Posted in My Student Life, Zilko's Life

#924 – Freedom!!

ENGLISH

Finally!! I am now officially in my summer break time! I just had my last oral exam this quarter this afternoon, which marked the end of my fourth quarter (second semester) in TU Delft. Well, I do still have some leftovers from that quarter though, one report and one project, but the report is due this December and the project next September. So I do still have plenty of time to work on them, laterΒ (after a break from all the work), huahahaha…πŸ˜†

How did my last oral exam go? Well, overall, it went well. I stumbled a little bit at one or two questions because I found the questions tricky and confusing. Well, not confusing as in “confusing that I did not know the answers”, no. It was just that I found those questions were kinda weird because the answers for those questions, I just mentioned them before the questions were asked! What do I mean? For example, it went like this:

Me : “Feynman-Kac Theorem is used in … (bla bla bla)
Examiner : “Okay. By the way, do you know what theorem relates A and B?”
Me (thinking) : *”Heh? Isn’t that Feynman-Kac? But I just mentioned it like one second ago, so he might expect something else and it would be weird to ask something which answer was just mentioned like one second before? But then what is the answer? I cannot think of something else as there is nothing other than this theorem!“*
Me (after some time) : “Isn’t that Feyman-Kac?
Examiner : “Exactly!”

See? See the point where I got confused, right? haha… . But anyway, in the end, I was a little bit disappointed with the result (grade) I got. Well, the grade I got was actually not a bad grade at all, in fact, it was good. However, it was just that I expected myself to get a little bit more than that. How much did I get? Well, don’t kill me, but I got 8.5πŸ™‚ I know, I should be thankful for that, as it is a great grade. However, it was just that I sort of expected myself to get like a 9 for this class, as I think I had done all the exercises and project prior to this exam really well. I know, the difference is just 0.5 and it is not really a big difference. Yes, I realize that now, but some hours ago, I felt that this 0.5 difference was kinda huugee!! haha…πŸ™‚ But anyway, now I am already fine with it.

Anyway, as now the summer break is on, I realize that I have been extremely late in planning for a trip during the break. I had the chance one month ago, but because of the workload that I had, I somehow procrastinated booking the flight tickets. When I came back and checked the price, it had already gone up significantly. Dammit! But I am still crossing my fingers though…πŸ™‚ We will see what will happenπŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Akhirnya!! Aku sekarang resmi berada di waktu liburan musim panasku! Aku baru saja menghadapi satu ujian lisan terakhir kuarter ini siang tadi, yang menandai berakhirnya kuarter keempatku (semester kedua) di TU Delft. Yah, sebenarnya masih ada sih beberapa sisa rentetat dari kuarter ini, satu laporan dan satu proyek, cuma deadline laporannya kan masih Desember nanti dan deadline proyeknya masih September. Jadi masih ada banyak waktu lah untuk mengerjakan keduanya, nantiΒ (habis istirahat liburan), huahahaha…πŸ˜†

Nah, bagaimanakah ujian lisanku berlangsung? Ya, secara keseluruhan ujiannya berlangsung lancar. Aku agak tersandung di satu dua pertanyaan karena menurutku pertanyaannya menjebak dan agak membingungkan. Maksudku, bukan membingungkan dimana “membingungkan karena aku nggak tahu jawabannya”, bukan. Hanya saja menurutku pertanyaan-pertanyaan itu aneh karena jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu baru saja aku sebutkan tepat sebelum pertanyaannya ditanyakan! Gimana maksudnya? Ini contohnya:

Aku : “TeoremaΒ Feynman-Kac digunakan di … (bla bla bla)
Penguji : “Oke. Baidewei, kamu tahu tidak teorema apa yang menghubungkan A dan B?
Aku (berpikir): *”Heh? Bukannya Feynman-Kac ya? Tapi kan baru aja aku sebutkan nih satu detik yang lalu, jadi mungkin aja beliau mengharapkan jawaban yang lain karena kan aneh kan ya masa nanya pertanyaan yang jawabannya baru aku sebutkan satu detik yang lalu? Eh, tapi trus apa dong jawabannya? Nggak kepikiran yang lain karena memang nggak ada yang lain selain teorema ini!“*
Aku (setelah beberapa waktu) : “Bukannya itu Feyman-Kac?
Penguji : “Tepat sekali!”

