Posted in General Life, Zilko's Life

#921 – Topping Up, Exam, and Internship

ENGLISH

Okay, enough with tennis (for nowπŸ™‚ ).

1. Topping Up Phone Credit

Ever since I moved to Europe, I do not use my phone that much. Internet service is so good here that I communicate mostly through internet. Even, I think, most of my phone credit goes to internet (sometimes when I am on a train ride or away from computer, I kill time by browsing the net using my phone. And my phone is not smartphone. It is just an old Nokia N82 (as of now I still do not feel the need to actually own a smartphoneπŸ˜‰ )) and texts to Indonesia (sometimes I communicate with my parents a little bit through sms, like to make a date to use skype (yeah, of course nowadays we use skype!πŸ™‚ )). So, pretty much, the main functions of a phone have had substitutes now, making the phone, in a way, useless. Anyway, but still, I can not leave home without phone as the phone sometimes it comes in handy in emergency or sudden situation, right?

But anyway, the point is, those things suppress my phone credit expenses down. This means that I do not really need to always have a lot of credit in my phone, right? It further means that it is wiser for me to top up as minimum as I can. Last week, I wanted to top up my phone credit as it was coming low (the last time I topped my credit up was last January, just after I came back from my trip to Italy). And apparently, I just realized, the minimum amount I could top it up was 10 euro (but I got 20 euro credit, it was a promotion from my operator)! Why?? Why 10 euro??? It was quite a lot for me! Why was the minimal not 5 euro (but with 10 credit coming as well)??πŸ˜›

2. Freaking Exam

About three weeks ago, I had an exam which I found very difficult. Actually, one day after the exam, the professor published our grades (but I did not find it out until two days after the exam though, when my friend told me the grade had been published). And according to that grade, I PASSED the exam!! This totally made my day, as I was really really happy that I passed!

Then why did not I share it here back then? Well, the thing was, that grade list was still only a “provisional” list, and the grade still could change after the second correction. And I just did not want to write something good here before it was finalized and official. “Pamali“, some Indonesian people would say, right?πŸ™‚

But yesterday, finally, three weeks after that exam, the official grade was published. And apparently there was no change in grade from the provisional list. That means I officially passed that exam!! Woo hoo!! I am soo happy!! Now I can totally focus on my projects for other classes!!

3. Internship

As part of master study here, students have to find and do internships before working on their thesis. I, of course, am one of them and will have to finish this obligation. And thanks God, I am lucky. Two weeks ago, in a class, I got an offerΒ from one of my professors to do an internship! So I do not have to look for it myself! Of course I would not let this opportunity go away just like that! Some days later I went to the professor who would take the steering wheel of this project (the internship is only part of a bigger project) to ask things about the internship : what was the internship about, the workload, the project in general, what knowledge should I possess, etc. And in the end, I decided to take the internshipπŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Oke, cukup deh nulis tentang tenisnya (untuk sekarangπŸ™‚ ).

1. Isi Ulang Pulsa Hape

Semenjak aku pindah ke Eropa, aku nggak memakai telepon sering-sering amat. Internet disini kan bagus banget gitu jadi ya aku berkomunikasi seringnya ya melalui internet. Bahkan, aku rasa sih, sebagian besar pulsa hapeku itu terpakai di layanan internet (soalnya kan kadang aku lagi naik kereta gitu, atau lagi jauh dari komputer, makanya aku internetan pake hape, dan hapeku bukanlah smartphone loh. Hanya hape tua Nokia N82 saja (sampe sekarang koq aku belum merasakan kebutuhan untuk memiliki smartphone yah?πŸ˜‰ )) dan sms ke Indonesia (kadang aku sedikit berkomunikasi dengan ortu via sms, misalnya untuk janjian kapan mau pake skype (iya dong, kan uda zamannya sekarang, makanya pake skypeπŸ™‚ )). Jadi, bisa dibilang, fungsi utama dari hape telah ada yang menggantikan sekarang, sehingga ya hapenya berkurang deh kegunaannya. Tapi bagaimanapun juga, aku masih nggak bisa lah meninggalkan rumah tanpa hape, soalnya kan kadang ada situasi mendadak atau darurat gitu yang mana kita membutuhkan hape kan.

