Posted in General Life, Zilko's Life

#962 – Birthday Celebration

ENGLISH

You know, last Wednesday was my birthday. Anyway, first of all, thank you so much for all the wishes and prayers that you all have given to me. I truly appreciate it!๐Ÿ™‚ Back to topic, so, in my group in campus, I was not the only one who celebrates birthday last week. My two Romanian friends, Dan and Dana, also had their birthdays last week! Btw, it is kinda “strange” though to know many people who were born at around this date, hahaha๐Ÿ˜›. Anyway, back to topic (again), so the three of us decided to throw a little celebration for our birthdays last Friday. The invitees were just us (our group) and some close friends (of our group).

Well, my apartment was kinda too small to accommodate the celebration (well, there was room though, but it wouldn’t be spacious enough for like 10 people), Dan’s place was in Rotterdam, and we had been too late to book the common room in my apartment (the Redbox) as it had been booked for a party that day. That pretty much left Dana’s place as the only option for us. And so we got it a go.

As (perhaps) expected, I volunteered myself to be the cook for this occasion. I had been thinking about this thing (what I would cook for my birthday) since July, honestly๐Ÿ˜›. And I knew I would cook only three main courses: fried noodle, rendang, and a sweet and sour dish. Yes, three very different dishes to cook! On Friday at around 3 PM, I did the grocery shopping for those courses. I arrived back home at 3.40-ish PM. It left me approximately 2 hour 20 minutes to finish all the dishes; as I planned to go to Dana’s place at 6.30 PM and I still had to prepare myself first also (taking a shower, etc etc).

Suddenly, I felt like I was in a Masterchef‘s kitchen, lol๐Ÿ˜† . I had three meals to finish before 6, and all of them were very different meals! With only two electric stoves in my kitchen, I knew I had to be efficient from the get go. Well, I would say about myself that I am quite a good planner and organizer. And that was why I already had a blue print on what should I do first, which meal first, then what, etc. The most boring and tiring part was, surely, the prep; as I had to cut big loafs of meat down to small pieces (so that we could just eat it right away later, with no need to use knives). And it was quite tiring because those three courses used three different meats: beef, pork, and chicken. See the challenge I put on my own shoulders out there??๐Ÿ˜Ž haha๐Ÿ˜› But somehow, my efficiency worked really well, as I finished every thing sooner than I thought I would. Good news!๐Ÿ™‚

Long story short, so we all arrived at Dana’s place. I chose to cook the sweet and sour sauce there at her place as I did not have the container to bring cooked sweet and sour sauce from my place to hers. And once I was there, I realized that I brought this wrong bottle of vinegar!๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ก Dammit!๐Ÿ‘ฟ So I had two bottles of vinegar: one of them, which I brought, had a problem with the cap that I could not open it. Dana said she had vinegar and I used it. Then, I realized that it was a very different vinegar as the vinegar she had was red (instead of colorless) and I think it was more like European vinegar made from grapes; while what I needed was Asian vinegar made from rice (common vinegar in Indonesia). And the sauce tasted very weird and different, haha. Out of disappointment, somehow, I managed to open my freaking rice vinegar!๐Ÿ˜ฏ Finally!! hahaha๐Ÿ˜†. Then I threw away my sauce and cooked another one from the beginning, and it worked! Phiuhh, I felt so relieved!!

After that, the dinner began. I was so glad that everyone liked my cooking, hahaha:mrgreen:. After the dinner, we talked, kept eating something else (like cake, pancakes), and drank something. Btw, I finally tasted Mojito, haha๐Ÿ˜€ It tasted quite nice though, I liked the lime flavor in it๐Ÿ˜›.

And yup, that is it the story of my small birthday celebration last Friday๐Ÿ˜€

The dinner meals I cooked (the salad was Dana's btw)
My first mojito
It was a fun night guys!๐Ÿ˜€

BAHASA INDONESIA

Tahu kan, Rabu kemarin kanย ulang tahunku. Ngomong-ngomong, pertama-tama, terima kasih ya atas doa dan harapan yang telah disampaikan kepadaku. Sangat aku hargai!๐Ÿ™‚ Kembali ke topik, jadi, di grupku di kampus, bukan aku saja yang merayakan ulang tahun minggu lalu. Dua temanku dari Romania, Dan dan Dana, juga merayakan ulang tahunnya di minggu yang sama! Btw, “aneh” juga ya aku kenal banyak orang yang ulang taahunnya itu di sekitar tanggal-tanggal sekarang loh, hahaha๐Ÿ˜›. Yah, balik ke topik (lagi), jadi kami bertiga memutuskan untuk mengadakan semacam perayaan kecil lah untuk ulang tahun kami hari Jumat lalu. Yang diundang adalah grup kami dan beberapa teman dekat (dari grup kami itu).

Yah, apartemenku kan terlalu kecil ya buat menampung perayaannya (ada sih kalau cuma ruangan aja, tapi nggak akan cukup leluasa lah buat menampung 10an orang), tempatnya Dan ada di Rotterdam, dan sudah agak terlambat bagi kami untuk memakai common room di apartemenku (Redbox) karena sudah terlanjur dipesan untuk sebuah party hari itu. Makanya nggak ada pilihan lain yang tersisa selain memakai tempatnya Dana. Dan itulah yang kami lakukan.

