Posted in General Life, Zilko's Life

#965 – Classes, Debugging, and Wanted Items

ENGLISH

Classes

After more than two months off, (finally) this week all lectures were started in my department. This semester I am only taking one class though, so it is not that many (you think? :P). Well, it is not that I am lazy so that I “only” take one class now; but it is just that I have finished (and passed) ALL classes required for my two year master program in my first year, huahahaha😆 (thanks to my decision to work on this “extra” project). Basically what are left for me are the internship project and my master thesis, which should be done within this second year of my study. However, because I am too dilligent then it means that I have a bit “more time” this semester, I decided to take this one class anyway; just like my original plan. It is better than having nothing to do. Also, it is always nice to enrich myself with something more, no?😛. Plus, I am (still) planning to take the second level of Dutch course in my campus next quarter, hmm. We will see though…

Anyway, so I only have one class this semester. This class will actually be finished in one quarter; and that is why it is like moving in double pace this quarter with two meetings per week. Well, I have no problem with this actually, because I only take one class this semester (how many times have I mentioned this btw??? hahaha :P). The problem is: both of them are held at 8.45 AM in the morning!!!! Yes!! 8.45 AM!!! So early!!! Well, FYI, the earliest class at TU Delft starts at 8.45 AM. Damn, now I know I have to get up early at least twice a week! haha😛.

Damn Debugging

This week, I have been working like crazily on one project due this Sunday. Well, my team partner and I already gave ourselves a bit of a head start though so we did not have to work in such a rush. Anyway, so this project required us to do a bit of programming with MATLAB, which was very fine for me; I like working with MATLAB. About last Monday, we had finished what we thought was approximately 90% of our project. This 10% rest, we had to answer one question but our program gave a very weird and counter-intuitive result.

glossary: counter-intuitive: when the result you observe goes to the opposite direction from what you expect.

We thought there was something wrong; and we checked, checked, checked, and checked; and there seemed to be nothing that was wrong! Super weird!! This made me quite confident with our program btw.

However, three days later, after discussion with some other colleagues, we realized that there was a fatal bug in our program that we missed!😯😡😯 ! Oh My God!! We based our analysis of probably 50% of those 90% that (we thought) we had finished on that program, with that stupid bug! It practically meant we wasted like three days making no progress at all!! Arrrggghhh!!👿👿

But the good news is that now we have fixed it and I am very confident we are still able to meet the deadline! haha. The bottomline: debugging sucks!😛

Many Expenses

Anyway, I have been thinking lately that: why do I have so many things in my mind that I want to buy now? Hmmm. Well, the thing is, next week I am going to Paris (yeaahh!!!😎 ) and so I think I will postpone buying all these stuffs after coming back from Paris though; or at least until I have enough money to buy them, hahaha😆 . So, what are those lucky items that I want to buy? Well, these things are:

(1) Oven. All my cooking utensils now are just stoves in my kitchen; which is quite sad because sometimes I have an idea to cook something that requires oven but since I don’t have any oven I can’t execute it. So, maybe for me an oven is quite necessary. I have been doing some survey around Delft and I already found one oven that meets my criteria (qualitatively and budget-wise).

(2) Tennis Racket. You know, I bought my sports card last week as I plan to enrol in a (free) tennis class in my campus. Well, the thing is, they don’t provide free rackets for students but students can rent them there. I have been thinking that in the end I might end up paying the same amount of money if I just rent everytime I play tennis. Beside, maybe I will play quite more often. Thus, “investing” in a tennis racket might be quite necessary for me. But, it means it is another expenses to make, hmmm…

(3) Smartphone. Okay, this is still tertiary for me now as I think the two items I mentioned above are a bit of more importance for me, now. But once I decide to buy it, it means another expenses, hmmm…

