Posted in General Life, My Interest, TV Show, Zilko's Life

#922 – Birocracy & TAR 19

ENGLISH

Birocracy

Those who are from (or live in, or ever lived in) Indonesia might feel that birocracy in Indonesia sucks! It is long, complicated, super-stratified, unclear, not-standardized, etc etc. But trust me people, birocracy in Indonesia is “okay” (not saying it is good) compared to birocracy in its (former) colonizer, Holland! (come to think about it, I think it makes sense to have a hypothesis stating that Indonesia learnt this stupid birocracy thing from the colonizer, right?πŸ˜› ).

So, as now we are approaching the end of the second semester here in TU Delft, all students (apparently) have to re-enrol themselves for the upcoming year of their study. Yesterday I got an email from the International Office as a reminder about this. In the email, there was a step-by-step instruction file about this re-enrollment. Wow! What a professional service, right? Providing a step-by-step instruction file!! That would presumably be very helpful! Then, I downloaded the file and opened the instruction. And guess what?Β The instruction file was freaking 25 A4 pages and there were 100 (ONE HUNDRED) steps to be done until the process was finished! WTF!!! One of the step was to make an account, and this one step could take up to five working days! Tsk tsk tsk…

So, do you still think birocracy in Indonesia sucks now?? hahaha… (well, I still do, but less worse than here :P).

Presentation

Today I had to perform a presentation about a small and short research I have done lately. It was my first (real) presentation in TU Delft (in some other classes, either it was not me who was tasked to present (because it was a group project) or it was more like a discussion rather than presentation). I think I did okay, even though I think I could have done better, haha…πŸ™‚

The Amazing Race 19

*SPOILER ALERT*

(Most of) you know, I am a fan of one reality show, The Amazing Race. Currently (read: right now!), they are filming for the nineteenth installment of the show, and guess what: THEY ARE VISITING INDONESIA THIS TIME!! Finally!! After all this time (NINETEEN seasons!!), they finally stepped their feet in the nation of Indonesia!! To make things better: they are visiting the city of YOGYAKARTA, my hometown!! So, they flew from Taiwan to Jakarta, and they went directly to Gambir Station and took a train to go to Yogyakarta.

Well, I will not write about the details tho (besides I also don’t know the details now nor want to know them). Because for me the details are better to be left for the show itself when it is being aired so that it will be exciting to watch, right? But the fact that they are (finally) visiting Indonesia and especially my hometown just makes me super excited!! I now can not wait for the show to be aired!!

p.s : it might be a double-leg in Indonesia!!

BAHASA INDONESIA

Birokrasi

Mereka yang berasal dari (atau tinggal di, atau pernah tinggal di) Indonesia mungkin merasa kalo yang namanya birokrasi di Indonesia itu menyebalkan! Birokrasinya panjang, ruwet, banyak “tahapan”-nya, nggak jelas, nggak ada standar yang jelas, dll dll. Tapi, percayalah, birokrasi di Indonesia itu masih “oke” (nggak bilang bagus yah) dibandingin birokrasi di bekas negara penjajahnya deh, Belanda!! (kalo dipikir-pikir, masuk akal kayanya yah kalau kita bikin hipotesa bahwa Indonesia belajar birokrasi ini dari penjajahnya, ya nggak? :P).

Nah, karena akhir semester kedua sudah deket di TU Delft ini, semua mahasiswa (ternyata) harus daftar ulang buat tahun berikutnya dari studi mereka. Kemarin ini aku mendapatkan email dari International Office yang mengingatkanku akan hal ini. Juga, di email itu, disertakan file petunjuk langkah per langkah mengenai daftar ulang ini. Wah, profesional juga kan? Ada file petunjuk langkah per langkahnya loh! Ini kan tentu akan sangat membantu sekali!! Nah, kemudian file itu aku download dong dan lalu aku buka. Dan coba tebak apa? File instruksinya itu panjangnya 25 halaman A4, dan ada 100 (SERATUS) langkah yang harus dilakukan sampai proses daftar ulangnya beres! Wadefak!! Di satu langkah kita harus membuat satu account, dan langkah ini aja bisa memakan waktu sampai lima hari kerja loh! Ck ck ck..

