Posted in Contemplation, Thoughts

#896 – New Blog

ENGLISH

Yes, starting today, I officially move to this new blog. I announce that my old blog is now officially closed. I will not (nor never) delete it as my life for six years had been recorded in that blog. And I know for sure that I will never want those memories (even though how boring they were, some of them) to be forgotten.

I would say that it is like writing in a book and I have reached the last page of it. I want to keep on writing and thus I need a new book. As simple as that.

Moving On …

If one asks me what motivates me to move to a new blog? Well, my answer is : “I don’t really know“. Of course there are some features in WordPress that I think are going to be very useful (for example the “password protected” entries), but there gottabe some sort of urges that really forced me to actually do [read: move] that than just a bunch of technical benefits, right?

Maybe it is my adventurous side. I think in a way I am a bit adventurous, well, of course not like crazy-adventurous. Since high-school I already knew I would leave my hometown (Yogyakarta) for college. I even really wanted to study abroad at that time but I just did not get the opportunity. It was fine for me, as then I moved to Bandung and lived there for almost four years. Currently I have lived here in the Netherlands for about eight months. This adventurous side might also affect my blogging life. I am kinda adventurous that I had the urge to move, perhaps …

Maybe it is that I am grown-up now. I still remember six years ago, which means I was still a teenager๐Ÿ˜€, it was not me myself who built my old blog. One friend of mine, in a way, “forced” me to do blogging and this friend even built all the basic stuffs in Blogger for me, including picking the address! And I had been blogging with that blog for six years! Maybe now it is time to start something in which I build everything on my own. Beside, that old blog was made when I was in high-school and I wasn’t even 17 at that time. Somehow it represents “my past”, “my teenager-memories”. Now that I am already 22 and currently in my first year of master degree program, I have matured way more than six years ago. And a new blog is, probably, one symbol of that.

So, what’s new?

Well, the obvious one is that now I have a new blog in a new domain. I might also post some password-protected entries. Maybe only some of you who will get access to those entries, so not all people can read them. And I think all of you will understand this kind of privacy, right? Don’t be mad at me if you don’t get the access to those entries. Also, to be a bit more “reader-friendly”, I choose a new theme with light background and black/dark fonts. A contrast choice from my old blog. Hopefully it is softer now๐Ÿ™‚

However, I will still continue some “traits” from my old blog. First of all, I will still write in bilingual (if I feel like it :-D). Second of all, I will continue my entry-numbering system. Just like this entry, this entry is number #896, just continuing the last entry I had in my old blog.

What’s Special?

Well, I choose that today, April 23rd, 2011, to be the “launching” date of this new blog. I deliberately choose this date to coincide with my old blog’s birthday date. So, at this very date six years ago, I posted my first entry in my old blog. And today, that old blog is officially closed and a new blog has been born!!

So, goodbye http://armandoz.blogspot.com! Welcome https://zilko.wordpress.com!

BAHASA INDONESIA

Ya, mulai hari ini, aku secara resmi pindah ke blog ini. Aku umumkan bahwa blog lamaku telah resmi ditutup. Aku tidak akan (dan tak akan pernah) menghapusnya karena hidupku selama enam tahun telah terekam di blog itu. Dan aku yakin bahwa aku tidak akan mau memori-memori itu (walaupun sebagaimana membosankan) untuk terlupakan. (halah).

Ibaratnya sih seperti menulis di sebuah buku dan aku telah tiba di halaman terakhir. Aku masih ingin terus menulis, dan oleh karenanya aku membutuhkan buku baru. Ya, sesimpel itu.

Terus Berjalan …

Kalau ada yang tanya apa motivasiku untuk pindah ke blog baru? Ya, jawabanku adalah : “Nggak tahu juga yah“. Tentu saja ada beberapa fitur di WordPress ini yang mungkin akan berguna di masa depan (misalnya fitur
posting “terproteksi password“), tapi tentu ada semacam dorongan dong yang memaksaku untuk akhirnya melakukannya [baca: pindahan] ini lebih dari sekedar keuntungan teknis kan?