So, anyone wants to give me one of these three items for free?? hahaha😛

BAHASA INDONESIA

Kelas

Nah, setelah libur selama lebih dari dua bulan, (akhirnya) minggu ini kelas-kelas dimulai juga di jurusanku. Semester ini aku cuma ambil satu mata kuliah sih, jadi nggak banyak-banyak amat kan (jah, menurut lo? :P). Yah, bukannya aku malas ya jadi aku “cuma” ambil satu kelas aja; tapi ini karena sebenarnya aku sudah menyelesaikan (dan lulus) SEMUA mata kuliah yang harus aku ambil untuk program S2-ku selama dua tahun di TU Delft di tahun pertamaku, huahahaha😆 (berkat keputusanku untuk mengerjakan proyek “ekstra” ini tuh). Pada dasarnya, yang tinggal kuselesaikan adalah proyek magang dan tesis S2-ku, yang harus aku selesaikan selama tahun keduaku ini. Namun, karena aku kan rajin amat gitu yah itu berarti aku ada “lebih banyak waktu” semester ini, ya udah aku ambil satu kelas ini lagi aja; seperti rencana awalku. Daripada nganggur gitu kan. Kan lumayan memperkaya diri dengan ilmu baru, ya nggak?😛. Plus, aku juga (masih) berencana ambil kelas bahasa Belanda level dua kuarter depan, hmm. Kita lihat saja…

Ngomong-ngomong, jadi kan aku cuma ada satu kelas nih semester ini. Nah, kelas ini bakal selesai dalam satu kuarter (setengah semester) aja, makanya di kuarter ini tuh rasanya seperti gerak cepat dengan kecepatan dua kali lipat gitu; dengan dua pertemuan tiap minggu. Nggak masalah sih, toh aku juga cuma ambil satu kelas aja semester ini (btw, berapa kali sih aku nyebutin ini??? hahaha :P). Masalahnya adalah: dua kelas itu koq diadainnya jam 8.45 pagi ya!!!! Ya!!! Jam 8.45 pagi gitu!!! Pagi amaat!!!!😡 Yah, FYI nih, jam perkuliahan pertama di TU Delft itu mulainya jam 8.45 pagi loh, haha. Sial, jadi aku tahu deh aku harus bangun pagi setidaknya dua kali seminggu deh sekarang! haha😛.

Debugging Sial

Minggu ini, aku sudah bekerja (kayak orang gila) deh di satu proyek yang harus selesai hari Minggu ini. Yah, rekan setimku dan aku mulai mengerjakannya agak awal sih jadi kami nggak harus bekerja terlalu terburu-buru amat gitu. Anyway, jadi di proyek ini tuh kami harus melakukan sedikit programming dengan MATLAB, yang nggak merupakan masalah bagiku; aku kan suka kerja pakai MATLAB. Jadi, ceritanya kira-kira hari Senin kemarin itu kami sudah menyelesaikan apa yang kami kira 90% dari proyek kami. Sisa 10%-nya itu, kami harus menjawab satu pertanyaan. Masalahnya, program kami memberikan hasil yang aneh banget dan counter-intuitive gitu, jadi kan kami nggak yakin.

kosakata: counter-intuitive: ketika hasil yang kamu amati itu bertentangan dengan apa yang kamu kira.

Kami kira ada yang salah gitu; makanya kami lalu ngecek, ngecek, ngecek, dan ngecek lagi; dan sepertinya koq nggak ada yang salah ya! Aneh!!! Ini membuatku agak lebih percaya diri sih sama program itu.

Namun, tiga hari kemudian, setelah berdiskusi dengan beberapa teman lain, kami menyadari bahwa ada bug yang cukup fatal di program yang kami buat itu yang kami lewatkan!😯😡😯 ! Oh My Gawd!! Kami kan udah mendasarkan kira-kira 50% dari 90% kerjaan kami yang (kami rasa) sudah kami selesaikan berdasarkan program itu, yang ternyata ada bug-nya! Ini artinya kami sudah menyia-nyiakan waktu selama sekitar tiga hari sih dan nggak ada progress-nya!!! Arrrggghhh!! Sebal!👿👿

Tapi berita baiknya adalah sekarang kami sudah memperbaikinya dan aku cukup yakin bahwa kami bisa menyelesaikannya sebelum deadline! haha. Intinya: debugging itu menyebalkan ya!😛

Banyak Pengeluaran

Ngomong-ngomong, akhir-akhir ini aku juga jadi mikir: kenapa ya sekarang ada banyak yang ingin aku beli? Hmmm. Yah, yang jelas minggu depan kan aku akan pergi ke Paris tuh (yeaahh!!!😎 ) makanya aku rasa aku baru bisa beli barang-barang ini ya setelah balik dari Paris lah; ato setidaknya sampai tabunganku cukup deh untuk membeli mereka, hahaha😆 . Nah, apakah barang-barang yang beruntung karena pengen aku beli itu? Ya, barang-barang tersebut adalah:

(1) Oven. Peralatan masak di dapurku sekarang cuma kompor tuh; yang agak menyedihkan juga soalnya kan kadang aku ada ide buat masak sesuatu yang membutuhkan oven tapi karena aku nggak punya oven jadi ya idenya tetap berupa ide aja deh. Jadi, mungkin sebuah oven itu penting juga kali yah. Aku sudah survey sedikit sih di sekitar Delft dan aku sudah nemu satu yang cocok kriterianya (secara kualitas maupun secara harga).

