Posted in General Life, My Student Life, Zilko's Life

#943 – Holiday Syndrome and Bike

ENGLISH

Post Holiday Syndrome

Well, technically I am STILL having my summer break until the end of August. Pretty much I am half way through (only) in this summer break. But still, people don’t call TU Delft “TU Delft” for nothing. I still have something to finish by mid of August. Well, actually it is optional though so it was my decision to try to work on itย *well, it is yourย own fault then, Zilko๐Ÿ˜€. Indeed, maybe it is :P*.

The problem is, I was having a one month off last July as I was pretty much staying away from all things related to campus. I planned to start working on that project this week. However, well, I should have thought about this earlier though, somehow it was kinda difficult just to start it! Dammit!! I felt soo lazy as this holiday has been sooo relaxing! Just type of days I had been craving for since I started my days in TU Delft!๐Ÿ˜†

I felt the urge to keep procrastinating working on it. But I knew I should not. And so I gave my self a little bit of kick in the ass and went to my office yesterday. Still, I knew I could not (and should not) force myself to work full time from morning to evening as it was not going to work and it would just ruin my holiday mood, which I should enjoy while I can until the end of this month.๐Ÿ˜› Somehow I should find a balance between maintaining my holiday mood (since the purpose of having a break is to have a break, right? :D) and getting this small project done. And so, my current plan is to take it one day at a time and not pushing myself too hard. I started a little bit yesterday, even my work was better and much more than I expected, which makes me really happy now!๐Ÿ™‚

And finally today I did not forget to postpone my Dutch class from this next quarter to the quarter after that (due to my hectic upcoming schedule this quarter). Yeah! It was not too late yet!!

I feel like an engineer!

Anyway, yesterday when I was biking around, my bike broke down! Dammit! I was stopping in a traffic light and when it turned green, I tried to paddle my bike but it did not work! It seemed that I paddled nothing! And so I moved to the curb and decided to walk back home right away. It was around 9 PM btw. I was thinking about going to the bike’s store (where I bought it three weeks ago) today to get it repaired. And I was kinda pissed because maybe I would have to pay for it since the two-week guarantee period had passed.

However, on the way back home, I looked at the paddles and realized that apparently the bike’s chain had been fallen off! Well, I was no mechanic nor bike expert but it did not look right and I suspected it was the cause of the break down. I brought my bike to my apartment (lucky my room is in the ground floor, hahaha :D) and tried to repair it myself first. If I messed things up, then I would bring it to the bike’s store, huahahaha๐Ÿ˜†.

Anyway, I tried to repair it but it did not work. I knew something was wrong with the technique I did. There should be some sort of tricks on how to repair it as it did not look like a too complicated problem to work on by myself. So I googled it and found some tips online. I tried to apply those tips carefully, and after some time, it worked! I put the chain back on! Still, I had to test my bike first whether the problem was already solved or not. Testing it, it seemed fine!! And I was so happy that I repaired it by myself!!๐Ÿ˜€

Well, for some people, just repairing this super small and simple problem might not be a really “big” thing. But for those who know me well, I am (or was (?) :P) not really a mechanical person. But I guess studying in a technical university, as a student of TU Delft whose name is very famous, and also living here in the Netherlands where everything is much more expensive in general have forced me to try to do it myself first, to be less dependent to other people in this area. This bike incident and this incident make me really happy, since they prove that having been living here for one year definitely has taught me something useful!๐Ÿ™‚

A bike's chain

BAHASA INDONESIA

Sindrom Pasca Liburan

Yah, secara teknis sih aku MASIH akan berada dalam masa liburan musim panas sampai akhir Agustus nanti. Jadi ya sejauh ini (baru) setengahnya lah yang sudah terlewati. Tapi ya, nama besar TU Delft itu bukan sekedar nama saja. Aku masih ada satu proyek yang harus kuselesaikan sebelum pertengahan Agustus. Yah, sebenarnya ini pilihan sih, nggak harus aku kerjain gitu maksudnya, jadi ya ini memang keputusanku untuk mengerjakannya *ya kalo gitu sapa suruh dong ngambil proyek ini๐Ÿ˜€ Salah sendiri. Hmm, benar juga yah, salahku sendiri dong ya :P*.

