Posted in General Life, Zilko's Life

#928 – Heat

ENGLISH

One day last week, it was extremely super hot here in the Netherlands! The temperature reached 30-ish degree of Celsius, the sun was blazing, and it was so humid! It was super hot, period, and it reminded a little bit of the atmosphere in some big cities in Indonesia: hooott!! And unfortunately that day I had to go to my apartment’s office. Because I was stillΒ bikeless, I had to walk there. And trust me, it was super hot and it was not comfortable at all!! hahaha…πŸ™‚ note: I think it is not really the heat, but more like the humidity that drove me crazy.

Well, what I want two write now is the different “culture” (if I may say so) that I observe. In Indonesia, when the sun is blazing super hot, people would tend to find a shady place, no? It is super hot to stand (or sit, or whatever) under a blazing sun, hot temperature (> 30 degree of Celsius), and high humidity. Well, here, it is quite the opposite. People are so excited and happy when they have this kind of weather. Many poeple just go out and sit outside (in a park, on the roof of the library, etc) and do sunbathing.

This reminds me, during the Company VisitΒ last June, we had to wait for several friends who came a bit late in Amsterdam Bijlmer ArenA Station. At first we waited inside the station, so it was shady. But then, our group leader found out that those friends would arrive in approximately fifteen minutes. And so he said: “Let’s wait under the sun!” while pointing to a not-shady area outside the station building and was directly under the sun. Luckily that day, even though the sun was shining, the temperature was not so hot and it was not so humid. So the “sunbathing” was still kinda fun, hahaπŸ™‚ And at that time I was thinking: “This is something that would never happen in Indonesia“,πŸ˜†

Talking about weather and climate, since now it is summer here in Europe, so I think everyone knows (from Geography class in elementary school) that now day is longer than night. Last May, I uploaded a photo about the atmosphere here during nine PM. And last month, around the “peak” date of summer, I took another picture, this time at TEN PM. And it was like as captured in the photo below: still so briight, hahahaπŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Suatu hari di minggu lalu, suhu di Belanda ini tiba-tiba jadi sangat amat panas sekali loh! Suhunya mencapai 30an derajat Celsius, matahari bersinar terik menyengat, dan lembab banget! Panas banget deh pokoknya, dan sedikit banyak jadi mengingatkanku akan suasana di beberapa kota besar di Indonesia gitu: puanasss!! Mana hari itu aku harus pergi ke kantornya apartemenku lagi buat mengurus sesuatu. Dan karena aku masih nggak punya sepeda, jadi ya aku harus jalan kaki deh. Beneran deh, puanas sekali dan nggak begitu nyaman!! hahaha…πŸ™‚ catatan : kayanya sih bukan panasnya ya yang nyebelin, tapi lembabnya itu lho.

Nah, yang ingin kutulis disini adalah perbedaan “kebudayaan” (kalau boleh dibilang gitu) yang aku amati nih. Kalau di Indonesia kan kalau udah yang namanya panas dan matahari menyengat, orang-orang pada cenderung mencari tempat berteduh gitu kan? Kan panas dong berdiri (atau duduk, atau ngapain deh) langsung di bawah sinar matahari yang menyengat, mana suhunya lagi panas lagi (> 30 C), dan lembab. Nah, kalau disini malah sebaliknya. Orang-orang malah pada heboh senang gitu begitu ada cuaca kaya gini. Banyak yang langsung duduk-duduk di luar (di taman, atap perpustakaan, dll) gitu sambil berjemur sinar matahari.

Jadi ingat, sewaktu acara Kunjungan Perusahaan Juni lalu, kan ceritanya kami harus menunggu beberapa teman yang datangnya agak telat di Stasiun Amsterdam Bijlmer ArenA tuh. Nah, awalnya kita nunggunya itu di dalam stasiunnya, jadi kan teduh kan ya. Trus ketua acara ini mendapat info kalau teman-teman yang telat akan tiba kira-kira 15 menit kemudian. Nah, lalu dong ia berkata: “Mari kita menunggunya di bawah sinar matahari ajasambilΒ menunjuk satu spotΒ di luar stasiun yang TIDAK teduh dan langsung kena sinar matahari. Untungnya hari itu walau matahari lagi terik, tapi temperaturnya nggak terlalu panas dan tidak terlalu lembab, jadi ya masih asyik-asyik aja gitu “berjemur”-nya, hahaπŸ™‚ Langsung berpikir deh waktu itu: “Ini sih kejadian yang tidak mungkin terjadi di Indonesia“,πŸ˜†.

Ngomongin tentang cuaca dan iklim, berhubung sekarang ini lagi musim panas di Eropa, jadi tahu dong ya (dari pelajaran geografi di SD) kalau siang di Eropa ini lagi lebih lama dari malamnya. Bulan Mei lalu aku meng-upload foto suasana disini ketika jam sembilan malam. Nah, bulan lalu, di sekitar tanggal “puncak”-nya musim panas, aku iseng ambil foto lagi, dan kali ini jam SEPULUH malam. Dan suasananya terlihat seperti foto di atas : masih teraaang, hahahaπŸ™‚

11 thoughts on “#928 – Heat

    1. disini yang panas banget ya cuma pas minggu lalu aja sih untungnya, heheπŸ™‚ Hari-hari lain ada yang lumayan panas juga tapi masih bearable dan mendingan, heheπŸ˜€

  1. hmmm.. kenapa ya kok bs begitu? apa karena org2 sana lebih banyak kedinginan sepanjang tahun daripada kepanasan? btw kalau panas bgt biasanya saya sih cuek aja pake payung… bagaimana zilko, siap menerima tantangan pakai payung di kala panas @_@

    1. iya, berbeda persepsi akan panas sih, hahahaπŸ™‚ Soalnya disini kan jarang tuh panasnya, jadi sekali “panas” langsung heboh deh. Kalau di Indonesia kan sepanjang tahun uda panas, jadi ya orang2 nggak “seheboh” itu.

      huahahaha, engga ah kalo pake payungπŸ˜› We will see ajaπŸ˜€

    1. payungan? Engga Bu, kecuali kalo lagi hujan, huahaha…πŸ˜† Kayanya seh ya tetep bikin item yah. Ini aja udah rada tanned dikit nih, haha, maklum lagi summer jadi banyak mataharinya…

    1. disini juga panas bangetnya jarang banget koq, cuma paling sehari dua hari aja. Sekarang ini malah lagi hujan lumayan deres (buat ukuran Belanda). Lumayan, jadi sejuk, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s