Posted in Contemplation, Thoughts

#951 – One Year in Europe

ENGLISH

I know, by the time this entry is published, which is now, I am currently on my second summer trip in Austria. Well, based on schedule, today I am moving from Innsbruck to Salzburg.

Anyway, so what is so special that made me write this entry beforehand and publish it automatically today? Well, it is because I want to treat this day as a special day for me. As of today, officially I have been one year in Europe! One freaking year! It means that I have not been in Indonesia for also one year now! (well, technicallyย one year and one day because the trip from my hometown, Yogyakarta, to Delft in the Netherlands took about twenty eight hoursย (one hour Jogja – Jakarta flight, five hours waiting in Jakarta, seventeen hour Jakarta – Amsterdam (via Dubai) flight, three and a half hour waiting in Schiphol, and one hour bus trip to Delft)).

Wow, it has been one year!

That is definitely the theme today. One full year! One full colorful year! One full colorful and exciting year! I had always wanted to be able to visit Europe. And now, I can say that I have lived in Europe for one year! It is like dream comes true!ย Plus, I am standing on my own! I am (trying as much as possible to being) not really depending on my parents now! I have managed my scholarship money well and so far, I think, it has been pretty good! I feel very very blessed and fortunate for getting this super opportunity!

“It has been a year of hard work”

Of course, it is not like that I am moving to Europe just to have fun or travel around or just spending money here and there. I move here with a responsibility. By signing that scholarship contract, since the beginning I have known I have to work my ass off. And it is serious! It was true that I experienced a sort of “Europe-euphoria” (this is how I call it :D) in the first month of my stay here. I felt like I was on vacation in Europe,๐Ÿ˜† . But the first several weeks in TU Delft really slapped my face. Those weeks reminded me on why I was (am) here. They also reminded me of another target: to finish everything in two years, because my scholarship only covers all fees for two years only. And I did not (and still don’t) want to finish late and pay extra myself. So, I immediately knew it was serious and I had to get on my working and serious mode and worked hard.

Indeed, I think I was working hard in that first year. Week after week since week 1 (my MKO week in Bunnik), there had always been assignments or projects to work on. Literally no week off. Yeah, literally. Many times we also had to work during the weekends! Even during the Christmas – New Year’s break, there were still several things to work on (or at least to worry about๐Ÿ˜ก ). In my year-end trip to Italy, I had to slip some “studying agendas” in the trip. I worked on one project while we were on the train or when we were waiting for the train in the station. My friend even managed to study a little bit in the hostel! But you know what, it all paid off. I nailed the first semester. Then the second semester came. It was more practical than the first semester, which aplicativeness is something that I liked btw, but it did not mean less work. Even, there was actuallyย more work to do. One report followed by another, one assignment followed by another, and so on. The workload seemed to double (okay, “double” is a bit an exaggeration maybe :P). But somehow I managed to survive it and I think I have done pretty well.

So, this summer break has literally been the first time where I could really stop thinking about all those stuffs. And now I understand there is a reason why summer break is quite long here, hahaha๐Ÿ™‚

“In the other hand, it has also been a fun year”

Yeah, indeed it has. Within this one year, I have met a lot of new people. I have also made many new friends. And the beauty is, they come from many different backgrounds, from all over the world. It is very interesting because of the different background culture. It also means different point of view. I have heard very very interesting stories about another countries; about cultures which I, honestly, found “surprising” but they are apparently common there; etc. And I have to say that they are all very nice and kind people!

I have to admit I have not attended so many social events (like parties, etc). Well, I did attend several parties or events though, but I won’t say it was that often. Partly it was because of the heavy schedule, partly it was just me (because I am an introvert), haha. Maybe I should attend a bit of more party? Hmmm, I don’t know.

“And not to forget, it has been a year of good travelling”

And yeah, this is the exciting part. I have travelled a lot in that first year. It started with several cities in the Netherlands, like Den Haag, Rotterdam, Roermond, and Maastricht. Then in October, I went on a one week trip to Portugal. My friend and I visited Porto and Lisbon. In November, I visited two cities in Belgium, Leuven and Gent. In December, I started the month with my first ever visit to Amsterdam (yeah, it took me four months to finally visit the capital city of Holland,๐Ÿ˜† ), and ended the month with my two-week trip (as of now, this trip still holds the record of my longest ever trip) to Italy. My friends and I visited Milan, Pisa, Rome (and Vatican City), Florence, and Venice. During the springbreak in February, I visited Luxembourg. In April, my friends and I went to Keukenhof to see that famous tulip park in the Netherlands. And this summer break, I went to Germany and Switzerland last July and now I am in Austria. In between all those time in Europe, my friends and I also had some smaller one day trip to some places in Holland.

