Posted in My Interest, Tennis, Zilko's Life

#919 – 2011 Wimbledon Prediction

ENGLISH

Just like what I posted before this year’s edition of French Open, now I want to do the same thing before the third grandslam of the year, Wimbledon starts next Monday! This third grandslam is going to be more interesting especially in the women’s side, because the Williams sisters are back! The sisters are desperately needed in the women’s game nowadays. Anyway, let’s get it started:

Gentlemen

Within the past eight years, only two guys have won gentlemen’s singles title in Wimbledon: Roger Federer (six times) and Rafael Nadal (two times). Rafa was absent two years ago in 2009 because of injury, and so he is on a 14 match winning streak in Wimbledon now (he won the 2008 and 2010 edition). As the world no.1 and defending champion, he has a lot of stake. He only leads by 65 points ahead of Novak Djokovic as of now. This means French Open scenario all over again: the only scenario Rafael Nadal will still be world no.1 after Wimbledon is that if he WINS the title AND Novak Djokovic FAILS to reach the final.

Roger Federer seems to be in a good form lately. After performing well in French Open (reaching the final and lost in a relatively tough match there to Rafa, the king of clay), he surely has gained some confidence. Thus, I think Roger has established himself as probably the favorite to win the title this year, given his marvelous record in SW 19 the past ten years and how this tournament was very important for him. Andy Murray, home-crowd favorite, is also a potential threat for all the top three. He played well in Queen’s last week, winning the tournament there. He has a chance to reach the final, given that he can beat Rafa in the semifinal (should they meet) or Rafa loses before the SF. Will he win? Maybe, but if he reaches the final, the burden on his shoulders will become even heavier as this is a grandslam in the United Kingdom. More people and attention will be drawn to him, putting more pressure. We will see though…

Who do I pick for the title? Well, my pick is *drumroll playing … * : Roger Federer. The reason is kinda simple, I think he will be able to beat Novak Djokovic should they meet in the semifinal, given that he already defeated Nole in French Open this year, thus ending Nole’s 41 matches winning-streak. And also that it is grass court. Nole’s performance on grass has kinda been inconsistent throughout these years. And whoever reaches the final from the other side of the draw, I think Roger will have what it takes to defeat them this year.

My prediction for the final : Roger Federer vs Andy Murray. But for this final combination, I really want Andy Murray to win tho, it is already time for him to have at least one grandslam title under his name.

Another interesting match in the gentlemen’s draw is the John Isner vs Nicolas Mahut match in the first round. In Wimbledon last year, these two also met in the first round and they played the longest tennis match in history: the match was played for 11 hours and 5 minutes! And now they meet again also in the first round! What are the odds?? Wow! It will be even crazier if the umpire will also be Mohammed Lahyani.πŸ˜›

Ladies

If the women’s draw at the French Open was wide open, it is not so much now. Thanks to the comebacks of the Williams sisters this week in Eastbourne. The Williams sisters have dominated Wimbledon for the past eleven years, starting back from 2000. Out of the last eleven edition of the tournament, nine of them were won by either one of the sisters (Serena won four and Venus won five) and in ten of them, at least one Williams was in the final. Both sisters displayed remarkable form in Eastbourne despite showing some signs of rustiness (but it is understandable as they had not played many matches). Both sisters have proven track-records to perform extremely well despite lack of preparation. So, even though these two have not played that much, I am not surprised if both Serena and Venus are the favorites to win the title. Despite their relatively low rankings now (due to their prolonged absence), Serena is seeded seventh and Venus is seeded 23rd.

The absence of Kim Clijsters due to ankle injury, I feel sorry for her, favors the Williamses, I guess. I don’t think the current world no.1, Caroline Wozniacki will perform extremely well here. Yes, she may be go deep into the tournament (she won the junior title back in 2006, so she knows how to play in grass), but to actually win it, well, I don’t know. The only non-Williams I can see to have good result here is the 2004 champion: Maria Sharapova.

The draw has been also interesting. A potential quarterfinal match between Wozniacki and Sharapova in the QF. (Luckily) Venus and Serena Williams are in other halves of the draw, meaning if they will play each other, it will be in the final. Serena might have a test in the round of sixteen where she might meet Marion Bartoli, and a recent French Open champion Li Na in the QF. Should she advance through, she can meet either Sharapova/Wozniacki in the SF. Venus in the other hand has a really tough draw. Drawn in the same eighths as Vera Zvonareva and Jelena Jankovic, she potentially meets Jankovic in the 3R and Zvonareva in the 4R!

