Posted in General Life, Zilko's Life

#910 – First Time with Contact Lenses

ENGLISH

As I wrote here, some time ago I bought contact lenses because I was kinda curios about wearing them. And finally, three days ago, the products arrived. I then got excited in trying to wear them right away. I tried it on two days ago (because three days ago it arrived pretty much in late afternoon). And apparently people, even though I had already “prepared myself” by reading many articles about how to wear contact lenses, wearing contact lenses (for the first time) was extremely utterly hard.

It was so difficult to get the lenses sticked to the eyes. The main obstacle was, because I was not accustomed to it, the reflex of my eyes to blink. The blinkings for sure disrupted the process of contact lenses wearing. Even after this obstacle was overcome, sometimes the lens had already been sticked a little bit to the eye, but then it did not want to detach from the finger. So, when I pulled the finger out, the lens chose not to stick on the eye but kept sticking on my finger! Solving this problem was kinda easy though, just open a junior high school Physics book about adhesion : add a little bit of fluid to the side of the lens that would stick to the eye and make sure our finger is dry, this will cause the force for the lens to stick on the eye stronger than on the finger. After one eye was done, the whole process and obstacles needed to be done for the other eye.

Once in place, it felt a little bit “burning” for like 5 or 10 seconds and I got teary eyed. The “burning” sensation was probably similar to the “burning” feeling we have if we are swimming with our eyes opened without wearing goggles. At first it felt a bit uncomfortable but after awhile, it was fine. After this phase was passed, well, no more further problem. Maybe just because I was not used to it, it felt kinda “weird” after awhile, having something sticking to the eyes. Maybe the feeling was a bit similar to the first moment wearing glasses. We felt strange at first, hahaha.

Removing the lenses were kinda sacry at first. Some friends also said removing lenses were more difficult than putting them on. Well, one friend gave my tips on how he removed lenses, and combining this tips with the articles I read in the internet, the removing process was overall smooth, hahaha.

And guess how much time in total I needed to put those lenses? Well, since I unwrapped the first lens until the first lens finally sticked on my eye: 24 hours! Yes, 24 hours or one full day! Btw, maybe this can become the materials for one season of the TV show 24? lol (😛 )So, I had a class two days ago at 10.45 AM. So, I started trying wearing them at 9.45 AM. But until 10.15 AM, not even one lens had been in place. And I was thinking that I had no time for this. And so I postponed it a bit and went to the class. After the class ended at 12.30 PM, I went back home and continued my effort. Again, I did not succeed. And because I had an appointment at 1.30 PM to work on an assignment, I decided not to continue my effort that day. The next day (which means yesterday), I tried again, but now with stronger will and courage (lol :P). And finally, after several attempts, I did it! I put one lens on my right eye! And then I put the next lens on my left eye, and it was easier because once we knew how to put a lens on, the following attempts would be easier. Starting something is always the most difficult step.

And yes, wearing lenses are cool! I mean, we have wider view and there is no “barrier”. I also felt “freer” as there was nothing hanging on my face, haha. Well, I am used to wearing glasses though and so if not in some occasional cases (like when I am sweating), wearing glasses is not a problem for me, haha.

So, that was it, my first experience wearing contact lenses! Well, I did not buy the monthly (or longer period) contact lenses thoguh, I bought the daily ones, because I still have no will to wear them everyday (it’s expensive!). So I only plan to wear them just on some occasions. But I don’t know though, maybe I will change in the future, haha.

New Contact Lenses

BAHASA INDONESIA

Seperti yang kutulis disini, beberapa waktu yang lalu aku membeli yang namanya lensa kontak soalnya penasaran. Nah, tiga hari yang lalu barangnya akhirnya sampai juga di apartemen. Langsung dong aku bersemangat mencoba memakainya. Aku mencoba memakainya dua hari yang lalu (soalnya tiga hari yg lalu barangnya sampenya sore banget sih). Dan ternyata saudara-saudara, walaupun aku sudah “mempersiapkan diri” dengan cara membaca-baca banyak artikel mengenai cara mengenakan lensa kontak, yang namanya memakai lensa kontak (untuk pertama kali) itu susahnya setengah hidup loh (daripada setengah mati, mending melihatnya dari sudut pandang positif kan, jadi setengah hidup ==> apaseh :P).

Susah banget nempelin lensa kontak itu ke mata. Gangguan utamanya adalah, karena belum biasa, mata ini refleks berkedip yang tentu saja kedipan-kedipan itu mengganggu proses dipasangnya lensa kontak. Setelah melalui proses ini, kadang lensa sudah sedikit menempel di mata tapi kemudian lensanya nggak mau lepas dari jari. Jadi, ketika jari ditarik lagi, lensanya tetep nempel di jari dan nggak jadi nempel di mata. Solusi untuk ini mudah sih, buka saja buku pelajaran Fisika anak SMP tentang gaya adhesi : tambahkan cairan lensa kontak di sisi yang akan menempel di mata, dan pastikan jari ini kering, sehingga gaya tempel lensa di mata akan lebih kuat daripada gaya lensa nempel di jari. Setelah semua beres di satu mata, seluruh proses dan gangguan akan dialami di mata yang satunya.