Seperti yang (mungkin) sudah dikira, aku memilih untuk menjadi kokinya buat acara ini. Aku sudah memikirkan hal ini (apa yang ingin kumasak buat ulang tahunku) sejak Juli loh, bener deh๐Ÿ˜›. Dan aku tahu aku akan memasak tiga menu aja: mi goreng, rendang, dan satu menu dengan saus asam manis. Ya, tiga menu yang sangat berbeda! Hari Jumat jam 3 sore, aku belanja deh buat masak tiga menu itu. Aku tiba di rumah jam 3.40an sore. Artinya aku ada waktu sekitar 2 jam 20 menit untuk menyelesaikan semua masakan itu; karena aku berencana pergi ke tempatnya Dana jam 6.30 sore dan kan aku harus siap-siap juga kan (mandi, dll).

Nah, tiba-tiba, aku merasa seperti berada di dapurnyaย Masterchef, lol๐Ÿ˜† . Aku harus memasak tiga masakan yang harus aku selesaikan sebelum jam 6, dan tiga-tiganya itu menu yang sangat berbeda! Dengan hanya dua kompor listrik saja di dapurku, aku tahu aku harus efisien dari awal. Yah, aku bisa bilang bahwa aku adalah seorang perencana yang baik yah. Makanya aku sudah ada bayangan dan rencana deh akan apa yang akan kulakukan duluan, menu apa yang dimasak pertama, lalu apa, dst. Nah, bagian yang paling membosankan dan melelahkan adalah, tentu saja, bagian persiapannya; karena aku harus memotong potongan daging yang besar ke potongan-potongan kecil (jadi nanti ukurannya sudah pas buat dimakan, nggak perlu dipotong lagi pakai pisau). Dan cukup melelahkan juga loh, karena aku harus memasak tiga menu dengan tiga daging yang berbeda: daging sapi, daging babi, dan daging ayam. Nah, terlihat kan tantangan yang kuberikan buat diriku sendiri??๐Ÿ˜Ž haha๐Ÿ˜› Tapi entah bagaimana, efisiensiku bekerja dengan sangat baik loh, karena aku bisa menyelesaikan semuanya lebih cepat dari jangkaan awalku. Bagus deh!๐Ÿ™‚

Singkat cerita, tibalah kami semua di tempatnya Dana. Aku memutuskan untuk memasak saus asam manisnya disana aja karena aku nggak ada tempat buat membawa saus asam manis yang sudah dimasak dari rumah. Dan ketika aku disana, aku baru sadar bahwa aku membawa botol cuka yang salah!๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ก Sial!๐Ÿ‘ฟ Jadi ceritanya aku tuh punya dua botol cuka: salah satunya, yang aku bawa itu, tutupnya bermasalah jadi nggak bisa dibuka. Dana bilang dia sebenarnya ada sih cuka dan aku menggunakannya. Lalu, aku sadar bahwa cukanya dia itu berwarna merah (bukannya bening) dan aku rasa sih cuka yang ini tuh cuka Eropa gitu yang terbuat dari anggur; sementara yang aku butuhkan kan cuka Asia yang terbuat dari beras (kayak cuka yang umum di Indonesia gitu deh). Dan akhirnya sausnya jadi terasa aneh dan berbeda, haha. Nah, lalu, tiba-tiba, tutupnya cuka yang salah kubawa itu bisa terbuka dong!๐Ÿ˜ฏ Akhirnya!! hahaha๐Ÿ˜†. Lalu ya aku membuang saus yang aneh itu dan memasak lagi saus yang baru dari awal, dan berhasil deh! Phiuhh, lega saya!!

Setelahnya, makan malam deh. Lega juga sih mereka semua suka masakan saya, hahaha:mrgreen: . Setelah makan malam itu, ya kami ngobrol-ngobrol aja, makan sesuatu yang lain (kayak kue, pancakes), dan minum. Btw, akhirnya aku merasakan yang namanya Mojitoย loh, haha๐Ÿ˜€ Rasanya enak juga, aku sih suka rasa limun yang ada di dalamnya๐Ÿ˜›.

Yah, begitulah cerita perayaan ulang tahun kecil-kecilan Jumat lalu, hehe๐Ÿ˜€

20 thoughts on “#962 – Birthday Celebration

  1. komen saya gk masuk yaa Ko?? T_T

    otanjoubi omedetou gozaimasu yaaa Zilko.. sorry telat, soalnya udah hampir 1 bulan hiatus gara2 mudik + lebaran makanya susah untuk ngeblog.. sukses terus deh pokoknya untuk hidup kamu, apapun itu.. sayang kamu gk di Palembang, padahal mo dhe traktir lho.. hahahaha #halah

    1. komen? Kayanya nggak masuk nih, hehe๐Ÿ˜› Haha, iya, dimaklumi lah, namanya baru Lebaran kan, hahaha

      Anyway, trims banyak!! hehehe๐Ÿ˜€ Ah, sayang ya, pengen pempek Palembang nih #lho

  2. Keliatannya seru abis!๐Ÿ™‚ Anyway aku paling telat banget deh ya, gefeliciteerd!!!๐Ÿ™‚ Wish you all the best! How lucky you are to have that Delft’s opportunity!

    Ditunggu cerita-cerita yang lain! Kalo kesana, harusnya aku mampir minta kamu masakin ya.. hahahahah!๐Ÿ™‚

    1. hahaha, veel bedankt๐Ÿ˜€

      Yup, ceritanya ditunggu aja (walau kalau melihat jadwal ke depan kayaknya masih bakalan sibuk sama urusan yg berhubungan sama kampus sih, hahaha :P). Haha, semenjak pindah Belanda jadi makin sering masak sendiri nih

Leave a Reply