So, who do I think will win the title? Well, my pick for the win is Venus Williams. Simply because she showcased an outstanding form in Eastbourne (the way she played was not like a player who just recovered from injury) even though she lost in the QF to Daniela Hantuchova. Serena Williams is also a contender, but I don’t know, both her matches in Eastbourne were kinda “fragile” IMO, she still had some rusts, which I am sure she will get off really soon. Had the Williamses not played Eastbourne, I think the draw would have been more open. But now that they did play Eastbourne as a preparation, the Williamses will strike back.

My prediction for the final : Venus Williams vs Maria Sharapova/Serena Williams. It is kinda difficult to see which of these two can advance to the final. Sharapova is in a good form, and if Serena can manage her way through her several first matches, she will surely also be in a good form. Moreover, this is Wimbledon, a grandslam tournament that she loves so much.

My Picks for Wimbledon 2011: Roger Federer and Venus Williams

note: Roger Federer’s picture was taken from here while Venus Williams’ picture was taken from here.

BAHASA INDONESIA

Seperti posting satu iniΒ yang aku tulis sebelum French Open edisi tahun ini dimulai, sekarang aku ingin melakukan hal yang sama ah sebelum turnamen grandslam ketiga tahun ini, WimbledonΒ dimulai Senin besok! Grandslam ketiga ini akan menjadi lebih menarik terutama di sisi putri, karena Williams bersaudara telah kembali! Kehadiran mereka ini benar-benar dibutuhkan deh di tur putri sekarang ini. Yah, mari kita mulai saja:

Putra

Selama delapan tahun terakhir, hanya dua orang laki-laki yang menjuarai gelar tunggal putra di Wimbledon: Roger Federer (enam kali) dan Rafael Nadal (dua kali). Rafa nggak main dua tahun lalu di tahun 2009 karena cedera, sehingga kini ia sedang berada di 14 kemenangan beruntun di Wimbledon (ia menjuarai turnamen ini tahun 2008 dan 2010). Sebagai pemain peringkat 1 dunia dan juara bertahan, ada banyak nih yang dipertaruhkan. Saat ini ia hanya unggul 65 poin di atas Novak Djokovic. Artinya, skenario French Open terulang kembali: satu-satunya skenario Rafael Nadal akan tetap berperingkat satu dunia setelah turnamen ini adalah apabila ia JUARA DAN Novak Djokovic gagal mencapai final.

Roger Federer juga sepertinya sedang berada dalam kondisi yang baik. Setelah tampil baik di French Open (mencapai final dan kalah dalam pertandingan yang cukup ketat terhadap Rafa, si raja tanah liat), ini tentu menambah rasa percaya dirinya. Makanya, aku rasa Roger Federer telah memberi pernyataan bahwa ia adalah salah satu kandidat kuat untuk menjuarai Wimbledon ini, apalagi dengan rekornya yang mengagumkan selama sepuluh tahun terakhir di SW19 dan bagaimana turnamen ini sangat penting baginya. Andy Murray, favorit lokal, juga merupakan seorang yang berpotensi. Ia bermain dengan baik di Queen’s minggu lalu, menjuarai turnamen itu. Ia memiliki kesempatan loh untuk mencapai final, asalkan ia bisa mengalahkan Rafa di semifinal (kalau mereka bertemu) atau Rafa sudah kalah duluan sebelum SF. Apakah ia akan menang? Bisa jadi, hanya saja, kalau ia mencapai final, beban di pundaknya akan semakin berat karena ini adalah turnamen grandslam di Inggris, negara asalnya. Makin banyak orang dan atensi yang akan disorot kepadanya, sehingga makin berat deh tekanannya. Kita lihat saja…

Siapa yang menurutku akan menjadi juara? Yah, pilihanku adalah *backsound: suara genderang dimainkan…* : Roger Federer. Alasannya sederhana saja, aku rasa ia akan bisa koq mengalahkan Novak Djokovic andai mereka bertemu di semifinal, apalagi ia baru saja mengalahkan Nole di French Open tahun ini, mengakhiri rekor 41 pertandingan tak terkalahkannya Nole. Apalagi, ini dimainkan di lapangan rumput. Performa Nole di lapangan rumput tidaklah terlalu konsisten selama ini. Dan siapa pun yang mencapai final dari setengah undian lainnya, aku rasa Roger masih bisa menang.

Prediksiku untuk final: Roger Federer vs Andy Murray. Tapi dari kombinasi ini sih, aku sangat ingin Andy Murray yang menang nih, soalnya aku rasa ini sudah waktunya baginya untuk memiliki setidaknya satu gelar grandslam deh.