Mungkin ini sisi kepetualanganku. Aku rasa aku ini lumayan berjiwa petualang juga loh, walau tentu nggak segila itu yah. Sejak SMA aku tahu aku ingin meninggalkan kota asalku (Yogyakarta) untuk kuliah. Bahkan di titik itu aku sudah ingin banget kuliah di luar negeri hanya saja aku tidak mendapatkan kesempatan itu. Tidak apa-apa sih, akhirnya aku pindah ke Bandung dan hidup disana selama hampir empat tahun. Saat ini aku sudah tinggal di Belanda selama hampir delapan bulan. Sisi petualang ini mungkin mempengaruhi kehidupan per-blogging-anku, makanya aku merasakan dorongan untuk pindah, mungkin …

Mungkin karena aku sudah dewasa sekarang. Aku masih ingat enam tahun yang lalu, yang artinya aku masih remaja๐Ÿ˜€, bukan aku loh yang membuat blog lamaku itu. Seorang temanku, agak-agak “memaksaku” gitu untuk mulai nge-blog dan dia bahkan membuatkan semua hal-hal dasar di Blogger itu untukku, termasuk memilih alamatnya! Dan tak terasa aku sudah nge-blog dengan blog itu selama enam tahun! Mungkin sekarang saatnya aku memulai sesuatu yang baru yang semuanya aku bangun sendiri. Di samping itu, blog lamaku kan dibuat ketika aku masih SMA dan bahkan belum berumur 17 tahun saat itu. Di satu sisi, itu mewakili “masa laluku”, “kenangan kehidupan remajaku”. Sekarang aku sudah berumur 22 tahun dan sedang berada di tahun pertama kuliah jenjang master. Aku sudah jauh lebih dewasa dari enam tahun yang lalu. Dan sebuah blog baru, mungkin, adalah sebuah simbol untuk itu.

Jadi, apa yang baru?

Yah, hal yang jelas adalah aku sekarang memiliki blog baru dengan domain yang baru. Aku juga mungkin akan mem-posting beberapa posting terproteksi password. Mungkin sebagian dari pembaca tidak akan mendapat akses masuk ke posting tersebut. Cuma aku rasa pasti pada mengerti kan dengan privasi semacam ini? Jangan marah ya kalau tidak mendapatkan akses ke posting-posting itu. Juga, agar lebih enak dibaca, untuk blog ini aku memilih tema baru dengan latar belakang putih/cerah dengan tulisan hitam/gelap. Pilihan yang sangat kontras dengan blog lamaku. Mudah-mudahan kini lebih enak dibaca deh๐Ÿ™‚

Tapi aku sih akan tetap melanjutkan beberapa ciri dari blog lamaku. Pertama-tama, aku akan tetap menulis dalam dua bahasa (kalau lagi niat :-D). Yang kedua, aku akan tetap melanjutkan sistem penomoran posting-ku. Seperti posting ini yang kuberi nomor #896, nomor yang merupakan kelanjutan posting terakhir di blog lamaku.

Apa yang Spesial?

Yah, aku memilih hari ini, 23 April 2011, sebagai hari “diluncurkannya” blog baruku. Aku sengaja memilih hari ini karena hari ini kan hari ulang-tahunnya blog lamaku juga. Jadi, di tanggal ini banget enam tahun yang lalu, untuk pertama kalinya aku menulis posting di blog lamaku. Dan hari ini, blog lamaku tersebut resmi ditutup, dan blog baru telah lahir!!

Jadi, selamat tinggal http://armandoz.blogspot.com! Selamat datang https://zilko.wordpress.com!