Masalahnya adalah, bulan Juli kemarin tuh aku beneran menjauhkan diri dari semua hal yang berhubungan sama kampus deh. Dan aku berencana untuk memulai mengerjakan proyek itu minggu ini. Namun, harusnya aku sudah memperkirakan ini akan terjadi sih, entah bagaimana koq rasanya susaaah ya mau memulainya! Sial!! Aku merasa agak-agak malas gitu soalnya liburan ini beneran sudah santai banget nih! Beneran tipe-tipe hari yang ingin aku lalui semenjak aku memulai hari-hariku di TU Delft! *lebay*๐Ÿ˜†

Ada perasaan untuk mencoba menunda pekerjaan ini. Tapi aku tahu sebaiknya aku tidak melakukannya. Dan makanya aku sedikit memaksa diriku kemarin dan aku pergi ke kantor. Aku tahu aku tidak akan (dan sebaiknya memang tidak) memaksa langsung bekerja penuh dari pagi sampai malam karena itu nggak akan berhasil dan akan merusak mood liburanku kan, yang harus aku nikmati mumpung aku ada liburan ini sampai akhir bulan.๐Ÿ˜› Aku harus mampu menemukan keseimbangan antara menjaga mood liburanku (karena tujuan dari adanya liburan ya adalah untuk liburan kan? :D) dan menyelesaikan satu proyek kecil ini. Dan oleh karenanya rencanaku sekarang adalah mengerjakannya dengan pelan-pelan dulu dan tidak terlalu memaksa diriku. Aku memulai sedikit kemarin, dan hasilnya ternyata jauh lebih baik dan banyak dari perkiraanku loh. Dan aku senang karenanya!๐Ÿ™‚

Dan akhirnya juga hari ini aku tidak lupa untukย menunda kelas bahasa Belandakuย dari kuarter depan ini ke kuarter selanjutnya (karena jadwalku yang akan sangat amat padat kuarter ini). Yeah!! Untung belum terlambat!!

Berasa seperti insinyur!

Ngomong-ngomong, kemarin ini ketika aku sedang sepedaan, sepedaku rusak dong! Sial! Waktu itu aku lagi berhenti di lampu merah dan ketika lampunya hijau, aku mulai mengayuh sepeda kan, tapi kayuhannya nggak jalan! Serasa seperti aku tidak mengayuh apa-apa loh! Makanya aku lalu ke tepi jalan dan akhirnya memutuskan untuk berjalan pulang deh. Btw, waktu itu sekitar jam 9 malam deh. Aku lalu berpikir untuk pergi ke toko sepeda ini (dimana aku membelinya tiga minggu yang lalu) dan menservisnya. Dan agak jengkel juga soalnya mungkin kan aku harus membayar ongkos reparasinya soalnya masa garansi dua minggu sudah lewat.

Lalu, ketika sedang berjalan pulang, aku melihat padelnya dan menyadari bahwa ternyata rantai sepedanya itu lepas! Yah, aku memang bukan mekanik ataupun ahli sepeda tapi jelas dong itu tidak terlihat baik-baik saja dan aku duga sih itulah penyebab nggak jalannya sepedaku. Aku lalu membawa sepedaku ke dalam apartemenku (untungnya kamarku ada di lantai dasar, hahaha :D) dan mencoba memperbaikinya. Kalau ternyata aku malah membuat masalah semakin parah, baru deh aku bawa ke toko sepedanya, huahahaha๐Ÿ˜†.

