Posted in My Interest, Tennis, Zilko's Life

#907 – 2011 French Open Prediction

ENGLISH

Some people who have read my old blog for quite some time should know that I am following professional tennis. And this is the main topic of this entry because the second grandslam of the year 2011, the French Open, starts today.

Anyway, probably five months ago I had a thought about going to Paris this May to watch this tournament live. Well, I already knew my budget so I was looking for a ticket of the first three days of the tournament, where it would still be the first round stage by then as logically these days would be the cheapest days to go. However, somehow I ended up in the wrong websites, causing me to understand that the tickets were unbelievably expensive! Some French friends of mine already told me the approximate ticket fee for this stage, but the price I found was like almost ten times more expensive than that! Well, I should have thought there must be something wrong going on here. But I didn’t and for some reasons, I gave it up this year, thinking about going there next year after I saved more money. Now that I know my current workload, I feel blessed to actually end up in the wrong websites! Things happen for a reason, surely!

Anyway, let’s get it started.

Men

I think everyone would agree now that the two strongest candidates to win the trophy this year are Rafael Nadal, the King of Clay, current world no.1, and the defending champion; and Novak Djokovic, current world no.2 and has NOT lost a single match this year! There is a unique consequence of the result of this tournament. Novak Djokovic has quite a chance to replace Rafael Nadal as the world no.1 after this tournament IF: (1) Rafael Nadal does NOT win the title, OR (2) Novak Djokovic reaches the final of the tournament. Note the “OR” relation there, which means that should ONE of these two happens, we will have a new world no.1.

Andy Murray might do some damages and actually has the potency to go deep into the tournament, judging based on his current performances on clay. He might give Rafa some problems if both of them make it through to the semifinals (they are in the same half of the draw). Roger Federer, well, he is still a contender though, but I think his steam is not as hot as Rafa’s nor Novak’s this season. Last year’s runner up, Robin Soderling, hasn’t performed really well on clay this season. There is one dangerous player in the field, Juan Martin del Potro, who is the 25th seed this year. I think he can be the dark horse, and with his position as “only” the 25th seed, he can be a dangerous floater in the draw and potentially can cause some surprises early on in the tournament. But to be a champion, I still think it is quite a long shot. Beside, now there is a possibility that he will meet Novak Djokovic in the third round.

My pick for the win: Rafael Nadal, only by a tiny margin over Novak Djokovic. I still think clay is Rafa’s surface.

My prediction for the final : Rafael Nadal vs Novak Djokovic.

Women

Quite different than the men’s, the draw is very wide open for the women. Two women tennis stars are absent this year: Serena Williams and Venus Williams due to injuries. Quite a huge loss for women’s tennis. Serena even has not played a single official match since winning Wimbledon last year, which was like 11 months back then! Some top players are hampered by injury. Kim Clijsters, even though she has confirmed she is playing this year, has not played a single match on clay this season due to an injury. Thus, her preparation and performance is a little bit in questionable state. Victoria Azarenka, a young contender of the game, was also injured in her match against Maria Sharapova in Rome just last week. Maria Sharapova’s best surface has not been clay. This leaves us with one big name: Caroline Wozniacki, the current world no.1. However, she has not performed that consistently on clay also lately, even though still good.

We should not forget the defending champion, Francesca Schiavone and last year’s finalist, Samantha Stosur. But I don’t know, somehow I feel like they have not been playing that well lately. I mean, with all due respect, I feel like that Schiavone was, in a way, lucky to win last year. There are also several potential names up there: Julia Gorges, who beat Caroline Wozniacki two times in a row on clay this year and they possibly meet in the quarterfinals this year; and Petra Kvitova, who won Madrid two weeks ago.

So yeah, the field is super wide open. But if I have to pick one, my pick for the win: Caroline Wozniacki, simply because she is the less troubled lately. Plus, she is in a relatively easier draw as most of the contenders are drawn in the bottom half of the group (as the first seed, Wozniacki is in the upper half draw). But I do believe the draw is still very much open and anyone can win. Even, there is a better chance that there might be a surprise๐Ÿ™‚

My prediction for the final : Caroline Wozniacki vs Petra Kvitova.

