Posted in My Student Life, Zilko's Life

#901 – Bridging Day and Husky Voice

ENGLISH

I know today is still Wednesday, but for us in the Netherlands, today is officially the last day of the week(day)! How so?? Well, before getting to that, I want to say that I find it a little bit surprising that we also have “Bridging Day” here in the Netherlands. I always thought it was an Indonesian thing, you know: when you have a holiday on Friday or Tuesday, sometimes the Saturday or Monday in between is also “turned” into holiday. Or maybe Indonesians adopted it from the Dutch? Maybe. Tomorrow (Thursday) is a Liberation Day here in the Netherlands. Because the definition of workdays here are days from Monday to Friday, it means that next Friday is “squeezed” between two off days. And that is why next Friday is also “turned” also into off day!

Well, so that means that I will have four days off from Thursday to Sunday??? Technically yes but in reality: big NOPE!! I will have an oral examination this Monday and I have to prepare myself for that. It means: no long weekend for me! Well, somehow I am not really moaning about it though, somehow. I have no problem with working during holiday, at all. I don’t know. Perhaps having studied here in TU Delft for eight months or so has turned me to be more “workaholic”, perhaps. Today, I asked the service centre whether or not I can access my office building during the long weekend and the answer was affirmative. Somehow, I felt happy because it means I can study (more efficiently) during the long weekend! Well, looking back now, I think it is kinda sad that I felt happy for that, no??πŸ˜›

Speaking of today, I had a scheduled project presentation this afternoon, which would determine my final grade for one class. Before getting to that, I want to share here that lately, I have not been feeling well. Well, it is not that I got sick or so, it is just that I have not been feeling 100% fit, you know. I think I caught a flu. The thing is, when I went to the campus today, I realized something scary! Really really scary! What was that?? *drumroll playing in the background*Β It was that I realized that I (almost) LOST MY VOICE today! I sounded so husky and very weird. Even I could not talk longer than some seconds because then I would feel my throat was so dry and that I needed to drink something! It was bad, really really bad! The worse combination ever: almost losing my voice AND having a presentation in the same day!! I then remembered what happened to Syesha Mercado in American Idol some years back where she lost her voice during her audition. Somehow, what happened to Syesha also happened to me. During the presentation itself, my voice was (kinda) back. I could speak and explain things well, and answered some questions with no problem at all. So strange! However, when it was over and I said “thank you” to the professor, my husky voice came back, until now! lol. How funny it was!

BAHASA INDONESIA

Aku tahu, hari ini tuh masih hari Rabu, tapi bagi kami di Belanda, hari ini adalah hari (kerja) terakhir minggu ini loh! Koq bisa?? Yah, sebelum aku menguraikan tentang itu, aku mau bilang dulu bahwa aku cukup kaget bahwa yang namanya “Hari Kejepit” itu ternyata ada juga di Belanda loh. Aku selama ini berpikiran itu adalah hari yang Indonesia banget gitu loh : dimana kalau ada tanggal merah di hari Jumat atau Selasa, hari Sabtu dan Senin yang “terjepit” di antaranya sekalian diliburkan gitu. Atau mungkin memang Indonesia tuh mengadopsinya dari Belanda yah? Hmm, mungkin saja sih. Nah, besok ini (Kamis) adalah Hari Liberasi di Belanda ini. Karena definisi hari kerja adalah dari Senin sampai Jumat, ini artinya Jumat besok tuh “terjepit” di antara dua hari libur. Makanya Jumat besok sekalian “diliburkan” deh!

Nah, artinya aku akan memiliki empat hari libur dong dari Kamis sampai Minggu??? Secara teknis sih iya, tapi kenyataannya: ENGGAKΒ banget!! Aku akan ada satu ujian lisan Senin nanti dan aku harus belajar untuk itu. Artinya: long wiken nanti bukanlah long wiken untukku! Nah, entah bagaimana aku nggak mengeluhkan tentang ini loh, entah bagaimana. Aku nggak merasa bermasalah tuh harus bekerja di saat liburan, sama sekali. Nggak tahu deh. Mungkin sudah belajar di TU Delft ini selama delapan bulan telah membuatku menjadi lebih “workaholic“, mungkin saja. Hari ini, aku bertanya ke pusat informasi mengenai bisa atau tidak aku mengakses kantorku selama long wiken nanti, dan jawabannya bisa. Entah bagaimana, aku merasa senang karenanya karena itu berarti aku bisa belajar (dengan lebih efisien) selama long wiken nanti! Sekarang, setelah dipikir-pikir lagi, rasanya agak menyedihkan juga ya bahwa aku merasa senang karenanya??πŸ˜›