In one year, I have been in nine European countries: the Netherlands, Portugal, Belgium, Italy, Vatican City (it is a country, right? :D), Luxembourg, Germany, Switzerland, and Austria (although later on this trip, I plan to visit Slovakia also, but it is still some days ahead so it will not be in this one year range :P). For me, again, it has been amazing! I got the chance to see Europe with my own eyes!

Greeting My Second Year

Back to reality, starting from today, I am already in my second year here in Europe. This second year is surely going to be more challenging, but I will make sure that I also enjoy it. I already have a fun plan to Paris next September, that is a start. Also, I will work on my thesis this year (and hopefully I will finish it on time. Well, I must finish it on time!๐Ÿ˜Ž ). I also have that part time job I accepted last July. And one philosophical question has to be answered in this second year.

“What will I do next?”

Not just answering that question, but I also have to take action on it. Well, I already have several concepts in my mind now, but I will not spoil them here now.๐Ÿ™‚

So, it seems that it will be another year of hard work. There are still a lot to come, and I am ready for it. Bring it on!!๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Aku tahu, ketika posting ini di-publish, yang artinya sekarang, aku sedang menikmati perjalanan musim panas keduaku di Austria. Yah, menurut jadwal sih, hari ini aku bepergian dari Innsbruck menuju Salzburg.

Anyway, lalu apa dong sesuatu yang spesial koq sampai-sampai aku membuat posting ini otomatis di-publish hari ini? Ya, karena aku ingin memperlakukan hari ini dengan istimewa. Tepat hari ini, resmi sudah aku berada selama satu tahun di Eropa! Satu tahun loh! Artinya aku sudah tidak berada di Indonesia selama setahun sekarang! (ya secara teknis sih setahun lebih sehariย ya karena perjalanan dari kota asalku, Yogyakarta, ke Delft di Belanda ituย membutuhkan waktu sekitar dua puluh delapan jamย (satu jam penerbangan Jogja – Jakarta, lima jam nunggu di Jakarta, tujuh belas jam penerbangan Jakarta – Amsterdam (via Dubai), tiga setengah jam nunggu di Schiphol, dan satu jam perjalanan dengan bus menuju Delft)).

Wow, sudah setahun!

Ya, itulah tema hari ini! Satu tahun penuh! Satu tahun penuh yang sangat berwarna! Satu tahun penuh yang sangat berwarna dan mengasyikkan! Dari dulu aku tuh sudah pengen banget bisa mengunjungi Eropa. Dan sekarang, aku bisa berkata bahwa aku sudah hidup di Eropa selama satu tahun! Plus, aku juga cukup mandiri disini! Aku (berusaha sebisa mungkin untuk) tidak terlalu bergantung kepada orangtuaku lagi! Sejauh ini rasanya aku sudah mengatur uang beasiswa yang aku terima dengan baik! Aku merasa sangat diberkati dan beruntung bisa mendapatkan kesempatan super ini!

“Setahun kemarin adalah setahun penuh dengan kerja keras”

Tentu saja, aku datang ke Eropa kan bukan untuk berhura-hura, atau jalan-jalan saja, atau membuang-buang uang disana-sini. Aku pindah kesini dengan satu tanggung-jawab. Dengan menanda-tangani kontrak beasiswa itu, sejak awal aku tahu kalau aku harus bekerja keras. Dan ini serius loh! Memang benar bahwa aku mengalami “Eforia-Eropa” (ini istilahku sendiri :D) di bulan pertamaku disini. Rasanya tuh seperti sedang liburan saja di Eropa,๐Ÿ˜† . Tapi beberapa minggu pertama di TU Delft benar-benar menyadarkanku. Minggu-minggu ini mengingatkanku mengapa aku berada disini. Mereka juga mengingatkanku akan suatu target lain: untuk menyelesaikan semuanya dalam dua tahun, karena beasiswaku hanya membiayai semua biayanya selama dua tahun saja. Da aku (masih) nggak mau untuk lulus terlambat dan membayar sendiri. Jadi, aku langsung sadar kalau situasi ini serius dan aku harus mulai bekerja dengan serius dan giat.