35 thoughts on “#896 – New Blog

  1. selamat ya atas blog barunya๐Ÿ™‚ hebat loh 6 tahun ga pindah2… baru pindah sekarang. lha saya? huhuhu… *tutup muka*. btw temennya sendiri yang memaksa zilko untuk ngeblog masih tetep ngeblog ga?๐Ÿ˜‰

    1. makasih haha, soalnya selama ini nggak pernah merasa ada dorongan untuk bikin blog baru. Kira2 dua tahun lalu sebenernya sempat ada keinginan pindah sih, tapi entah kenapa keinginan itu akhirnya pupus, hahaha. Baru akhir-akhir ini kerasa lebih kuat dorongannya buat pindah

      Haha, sepertinya sih dia sudah nggak nge-blog lagi, hahaha

  2. kunjungan balik. salam kenal juga ya.
    dan welcome to wordpress….๐Ÿ™‚

    btw apa ntar tiap postingannya akan bilingual? hebatt…๐Ÿ™‚

    1. kan ceritanya memulai yang baru Yang lama biarlah tersimpan di blog yang lama deh Lagian di sebagian posting di blog lama warnanya kan warna-warna cerah tuh, kalo dipindah kesini dari segi warna nggak cocok deh (dan lagi, malas ngganti warnanya satu2 kan, haha).

      Cuma dipertimbangkan deh nanti, enaknya di export ato engga, hahaha

  3. waahhh ternyata ada ceritanya neh zil.. keren.. hehe..

    aku aja sampe sekarang gak tahu kapan mulai nulis di wordpress sekarang.. Ntar aku lihat dulu yak di postingan pertamanya.. hehehe

    1. Yoi, ada ceritanya tentunya dong, hehehe๐Ÿ™‚

      Ah, gampang ngelihat itu kan Nie๐Ÿ˜› Tinggal lihat statistik-nya blog aja, langsung tahu deh jumlah posting dan posting pertamanya kapan๐Ÿ˜›

  4. Ternyata kamu hobi nomorin judul juga yak, aku sih alesannya karena males mikir judul jadi semua post ku cuma nomor ajaaa hahahaa biar cepet maksudnyah

  5. hallo salam kenal, ketemu dr blognya Grace nih๐Ÿ™‚
    boleh tanya ttg beasiswa kuliah ke belanda ga? kmrn ak juga hampir apply scholarship master di erasmus mundus tapi mundur karna takut hehehe

    1. Salam kenal juga๐Ÿ™‚ . Menurut saya, kalau ada kesempatan untuk apply ya apply saja. Takut karena apa? Kalau nggak apply sih sudah pasti 100% nggak akan dapat beasiswa kan?๐Ÿ˜‰ .

      1. takut hidup diluar negeri jauh dr keluarga hehee
        skrg udah terlanjur ambil masternya di indonesia nih, tapi ada rencana mau ambil Phd sih keluar.. lg cari2 info beasiswa utk Phd diluar๐Ÿ˜€
        aku lg baca2 pengalaman kuliah kamu di belanda nih biar ada gambaran kuliah diluar negri gmn hehehe
        skrg udah lulus master dan kerja masih di deft yah?

        1. Oh, kalau alasannya itu ya saya tidak bisa berkata apa-apa lagi sih, hehe๐Ÿ™‚ Sudah personal soalnya kan ya๐Ÿ™‚ .

          Saya sudah lulus Master dua tahun lalu dan sekarang sedang ambil PhD di Delft juga๐Ÿ™‚ .

            1. Saya ambil matematika terapan. Untuk S3 ini sponsor saya dari Belanda๐Ÿ™‚ . Erasmus Mundus saya tahu karena ada beberapa teman saya yang dapat๐Ÿ™‚ .

  6. Oh….jadi dulu pengguna blogspot kemudian migrasi ke wordpress. Saya dulu juga pengguna wordpress tapi cuman buat resensi film tapi sudah aku delete.
    yah…apa pun platformnya yang penting rajin posting, gak kayak saya malas nulis.

    Hebat di sini saya nemu blog bilingual. Jadi saya bisa membaca artikelnya dengan mudah tanpa harus translate dulu. Nice blog. Salam kenal.

Leave a Reply