Begitu terpakai, awalnya terasa agak perih mungkin sekitar 5-10 detik dan mata ini mengeluarkan air mata. Rasa perihnya mungkin mirip sama kalau kita berenang sambil membuka mata dan nggak memakai kacamata renang. Awalnya kan terasa perih-perih gimanaa gitu, yang kalau sudah biasa sih nggak masalah ya. Cuma setelah fase itu terlewati sih nggak ada masalah deh. Hanya saja mungkin karena belum biasa, jadi ya setelah berapa lama agak kerasa gimanaa gitu di mata, lensa kontaknya terasa. Perasaan yang mirip lah kalau baru pertama kali memakai kacamata. Di kepala ini rasanya “aneh” gitu, hahaha.

Melepas lensa kontak awalnya serem-serem juga. Beberapa teman juga bilang melepas itu lebih susah daripada memakainya. Cuma seorang teman memberiku tips bagaimana cara melepasnya, dan mengombinasikan tips itu dengan artikel yang kubaca di internet, proses pelepasan lensanya lancar-lancar saja, hahaha.

Tahukah berapa lama proses yang kubutuhkan untuk memasang lensa itu? Dari semenjak aku membuka bungkus pertama lensa kontak sampai lensa pertama menempel di mataku: 24 jam! Yup, 24 jam alias seharian! Btw, jangan-jangan bisa nih dibikin jadi satu season serial TV 24 yah, lol (apaseh :P). Ceritanya aku kan ada kelas dua hari lalu jam 10.45 pagi. Aku mencoba mulai memakainya jam 9.45 pagi. Tapi sampai jam 10.15 pagi koq satu lensa aja nggak kepasang-kepasang. Trus aku mikir: “Mana sempet kalo gini caranya?” Ya uda trus aku kemudian menunda memakainya pagi itu dan menghadiri kelas. Setelah kelas beres jam 12.30, aku pulang dan kembali mencobanya. Lagi-lagi belum berhasil. Karena aku ada janji buat bikin tugas jam 1.30, ya uda aku akhirnya mengurungkan niat memakai lensa kontak hari itu. Keesokan harinya (yg artinya kemarin ini), aku mencoba memakainya lagi. Kali ini dengan niat dan keteguhan hati yang lebih kuat (apaseh :P). Akhirnya setelah beberapa kali mencoba, berhasil juga loh memasangnya di mata kanan! Kemudian untuk mata kiri sih lebih gampang, soalnya begitu sekali terpasang, yang berikut-berikutnya lebih gampang deh. Memulai itu memang sesuatu yang paling sulit yah.

Dan ternyata memakai lensa kontak itu memang enak yah! Pandangan mata lebih luas dan nggak ada gangguan gitu. Rasa lebih bebas juga terasa soalnya nggak ada “sesuatu” yang menggantung di muka ini, haha. Cuma aku sudah biasa sih memakai kacamata jadi kalau bukan di waktu tertentu (misalnya kalau lagi berkeringat) juga nggak masalah juga memakai kacamata, haha.

Jadi, begitulah pengalaman pertamaku memakai lensa kontak! Aku nggak beli lensa yang tahan lama sih, beli yang seharian aja, soalnya memang belum ada niat untuk terus memakainya setiap waktu (mahal euy). Jadi rencananya mau make di occasion-occasion tertentu aja. Cuma nggak tahu juga ya nanti gimana, haha.

12 thoughts on “#910 – First Time with Contact Lenses

  1. iya serem emang kalo ngeliat orang masang lensa kontak. gua juga gak abis pikir gimana masangnya ya. hahaha. tapi kalo orang yang udah biasa kayaknya cepet banget masangnya ya…😛

    1. Iya, kalo orang uda biasa pake keliatan kaya pro tuh, jadi kaya gampang gitu makenya. Cuma kaya di-plok-in ke mata, beres. Padahal kalo pas pertama make susaaah loh, haha. Soalnya belum biasa aja sih ya😛

  2. kalo di Belanda bisa beli bebas ya? Di sini ga bisa. Di sini kita mest check dulu apa kita cocok utk pake contact lens. Aku ga boleh pake contact lens krn air mataku ga banyak, alias kurang moisture around the eyes.
    Pernah coba pake yg harian utk coba, tp bikin mata merah, jadi ga betah dan kering matanya. Jd ya kembali ke kacamata deh hehe

    1. hmmm, aku belinya online sih. Mungkin memang sebaiknya pergi ke dokter dulu yah biar aman? Cuma kemarin pake seharian lancar2 aja sih, hehehe🙂

  3. huahaa…bener banget. saya juga mengalami kesulitan waktu pertama kali pake lensa kontak itu karena mata refleks nutup pas jari saya masuk. lagipula saya orangnya penakut, ngeliat bola mata sendiri melotot gitu rasanya ngeri… anyway, buatku sih kacamata is the best !

    1. yup, masangnya itu sulit bgt waktu pertama kali. Waktu uda deket, eh mata kedip, akhirnya gagal, hahaha. Tapi kacamata itu ga enak dipakenya kalo misal lagi berkeringat😦

  4. Hai Zilko!
    Mataku minus, tapi dari kecil aku nggak mau pasang lensa kotak. Soalnya kalau orang udah terbiasa, lama-lama orang nggak mau copot dan dia biarkan lensa itu terpasang terus berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Itu kebiasaan yang buruk sekali, dan bisa bikin radang kornea. Jadi kayaknya aku nggak mau pakai. Bolor biarin deh bolor, hahaha!

    1. Halo.

      Haha, iya sih. Denger2 juga sebagian orang pada gitu, beli yg bulanan/mingguan, dan selama seminggu dipakai terus, termasuk waktu tidur. Padahal katanya itu nggak baik. Berarti memang semua kembali ke diri sendiri yah, hmmm.

      Ternyata pake lensa kontak lebih ribet juga dari bayanganku, hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s