So, that’s it about my view of this second grandslam of the year. To close this entry, I want to share a very funny video, still involving tennis of course, I found several days ago, enjoy :

My Pick for the French Open 2011: Rafael Nadal and Caroline Wozniacki

note: Rafael Nadal’s picture was taken from here, while Caroline Wozniacki’s from here.

BAHASA INDONESIAย 

Mereka yang mengikutiย blog lamakuย mungkin tahu bahwa aku adalah fans dari tenis profesional. Dan hal ini adalah tema utama posting kali ini, soalnya turnamen grandslam kedua tahun 2011 ini,ย French Open, dimulai sekarang.

Ngomong-ngomong, sekitar lima bulan yang lalu aku ada pikiran untuk pergi ke Paris bulan Mei ini untuk nonton langsung turnamennya. Yah, aku tahu anggaranku dan aku mencari tiket tiga hari pertama turnamen, dimana di tiga hari itu kan masih babak pertama dari turnamen jadi ya harga tiketnya masih yang paling murah. Namun, entah bagaimana aku masuk ke website penjual tiket yang salah, sehingga aku sampai berpikir kalau harga tiketnya mahalnya bukan main! Beberapa temanku yang orang Prancis sudah memberiku kisaran harganya untuk babak awal ini, tapi harga yang kutemukan di internet sekitar sepuluh kali lipat lebih mahal dari kisaran harga itu! Yah, aku seharusnya sudah curiga kalau ada sesuatu yang salah disini. Tapi entah kenapa aku nggak curiga dan akhirnya memutuskan menyerah untuk mencari tiket buat tahun ini, dan malah berpikir untuk pergi tahun depan saja sambil nabung dulu. Nah, sekarang ini ketika aku sudah tahu banyaknya kerjaanku bulan Mei ini, aku malah merasa beruntung loh waktu itu aku mampir ke website yang salah!ย Memang semua hal terjadi karena suatu alasan!

Yah, mari kita mulai.

Putra

Aku rasa semua akan setuju kalau dua kandidat terkuat untuk memenangkan piala tunggal putra tahun ini adalah Rafael Nadal, si Raja Tanah Liat, pemegang peringkat satu dunia saat ini, dan juara bertahan; dan Novak Djokovic, yang saat ini berada di peringkat kedua dan BELUM pernah kalah tahun ini! Ada satu konsekuensi unik sebagai hasil dari turnamen ini. Ada suatu kesempatan bagi Novak Djokovic untuk menggantikan Rafael Nadal sebagai peringkat satu dunia setelah turnamen ini, yaitu JIKA: (1) Rafael Nadal TIDAK JUARA di turnamen ini, ATAU (2) Novak Djokovic mencapai final dari turnamen ini. Perhatikan hubungan “ATAU” tuh, yang artinya kalau satu saja dari dua skenario ini terjadi, kita akan memiliki peringkat satu dunia yang baru.

Andy Murray bisa jadi membuat kejutan dan memang dia ada potensi untuk bertahan cukup lama di turnamen ini, berdasarkan penampilannya di tanah liat akhir-akhir ini. Ia bisa menjadi masalah bagi Rafa kalau dua-duanya masuk ke semifinal (mereka ada di setengah bagian yg sama dari draw). Roger Federer, yah, dia tentu masih harus diperhitungkan yah, tapi aku rasa sih saat ini dia berada di bayang-bayagnya Rafa atau Novak deh. Runner up tahun lalu, Robin Soderling, koq nggak tampil konsisten di musim tanah liat kali ini. Ada satu pemain “berbahaya” memang, Juan Martin del Potro, yang berada di unggulan ke 25. Aku rasa ia bisa jadi kuda hitam, dan dengan posisinya yang “hanya” berada di unggulan ke 25, ia berpotensi menimbulkan kejutan di babak awal turnamen. Cuma aku rasa sih untuk bisa sampai juara, masih agak jauh yah. Di samping itu, ada kemungkinan juga ia akan bertemu dengan Novak Djokovic di babak ketiga.