(2) Raket Tenis. Tahulah, aku membeli sports card-ku minggu lalu karena aku berencana bergabung di kelas tenis (gratisan) di kampus. Ya masalahnya adalah, mereka nggak meminjamkan raket tenis dengan gratis tuh buat mahasiswa, tapi memang mahasiswa bisa nyewa sih. Cuma kalo dipikir-pikir, mungkin akhirnya jumlah yang aku bayarkan untuk sewa setiap kali main tenis bisa jadi sama kayak kalau aku beli raket tenis kali yah. Apalagi kalau mainnya sering. Makanya, “investasi” di raket tenis mungkin ide yang baik deh buatku. Tapi ini berarti pengeluaran lagi sih, hmmm…

(3) Smartphone. Oke, yang ini masih merupakan sesuatu yang tersier sih buatku karena aku rasa dua barang yang kusebutkan di atas itu lebih penting buatku deh, saat ini. Tapi kalau akhirnya aku memutuskan beli smartphone ini juga, artinya pengeluaran lagi kan, hmmm…

Nah, ada yang mau ngelungsurin ke aku satu dari tiga barang dari atas?? hahaha😛

17 thoughts on “#965 – Classes, Debugging, and Wanted Items

    1. lulusnya masih tahun depan, kan harus tesis dulu. Tesis aja belum mulai nih sekarang, hehehe😛 Sekarang lagi nyelesein urusan-urusan lain semacam proyek-proyek dulu sebagai tugas gitu deh🙂 Sambil bentar lagi mulai magangnya, hahaha😛

      Iya, rasanya tu kayak adaaa aja pengeluaran, hmmm. Apalagi kan kemarin itu juga habis bayar membership sport center, dan segala macamnya…

  1. Abis beli raket tenis, biasanya lantas akan mikir: sepatu perlu beli gak ya, yg tennis shoes gitu? Trs outfitnya gmana? Hmmm…… Tambah banyak deh pengeluaran😆

    1. hahaha, iya ya😛 Kalo baju udah ada sih, dulu beli di Singapore, huahaha😆 *soalnya pas itu nyari modelnya di Indonesia koq nggak ada, trus pas jalan-jalan ke Singapore nemu, wkwkwkw😆 *. Iya tuh, bisa2 butuh sepatu ya, hmmm😛 Ya we will see deh, mudah2an bisa mengatur pengeluaran dengan baik😛

  2. Dirumahku ada oven nganggur zil.. kalau mau boleh loh ambil ke pontianak.. hahhahaha :p

    Asyik neh semesterannya longgar banget.. bisa jalan2 lagi dong😀 moga bisa lulus tepat waktu deh yak🙂

    1. jiahahaha, jauh amat ovennya😛

      Iya, dari segi kuliah sih longgar, tapi aku juga ada jadwal part time ngajar di kampus sih satu semester ini, plus 1 proyek lagi, dan magang, hahaha😛 Amiiiin😛 Thanks doanya

    1. Lulusnya masih tahun depan koq, masih hampir setahun lagi. Kan harus tesis dulu, hahaha😛 Beli oven ya buat masak dong, hehe. Iya, sepertinya setelah lulus masih ingin tinggal disini dulu, hehe😀

  3. setuju, jam 8 itu adalah waktu yang amat pagi untuk kuliah Ko.. hahahahaha, soalnya jadwal kuliah dhe itu dari sore ampe malam dan pagi adalah jadwalnya molor..😀

    btw, mauu dong diajarin bahasa Belanda.. ya ya ya?? ting ting *ngerayu😉

    1. Iya, pagi bangett!!! Dulu pas kuliah S1 sih ada kelas yang mulai jam 7 pagi sih. Tapi beda dong. Sekarang kuliah jam 8.45 artinya mesti bangun jam 7 soalnya kan mau bikin sarapan dulu, hahaha😛

      Eh, tapi kelas kalo kesorean juga kayaknya nggak enak ya, hehehe😛

      Haha, kemampuan bahasa Belandaku sekarang masih dasar-dasar banget koq😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s