณ . Still, it is better late than never, no?

The thing I observe is, when somebody (great), like Steve Jobs, passes away, people start to reminisce the great things that he/she had done in his/her life, like what he/she achieved and his/her ways of thinking. Ironically, I feel that I get to know Steve Jobs better, when he is dead, through the things about him people shared. Hmmm, what an irony. I have to admit that he was such an inspirational figure; not just as a businessman, but as a man himself. I like reading some quotes of him (that I found on Facebook posted by friends mostly) as I find those quotes to be very very wise. And those were not about business at all. So, I agree that we all have lost a great man today (or yesterday). May Steve Jobs rest in peace…

Btw, here are two memorials about him that I found on my Facebook account:

One quote that I like from Steve Jobs.
Steve Jobs' Memorial

BAHASA INDONESIA

Selama sekitar 20an jam belakangan ini, internet dihebohkan dengan berita meninggalnya Steve Jobs. Yah, setidaknya kehebohan ini terjadi di Facebook dan Twitter(ku) sih. Juga, dua rekanku di kantor (kampus) juga shock pagi ini ketika mereka membaca berita ini. Bahkan, peristiwa ini menjadi “Topik Hari Ini” di Kompasย loh tadi, dan aku sudah membaca beberapa posting atau artikel tentangnya, dimana-mana.

Yah, hal pertama yang muncul di pikiranku ketika membaca berita ini adalah: “Sebenarnya siapa sih Steve Jobs itu??”๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ฏ *Gyaaaaaaa!!!*ย Ya saudara-saudara, aku NGGAK familier dengan nama Steve Jobs!! haha๐Ÿ˜› Iya deh, bisa dibilang aku agak ketinggalan berita atau apa pun lah, tapi memang itu kenyataannya, jadi aku akui saja๐Ÿ˜ณ *malu*. Makanya aku kemudian googling (dan wikiing) untuk mencari tahu tentang beliau, dan akhirnya aku kemudian tahu bahwa beliau adalah salah satu pendirinya Apple. Nah, masuk akal sih kenapa aku nggak tahu dirinya soalnya kan aku nggak pernah memakai produknya Apple seumur hidup (kecuali laptopnya adikku ya ketika aku masih di Bandung. Tapi itu pun juga aku pakai cuma untuk internetan aja, jadi ya nggak sering-sering amat lah). *alibi* Yup, ini alasan yang payah, hahaha๐Ÿ˜† . Tapi setidaknya kan sekarang aku tahu siapa Steve Jobs itu kan๐Ÿ˜ณ . Kan masih lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, betul?

Yang aku perhatikan adalah, ketika seseorang (yang hebat), seperti Steve Jobs, meninggal, orang kemudian mulai mengingat kembali kehebatan-kehebatan dirinya semasa hidupnya, misalnya apa yang ia capai dan apa buah pemikirannya. Ironisnya, aku merasa lebih kenal Steve Jobs ini ya saay ini, ketika ia sudah meninggal, melalui tulisan-tulisan tentang dirinya yang orang-orang bagikan. Hmmm, ironis kan. Harus kuakui memang bahwa ia adalah sosok yang sangat inspirasional; nggak hanya sebagai seorang businessman, tapi juga sebagai seorang manusia. Aku suka membaca beberapa kutipan kata-katanya (yang kebanyakan aku temukan di Facebook sih) karena aku merasa kutipan-kutipan itu sangatlah bijak. Dan mereka bukanlah tentang bisnis loh. Jadi, aku setuju bahwa kita telah kehilangan seseorang yang sangat hebat sekarang (atau kemarin maksudnya). Semoga Steve Jobs dapat beristirahat dengan tenang…

Btw, di atas aku taruh duaย memorials tentang Steve Jobs yang aku temukan di Facebook.

28 thoughts on “#973 – When Steve Jobs Passes Away

  1. Suamiku ngefans ama SJ krn selain emg seorang apple fanboy juga kagum dgn presentasi dan speech2nya beliau. sampe pengen beli turtleneck hitam spt yg jadi ciri khas alm. Hehehe….

    1. ho oh. Baca2 katanya speech-nya beliau keren ya Bu? Ada sih yg share link-nya di Facebook, tapi blum sempat nonton nih, hahaha๐Ÿ˜€ Ah, turtleneck. Jadi pengen beli juga soalnya udah mulai dingin nih. Ah, gajadi ah, nanti jadi kayak nerd banget, gyahahaha๐Ÿ˜† *apaseh*

  2. hahaha yang bener lu.. gak tau steve jobs??๐Ÿ˜€
    he’s one of the most genius people in the world!๐Ÿ˜€
    walaupun gua juga bukan pengguna produk apple (karena mahal haha), tapi i admire him so much. dan rasanya sebagian besar orang juga gitu. kemaren di berita2 di tv rame ngomongin steve jobs semua…

    1. Kalo sekarang sih tahu, huahahaha๐Ÿ˜†

      Iya, baca artikel tentangnya, kayaknya dia memang hebat banget yah. Maksudnya dia terkenal bukan cuma karena segi bisnisnya aja gitu.

      Begitulah, begitu meninggal malah semakin terkenal (dan pengagumnya bertambah mungkin). Ironis…

  3. Aku makai produknya juga gak tau wekekkekek baru taunya pas dia meninggal *ikutan malu*

    Td liat di koran sini, quotenya: Being the richest man in the cemetery doesn’t matter to me…Going to bed at night saying we’ve done something wonderful… that’s what matters to me.

  4. Thanks to twitter dan blog yang buat heboh ya zil. kalau gak heboh gak bakalan lo penasaran dan nyari tahu siapa steve jobs itu.. tapi tenang aja.. aku juga baru tahu pas dia mau ngundurin diri di apple beberapa bulan yg lalu kok :p

  5. SAya sendiri juga saat pagi2 kemarin denger dari adik saya bahwa Jobs meninggal, rasanya ada yang hilang dari hati saya (tsaaah).๐Ÿ˜
    Rasanya, saya takut Apple akan mengalami kemunduran setelah ini…๐Ÿ˜ฆ
    SAya tak mau itu terjadi… saya tak mau Window$ kembali merajalela… *lah sekarang kan masih merajalela*

    1. ya, Steve Jobs memang inspirasional sekali ya. Tentang Apple, ya we will see lah, mudah-mudahan mereka memiliki penerus yang sama briliannya dengan beliau๐Ÿ™‚ Btw, kalo urusan komputer, saya sih masih setia dengan Windows, hehe๐Ÿ™‚

  6. dunia kehilangan sosok jenius..

    tapi kalo mau jujur mah di indonesia juga banyak orang yang kaya almarhum oom stip, cuma kebanyakan dari mereka pada kabur ke luar negeri bikos kalo di indonesia merasa tidak dipasilitasi.

    1. Yup, makanya dia hebat dengan sedikit mengalihkan fokus dari komputer ke beberapa gadget elektronik lain (yg nyatanya jadi meledak di pasaran๐Ÿ™‚ ). Ya we will see deh apakah mereka punya penerus yg hebat juga atau tidak๐Ÿ™‚

Leave a Reply