Pertandingan lain yang menarik di sisi putra adalah John Isner melawan Nicolas Mahut di babak pertama. Di turnamen Wimbledon ini tahun lalu, mereka berdua juga bertemu di babak pertama dan memainkanΒ pertandingan tenis terlama sepanjang sejarah: pertandingan yang dimainkan selama 11 jam dan 5 menit! Dan sekarang mereka bisa-bisanya ketemu lagi juga di babak pertama lho! Koq bisa yah?? Wow!! Akan makin gila lagi kalau umpire-nya adalah Mohammed Lahyani nih.πŸ˜›

Putri

Jika tunggal putri di French Open kemarin ini sangatlah terbuka, sekarang tidaklah seterbuka itu. Hal ini dikarenakan kembalinya Williams bersaudara ke tur pro, dengan keikut-sertaan mereka di turnamen Eastbourne minggu ini. Williams bersaudara telah mendominasi Wimbledon selama sebelas tahun terakhir, mulai dari tahun 2000. Dari sebelas edisi turnamen ini, sembilan di antaranya dijuarai oleh mereka ini lho (Venus menjuarai lima dan Serena menjuarai empat) dan sepuluh di antaranya, di final pasti setidaknya ada satu Williams. Mereka berdua menunjukkan performa yang mengagumkan di Eastbourne walau memang menunjukkan beberapa tanda kelamaan nggak main sih (tapi masuk akal lah, kan mereka memang sudah lama nggak main karena cedera). Hanya saja, mereka berdua ini memiliki rekor tampil sangat baik walaupun persiapannya dikatakan kurang. Jadi, walau mereka berdua belum main terlalu banyak turnamen tahun ini, nggak heran kalau mereka difavoritkan menjuarai turnamen ini. Walau peringkat mereka juga nggak terlalu tinggi sekarang (karena absen yang berkepajangan itu), Serena diunggulkan di posisi ke-tujuh dan Venus di posisi ke 23.

Absennya Kim Clijsters karena cedera ankle, sayang sekali ya, juga menguntungkan Williams, aku rasa. Aku rasa pemain peringkat 1 dunia saat ini, Caroline Wozniacki, akan tampil dengan tidak terlalu baik disini. Ya, memang ia mungkin akan bertahan cukup lama di turnamen ini (ia kan menjuarai gelar junior tahun 2006 di Wimbledon, jadi ia tahu bagaimana cara bermain di lapangan rumput), tapi untuk memenangi, yah, nggak tahu juga. Pemain non-Williams yang bisa aku lihat mendapat hasil bagus disini adalah juara tahun 2004: Maria Sharapova.

Undian tahun ini juga lumayan menarik. Wozniacki dan Sharapova berpotensi bertemu di QF. (Untungnya) Venus dan Serena Williams ada di paruh yang berbeda dari undian, artinya, kalau mereka akan bertemu, mereka baru bisa bertemu di final. Serena mungkin akan menghadapi tes di babak keempat dimana ia bisa bertemu Marion Bartoli, lalu juara French Open baru-baru ini, Li Na, di perempat-final. Andai ia lolos, ia bisa bertemu Wozniacki/Sharapova di semifinal. Di sisi lain, Venus juga berada di undian yang sulit, karena ia berada di grup yang sama dengan Jelena Jankovic dan Vera Zvonareva! Ia berpotensi bertemu Jankovic di babak ketiga dan Zvonareva di babak keempat.

Jadi, siapa yang aku rasa akan memenangi turnamen ini? Yah, pilihanku jatuh pada Venus Williams. Ini karena ia menunjukkan performa yang bagus di Eastbourne tahun ini (malah nggak kaya pemain yang baru aja pulih dari cedera berkepanjangan) walau ia kalah dari Daniela Hantuchova di perempat final. Serena Williams juga bisa menang sih, hanya saja kedua pertandingan yang ia mainkan di Eastbourne masih agak “rentan” menurutku, ia masih agak belum terbiasa, hanya saja aku yakin ia akan segera mendapatkan ritmenya kembali sih. Andai Williams tidak main di Eastbourne, aku rasa sisi putri tahun ini akan menjadi lebih terbuka. Hanya saja, karena mereka memutuskan untuk main di Eastbourne sebagai persiapan tahun ini, menurutku Williams akan kembali.

Prediksi finalku: Venus Williams vs Maria Sharapova/Serena Williams. Susah juga ya memprediksi dari dua ini siapa yang masuk final. Sharapova sedang dalam kondisi yang baik, dan kalau Serena bisa lolos beberapa pertandingan awalnya, aku cukup yakin ia juga akan berada dalam performa yang baik. Apalagi ini Wimbledon, turnamen grandslam yang sangat ia cintai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s