Nah? Ngerti kan sekarang kenapa aku agak bingung? hahaha… . Tapi ya, akhirnya, aku agak sedikit kecewa dengan hasil (nilai) yang aku dapatkan. Yah, nilai yang aku dapat bukan nilai yang buruk sih, malah, sebenarnya nilainya bagus juga. Hanya saja, aku agak mengharapkan diriku mendapatkan sedikit lebih baik dari itu. Nah, berapa sih nilaiku? Ya, jangan marah ya, nilaiku 8,5πŸ™‚ Aku tahu, aku seharusnya bersyukur karenanya, toh nilai ini juga udah bagus. Hanya saja, aku agak berharap aku bisa mendapatkan 9 deh di kelas ini, soalnya aku mengerjakan semua tugas dan proyek untuk kelas ini sebelum ujian ini dengan baik. Aku tahu, bedanya kan cuma 0,5 saja, dan kan nggak besar-besar amat kan melesetnya. Ya, aku tahu itu sekarang, tapi beberapa jam yang lalu, perbedaan ini terasa besaarr!! haha…πŸ™‚ Tapi yah, sekarang aku sudah ikhlas seh.

Ngomong-ngomong, karena liburan musim panas telah tiba, aku tahu sekarang sudah sangat terlambat untuk merencanakan perjalanan di kala liburan ini. Aku sebenernya memiliki kesempatan buat merencanakannya sebulan lalu, tapi karena semua beban kerja itu, aku jadi menunda-nunda deh beli tiket pesawatnya. Dan waktu aku ngecek lagi, eh harganya udah naik dengan signifikan loh. Sial! Yah, aku masih berharap sih…πŸ™‚ Kita lihat sajaπŸ™‚

10 thoughts on “#924 – Freedom!!

  1. Hmmm koq bisa ya.. Jangan2 selama bla bla bla zilko ngejawab itu pengujinya ga dengerin -_-.. But anyway, congratz ya.. 85 atau 90 tetep A kan? Ehe..

    1. itu dia, aneh kan rasanya, heheπŸ™‚ Btw, disini sistemnya bukan pakai A,B,C,D,E gitu, tapi nilainya ya nilai murni apa yg kita dapatkan. Kira-kira mirip lah sama sistem nilai di SD-SMA zaman dulu waktu kurikulum 1994, nilainya berupa angka dari rentang 0 sampai 10, dengan nilai akhir kelipatan setengah. Kalau sistem A,B,C,D,E sih, aku gak akan menyesal kali, kan jadinya sama aja, hahaπŸ˜€ Jadi 8,5 ya beda gitu sama 9, heheπŸ™‚

    2. Ehemmm… Secara sini juga sering menguji siswa ujian, maka berdasar kesimpulanku, kayaknya pengujimu itu ntah :

      1. gak dengerin km
      2. Benernya gak ada yg perlu ditanyain tp krn tetep penguji hrs nanya, jadinya dia asal nanya, hehehe… Basa-basi doang…

      1. gitu ya Bu, hmmm. Mungkin lebih ke yg nomer 1 kali ya. Soalnya habis nanya itu, beliau masih nanya2 pertanyaan lain yang lebih lanjut koq, hmmm. Cuma kan aneh aja ya masa sih gak ngedengerin, hahaha…πŸ˜› Ya gitu lah, pokoknya kita yg diuji kalo ada di situasi kaya gitu ya bingung kan?? haha

    1. thank you. No, it is too expensive to go back to Indonesia at around this date now. So I will just be staying here the whole summerπŸ™‚

      Btw, thanks for dropping by and salam kenal!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s