Nah, intinya adalah, hal itu membuat pengeluaranku di pulsa telepon menurun drastis dong. Maksudku, nggak perlu deh aku perlu pulsa banyak-banyak amat di hape, ya ngga? Lebih jauh lagi, ini berarti lebih baik bagiku untuk isi ulang pulsa ya yang minimal aja. Minggu lalu, aku harus isi ulang pulsa nih, soalnya pulsanya uda hampir habis (terakhir kali isi pulsa kalo ga salah bulan Januari deh, setelah aku pulang dari liburan ke Italia). Dan ternyata, aku baru sadar nih, kalau minimum isi pulsa itu harus 10 euro yah (tapi aku dapatnya 20 euro sih, ini promosi dari operator hapeku)! Kenapa?? Kenapa 10 euro?? Kan lumayan banyak juga tuh ya! Kenapa nggak bisa isi 5 euro aja sih (tapi dapetnya juga 10 euro)??πŸ˜›

2. Ujian Gila

Sekitar tiga minggu yang lalu, aku ada ujian yang menurutku susah sekali. Sebenarnya nih, sehari setelah ujian, nilainya sudah diumumin loh sama profesornya (tapi aku nggak tahu kalau nilainya udah diumumin sampe dua hari setelah ujian, setelah dikasih tahu temanku kalau nilai udah keluar). Dan berdasarkan nilai itu, aku LULUS ujiannya loh!! Ini benar-benar membuatku bahagia deh, soalnya aku senang banget lulus ujian satu ini!

Lah, trus kenapa waktu itu aku nggak tulis berita ini disini? Ya, karena waktu itu, nilai yang diumumkan barulah nilai “sementara”, dan ada kemungkinan nilainya akan berubah setelah koreksi kedua. Dan aku nggak mau dong nulis sesuatu yang baik disini sebelum sesuatu itu beneran terjadi. Kata orang pamali tuh, ya ngga?πŸ™‚

Nah, kemarin ini, akhirnya, tiga minggu setelah ujian itu, hasil resminya diumumkan nih. Dan ternyata tidak ada perubahan dari nilai sementara itu. Ini artinya aku resmi lulus ujian itu deh!! Yeaaahh!!! Senang sekali nih!! Sekarang aku bisa beneran fokus ke proyek2 untuk kelas lain!!

3. Internship

Sebagai bagian dari proses meraih gelar master disini, semua mahasiswa harus mengambil internship (magang) gitu sebelum mengerjakan tesisnya. Aku, tentu saja, tidak luput dari aturan ini dan harus mencari magang juga kan. Nah, puji Tuhan, aku beruntung. Dua minggu lalu, di sebuah kelas, aku mendapatkan tawaran dari salah satu profesorku untuk melakukan magang! Jadi aku nggak harus nyari-nyari sendiri! Tentu saja aku nggak mau melewatkan kesempatan ini begitu saja! Beberapa hari kemudian aku kemudian menemui profesor yang akan memegang kendali proyek itu (magangnya ini hanyalah sebagian kecil dari proyek yang lebih besar) dan menanyakan hal-hal yang berhubungan sama posisi magang itu: magangnya tentang apa, beban kerja, proyeknya secara keseluruhan, pengetahuan apa yang sebaiknya aku miliki, dll. Dan akhirnya, aku memutuskan untuk mengambil magang ituπŸ™‚

16 thoughts on “#921 – Topping Up, Exam, and Internship

  1. so…kamu bakalan magang apa zil?jgn lupa di tulis di blog juga ya entaarr…dan juga…selamat ya udah lulus dari ujian gila itu hihihihi…ujian gila tu apa zil?

