Posted in General Life, Zilko's Life

#914 – Bikeless

ENGLISH

As you might recall, I had my bike repaired last week and the repairman said it should be done by Saturday. As it was getting closer to Saturday, I was kinda excited that I would finally be able to bike again! Then, on Friday afternoon, the repairman called me and he delivered bad news. As he inspected my bike further, he found more problems in it. I don’t recall what the problems were though, but they were really bad that repairing it would cost more than freaking 100 euro! This implied that repairing my bike was not worth it and it would be wiser for me to buy a new (second-hand) bike (you know, the price of new “new” bike here is like crazily crazy).

On Saturday afternoon, I walked to the repairshop (which according to Google Map was like 2.5 kilometer away from where I lived by foot). Plus, it was such a hot sunny day with day temperature was around 27 centigrade or so! So hot!! Anyway, then the repairman told me the problems (again). Since they also sold second-hand bike, I asked them if they had any stock at that time. Indeed, they did. I looked at some of the bikes and I saw one which I kinda liked. It was around the same size of my old bike and it looked nice. I asked for the price, and it was freaking 150 euro! Wew, of course I tried to bargain the price but in my mind I knew I would not buy it anyway because my upper limit was around 75 euro or so. I managed to bargain the price down to 125 euro, but still, it was a bit too expensive for me. I know, the bike was really nice and it was also equipped with an attached-lock (my old bike did not have this feature). However, I already have my own chain-lock so that extra feature was not that necessary for me.

Beside, I was no fool, before leaving my home that day, I already conducted a small online survey on my own about the current available second-hand bike available around Delft. On the way to this repairshop, I also stopped by at two bike shops (even though the bikes the sold were also still too expensive for me). But at least I knew that I still had other options and there was no need to hurry in buying a new bike. So, I just took my old bike and walked back home. *What? “Walked” back home? Are you serious? Didn’t you already get your own old bike back by now?* Yes, I “walked” back home bringing my bike because the rear tire of my bike was completely deflated and so it was practically unrideable.

Back home, I then called the shop where I bought my old bike to ask whether or not they opened that day (it was Saturday and in the middle of long weekend, enough for a reason for them to close. I just did not want to walk that far to their place under the blazing sun just to find out that they closed :D). I saw in their website that they had two available bikes in their store with affordable price. They did open (good!) and then fortunately somehow some words slipped out from my mouth about my intention to look for a bike. The guy in the phone said that the bikes had been sold out (dammit!) and new ones would be ready within five weeks or so. This was because their bikeman was on vacation for the whole month. Arrgghh!! Lucky I did call first. Had I not done that, I would have endured walking far to the shop under the blazing sun, the shop opened but there was no bike, whatta… .

So, what do I do? Well, 125 euro is still too much for me so I am not chasing that one nice bike. And so I guess I have no other option than keep looking for a new second-hand bike. And if within five weeks I still have no luck, I will check that shop and see what they will have by then. Hopefully they will have bikes with affordable price!

The conclusion is: I am practically bikeless now!

My Old Bike (when it was still new)

BAHASA INDONESIA

Seperti yang mungkin pada ingat, aku menyervis sepedaku minggu lalu dan tukangnya bilang kalau pekerjaannya akan selesai di hari Sabtu. Makin mendekati hari Sabtu, makin excited-lah aku karena aku akhirnya akan bisa sepedaan lagi! Lalu, Jumat sore, tukangnya meneleponku dan memberikan kabar buruk. Ia telah menginspeksi sepedaku lebih jauh, dan ia menemukan masalah-masalah lain di sepedaku. Nggak inget juga masalah-masalahnya apa saja, tapi yang jelas sih lumayan parah soalnya menyervisnya akan menghabiskan biaya sekitar lebih dari 100 euro! Ini berarti menyervis sepedaku bukanlah pilihan yang bijak dan mendingan beli sepeda (second) baru kan (tahulah, sepeda baru yang “baru” disini harganya kan gila-gilaan).

Sabtu siang, aku berjalan kaki ke tempat servis sepedanya (yang menurut Google Map jaraknya itu 2,5 kilometer loh dari apartemenku). Plus, waktu itu tuh lagi cerah dan panas banget, mana suhunya sampe 27 derajat Celsius lagi! Panaas!! Anyway, lalu tukangnya memberi-tahu masalahnya (lagi). Karena mereka juga menjual sepeda second, sekalian aja aku nanya mereka sedang ada stok atau tidak. Dan memang lagi ada. Aku melihat-lihat beberapa sepedanya, dan ada satu yang aku suka. Ukurannya kira-kira hampir sama dengan sepedaku dan penampilannya juga oke. Aku nanya harganya, dan ternyata harganya 150 euro! Wedew, tentu saja aku kemudian menawar harganya. Hanya saja, aku sudah ada feeling aku nggak akan beli juga sih, soalnya batas-atasku sekitar 75an euro lah. Aku berhasil nawar harganya turun sampai 125 euro, tapi ya masih rada kemahalan deh tuh. Aku tahu, sepedanya memang bagus dan dilengkapi dengan gembok yang menyatu di badan sepedanya (sepeda lamaku nggak punya gembok ini). Tapi, aku kan uda punya gembok rantai juga tuh, jadi ya fitur ini nggak terlalu penting lah ya.