Dan memang, aku rasa aku telah bekerja dengan keras setahun ini. Minggu demi minggu semenjak minggu pertama (minggu MKOย di Bunnik), selalu saja ada tugas atau proyek untuk dikerjakan. Beneran nggak ada minggu kosong loh. Beneran nggak ada. Sering juga kami harus bekerja ekstra di waktu akhir pekan! Bahkan ya, pada masa liburan Natal – Tahun Baru, ada saja hal-hal yang sebaiknya dikerjakan (atau setidaknya dipikirkan๐Ÿ˜ก ). Di liburan akhir tahunku ke Italia, aku harus menyelipkan “agenda belajar” dalam perjalanan itu. Aku mengerjakan satu proyek ketika kami berada di kereta atau menunggu kereta di stasiun. Seorang temanku bahkan sempat-sempatnya belajar di hostel! Tapi semua itu terbayar. Aku menyelesaikan satu semester dengan cukup lancar. Kemudian semester kedua datang. Semester ini lebih aplikatif daripada semester pertama, yang mana keaplikatifan ini aku suka btw, tapi bukan berarti pekerjaan yang lebih sedikit. Malah, sebenarnya ada lebih banyak kerjaan yang harus dilakukan. Satu laporan diikuti laporan lain, satu tugas diikuti tugas lain, dan seterusnya. Beban kerjanya rasanya meningkat dua kali lipat (oke,ย “dua kali lipat” ini agak berlebihan sepertinya :P). Tapi entah bagaimana aku bisa melalui semua itu dan aku rasa aku sudah bekerja dengan cukup baik juga.

Jadi, beneran deh libur musim panas ini adalah pertama kalinya aku bisa berhentu sejenak dan menjauhkan diri dari semua itu. Dan sekarang aku paham mengapa liburan musim panas itu lumayan lama disini, hahaha๐Ÿ™‚

“Di sisi lain, setahun kemarin jugalah setahun yang menyenangkan”

Yeah, memang. Dalam satu tahun kemarin, aku sudah bertemu banyak sekali orang. Aku juga berteman dengan banyak teman baru. Dan indahnya, mereka datang dari berbagai macam latar belakang, dari seluruh penjuru dunia. Keragaman latar belakang ini sangat menarik. Ini juga berarti perbedaan cara pandang. Aku juga sudah mendengarkan banyak cerita menarik mengenai negara-negara lain; mengenai budaya-budaya yang aku rasa “mengejutkan” tapi ternyata masih berlaku disana; dll. Dan harus kubilang mereka semua adalah orang yang baik dan menyenangkan!

Harus kuakui bahwa aku nggak terlalu banyak menghadiri acara sosial disini (misalnya parties, dll). Ya, memang sih aku hadir di beberapa parties atau acara, tapi nggak sering-sering amat juga. Setengahnya ya karena jadwalku yang penuh, setengahnya lagi akunya sih (kan aku introvert๐Ÿ˜ณ ), haha. Mungkin aku harus menghadiri lebih banyak party? Yah, nggak tahu yah.

“Dan jangan lupa, setahun kemarin jugalah setahun yang penuh dengan acara travelling yang mengasyikkan”

Dan ya, inilah hal yang menarik. Aku banyak jalan-jalan selama setahun kemarin. Aku memulainya dengan mengunjungi beberapa kota di Belanda, seperti Den Haag, Rotterdam, Roermond, dan Maastricht. Kemudian di bulan Oktober, aku pergi ke Portugal selama seminggu. Temanku dan aku mengunjungi Porto dan Lisbon. Di bulan November, aku mengunjungi dua kota di Belgia, Leuven dan Gent. Di bulan Desember, aku memulai bulan itu dengan jalan-jalan ke Amsterdam untuk pertama kalinya (iya, butuh waktu empat bulan bagiku untuk mengunjungi ibukotanya Belanda untuk pertama kalinya,๐Ÿ˜† ), dan di akhir bulan aku jalan-jalan selama dua minggu (sampai saat ini, perjalanan ini adalah rekor jalan-jalan paling lama yang pernah kulakukan) ke Italia. Teman-temanku dan aku mengunjungi Milan, Pisa, Roma (dan Kota Vatikan), Florence, dan Venezia. Di masa libur musim semi di bulan Februari, aku mengunjungi Luxembourg. Di bulan April, aku dan teman-temanku mengunjungi Keukenhof untuk melihat taman bunga tulip di Belanda yang terkenal banget itu. Dan di libur musim panas lalu, aku pergi ke Jerman dan Swiss, dan kini aku berada di Austria. Di sela-sela waktuku selama setahun kemarin, aku dan teman-teman juga melakukan jalan-jalan singkat ke beberapa tempat di Belanda.

