Posted in Contemplation, Thoughts

#959 – Turning 23

ENGLISH

So, apparently today is my birthday. Yup, I am getting older by one year today, and I am now officially 23.

Somehow this gets me thinking though; or not, contemplating is the better word to describe it. Well, maybe I am a little bit overreacting here, or overthinking it, or whatever, but I just cannot help it.πŸ˜€

I don’t know, but turning 23 freaks me out a little bit. This feels so different with previous birthdays; well, except for when I was turning 20 as it also freaked me out a little bit because starting from that point I was officially in my 20sπŸ˜›. Turning 23 makes me ask myself: what have I done with my life? What have I accomplished? What have I experienced?

Sometimes, I feel “confused”, you know. Sure, my comparatively short term goal as for now is to finish this master degree I am currently enrolled in on time; and so far I am in a good track on that. But what I mean is the bigger picture. About what I want to do with my life. As a 23 year old man now, maybe I should have started thinking about it. However, sometimes I feel that there are so many different opportunities and doors and paths I can take. And the problem is, I cannot be greedy. I cannot take them all at the same time. I have to choose something. And the “fun” fact is that: I will have to make that kind of decision when I am 23! According to my plan, I should have been graduated from TU Delft by this time next year; which means that by this time next year, I should have figured out what I will do next. Well, I already have some concepts about that though, but still it is not the right time to wirte them hereπŸ˜›.

But in the other hand, a lot of people say that 23 is “the best” age a man can ever have. A 23 year old guy is still young; a positive thing. A 23 year old guy should go around, have some fun, and kick some ass; another positive thing. And probably, actually it is fine and understandable for a 23 year old guy to still be a “confused” in life; a super comforting thing!πŸ™‚

Or you know what, maybe, it is better for me to act up like my age of 23: just enjoy the time.πŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Nah, ternyata hari ini adalah hari ulang tahunku. Yup, aku bertambah tua setahun hari ini, dan sekarang resmilah aku berumur 23 tahun.

Entah kenapa, ini membuatku berpikir; hmm, enggak juga sih, merenungkan sepertinya adalah kata yang lebih tepat untuk menggambarkannya deh. Yah, mungkin memang aku agak berlebihan sih ini, atau terlalu memikirkannya, atau apa lah, cuma gimana ya, udah terlanjur sih.πŸ˜€

Nggak tahu deh, tapi berulang-tahun ke-23 agak sedikit menakutkan juga ya. Rasanya berbeda gitu dari ulang tahun-ulang tahun sebelumnya; eh, kecuali waktu aku berulang-tahun ke 20 sih, soalnya itu juga agak sedikit menakutkan karena semenjak saat itu resmilah umurku berkepala duaπŸ˜›. Nah, ulang tahun kali ini membuatku bertanya ke diriku sendiri: Hidupku sudah aku apain saja sih? Apa yang sudah aku capai? Apa yang sudah aku alami?

Kadang, aku merasa “bingung” gitu. Hmm, memang sih tujuan jangka pendekku sekarang adalah menyelesaikan kuliah jenjang S2 ini tepat waktu; yang mana aku sekarang sudah berada di jalur yang benar sih. Cuma yang kumaksud adalah yang secara lebih umum. Tentang apa yang ingin kulakukan dengan hidupku selanjutnya. Sebagai seseorang yang telah berumur 23 tahun sekarang, mungkin aku seharusnya sudah mulai memikirkannya. Namun, kadang aku tuh merasa seperti ada banyak sekali kesempatan dan pintu atau jalan yang bisa aku ambil. Dan masalahnya, aku nggak bisa serakah dong ya. Aku nggak bisa mengambil semuanya dalam satu waktu. Aku harus memilih sesuatu. Dan “lucu”-nya: memang aku harus membuat satu keputusan itu di kala umurku 23 ini! Menurut rencanaku, aku seharusnya sudah lulus dari TU Delft di waktu ini tahun depan; yang artinya pada waktu ini di tahun depan, aku harus sudah memutuskan apa yang akan kulakukan selanjutnya. Yah, aku sudah ada beberapa konsep sih sebenarnya, tapi saat ini masih belumlah saat yang tepat untuk menuliskannya dehπŸ˜›.

Tetapi di sisi lain, banyak orang bilang bahwa umur 23 tahun itu adalah umur yang “terbaik” dan “paling seru” yang bisa dialami oleh seorang manusia. Seorang yang berumur 23 tahun itu masih muda; positif kan. Seorang yang berumur 23 tahun itu harusnya keliling-keliling dan bersenang-senang; tuh, positif lagi kan. Dan mungkin, sebenarnya seseorang yang berumur 23 itu masih bisa dimaklumi kalau masih agak “bingung” gitu ya; nah, sangat menenangkan bukan!πŸ™‚

Dan mungkin memang sebaiknya aku berlaku seperti layaknya umurku yang 23 tahun sekarang: menikmati masa-masa ini.πŸ™‚

21 thoughts on “#959 – Turning 23

  1. Wow.. happy nday zilko!!!

    bener kan umur kita sama! bahkan ultahnya gak lebih dari sebulan.. hehehehe…

    Umur 23?? Kadang rasanya masih muda yak.. tapi harus udah punya tanggunv jawab sendiri juga dalam hidupπŸ˜€

    1. thanks!πŸ™‚ hahaha, iya ya, seumuran kitaπŸ˜›

      Nah, bener banget! Itu dia. Di satu sisi tuh masih berasa kayak masih muda *emang masih muda kalee, wkwkwkwπŸ˜† * tapi di sisi lain tu kayak juga sudah harus ada tanggung-jawab gitu. Jadi ya seakan-akan 23 itu umur yang “nanggung”, bener gak? hahahaπŸ˜€

  2. zilkoooooo, wah usia kita beda tipis ya bok. cuma beda, umphhh setahun… hahahaha… gak deng, I’m 29 now. dan kalo pas awal2 usia 20an, I feel like I own the world *lebay* dan ngerasa yg berjaya sekali gt ya *apasih* tp memasuki usia 28,5 tahun, aku mulai merasa TUA, hahaha…. *glek* and now i’m 29πŸ˜€

    1. hahaha, ya dianggap tipis lah ya BuπŸ˜› Btw, iya sih, ada sedikit perasaan seperti itu. I own the world, let’s conquer the world, muahahahaha *evil laugh* (apaan sihπŸ˜› ). Hmmm, begitu ya kalau ntar umurnya nambah, hmmmm, wkwkwkwπŸ˜†

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s