Di samping itu, aku kan juga nggak naif-naif amat, sebelum berangkat, aku sudah survey online dulu harga sepeda second yang tersedia di sekitar Delft. Waktu jalan ke tempat servis ini, aku juga mampir di dua toko sepeda (walau sepeda di toko-toko itu juga kemahalan seh buatku). Tapi setidaknya aku tahu bahwa masih ada opsi lain, dan aku tidak perlu terburu-buru untuk membeli sepeda baru. Jadi, ya udah, siang itu aku hanya mengambil sepeda lamaku dan berjalan pulang. *Apaa?? “Berjalan” pulang? Nggak salah? Bukannya uda dapat sepeda lamanya lagi ya?* Ya, aku “berjalan” pulang sambil menuntun sepedaku soalnya ban belakang sepedaku kempes, jadi ya memang nggak bisa dinaikin lagi. Duh…

Sampe di rumah, aku kemudian menelepon toko dimana aku membeli sepeda lamaku untuk nanya apakah mereka buka atau tidak hari itu (hari itu kan Sabtu dan di tengah-tengah long wiken, cukup deh ya alasan bagi mereka untuk tutup. Aku kan nggak mau aja gitu uda jalan kaki jauh-jauh kesana di tengah teriknya sinar matahari yang membara eh taunya mereka tutup :D). Aku lihat di website-nya mereka kalau mereka ada dua sepeda yang ready di tokonya dengan harga yang oke. Ternyata mereka buka (bagus!) dan entah bagaimana, untungnya, aku tiba-tiba ngomong kalau aku ingin lihat-lihat sepedanya. Si orang yang ngangkat telepon kemudian bilang kalau sepedanya sudah laku (sial!) dan sepeda baru baru akan siap sekitar lima minggu lagi. Yah, ini karena tukang sepedanya lagi liburan sepanjang bulan ini sih. Arrgghh!! Untung aku menelepon dulu, coba kalo nggak kan aku udah mengorbankan diri jalan jauh-jauh ke toko itu di tengah terik sinar matahari yang membara, tokonya buka tapi sepedanya nggak ada, sama aja dong… .

Jadi, apa yang kulakukan? Yah, 125 euro jelas masih kemahalan lah untukku jadi aku juga nggak terlalu mengincar sepeda yang bagus itu. Jadi, ya aku kayanya harus memilih opsi dimana aku akan terus memasang mata mencari sepeda second baru. Dan kalau dalam lima minggu belum dapat juga, aku akan mengecek toko itu dan mudah-mudahan mereka akan menjual sepeda second dengan harga yang oke!

Kesimpulannya adalah: aku sekarang resmi tak bersepeda!

12 thoughts on “#914 – Bikeless

  1. ga nyangka ternyata harga sepeda mahal banget yak di sono ckckck… apa krn kebanyakan org pake sepeda kali ya? semoga segera dapet sepeda baru ya😉

    1. iya nih, harganya mahal. 100an euro padahal cuma sepeda second loh. Yang beneran baru semurah2nya juga sudah ratusan euro dengan kepala setidaknya 3 ato 4 tuh, haha. Malah ada yg sampe ribuan segala, zzz… .

      Amiin, mudah2an segera dapat. Gak keburu-buru juga sih, yg penting harganya oke, wahahaha….😀

    1. apes dalam hal sepeda, hahaha🙂 Gampang gampang susah nih cari sepeda baru. Amiin, mudah2an lekas dapat yg baru dan harganya ok🙂

  2. turut berduka cita… mudah2an segera dapet pengganti sepedanya ya…soalnya gempor juga kalau mesti jalan kaki selama lima minggu. lima minggu kan lama D: di sana ga ada becak ya? ahahaha.. btw.. biaya telpon di asrama sana gratis kah?

    1. amiiin🙂 Hahaha, nggak papa juga sih, soalnya jalan kakinya kan bisa diitung2 sebagai olahraga, hahaha🙂 Becak? Mana ada?? hahaha. Kalo malas jalan kaki, bisa diganti dengan naik bus koq, hehe🙂

      Di apartemen nggak ada telepon, kemarin ini telepon pake hp, yg tentu saja bayar pulsa, hehehe🙂

Leave a Reply