Dalam setahun, aku sudah mengunjungi sembilan negara di Eropa: Belanda, Portugal, Belgia, Italia, Kota Vatikan (ini satu negara loh :D), Luxembourg, Jerman, Swiss, dan Austria (walau di perjalananku kali ini nanti, aku juga berencana mengunjungi Slowakia sih, tapi kan masih beberapa hari ke depan jadi nggak masuk dalam rentang waktu setahun ini :P). Untukku, sekali lagi, ini beneran menakjubkan! Aku bisa melihat Eropa dengan mataku sendiri!

Menyambut Tahun Keduaku

Balik ke dunia nyata, mulai hari ini, aku sudah berada di tahun keduaku di Eropa. Tahun kedua ini tentu akan lebih menantang, tapi aku akan memastikan bahwa aku menikmatinya. Aku sudah memiliki satu rencana mengasyikkan ke Paris September nanti, suatu permulaan tuh. Juga, aku akan mengerjakan tesisku tahun ini (dan mudah-mudahan selesai tepat waktu. Eh, HARUS selesai tepat waktu!๐Ÿ˜Ž ). Aku juga menerima satu pekerjaan sampingan Juli lalu. Dan satu pertanyaan filosofis harus terjawab di tahun kedua ini.

“Apa rencanaku selanjutnya?”

Nggak cuma menjawab saja, tapi aku juga harus merealisasikannya. Yah, aku sudah ada beberapa konsep di benakku saat ini, tapi aku rasa sekarang belumlah saat yang tepat untuk membagikannya.๐Ÿ™‚ *sok misterius*

Jadi, sepertinya tahun kedua ini akan menjadi satu tahun penuh kerja keras lagi. Masih banyak hal-hal yang akan terjadi, dan aku sudah siap menghadapinya. Bring it on!!๐Ÿ™‚

19 thoughts on “#951 – One Year in Europe

  1. udah setaun ya. dengan begitu banyak pengalaman baru dan acara jalan2, pasti setaun gak berasa banget ya ko…๐Ÿ™‚

    gua taun ini malah udah 4 th di US. gak berasa banget… malah sampe udah beranak pinak pula disini. huaahhaha.

    1. iya, tiba-tiba udah setahun. Waktu memang cepat sekali berlalu, hahaha๐Ÿ™‚

      Wah, 4 tahun kerasa cepet, bisa2 ntar disini juga gitu ya, tiba2 sudah 4 ato 5 tahun kali, wkwkwkw

  2. adi, sepertinya tahun kedua ini akan menjadi satu tahun penuh kerja keras lagi. Masih banyak hal-hal yang akan terjadi, dan aku sudah siap menghadapinya. Bring it on!!

    >> pastinya more traveling plans ya?
    bring it on too!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    1. hahaha, sepertinya iya, mumpung masih student. Cuma habis Paris nanti mau puasa travelling minimal dua bulan ah, harus kembali menabung nih, hahaha๐Ÿ™‚

    1. hahaha, iya, memang gak kerasa, hahaha. Bahasa masih gitu deh, masih terbata-bata. Agak jarang sih latihan prakteknya, soalnya orang sini jago-jago omong Inggrisnya, hahaha

    1. Iya, memang seru dan menyenangkan!๐Ÿ™‚ Tapi benar, harus berjuang keras juga, soalnya kan nggak cuma “enak-enak” doank disini, hihi๐Ÿ˜› Aku dapat beasiswa dari fakultasku di TU Delft๐Ÿ™‚ Amiiinn…

    1. Bukan hanya ilmu sih, tapi setidaknya pengetahuan dan cara pandang yang lain๐Ÿ™‚ Kita jadi belajar bahwa ada banyak cara pandang di dunia ini, dan kita harus bisa “menyesuaikan diri” dan nggak ngotot sama cara pandang kita saja๐Ÿ™‚

      haha, blum ada modal buat giveaway nih. haha๐Ÿ˜›

Leave a Reply