Jadi, masihkah berpikir birokrasi di Indonesia buruk sekarang?? hahaha… (kalau aku sih masih ya, cuma mending aja daripada disini :P)

Presentasi

Hari ini aku harus mempresentasikan riset kecil dan pendekku yang aku lakukan akhir-akhir ini. Presentasi ini adalah presentasi (beneran) pertamaku di TU Delft (di kelas lain sih kalo bukan karena aku bukanlah yang mempresentasikan hasil (soalnya proyeknya proyek kelompok, gitu), biasanya presentasinya lebih berupa kaya diskusi gitu deh). Aku rasa aku tampil dengan baik, walau aku rasa seharusnya bisa lebih baik lagi yah, haha…πŸ™‚

The Amazing Race 19

*WARNING : BOCORAN*

(Kebanyakan) pada tahu nih, kalau aku suka banget sama satu reality show yang namanyaΒ The Amazing Race. Belakangan ini (baca: sekarang!), mereka sedang filming musim ke-sembilan-belas dari acara ini loh, dan tebak apa: MEREKA MENGUNJUNGI INDONESIA KALI INI!! Akhirnya!! Setelah sekian lama (SEMBILAN BELAS musim!!), mereka menginjakkan kaki juga di negara Indonesia!! Kerennya lagi: mereka mengunjungi kota YOGYAKARTA loh, kota asalku!! Jadi, ceritanya mereka terbang dari Taiwan menuju Jakarta, kemudian langsung pergi ke Stasiun Gambir untuk naik kereta ke Yogyakarta.

Yah, aku nggak akan menulis detailnya disini (di samping aku memang nggak tahu (dan nggak mau tahu) detailnya sekarang). Soalnya detail ini memang lebih baik disimpan buat waktu show-nya ditayangin kan, jadi kan seru gitu nontonnya, bener nggak? Tapi setidaknya fakta bahwa mereka (akhirnya) mengunjungi Indonesia, apalagi kota asalku, sudah membuatku bersemangat sekali nih!! Sekarang aku nggak sabar deh menunggu show-nya ditayangin!!

p.s : kemungkinan di Indonesia ini adalahΒ double-legΒ loh!!

12 thoughts on “#922 – Birocracy & TAR 19

  1. Huahahaha, hipotesamu lucu tp masuk akal emang Ko. Jujur aku kaget sih, kukira semua negara Barat itu memiliki sistem birokrasi yang, well, gak se-resek Indonesia lah. Tp kurasa Belanda ini salah satu pengecualia. Denger2 sih corruption habit di negara kita ini juga warisan dari jaman penjajahan dulu -_______-;;

    1. hahaha, bener kan?πŸ™‚ Cuma penjajahnya masih lebih “jago” dalam hal birokrasi semacam iniπŸ™‚

      Iya, Belanda ini satu pengecualian sepertinya. Birokrasinya itu, duh… . Apa gak bisa dibuat lebih praktis gitu yah? hehehe…πŸ˜€ Kalo korupsi kalo disini nggak tahu deh, cuma sepertinya tingkat korupsinya rendah. Orangnya jauh lebih “jujur” dan teratur.

  2. Yah at least tingkat korupsinya rendah. Soal birokrasi di Belanda belibet sampe puluhan steps gt, emang mereka demen kali yak sama yg ribet? Udah mendarah-daging gitu. Kalo disini kan seringnya step yg sesungguhnya tuh gak ribet. Tp oknum2nya aja yg seneng memper-ribet. UUD, ujung2nya duit…..

  3. Setelah tinggal di luar negeri, aku nyadar bahwa birokrasi di Indo biasa2x aja sebenarnya. Banyak yg bilang berbelit-belit dan dipersulit, sebenarnya enggak. Sebenarnya kita2x aja yg udah keenakan pake calo and terima bersih hwehehe

    1. haha, kalau aku nggak tahu deh, soalnya kan baru pernah tinggal di dua negara, jadi blum ada pembandingnya lagi, wahahaha…πŸ˜† Bener juga ya, mungkin pada terbiasa keenakan itu, jadi begitu sogokan/calo gitu “dibersihkan”, langsung terasa ribetnya, haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s