    1. magang sebagai bagian dari proyek, jadi ya semacam mengembangkan suatu metode yang sekarang dipakai aja gitu, trus bikin report tentang pengembangan itu, hehehe…πŸ™‚ MakasihπŸ˜€ Maksudnya itu ujian yang susah, hahahaπŸ˜›

  2. Huhuu…berbeda skali dengan keadaanku di sini yang mesti sering2 isi pulsa..huhu. btw kalau memang belum menemukan kebutuhan untuk menggunakan smartphone mmg lebih baik jangan beli, karena pake smartphone itu mahal biayanya…(menurutku)

    wow…selamat ya karena sudah lulus di ujian yang susah sekali. berapa banyak mahasiswa di sana yang lulus dan ga lulus?πŸ™‚

    dan….selamat ya sudah dapat magang… mudah2an menjadikan pengalaman berharga untuk bekal di masa depan heheheπŸ˜€

    1. haha, memang koq Nis, setuju saya! Apalagi fungsi “phone”-nya sudah ada yang menggantukanπŸ™‚ Cuma aja, disini kalo beli smartphone gitu bisa beli pake paket loh, jadi belinya dicicil 1 ato 2 tahun gitu, dan biaya cicilan ini termasuk buat credit telpon/sms/internetan selama 2 tahun itu, hehehe…πŸ˜› Tapi ya tetep sih, artinya kan jadi keluar uang ekstra yah, hahaha…πŸ˜€

      Amiiiin…πŸ™‚ Yang nggak lulus di kelas ini lumayan juga. Nggak ngitung sih, cuma 20% sepertinya ada. Kalo kelas-kelas lain sih tergantung kelasnya yah, ada yg lulus semua, tp ada juga yg presentase nggak lulusnya lumayan tinggiπŸ˜€

      Trims!πŸ™‚

  3. Wah asyik tak payah nyari2x buat internship.

    Di negara lancar internet, asyiknya semua dilakukan online. Gak kayak Indonesia ya, aku ngirim email utk tiket domestik di Indo aja gak dibalas. Bukannya satu travel agent lho, ketiganya ! Untung ada si Fun yg di Bangka heheh

    1. iya nih, tumben kesempatan bisa datang sendiri, hehehe…πŸ˜€

      Yoi, enak, ngurus rekening bank gak harus ke bank (kecuali transfer duit tunai). Duit tunai juga nggak gitu perlu ya, apa2 bisa pake card, wahahaha…πŸ˜† Kalo ngurus yg online gitu, kadang mereka balesnya rada lamaan aja uda minta maaf dulu, coba di Indo, haha. Eh, adikku pernah tuh nanya tiket domestik gitu via email, eh balesannya ngaco bgt, hahaha…πŸ˜€ Iya ya, untung ada Fun. Nanti kalo ke Indo kalo butuh2 yg domestik gitu nanya2 dia ah, hahaha…πŸ˜€

  4. Klo km nulis ttg tenis, aku gak isok komen Ko, soale gak ngerti, heheheh…

    Eniwehhhh! Selamat yaaa, udah lulus ujian dan udah dapat tempat magang.

    Btw, km pernah kepikir untuk jd vlogger gak? Blogger tp yg via video gitu, upload ke youtube. Trs kamu pamerin tempat yg biasa kamu kunjungin. Seperti: kampus, atau sepanjang perjalanan kaki dr dorm kemana-mana itu, hehehe… Pasti banyak yg pengen liat Belanda tuh kyk apa. Eh aku aja kali yak yg ndeso :p

    1. hahaha, makanya nulis tenisnya sementara di-pause dulu Bu, nanti nulis lagi pas Wimbledon selesai, hahaha…πŸ™‚

      Trims!!πŸ˜€

      Vlogger? *tadi aku kira salah ketik tuh Bu, ‘v’ kan sebelahnya ‘b’, wkwkwkw…πŸ˜† * Anyway, menarik! Nanti coba kupikirkan, soalnya mesti ada konsep videonya juga kan, hahahaπŸ™‚

  5. Btw, abis baca komennya Renisa diatas. Jd inget akibat gak nge-lock keypad HP, eh kepencet call gitu. Nelpon nomernya papah sampe abis pulsa 44 rebu, huhuhhuhuhu.. Mo nangis….

    1. lha, jadi kebayang pas kejadian itu Papahnya “halo, halo…” berapa kali tapi tak ada jawaban, wkakakaka…πŸ˜† Emang sih teknologi itu sangat membantu, tapi kadang juga malah bisa menyebalkan yah, haha

Leave a Reply