Kemudian aku mencoba memperbaikinya tetapi gagal deh. Aku tahu ada yang salah dengan teknik yang kulakukan. Seharusnya ada lah trik atau apa lah gitu untuk memperbaikinya karena permasalahannya tidak terlihat rumit koq untuk dibenerin sendiri. Jadi lah aku meng-google-nya dan menemukan beberapa tips di internet. Aku mencoba mengaplikasikan tips itu dengan hati-hati, dan setelah beberapa waktu, berhasil loh! Aku memasang rantainya kembali! Tapi masih lah ya sepedanya harus aku tes dulu untuk melihat apakah masalahnya sudah terselesaikan atau belum. Setelah mengetesnya, semua baik-baik saja loh!! Dan aku senang sekali karena berhasil memperbaikinya sendiri!!๐Ÿ˜€

Yah, bagi banyak orang, memperbaiki masalah sepele dan sederhana gini mungkin bukanlah hal yang “besar” banget yah. Tapi bagi mereka yang kenal aku, aku tuh (dulu (?)) bukanlah orang yang mekanis banget loh. Aku rasa sih belajar di sebuah universitas teknik, sebagai mahasiswa TU Delft yang namanya besar, dan juga hidup di Belanda yang apa-apanya mahal ini telah memaksaku untuk mencoba untuk mengerjakan sesuatu sendiri dulu, untuk tidak terlalu bergantung sama orang lain. Insiden sepeda dan insiden iniย membuatku senang karena dua insiden itu membuktikan bahwa telah hidup selama setahun disini memang telah mengajarkanku sesuatu yang berguna!๐Ÿ™‚

13 thoughts on “#943 – Holiday Syndrome and Bike

  1. Ini lepas kan? Bukan putus? Klo lepas seh masih gampang yak! Aku pernah sepeda motor malah yg lepas dan bisa dong aku pasanginnya lagi๐Ÿ˜€, walaupun ya langsung dibawa ke bengkel juga untuk menarik rantainya biar gak kendor lagi๐Ÿ˜€

    1. wah, untung ternyata bukan aku aja ya yang gitu!! hehehe๐Ÿ™‚ Iya tuh, rasanya gimanaa gitu buat balik kerja lagi, haha๐Ÿ˜› Harus memaksa diri dengan lebih kuat๐Ÿ˜€

  2. Biasa banget mas, kalo libur emang suka males2an.
    Ntaran aja kerjaannya, ahahha…
    Yah…masa sih garansi sepedanya cuma 2 minggu?
    Buset…cepet amat ya๐Ÿ˜€

    1. hahaha, iya nih. Cuma ada satu deadline itu yang udah lumayan dekat, cuma masih 10an hari lagi sih, huahaha…๐Ÿ˜† Pikiran semacam ini nih yang “bahaya” bgt๐Ÿ˜›

      Iya, cuma dua minggu aja, memang bentar banget yah. Tapi ya mau gimana lagi, soalnya itu sepeda second hand yang murah sih. Kalau sepeda baru gress mungkin lebih lama kali yah garansinya๐Ÿ˜›

      1. btw, suamiku juga benerin mouse dan bongkar pasang memory laptop juga bisa sendiri, thanks to YouTube deh:mrgreen:

        GOD bless the internet and its contributorsss!!

        1. ho oh, bener banget Bu. Sekarang kalo mau apa2, tinggal buka Youtube jadi ada petunjuk visualnya. Kalo cuma membaca gitu kan kadang bingung ya, hehe. Kalo masih ga bisa dan ga bener baru deh dibawa ke tempat servis, wkwkwkw…๐Ÿ˜†

  3. dulu rantai sepeda pancalku jg pernah lepas. aku antara gak bisa dan emang gak mau megang2 rantai. kotor kan, ih…

    *manja*
    *digiles pake citybike*
    ๐Ÿ˜†

    1. wkakakakaka…๐Ÿ˜† Memang kotor Bu. Habis pegang rantainya bentar langsung deh tangan ini belepotan sama oli๐Ÿ˜› Tapi ga mau kotor kan ga belajar Bu, hahaha

Leave a Reply