Ngomong-ngomong tentang hari ini, aku harus mempresentasikan satu projectku siang tadi, yang akan menentukan nilai akhirku di salah satu kelas. Sebelum ngomongin itu, aku mau menulis disini dulu, bahwa akhir-akhir ini aku nggak merasa terlalu sehat. Bukannya aku sakit sih, hanya saja aku merasa nggak fit 100% gitu, ngerti lah ya. Kayanya aku kena flu deh. Nah, masalahnya, ketika aku berangkat ke kampus hari ini, aku menyadari sesuatu yang menyeramkan. Sangat menyeramkan loh. Apakah itu? Sesuatu itu adalah, aku menyadari bahwa SUARAKU (hampir) HILANG hari ini! Suaraku serak banget dan terdengar aneh. Aku bahkan tidak bisa berbicara lebih dari beberapa detik karena kemudian aku merasa tenggorokanku kering sekali dan aku perlu meminum sesuatu! Parah deh, parah banget! Beneran deh kombinasi terburuk: hampir kehilangan suara DAN harus presentasi di hari yang sama!! Aku kemudian teringat apa yang terjadi kepada Syesha MercadoΒ di American Idol beberapa tahun silam ketika ia kehilangan suaranya sewaktu audisi. Anehnya, apa yang terjadi pada Syesha juga terjadi padaku hari ini. Ketika presentasi, suaraku tiba-tiba (lumayan) kembali loh. Aku bisa berbicara dan menjelaskan materi dengan baik, sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan tanpa masalah sama sekali. Benar-benar aneh sekali! Tapi begitu presentasinya selesai dan aku mengatakan “thank you” ke dosennya, suara serakku kembali lagi, sampai sekarang! lol. Lucu juga yah!πŸ˜€

7 thoughts on “#901 – Bridging Day and Husky Voice

  1. kalo di indo kan hari kejepit itu diliburkan tapi potong cuti. kalo di belanda gak potong cuti ya? jadi emang secara nasional libur gitu? enak dong ya buat yang kerja… dapet tambahan libur…πŸ˜€

    1. wah, kalau kerja nggak tahu deh. Cuma kalo di kampus ini pengumumannya: “obligatory free ‘bridging’ day between Liberation day and the weekend”. Tergantung kali yah yang bikin aturan “obligatory” itu siapa. Kalo pemerintah, mungkin gak potong cutiπŸ˜€

      Enak juga ya kalo ga potong cuti, hahaha

  2. Ah yang bener…ntar tengah2 hari (hari ke 2 atau 3) tergoda lagi untuk jalan2 hehe… :p wiw.. kalau mengganggu sebaiknya kunjungi dokter aja ya. untung saat presentasi suaranya keluar O_O. get well soon!

    1. hahaha, mudah-mudahan kuat iman deh dan nggak tergoda jalan-jalan, wkwkwkwπŸ™‚ Harus serius belajar nihπŸ™‚ Sempat sih kepikiran ke dokter, tapi kebiasaan kalo di Indo kan batuk/pilek gitu ga perlu ke dokter, jadi rada malas ke dokter, toh juga nggak sakit koq, cuma kurang fit sajaπŸ˜€ Cuma nanti kalo jadi parah baru deh ke dokterπŸ™‚ Iya, untung banget!!πŸ™‚ Makasih!

  3. Sekarang, setelah dipikir-pikir lagi, rasanya agak menyedihkan juga ya bahwa aku merasa senang karenanya??

    >> ah tidak menyedihkan kokπŸ˜€
    you’re just a workaholic person, and that’s fine.
    ntar kalo udah ada pacar or berkeluarga, prioritasnya berubah dgn sendirinya, hihihi…

    *sotoy dek eike*

    1. haha, menyedihkannya tuh maksudnya koq kaya tidak (bisa) menikmati liburan dan malah harus kerja/belajar di saat libur, wkwkwkw…πŸ˜€

Leave a Reply