Prediksi juaraku : Rafael Nadal, hanya berbeda tipis dari Novak Djokovic sih. Cuma aku rasa tanah liat ya masih miliknya Rafa.

Dugaan finalku : Rafael Nadal vs Novak Djokovic.

Putri

Agak berbeda dari kondisi di tenis putra, tenis putri kali ini sangatlah terbuka lebar. Dua bintang tenis absen tahun ini: Serena Williams dan Venus Williams karena cedera. Benar-benar kehilangan yang sangat besar bagi tenis putri. Bahkan Serena belum pernah main satu pertandingan resmi pun loh semenjak ia menjuarai Wimbledon tahun lalu, yang diadakan kira-kira 11 bulan yang lalu! Beberapa pemain papan atas juga sedang dilanda cedera. Kim Clijsters, walau ia sudah mengonfirmasi akan bermain tahun ini, juga belum main satu pertandingan pun di tanah liat tahun ini karena cedera. Artinya, persiapan dan performanya di turnamen ini juga sedang bisa dipertanyakan. Victoria Azarenka, seorang yang juga layak diunggulkan, didera cedera minggu lalu ketika bertanding melawan Maria Sharapova di Roma. Permukaan terbaik Maria Sharapova bukanlah tanah liat. Ini menyisakan kita dengan satu nama besar: Caroline Wozniacki, peringkat satu dunia saat ini. Yah, tapi ia juga nggak tampil terlalu konsisten sih di musim tanah liat kali ini, walau masih lumayan juga sebenarnya.

Kita juga tidak boleh melupakan sang juara bertahan, Francesca Schiavone, dan runner up tahun lalu, Samantha Stosur. Tapi, yah, gimana ya, aku koq merasa mereka tidak tampil maksimal akhir-akhir ini. Lagian, bukannya bermaksud gimana, aku juga merasa Schiavone tuh setengahnya beruntung deh bisa juara tahun lalu. Lalu, ada juga beberapa nama potensial: Julia Gorges, yang mengalahkan Caroline Wozniacki dua kali berturut-turut di tanah liat tahun ini, dan mereka bisa bertemu di perempat final; dan Petra Kvitova, yang menjuarai Madrid dua minggu yang lalu.

Jadi, yah, memang kesempatannya terbuka sangat lebar. Kalau aku harus memilih satu, aku rasa pilihanku untuk juara adalah Caroline Wozniacki. Alasannya simpel saja, karena ia yang paling tidak dilanda masalah akhir-akhir ini. Ditambah lagi, menurutku ia berada di grup yang lebih mudah, karena sebagian besar pemain yang diandalkan tahun ini berada di grup bawah (sebagai unggulan pertama, Wozniacki berada di grup atas). ย Tapi aku masih berpendapat kalau kesempatannya masih terbuka lebar dan siapa pun bisa enang. Bahkan, kesempatan akan ada kejutan juga cukup besar๐Ÿ™‚

Dugaan finalku: Caroline Wozniacki vs Petra Kvitova.

Nah, itulah pandanganku mengenai grandslam kedua tahun ini. Untuk menutup posting ini, aku ingin berbagi sebuah video lucu, yang masih berhubungan dengan tenis tentunya, yang aku temukan beberapa hari yang lalu. Silakan dinikmati (videonya ada di atas).

6 thoughts on “#907 – 2011 French Open Prediction

    1. iya, waktu itu pernah nonton satu turnamen di Belanda. KEREEN. Apalagi kalo yg ditonton grandslam, pasti lebih keren soalnya auranya juga udah beda banget! hehehe๐Ÿ™‚ Tahun depan ah, diniatin nonton nih๐Ÿ˜›

  1. Iya ko, yg khas dr blog-mu adalah you talk about tennis, TARA and AI a lot๐Ÿ˜€

    Tp akhir2 ini udah jarang ngebahas American Idol? Udah gak sempet nonton ya?

    1. haha, malas ngikutinnya sih Bu yg tahun ini, entah kenapa. TARA juga ga ngikutin soalnya susah nemuin link-nya. Kalo TAR sih masih ngikutin dong, yg season terakhir kemarin seru bgt๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s